Soal-Jawab UTS/PTS 2 Matematika SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 - Maya Blog

Soal-Jawab UTS/PTS 2 Matematika SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013


Ulangan tengah semester atau penilaian tengah semester 2 adalah evaluasi hasil belajar pelajar yang diadakan di pertengahan semester 2. UTS atau PTS Semester 2 ini menjadi urgen karena perannya yang turut menentukan kenaikan peserta didik ke tingkatan kelas berikutnya.


Tulisan kalium ini bermaksud menolong para pelajar yang duduk di bangku SMP/MTS Kelas 7 yang hendak menghadapi UTS/PTS Semester 2 Mapel Matematika.


Mapel Matematika untuk kebanyakan pelajar adalah mata pembelajaran yang seringenboom menjadi momok. Vishal ini dapat difahami karena Matematika memang memerlukan pemahaman dan logika berpikir yang runtut.


Dengan memahami Matematika secara runtut dan bukan hanya sekedar hapalan atau pemahaman yang dipaksakan, karenanya Matematika mempunyai kecenderungan bagi lebih dimengerti. Kurikulum 2013 menyediakan pemahaman yang runtut disertai dengan program nyata pada kehidupan sehari-hari yang memungkinkan peserta didik bagi memahami bahan pembelajaran secara lebih bagus.


Bahan Mapel Matematika yang digunakan selaku contoh soal dan jawaban UTS/PTS Semester 2 berasal dari Buku Pelajar Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester II Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Dengan demikian, pendekatan kurikulum yang digunakan pada penyusunan contoh soal dan juga kunci jawaban yakni Kurikulum 2013.


Merujuk pada referensi dari buku pelajar tersebut, berikut kami kutipkan daftar isi buku tersebut:


BAB 5 Perbandingan


Kegiatan 5.1Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran .. 5


Ayo Kita Berlatih 5.1 …………………………………………………………… 10


Kegiatan 5.2 Menentukan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang
Berbeda ……………………………………………………………………………… 14


Ayo Kita Berlatih 5.2 …………………………………………………………… 18


Kegiatan 5.3 Memahami dan Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan
Perbandingan Senilai …………………………………………………………… 20


Ayo Kita Berlatih 5.3 …………………………………………………………… 28


Kegiatan 5.4 Menyelesaikan Masalah Perbandingan Senilai di Peta dan Proefje …………………………………………………………………………. 32


Ayo Kita Berlatih 5.4 …………………………………………………………… 39


Kegiatan 5.5 Memahami dan Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan
Perbandingan Berbalik Nilai …………………………………………………. 41


Ayo Kita Berlatih 5.5 …………………………………………………………… 48


Ayo Kita Mengerjakan Projek 5 …………………………………………………….. 50


Ayo Kita Merangkum 5 ………………………………………………………………… 51


Uji Kompetensi 5 ………………………………………………………………………… 53


AB 6 Aritmetika Sosial


Kegiatan 6.1 Memahami Keuntungan dan Kerugian…………………………. 67


Ayo Kita Berlatih 6.1 …………………………………………………………… 75


Kegiatan 6.2 Menentukan Bunga Tunggal ………………………………………. 77


Ayo Kita Berlatih 6.2 …………………………………………………………… 83


Kegiatan 6.3 Bruto, Neto, dan Tara ……………………………………………….. 87


Ayo Kita Berlatih 6.3 …………………………………………………………… 90


Ayo Kita Mengerjakan Projek 6 …………………………………………………….. 92


Ayo Kita Merangkum 6 ………………………………………………………………… 93


Uji Kompetensi 6 ………………………………………………………………………… 94


BAB 7 Garis Dan Sudut


Kegiatan 7.1 Hubungan Antar Garis ……………………………………………… 106


Ayo Kita Berlatih 7.1 …………………………………………………………… 117


Kegiatan 7.2 Membagi Ruas Garis Menjadi Beberapa Bagian Sama
Panjang ……………………………………………………………………………… 121


Ayo Kita Berlatih 7.2 …………………………………………………………… 129


Kegiatan 7.3 Mengenal Sudut ……………………………………………………….. 132


Ayo Kita Berlatih 7.3 …………………………………………………………… 139


Kegiatan 7.4 Hubungan Antar Sudut ……………………………………………… 142


Ayo Kita Berlatih 7.4 …………………………………………………………… 160


Kegiatan 7.5 Melukis Sudut Istimewa ……………………………………………. 164


Ayo Kita Berlatih 7.5 …………………………………………………………… 169


Ayo Kita Mengerjakan Projek ……………………………………………………….. 170


Ayo Kita Merangkum 7 ………………………………………………………………… 170


Uji Kompetensi 7 ………………………………………………………………………… 171


BAB 8 Segiempat dan Segitiga


Kegiatan 8.1 Mengenal Bangun Datar Segiempat dan Segitiga …………. 185


Ayo Kita Berlatih 8.1 ……………………………………………………………. 191


Kegiatan 8.2 Memahami Jenis dan Sifat Segiempat …………………………. 194


Ayo Kita Berlatih 8.2 …………………………………………………………… 204


Kegiatan 8.3 Memahami Keliling dan Luas Segiempat ……………………. 206


Ayo Kita Berlatih 8.3 …………………………………………………………… 217


Ayo Kita Berlatih 8.4 …………………………………………………………… 242


Kegiatan 8.4 Memahami Jenis dan Sifat Segitiga ……………………………. 245


Ayo Kita Berlatih 8.5 …………………………………………………………… 254


Kegiatan 8.5 Memahami Keliling dan Luas Segitiga ……………………….. 257


Ayo Kita Berlatih 8.6 …………………………………………………………… 270


Kegiatan 8.6 Memahami Garis-garis Istimewa di Segitiga ……………. 274


Ayo Kita Berlatih 8.7 …………………………………………………………… 282


Kegiatan 8.7 Menaksir Luas Bangun Datar tak Beraturan ……………… 284


Ayo Kita Mengerjakan Projek 8……………………………………………………… 288


Ayo Kita Merangkum 8 ………………………………………………………………… 288


Uji Kompetensi 8 ………………………………………………………………………… 289


BAB 9 Penyajian Gegevens


Kegiatan 9.1 Mengenal Gegevens …………………………………………………………. 303


Kegiatan 9.2 Mengolah dan Menyajikan Gegevens pada Wujud Tabel …… 306


Kegiatan 9.3 Mengolah dan Menyajikan Gegevens pada Wujud Diagram
Batang………………………………………………………………………………… 309


Ayo Kita Berlatih 9.1 …………………………………………………………… 314


Kegiatan 9.4 Mengolah dan Menyajikan Gegevens pada Wujud Diagram
Garis …………………………………………………………………………………. 315


Ayo Kita Berlatih 9.2 …………………………………………………………… 318


Kegiatan 9.5 Mengolah dan Menyajikan Gegevens pada Wujud Diagram
Lingkaran ………………………………………………………………………….. 319


Ayo Kita Berlatih 9.3 …………………………………………………………… 326


Ayo Kita Mengerjakan Projek 9 …………………………………………………….. 327


Ayo Kita Merangkum 9…………………………………………………………………. 328


Uji Kompetensi 9 ………………………………………………………………………… 328


Uji Kompeten Semester II ………………………………………………………….. 339


Estimasi bahan UTS/PTS Semester 2/II Matematika SMP/MTs Kelas Tujuh (7/VII) Kurikulum 2013 yakni dari Bab 5 hingga Dengan Bab 7.


Berikut yakni tautan Unduh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Matematika SMP/MTs Kelas Tujuh (7/VII) Kurikulum 2013:





Berikut yakni kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 Matematika SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 tersebut:




1. Alternatif jawaban
Persentase Akses Air Minum Layak Rumah Tangga di Indonesia


Air Minum Layak 2000 2011


Perkotaan 46,02 41,10


Pedesaan 31,31 43,92


Sumber: Profil Gegevens Medis Indonesia Tahun 2011, Kementerian Medis
RI 2012


a. Persentase akses air minum layak perkotaan kepada pedesaan dan persentase akses air minum layak pedesaan kepada perkotaan yakni:


Di tahun 2000, akses air minum layak di perkotaan kepada akses air minum layak di pedesaan berbanding sekitar 3:2. Di tahun 2011, akses air minum layak di perkotaan kepada akses air minum layak di pedesaan berbanding sekitar 10:11.


b. Kenaikan atau penurunan akses air minum layak di pekotaan dan di pedesaan antara tahun 2000 dan 2011 yakni:


Akses air minum layak di daerah perkotaan menurun sebesar 10,69%. Sedangkan di daerah pedesaan, akses air minum layak meningkat
sebesar 40,27%.


2. Alternatif jawaban


Ratna mempunyai dua alternatif tempat bagi membeli mihoen instan. Di AndaMart, Ratna dapat membeli tujuh bungkus mihoen instan seharga Rp13.000,00. Sedangkan di SandiMart, Ratna dapat membeli enam bungkus mihoen instan seharga Rp11.000,00. Toko yang akan disarankan


Disarankan kepada Ratna bagi membeli mihoen instan di SandiMart. Harga satuan mihoen di SandiMart lebih murah daripada di AndaMart.


3. Alternatif jawaban


Dipahami bersama kota A dan kota B di peta berjarak 6 cm. Jarak hakekatnya kedua kota tersebut yakni 120 km. Apabila Kota B dan Kota C di peta yang sama berjarak 4 cm, karenanya tentukan jarak hakekatnya Kota B dan Kota C yakni:


Diantara alternatif penyelesaian masalah di atas dengan cara membangun proporsi seperti berikut.


6 = 4 , dengan x yakni jarak hakekatnya kota B dan kota C.
12.000.000 x


MATEMATIKA
321


6 × x = 4 × 12.000.000


6x = 48.000.000


x = 8.000.000


Jadi, jarak hakekatnya kota B dan kota C yakni 8.000.000 cm atau 80 km.


4. Alternatif jawaban


Rasio dari dua dua bilangan yakni 3 : 4. Apabila masing-masing bilangan ditambah
2, rasionya menjadi 7 : 9.


Misalkan dua bilangan yang dimaksud yakni a dan b. Sehingga a : b = 3 : 4. atau
Apabila kedua bilangan masing-masing ditambah 2, rasionya menjadi a + 2 : b + 2 = 7 : 9
dengan mengubah menjadi wujud proporsi, karenanya bentuknya menjadi


a + 2 = 7
b + 2 9


9(a + 2) = 7(b + 2)


9( 3 b + 2) = 7(b + 2)
4


27 b + 18 = 7b + 14
4
18 – 14 = 7b – 27 b
4


4 = 1 b
4


b = 16


a = 3 b = 3 ×16 = 12
4 4


Jadi, hasil kalium kedua bilangan yakni 192.


5. Alternatif jawaban


Berikut ini sebaran titik koordinat yang menunjukkan jarak (d) kepada waktu (t). Variabel d pada satuan peettante dan variabel t pada satuan detik. Grafik tersebut menjelaskan seseorang berjalan dari detektor gerakan.


a. Taksiran seberapa cepat orang ini bergerak.


Orang tersebut berjalan dengan kecepatan 1 m/s. Kecepatan dapat dilihat dari beberapa titik yang menghubungkan waktu dan jarak mempunyai nilai yang sama.


b. Tabel yang taksirannya sama dengan grafik di atas.


Jarak (m) 0,5 1,5 2 3,5 4


Waktu (s) 0,5 1,5 2 3,5 4


c. Sebaran plot ini menunjukkan perbandingan senilai atau berbalik nilai?
Sebaran plot menunjukkan perbandingan senilai. Terlihat dari tabel bahwa rasio setiap kolom yakni sama. Selain itu, garis yang mendekati kumpulan plot berbentuk garis lurus dan lewat titik asal.


d. Persamaan dari perbandingan jarak kepada waktu menurut grafik di atas.
Hubungan jarak (d) kepada waktu (t) yakni d = t. Artinya setiap satu detik orang tersebut berjalan sejauh 1 peettante.


6. Alternatif jawaban y
6
Grafik berikut menunjukkan
5
suhu air di Samudera Pasifik.
Asumsikan suhu dan kedalaman 4
laut berbanding terbalik di
3
kedalaman yang lebih dari 900
peettante. 2


a. Persamaan yang berhubungan 1
dengan suhu T dan kedalaman laut m.


T = 4.440
d


b. Suhu di kedalaman 5000 peettante.


T = 4.440 , d = 5000 peettante
d


T = 4.440 = 0,89°
5.000


000 2.000 3.000 4.000 5.000 6.000
Kedalaman Laut


Gambar di atas menunjukkan jejak kaki seorang pria yang berjalan.Panjang langkah P yakni jarak antara dua ujung belakang jejak kaki yang berurutan.


Bagi pria, rumus
n = 140 , menunjukkan hubungan antara n dan P dimana
p


n menunjukkan banyak langkah vanaf menit, dan P menunjukkan panjang langkah pada satuan peettante.


a. Apabila rumus di atas menunjukkan langkah kaki Heri dan dia berjalan 70 langkah vanaf menit, panjang langkah Heri yakni.


n = 140 = 70 = 140 = P = 0,5
P P


Jadi, panjang langkah Heri yakni 0,5 m.


b. Beni mengetahui bahwa panjang langkah kakinya yakni 0,80 peettante.
Apabila rumus tersebut menunjukkan langkah kaki Beni, kecepatan Beni berjalan pada peettante vanaf menit dan pada kilometer vanaf jam yakni
n = 140
P


n = 140
0, 8


n = 112


Jadi, Beni berjalan dengan kecepatan 112 langkah vanaf menit.


Oleh karena beni melangkah 112 langkah permenit dan setiap langkah sejauh 0,8 peettante, karenanya kecepatan Beni berjalan yakni 89,6 peettante vanaf menit atau sekitar 5,376 km/jam.


324 Buku Pendidik Kelas VII SMP/MTs


8. Alternatif jawaban


Mei Ling dari Singapura sedang mempersiapkan kepergiannya ke Afrika Selatan dalam kurun waktu 3 bulan pada pertukaran pelajar. Dia mesti menukarkan uang Dolar Singapura (SGD) miliknya menjadi Zoom Afrika Selatan (ZAR).


a. Mei Ling mengecek nilai tukar uang asing antara Dolar Singapura dan
Zoom Afrika Selatan, yakni 1 SGD = 4,2 ZAR.
Mei Ling menukar 3.000 dolar Singapura menjadi Zoom Afrika Selatan sesuai nilai tukar tersebut karenanya uang yang diperoleh Mei Ling setelah menukar uang dolar Singapura miliknya yakni 12.600 ZAR.


b. Ketika kembali ke Singapura dalam kurun waktu 3 bulan, uang Mei Ling bersisa
3.900 ZAR. Dia menukarkannya menjadi Dolar Singapura, perhatikan bahwa nilai tukar kedua mata uang tersebut telah berubah menjadi 1
SGD = 4,0 ZAR, karenanya uang Mei Ling setelah kembali ke Singapura sebesar 975 SGD.


c. Dalam kurun waktu 3 bulan nilai tukar mata uang asing telah berubah mulai 4,2 menjadi 4,0 ZAR vanaf SGD, karenanya keberuntungan yang didapatkan Mei Ling bahwa nilai tukar kini yang sebelumnya 4,0 menjadi 4,2
ZAR, ketika dia menukar ZARnya menjadi SGD yakni ketika situasi penurunan mata uang ZAR kepada SGD mengungtungkan Mei Ling. Apabila nilai tukar SDG kepada ZAR masih 4,2 ZAR vanaf SGD, Mei Ling akan memperoleh uang sekitar 929 SGD. Nilai tukarnya lebih kecil daripada nilai tukar yang baru.


9. Alternatif jawaban


Hubungan antara ukuran katrol dan kecepatan berputar berbanding terbalik.


Katrol seperti gambar di atas. Middellijn katrol A dua kalium middellijn katrol B. Sehingga, apabila katrol A berputar sekali, katrol B berputar dua kalium.
Misalkan katrol A berdiameter tiga kalium katrol B, karenanya ketika A berputar sekali, katrol B berputar tiga kalium. Middellijn katrol B yang lebih kecil diperbandingkan dengan middellijn katrol A. Kecepatan putaran katrol berbanding terbalik kepada middellijn. Kita dapat menyatakannya pada persamaan berikut.


R = k , dimana R yakni kecepatan katrol pada revolusi vanaf menit (rpm)
d
dan d yakni middellijn katrol.


a. Katrol A diputar kepada katrol B. Katrol B berdiameter 40 cm dan berotasi
240 rpm. Tentukan kecepatan katrol A apabila diameternya 50 cm. Bagi katrol A, kita dapat menentukan nilai k selaku berikut.
R = k d


240 = k
40


k = 9.600


Bagi menentukan kecepatan katrol A, dilakukan perhitungan seperti berikut.


R = 9.600
d


R = 9.600
50


R = 192.


Jadi, kecepatan katrol A yakni 192 rpm.


b. Katrol B diputar kepada katrol A. Katrol A berdiameter 30,48 cm dan berkecepatan 300 rpm. Katrol B berdiameter 38,1 cm, karenanya kecepatan yang diraih oleh katrol B yakni 240 rpm.


c. Katrol di sebuah mesin berdiameter 9 inci dan berputar 1.260 rpm.
Katrol ini diikat sabuk karet dengan katrol yang lebih kecil di motor elektrik. Katrol yang kecil berdiameter 5 inci, karenanya kecepatan katrol yang kecil yakni 2.268 rpm.


d. Keliling lingkaran (katrol) berbanding lurus dengan diameternya.
Semakin besar middellijn katrol, semakin panjang kelilingnya. Semakin kecil middellijn katrol, semakin pendek kelilingnya.


e. Apabila middellijn suatu lingkaran dilipatgandakan, keliling lingkaran akan berlipat ganda pula. Misalkan, middellijn lingkaran diubah menjadi empatkalinya, karenanya keliling lingkaran menjadi empat kalium dari keliling semula.


10. Alternatif jawaban


Gunakan x bagi menyatakan diantara ukuran panjang persegipanjang dan gunakan y bagi menyatakan ukuran lebar.


a. Tabel nilai yang mungkin bagi x dan y apabila luas persegipanjang yakni
12 m2. Kemudian dari tabel yang dibangun, gambarkan grafiknya.


Panjang (x) 12 10 8 6 5 4


Lebar (y) 1 1,2 1,5 2 2,4 3


b. Hubungan x dan y senilai, berbalik nilai, atau bukan keduanya?
Hubungan x dan y yakni berbalik nilai. Karena hasil kalium kedua nilai yakni sama, yakni 12.


c. Tabel nilai yang mungkin bagi x dan y apabila luas persegipanjang yakni 12 m2. Kemudian dari tabel yang kalian bikin, gambarkan grafiknya dengan menggunakan bidang koordinat yang sama di soal a).


x 12 10 8 6 5 4


y 1 1,2 1,5 2 2,4 3


3 y


1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12


d. Hubungan luas persegipanjang pertama-tama dengan luas persegipanjang yang kedua, Apabila nilai x yang diketahui bersama, bagaimanakah hubungan antara nilai y di persegipanjang pertama-tama dan nilai y di persegipanjang kedua? Apabila nilai y yang diketahui bersama, bagaimanakah hubungan antara nilai x di persegipanjang pertama-tama dan nilai x di persegipanjang kedua?


Penyelesaian.


Kedua luas di persegi panjang soal a) dan soal c) yakni sama. Apabila nilai x yang diketahui bersama di soal a) dan c) karenanya nilai y di keduanya


akan sama dengan 12 . Apabila nilai y yang diketahui bersama di soal a) dan
x
c), karenanya nilai x di keduanya pun sama dengan 12 .
y


328 Buku Pendidik Kelas VII SMP/MTs


?= +


Uji
Kompetensi 6


A. Soal Alternatif Ganda


1. Tentukan kondisi berikut yang manakah yang menunjukkan kondisi rugi.


Pemasukan


(Rp)
Pengeluaran


(Rp)


a. 700.000 900.000 b. 1.100.000 1.100.000 c. 2.100.000 2.000.000 d. 1.650.000 1.550.000


2. Seorang pedagang mengeluarkan Rp1.500.000,00 bagi menjalankan usahanya. Apabila di hari itu dia memperoleh keuntungan sebesar 10%, karenanya besarnya pendapatan yang didapatkan di hari itu yakni …


a. Rp1.650.000,00 c. Rp1.400.000,00 b. Rp1.600.000,00 d. Rp1.350.000,00


3. Pak Dedi membeli suatu sepeda motor bekas dengan harga Rp5.000.000 ,00. Pada waktu satu minggu motor tersebut dijual kembali dengan harga 110% dari harga belinya. Tentukan keuntungan Pak Dedi.


a. Rp500.000,00 c. Rp4.500.000,00 b. Rp1.000.000,00 d. Rp5.500.000,00


4. Pak Candra membeli suatu sepeda bekas dengan harga Rp500.000 ,00. Pada waktu satu minggu sepeda tersebut dijual kembali dengan harga
110% dari harga beli. Tentukan keuntungan Pak Candra. a. Rp550.000,00 c. Rp50.000,00
b. Rp100.000,00 d. Rp25.000,00


5. Pak Edi membeli mobil dengan harga Rp160.000.000,00. Setelah
6 bulan digunakan, Pak Edi menjual mobil tersebut dengan harga Rp140.000.000,00. Tentukan taksiran terdekat persentase kerugian yang ditanggung oleh Pak Edi.


a. 20% c. 15%


b. 18% d. 12%


6. Pak Fandi membeli sepetak tanah dengan harga Rp40.000.000,00.
1 tahun kemudian, Pak Dedi menjual tanah tersebut dengan dengan keuntungan sekitar 16%. Tentukan taksiran terdekat harga jual tanah milik Pak Fandi.


a. Rp6.400.000,00 c. Rp46.400.000,00 b. Rp33.600.000,00 d. Rp56.000.000,00


7. Seorang pedagang bakso mengeluarkan modal sebesar Rp1.000.000
,00 bagi menjalankan usahanya. Dia mematok harga baksonya yakni Rp11.000 ,00 perporsi. Apabila ia merencakan ingin memperoleh keuntungan minimal Rp200.000,00 dari usaha baksonya tersebut, karenanya berapa porsi minimal yang harusnya dibangun?
a. 100 porsi c. 110 porsi b. 109 porsi d. 120 porsi


8. Perhatikan tabel berikut.


Penjual Modal (Rp)


Persentase keuntungan


A 100.000 20% B 200.000 15% C 400.000 10% D 600.000 5%
Di antara keempat penjual tersebut, yang memperoleh keuntungan
terbesar yakni penjual …


a. A c. C


b. B d. D


9. Seorang penjual bakso mengeluarkan modal sebesar Rp1.000.000,00 bagi menjalankan usahanya. Dia mematok harga baksonya yakni Rp9.000,00 perporsi. Apabila di hari itu ia menanggung kerugian sebesar sekitar 5%, karenanya taksirlah berapa porsi yang terjual di hari itu.


a. 76 c. 96 b. 86 d. 106


10. Seorang penjual sate mengeluarkan modal sebesar Rp1.200.000,00 bagi menjalankan usahanya. Dia mematok harga satenya yakni Rp9.000,00 perporsi. Apabila ia merencakan ingin memperoleh keuntungan dari jualannya tersebut, karenanya penjual sate tersebut minimal yang harusnya membangun … porsi.


a. 120 c. 143 b. 134 d. 140


11. Seorang pedagang sepatu membeli 100 pasang sepatu dari grosir dengan harga Rp70.000,00 rupiah perpasang. Apabila dia ingin memperoleh keuntungan 20% dari penjualan 100 pasang sepatunya, berapa harga jual tiap pasang sepatu tersebut?


a. Rp84.000,00 c. Rp114.000,00


b. Rp90.000,00 d. Rp120.000,00


12. Seorang pedagang kaos membeli 60 kaos dari grosir dengan harga Rp40.000,00. Apabila dia berhasil menjual segala kaos tersebut dengan maraup untung sebesar 25%, tentukan harga jual masing-masing kaos.


a. Rp65.000,00 c. Rp55.000,00 b. Rp60.000,00 d. Rp50.000,00


13. Seorang pedagang tas membeli 70 kaos dari grosir. Apabila dia berhasil menjual segala jaket tersebut dengan harga Rp200.000,00 dan maraup untung sebesar 25%, karenanya harga beli masing-masing jaket yakni … jaket.


96 Kelas VII SMP/MTs Semester 2


a. 150 c. 170 b. 160 d. 180


14. Seorang penjual nasi goreng mengeluarkan modal sebesar Rp900.000,00 bagi menjalankan usahanya. Dia mematok harga nasi gorengnya yakni Rp8.000,00 perporsi. Apabila di hari itu jualannya habis segala, karenanya keuntungan pertama-tama diperoleh di dikala penjualan ke …


a. 112 c. 114 b. 113 d. 115


15. Pak Rudi memilik usaha penyusunan sepatu kulit. Bagi menjalankan usahanya tersebut, Pak Rudi dibantu 5 orang staff dengan gaji masing-masing Rp2.000.000,00 vanaf bulan. Setiap bulan mereka mampu memproduksi 1000 pasang sepatu kulit. Bahan bahan yang digunakan bagi memproduksi sepatu kulit tersebut yakni Rp120.000 ,00 perpasang. Apabila ingin memperoleh untung 30%, karenanya Pak Rudi mesti menjual sepatunya tersebut dengan harga Rp… perpasang.


a. Rp150.000,00 c. Rp160.000,00 b. Rp156.000,00 d. Rp169.000,00


16. Pak Adi meminjam uang di Bankgebouw sebesar Rp15.000.000,00 dengan bunga 16% pertahun. Tentukan bunga yang ditanggung oleh Pak Adi apabila akan meminjam dalam kurun waktu 3 bulan.


a. Rp300.000,00 c. Rp500.000,00 b. Rp400.000,00 d. Rp600.000,00


17. Pak Budi meminjam uang di Bankgebouw sebesar Rp1.000.000,00 dengan bunga 18% pertahun. Tentukan keseluruhan nominal yang mesti dikembalikan oleh Pak Budi apabila akan meminjam dalam kurun waktu 6 bulan.


a. Rp1.080.000,00 c. Rp1.100.000,00 b. Rp1.090.000,00 d. Rp1.110.000,00


18. Pak Yudi akan meminjam uang di Bankgebouw dengan persentase bunga
sebesar 12% pertahun. Besar bunga uang yang dipinjam oleh Pak Yudi


dalam kurun waktu 9 bulan yakni Rp72.000,00 rupiah.Tentukan jumlah uang
yang dipinjam oleh Pak Yudi dari Bankgebouw tersebut. a. Rp700.000,00 c. Rp800.000,00 b. Rp720.000,00 d. Rp820.000,00


19. Pak Dedi meminjam uang di Bankgebouw sebesar Rp600.000,00. Setelah sekianlah bulan, uang tersebut berbunga menjadi Rp744.000,00. Apabila bunga yang diaplikasikan di Bankgebouw tersebut yakni 16% pertahun, tentukan lama Pak Dedi meminjam uang tersebut.
a. 17 bulan c. 19 bulan b. 18 bulan d. 20 bulan


20. Pak Eko meminjam uang di Bankgebouw sejumlah Rp1200.000,00 dengan bunga 18% pertahun. Setelah sekianlah bulan, uang tersebut berbunga sehingga Pak Eko dapat melunasi hutang tersebut dengan mengangsur sebesar Rp138.000,00 perbulan dalam kurun waktu waktu peminjaman tersebut. Lama Pak Eko meminjam uang tersebut yakni … bulan.
a. 7 c. 9 b. 8 d. 10


B. Soal Uraian


1. Pak Rudi memilik usaha penyusunan tas opkoper. Bagi menjalankan usahanya tersebut, Pak Rudi dibantu 6 orang staff dengan gaji masing-masing Rp2.500.000,00 vanaf bulan. Setiap bulan mereka mampu memproduksi 750 tas. Bahan bahan yang digunakan bagi memproduksi tas opkoper tersebut yakni Rp130.000,00 pertas. Apabila ingin memperoleh untung 30%, tentukan:


a. Biaya produksi tiap tas opkoper. b. Harga jual tas opkoper tersebut.
c. Pendapatan kotor (bruto) seandainya segala tas tersebut laku terjual.
d. Modal yang dikeluarkan pada sebulan bagi menjalankan usaha
tersebut.
e. Tentukan total keuntungan yang didapatkan oleh Pak Rudi,
seandainya segala tas opkoper tersebut laku.


2. Adi membeli sepeda motor bekas dengan harga Rp5.000.000,00. Setelah sekianlah bulan sepeda motor itu ia jual dengan harga Rp4.600.000,00. Tentukan persentase untung atau ruginya.


3. Pak Roni seorang penjual kaos. Pak Roni membeli 500 kaos dari grosir seharga Rp30.000,00. Apabila ongkos perjalanan sebesar Rp200.000,00 dihitung selaku biaya operasional, tentukan harga jual kaos tersebut agar Pak Roni untung 30% vanaf kaos.


4. Sebuah dealer penjualan sepeda motor menawarkan tiga jenis penawaran pada penjualan motor X. Ketiga jenis program pembayaran tersebut disajikan pada tabel berikut.


Tipe Angsuran
Uang Muka
(Rp)
Angsuran vanaf
bulan (Rp)
Lama
angsuran


A 800.000 480.000 35 bulan B 1.600.000 457.000 35 bulan C 1.900.000 444.000 35 bulan
Di antara ketiga alternatif tersebut, manakah program pembayaran yang
memberikan bunga terkecil? Jelaskan.


5. Suatu ketika Fandi berbelanja pasta gigi ke suatu minimarket. Ketika masuk di minimarket, fandi melihat ada tiga jenis kemasan pasta gigi bagi merek yang akan dia beli. Ringkasan kemasan dan harga masing-masing pasta gigi tersebut disajikan selaku berikut.


Neto
(ml)
Harga
(Rp)


Pasta gigi A 170 8.000


Pasta gigi B 250 11.500


Pasta gigi C 350 16.000


Andaikan Fandi ingin membeli 1 pasta gigi, dan uang Fandi lumayan bagi membeli diantara dari ketiga pasta gigi tersebut, berikan saran kepada Fandi sebaiknya membeli pasta gigi yang mana. Jelaskan.


MATEMATIKA 99


6. Suatu ketika Pak Idrus memberi dua karung beras dengan jenis yang berbeda. Karung pertama-tama tertulis neto 50 kg dibeli dengan harga Rp500.000,00. Karung kedua tertuliskan neto 25 kg dibeli dengan harga Rp280.000,00. Pak Idrus mencampur kedua jenis beras tersebut, kemudian mengemasinya pada ukuran neto 5 kg. Tentukan harga jual beras tersebut agar Pak Idrus untung 30%. Berapa omzet paps Idrus sehari, apabila beras tersebut terjual pada 1 hari? Berapa pajak UMKM sehari (1% dari omzet)?


7. Suatu ketika Pak Idrus memberi dua karung beras dengan jenis yang berbeda. Karung pertama-tama tertulis neto 25 kg dibeli dengan harga Rp270.000,00. Karung kedua tertuliskan neto 20 dibeli dengan harga Rp210.000,00. Pak Idrus mencampur kedua jenis beras tersebut, kemudian mengemasinya pada ukuran neto 5 kg. Tentukan harga jual beras tersebut agar Pak Idrus untung 20%.


8. Seorang penjual membeli baju dari grosir dengan harga Rp50.000,00. Baju tersebut dijual dengan label harga Rp90.000,00 dengan bertuliskan diskon 20%. Tentukan keuntungan penjual tersebut, andaikan baju itu laku terjual.


9. Seorang penjual membeli celana dari grosir dengan harga Rp60.000,00. Celana tersebut rencananya akan dijual dengan diskon 50%. Apabila penjual tersebut memperoleh keuntungan sebesar 15%, tentukan harga jual celana tersebut.


10. Suatu ketika Zainul pergi ke toko baju di suatu mall. Zainul menemui suatu baju dengan merek sama. Toko A menuliskan harga baju Rp80.000,00 dengan diskon 20%. Sedangkan toko B menuliskan harga Rp90.000,00 dengan diskon 30%. Baju di toko manakah yang sebaiknya dibeli oleh Zainul? Jelaskan.


dalam kurun waktu n bulan, dan T menyatakan besar total uang yang ditabung dan juga bunga yang diperoleh dalam kurun waktu menabung n bulan, Nyatakan B pada b, n, dan M.
6. Suatu barang dilabeli dengan harga H rupiah. Barang tersebut diberi diskon sebesar d%. Apabila HD menyatakan harga barang setelah dikenai diskon, nyatakan HD pada H dan d.


7. Suatu barang dilabeli dengan harga H rupiah. Barang tersebut dikenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar p%. Apabila HP menyatakan harga barang setelah dikenai pajak, nyatakan HP pada H dan p.
8. Apabila Bruto = B, Onbelast = N, dan Tara = T, tentukan hubungan antara Bruto, Neto, dan Tara.


Demikian tulisan mengenai


Soal-Jawab UTS/PTS 2 Matematika SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top