Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 119, 121, 122, 123 - Maya Blog

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 119, 121, 122, 123


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 119, 121, 122, 123


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 119, 121, 122, 123 – Kunci Jawaban ini membahas soal latihan di Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Rekan-rekan Kita Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 119-123.


Kunci Jawaban Buku Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 8 kalium ini mengenai pertanyaan-pertanyaan mengamati kegiatan usaha ekonomi yang terdapat di lingkungan sekitarmu halaman 119, Membangun peta konsep informasi-informasi urgen dari teks “menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain” halaman 121, Mendiskusikan jenis usaha, peran dan keuntungan yang diperoleh halaman 122, Kemudian soal ayo renungkan di halaman 122 dan 123.


Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 5 Tema 8 Semester 2 ini betul-betul komplit karena disertai dengan gambar dan bahan pembelajaran yang terdapat di buku pelajar kelas 5 tema 8 kurikulum 2013 yang telah direvisi. Berikut ini kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 yang telah filependidikan.informatie susun menurut nomor halaman agar mempermudah pembaca menemukan kunci jawaban yang di cari.


Baca pun :




Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 119


Keragaman usaha ekonomi menimbulkan keragaman sosial pada masyarakat. Bagaimana kita mesti bersikap?


Ayo Mengamati


Amati kegiatan usaha ekonomi di sekitar tempat tinggalmu.
Bagaimana sikap pelaku usaha ekonomi pada menjalin hubungan dengan pesaingnya?
Jawaban :
Menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain.


1. Apakah terjalin sikap saling menghargai satu sama lain?
Jawaban :
Ya, pada kehidupan sehari-hari manusia hendaknya mempunyai etika moral sehingga dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang lain.


2. Apakah di antara mereka saling bersaing dengan ketat hingga terjadi permusuhan?
Jawaban :
Tak, karena setiap pelaku kegiatan ekonomi mempunyai peran yang saling menguntungkan.


Diskusikan hasil pengamatanmu bersama teman-temanmu!


Ayo Membaca


Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain


Kamu telah memahami kegiatan ekonomi yang berkembang di Indonesia. Setiap orang akan menjalankan kegiatan ekonomi bagi memenuhi keperluan hidup. Ada yang menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, karyawan swasta, karyawan negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya.


Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Di kegiatan produksi, orang yang terlibat yaitu tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan bagi memperlancar kegiatan produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. Berikutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor yaitu agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.


Konsumen yaitu pihak yang mengonsumsi barang dan jasa bagi memenuhi keperluan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara seketika atau lewat perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut (produsen, distributor, dan konsumen) akan saling berhubungan menyusun arus diagram ekonomi.


Setiap pelaku kegiatan ekonomi mempunyai peran yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, manusia berperan selaku makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Selaku makhluk sosial, manusia akan berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Selaku makhluk ekonomi, manusia akan menjalankan kegiatan ekonomi bagi memenuhi keperluan hidupnya. Pada kehidupan sehari-hari, bagus selaku makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, manusia hendaknya mempunyai etika moral. Dengan etika moral, manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang lain.


Amatilah pakaian yang kamu kenakan! Bagaimana proses produksi pakaian? Bagi menghasilkan pakaian dibutuhkan waktu yang lama. Di mulanya, produsen pakaian membutuhkan bahan baku kain dan benang. Kain dapat diperoleh dari perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang berupa kapas yang diraih dari perkebunan tanaman kapas. Bagi menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Benang ditenun di pabrik tenun hingga menjadi kain. Berikutnya, kain dapat dibangun pakaian oleh penjahit. Demikianlah proses panjang produksi pakaian.


Kamu telah mengetahui bahwa banyak pihak terlibat pada proses produksi pakaian. Ada petani tanaman kapas, pekerja pemintalan, penenun kain, penjahit, dan pengusaha garmen. Setiap pelaku pada proses produksi pakaian itu mempunyai peran urgen, demikian itu pula pada proses produksi benda lain. Oleh karena itu hendaknya kita perlu menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain.


Bagaimana kita menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain? Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan selaku berikut.



  1. Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat pada kegiatan perekonomian.

  2. Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tak iri atas keberhasilannya.

  3. Menjunjung tinggi setiap jenis kesibukan yang dilakukan orang lain.

  4. Meneladani kesuksesan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.



Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 121



Ayo Mencoba


Informasi-informasi urgen apa yang dapat kamu peroleh dari teks “Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain”? Tulislah pada diagram berikut.


File Pendidikan

Jawaban :
Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain :



  1. Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat pada kegiatan perekonomian.

  2. Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tak iri atas keberhasilannya.

  3. Menjunjung tinggi setiap jenis kesibukan yang dilakukan orang lain.

  4. Meneladani kesuksesan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.


Ayo Berdiskusi


Produksi pakaian melibatkan peran banyak pihak: petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit.


Setiap pihak mempunyai peran urgen. Namun, mereka pun memperoleh keuntungan. Identifikasikan peran dan keuntungan yang diperoleh petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit.


Diskusikan bersama kelompokmu, lalu tulislah pada wujud tabel berikut.


File Pendidikan


Jawaban :


Petani Kapas
Peran : Menyediakan ketersediaan bahan baku kapas.
Keuntungan yang diperoleh : Uang dari hasil penjualan kapas.


Pemintal Benang
Peran : Mengolah kapas menjadi benang
Keuntungan yang diperoleh : Uang dari jasa memintal benang menjadi kapas.


Pemilik Pabrik Tekstil
Peran : Mengolah benang menjadi kain
Keuntungan yang diperoleh : Uang dari hasil penjualan kain.


Staff Pabrik Tekstil
Peran : Memperbanyak hasil produksi
Keuntungan yang diperoleh : Upah / gaji dari pemilik pabrik tekstil.


Penjahit
Peran : Membangun kain menjadi pakaian
Keuntungan yang diperoleh : Uang dari hasil membangun kain menjadi pakaian.


Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 123


Ayo Renungkan


Pengetahuan apa yang admin pelajari hari ini?
Jawaban :
Sikap Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain.


Keterampilan apa yang admin latih hari ini?
Jawaban :
Membangun Diagram / Peta Konsep Informasi-Informasi Urgen pada Teks Bacaan Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain.


Sikap apa yang admin kembangkan hari ini?
Jawaban :
Sikap menghargai orang lain.


Apa yang dapat admin berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikapku?
Jawaban :
Menceritakaan kepada orang tuaku dan teman-teman di lingkunganku bahwa setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain dan setiap pelaku kegiatan ekonomi mempunyai peran yang saling menguntungkan.


Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 119, 121, 122, dan 123. Semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca di manapun berada.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top