Soal Siap UH/ PH 3 Semester II Tema 9 Kelas 4 SD/ MI K-13 Revisi 2017 - Maya Blog

Soal Siap UH/ PH 3 Semester II Tema 9 Kelas 4 SD/ MI K-13 Revisi 2017

File Pendidikan

Download Soal Penilaian Harian/ UH 3 Semester 2 (Dua) Tema 9 Subtema 3: Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Kelas 4/ IV SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 I Pdf


Contoh soal yang kami ulas dan share bagi adik-adik kelas 4 SD/ MI kalium ini yakni bahan tematik khusus tema 9 subtema 3 mengenai Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Bagi tema 9 ini membahas mengenai berjenis-jenis kekayaan SDA dan cara melestarikannya pun mengupas mengenai hal-hal yang merusak serta mencemari lingkungan yang pastinya berdampak negatif untuk hidup manusia.


Indonesia mempunyai beragam kekayaan sumber daya alam. Sumber daya alam yang terdapat di Indonesia tersebut mesti dilestarikan keberadaannya. Pelestarian tersebut bertujuan agar kehidupan masyarakat Indonesia seimbang dengan lingkungan. Diantara upaya pelestarian sumber daya alam tersebut yakni memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana.


Contoh Soal Siap UH/ PH 3 Semester II Tema 9 Kelas 4 SD/ MI K-13 Revisi 2017 ini kami hadirkan dengan konsep yang sederhana tetapi tetap mengacu di daya eksplorasi berpikir anak terkait dengan bahan tema 9 subtema 3 tentang Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam tersebut. Semoga bahan contoh soal siap PH 3 semester genap yang kami share ini bermanfaat dan dapat dijadikan selaku pengaya bahan belajar jelang persiapan menghadapi penilaian harian 3 agar semakin mantap dan siap pada menatap ujian tersebut.


Berikut yakni verbinding unduh Soal Siap PH/ UH 3 semester II Tema 9 subtema 3: Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Kelas 4/ IV SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 I Pdf:





Berikut yakni kutipan dari Soal Siap UH/ PH 3 Semester II Tema 9 Kelas 4 SD/ MI K-13 Revisi 2017 tersebut:




Soal PH 3 Kelas 4 SD/MI tema 9 subtema 3 (Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia) Semester 2 K13 Revisi 2017


2. Sebutkan contoh yang menunjukkan perilaku merusak lingkungan alam!
3. Kita boleh menebang pohon yang telah memenuhi syarat bagi ditebang dan kemudian mesti diimbangi dengan …. agar ada regenerasi pohon baru.
4. Jelaskan perilaku dan kegiatan manusia yang dapat berdampak positif maupun negatif kepada lingkungan!
5. Penebangan pohon sembarangan dapat menyebabkan ….
10. Apa arti urgen lingkungan untuk manusia?
11. Sebutkan contoh nyata pada keluargamu yang menggunakan gaya hidup menghemat kekuatan!
12. Ketika lampu belajar telah tak diaplikasikan lagi karenanya mesti segera dimatikan. Ontvangstruimte tersebut yakni diantara langkah bagi menghemat pemakaian ….
15. Air menjadi sumber daya alam yang mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Sebutkan manfaat air untuk hidup manusia.


Kompor Biogas Kotoran Sapi Makin Diminati
Program pemerintah bagi menghemat kekuatan direspons positif oleh warga masyarakat, salah satunya Latif Wilopo. Latif Wilopo yakni adalah sebuah warga Desa Ngreco, Kecamatan andat, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Dia dan keluarganya memanfaatkan kotoran sapi bagi dibangun kompor biogas.
Kini dia dan keluarganya tak perlu lagi pusing-pusing membeli tabung gas elpiji. Oleh karena dia telah membangun instalasi kompor biogas hemat kekuatan yang memanfaatkan kotoran sapi.
Telah hampir setahun Latif dan keluarganya memanfaatkan biogas tersebut selaku pengganti gas elpiji bagi memasak. Hasilnya pun lumayan lumayan karena uang belanja bagi membeli gas elpiji dapat dihemat bagi kebutuhan lainnya. Termasuk ketika terjadi kelangkaan elpiji, istrinya pun tetap dapat memasak.
Menurut Latif, memakai tabung gas elpiji dengan biogas dari kotoran sapi tak ada bedanya serta tak berpengaruh di rasa masakan. Meskipun biogasnya dari kotoran sapi, masakannya pun tetap lezat. Selain itu pun murah. Sebelum memakai biogas kotoran sapi, setiap bulannya Latif mesti mengeluarkan biaya Rp 52.000,- bagi membeli gas elpiji, dan belum lagi seandainya terjadi kenaikan harga elpiji. Namun, sekarang ini dia telah tak perlu lagi membeli gas elpiji.
Ide membangun instalasi kompor biogas muncul karena di belakang rumahnya menjadi tempat kandang kelompok peternak sapi. Ada sekitar 10 ekor sapi yang setiap hari menghasilkan sekitar 200 kg limbah kotoran sapi yang terbuang sia-sia. Limbah kotoran sapi tersebut hanya diaplikasikan selaku pupuk kandang.


Bacalah teks di atas bagi menjawab pertanyaan nomor 19-21 di bawah ini!
19. Apakah yang dimaksud biogas kotoran sapi?
20. Kenapa kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan?
21. Lebih hemat manakah antara menggunakan gas elpiji dibandingi dengan biogas kotoran sapi?
24. Apa manfaat kerja bakti pada menjaga sikap persatuan dan kesatuan warga?
25. Kerja bakti adalah sebuah kegiatan positif masyarakat yang banyak manfaatnya. Sebutkan beberapa manfaat dari adanya kerja bakti tersebut!




Dipersilahkan bagi mendonwload verkeersopstopping tersebut di tautan yang telah kami sediakan agar memperoleh verkeersopstopping yang komplit dan utuh.


Kami cukupkan hingga di sini tulisan kami yang berjudul:


Soal Siap UH/ PH 3 Semester II Tema 9 Kelas 4 SD/ MI K-13


Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu bagi Sahabat!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top