Download Soal Pilihan Ganda (PG) dan Isian Singkat OSN SD/MI Bidang IPA - Maya Blog

Download Soal Pilihan Ganda (PG) dan Isian Singkat OSN SD/MI Bidang IPA

Download Soal Pilihan Ganda (PG) dan Isian Singkat OSN SD/MI Bidang IPA


Pemilihan pelajar berprestasi pasti akan diadakan bagi setiap tahun yang diselenggarakan oleh pemerintah lewat kemendikbud, sesuai tingkatannya bagus SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MAK atau yang sederajat bagi memilih putera-putri terbaik.


Seperti yang sekaran akan kami muat Soal Alternatif Ganda dan Isian Singkat bagi Tingkat Sekolad Mendasar/Madrasah Ibtidaiyah yang pasti sedang dicari bagus seketika oleh pelajar calon peserta OSN IPA, maupun oleh pengajar pembimbingnya, dan bahkan orang tuanya sibuk bagi mencarikan contoh soal-soal yang telah diujikan di tahun-tahun sebelumnya.


Kami di sini akan membagikannya kepada segala yang sedang memerlukannya.

Selamat mencoba bagi mempelajarinya.

SOAL OSN SD/MI Bidang IPA

Nomor Ujian : ………………………………….

Nama Pelajar : …………………………………..

PILIHAN GANDA

1. Bagi mengurangi laju transpirasi di musim kemarau, beberapa tumbuhan berkayu
    menggugurkan daunnya (meranggas). Ciri daun di tumbuhan tersebut yakni . . . .
    A. berlapis lilin          B. lebar           C. tebal           D. berduri

2. If herbivore on a food chain is extinct, then. . . .
    A. the first consumer increase
    B. secondary consumer decrease
    C. predator lose the natural enemies
    D. omnivore replaces the role of herbivore

3. Empat butir telur dari spesies hewan yang berbeda diinkubasi pada kondisi dan temperatur yang 

    optimal. Tabel di bawah menunjukkan waktu yang dibutuhkan telur hingga menetas. 

    Telur manakah yang didapatkan oleh hewan di bawah ini?

File Pendidikan

Manakah ciri-ciri yang tepat bagi keempat hewan tersebut?
A. 3                 B. 1 dan 3                   C. 1, 2, dan 3                     D. 1, 2, 3 dan 4


6.    

File Pendidikan



Tubuh seorang pelajar diputar ke arah kanan sebanyak 10 kalium pada kondisi membungkuk dan mata tertutup (lihat gambar). Setelah berhenti, pelajar tersebut diminta bagi berdiri lalu berjalan lurus dengan tubuh tegak dan mata terbuka.
Hasilnya, pelajar tersebut tak mampu berjalan lurus bahkan hampir terjatuh ketika berdiri. Kenapa ontvangstruimte tersebut dapat terjadi?
A. mata berkunang-kunang sehingga kehilangan arah
B. saluran setengah lingkaran di telinga terganggu
C. program peredaran darah menuju kepala terganggu
D. rangka tubuh tak mampu beradaptasi pada kondisi sekejap

7. Perhatikan bagan alir di bawah ini.

File Pendidikan

Kesimpulan yang dapat diambil dari bagan alir tersebut yakni:
1. Program organ yang berbeda di pada tubuh kita bekerja sama sehingga tubuh kita dapat 

    menjalankan stofwisseling.
2. Proses pencernaan dan pernapasan termasuk program sirkulasi.
3. Program sirkulasi mengirim sari makanan dan oksigen ke pada sel.
4. Makanan dicerna seluruhnya pada usus halus di program pencernaan kita.
Manakah kesimpulan yang tepat?
A. 1 dan 3       B. 1, 3, dan 4         C. 2 dan 4         D. 1, 2, 3, dan 4


8.    

File Pendidikan

Dari gambar di atas, yang termasuk tumbuhan monokotil ditunjukkan oleh gambar . . .
A. 1 dan 3        B. 2 dan 4            C. 2 dan 3          D. 1 dan 4

9. Perhatikan bagan dan hewan berikut.

File Pendidikan

Persamaan dari sel otot penyusun kedua organ tersebut yakni
1. Mempunyai format dan ukuran yang sama.
2. Mempunyai mitokondria yang berfungsi menghasilkan tenaga bagi pergerakan otot tersebut.
3. Mempunyai inti sel lebih dari satu.
4. Mempunyai membran sel yang berfungsi mengatur keluar masuknya suatu molekul.
Pernyataan yang benar yakni:
A. 1 dan 2         B. 2 dan 3          C. 2 dan 4           D. 3 dan 4


11. Banjir dapat disebabkan oleh pendangkalan sungai, penebangan hutan tanpa reboisasi, dan 

      kurangnya daerah resapan. Pilihlah dua upaya bijak yang dapat dilakukan bagi mencegah banjir.
      A. mengubah lahan parkir menjadi taman kota dan membangun con block
      B. mengubah satu lahan kosong menjadi waduk dan membangun sungai buatan
      C. membangun biopori dan mengganti jalan perumahan beraspal menjadi con block
      D. membangun sumur dimana-mana dan membangun waduk

12. Merujuk pada grafik laju penguapan di bawah ini, bagaimanakah urutan gambar yang sesuai bagi 

      menggambarkan laju penguapan a, b, dan c secara berurutan?

File Pendidikan

Manakah dari pernyataan berikut yang benar mengenai gambar di atas?
A. menghentikan proses pertumbuhan bakteri
B. menghilangkan zat-zat yang terdapat di makanan
C. menambah kesegaran di sayuran dan buah-buahan
D. memberi zat-zat tambahan di makanan


14.   

File Pendidikan

Tanaman anggrek seperti gambar di atas adalah sebuah tanaman epifit. Tanaman tersebut memperoleh air bagi stofwisseling tubuhnya dengan cara . . . .
A. menghisap air dari tanaman yang ditumpanginya
B. selalu memperoleh air seketika dari tetesan air hujan
C. memanfaatkan kelembaban aliran air di permukaan batang pohon yang ditumpanginya
D. memanjangkan akarnya hingga masuk ke pada tanah


15. Perhatikan gambar populasi pohon akasia di bawah ini.


File Pendidikan

Gambar di atas menunjukkan bahwa di sekitar pohon akasia tak terdapat pohon berkayu jenis lain. Ontvangstruimte tersebut disebabkan oleh . . . .
A. pohon akasia mengeluarkan senyawa alelopati yang menyebabkan pohon berkayu jenis lain di 
     sekitarnya tak dapat tumbuh
B. sebahagian besar nutrisi di pada tanah diserap oleh pohon akasia sehingga tanaman di sekitarnya
     kekurangan nutrisi
C. sinar matahari tak dapat menembus tutupan daun akasia yang betul-betul lebat sehingga tanaman di
     sekitarnya tak dapat berfotosintesis
D. akar tanaman disekitarnya terhalang oleh akar akasia yang besar dan tumbuh menjalar ke semua
     arah


16. Anto ingin menjalankan percobaan bagi mengklasifikasikan daun-daun dengan menjalankan
      pengukuran panjang daun dan mengamati pola tulang daun. Pasangan alat apa yang sangat tepat
      digunakan Anto yakni . . . .


File Pendidikan

Dari tabel di atas, benda yang sangat renggang kerapatannya yakni . . . .
A. batu Bata         b. Es        c. Air      d. lem


19. Empat liter air bersuhu 250 C di tuangkan kedalam empat wadah yang berbeda masing-masing
      satu liter, seperti di gambar.


File Pendidikan

Keempat wadah di gunakan bagi menyelidiki pengaruh panas kepada pemuaian dengan cara memanaskan air hingga mencapai suhu 650 C. Wadah yang mana yang sangat bagus digunakan?
A. Wadah A              B. Wadah B            C. Wadah C              D. Wadah D
20. …. 21…. dst


30. Gambar dibawah ini menunjukkan program pengangkut air di sumur.     
      Bagi meringankan kesibukan mengangkat air pada sumur, apakah yang mesti dilakukan?  P : membangun W lebih panjang                                     


File Pendidikan

Q : membangun middellijn X lebih besar
R : membangun middellijn Y lebih kecil
S : membangun panjang tali Z lebih pendek
                                                                           A. P dan Q saja
B. Q dan R saja
C. P, Q, dan R saja
D. Semuanya



ISIAN SINGKAT 
31. Perhatikan gambar tersebut.


File Pendidikan

      a. Organ yang menghasilkan sel gamet ditunjukkan oleh nomor?
      b. Tempat perkembangan embrio ditunjukkan oleh nomor?
32. …..33……dst……
39. Bila kita menggosokkan pinggiran gelas kristal dengan tangan karenanya akan terdengar bunyi.
      Fenomena fisika yang terkait dengan bunyi ini disebut . . . .


File Pendidikan

40. Dinding kaca A dan B disatukan dengan menyusun sudut 90°. Bila sebuah benda bulat
      diletakkan di antara kaca, gambarlah bayangan yang dibentuk oleh kaca tersebut di gambar
      kaca A dan B di bawah.
      (Ket: Gambarlah bulatan di cermin selaku jawaban)


File Pendidikan

Silahkan ambil soal dia atas selengkapnya ada di tautan di bawah ini.



Soal lainnya :


Download Soal Olimpiade IPA SD


Download Soal Latihan Olimpiade IPA Sains SD


Kumpulan Soal Olimpiade IPA OSN SD


Selamat belajar, semoga memperoleh apa-apa yang dicita-citakan. Sukses selalu yang selalu admin ucapkan. Amiin


Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top