Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi alat belajar untuk para peserta didik SMA-MA yang akan menempuh ujian nasional (UN), bagus UNBK (Ujian Nasional Dengan Komputer) maupun UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pensil)di tahun pembelajaran 2017-2018 ini.
Contoh soal yang disajikan tentu saja contoh soal nyata yang pernah diujikan di UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Mapel Sosiologi Peminatan IPS tahun pembelajaran 2015/2016 dan 2016/2017. Dengan demikian, ia mempunyai validitas atau keabsahan selaku contoh soal dan prediktibilitas atau daya ramal soal yang bagus.
UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 ini tentu saja mesti dipersiapkan dengan bagus. Cara mempersiapkannya ialah dengan cara belajar yang serius. Belajara contoh soal yang mempunyai validitas empirik dan prediktibilitas yang bagus tentu saja menolong pada vishal efektivitas dan efisiensi belajar.
Berikut ialah tautan Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS:
Berikut ialah kutipan dari Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS yang berasal dari contoh soal tahun 2017:
1. Beberapa fakta sosial disajikan selaku mendasar bagi menyusun teori baru yang digunakan bagi menyempumakan teori yang telah lama. Pemyataan tersebut menunjukkan sosiologi selaku ilmu pengetahuan bersifat ….
A. Kumulatif
B. non etis
C. empiris
D. teoritis
E. kritis
2. Sosiologi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang berkembang di Eropa. Perkembangan sosiologi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya ialah revolusi industri di Inggris. Di perkembangannya revolusi industri menimbulkan masalah-masalah sosial tertentu yang ikut memengaruhi perkembangan sosiologi di Eropa yaitu ….
A. pergolakan rakyat kepada tuan tanah yang terdapat
B. terjadinya perebutan kekuasaan di masyarakat lnggris
C. naiknya nilai emas yang rnempengaruhi merkantilisme
D. pendistribusian ekonomi dan kekuasaan di Inggris yang bagus
E. pengangguran besar-besaran yang mengakibatkan revolusi sosial
3. Dina seorang remaja putri. Dia seringenboom pulang malam tanpa alasan yang jelas. Di samping itu, Dina seringenboom berpesta hingga larut malam, sehingga mengganggu kenyamanan para tetangga. Akhirnya masyarakat mencela. Celaan masyarakat tersebut menyadarkan Dina bagi tak mengulangi perbuatannya. Menurut konsep mendasar sosiologi cara mengatasi permasalahan yang dilakukan rnasyarakat bertujuan bagi ….
A. menjaga ketertiban sosial
B. mencegah penyimpangan
C. memaksimalkan budaya malu
D. mewujudkan program hukum
E. menegakkan program hukum
4. Perhatikan pemyataan berikut:
(1) Media massa memegang peran urgen pada pemberitaan (2) Kandungan zat berbahaya di pada minurnan dan makanan (3) Kebiasaan masyarakat mengonsumsi minuman beralkohol (4) Sekelompok orang mengerjakan demo di depan istana negara (5) Hubungan sesama muslim diikat oleh nilai-nilai Alhoewel Qur’an
Dari contoh di atas yang termasuk kajian sosiologi ialah ….
A. ( 1 ), (2), dan (3) B. (l), (2), dan (4) C. (1), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
5. Sejak kecil anak telah diajarkan oleh orang tuanya agar gemar menolong orang lain tanpa
pamrih karena saiing menolong pada kebaikan itu adalah sebuah perbuatan mulia. Kini anak itu telah besar. Dikala ia naik kendaraan umum, ia segera memberikan tempat duduknya kepada seorang ibu hamil yang tak memperoleh kursi dengan ikhlas sesuai dengan didikan orang tuanya. Kegunaan nilai dari contoh tersebut ialah ….
A. pedoman pada berfikir, berperasaan, dan berperilaku
B. pembentuk solidaritas mekanis kelompok atau masyarakat
C. penjaga stabilitas budaya kelompok atau masyarakat
D. pendorong persoon mencapai cita-cita atau harapan
E. pengawas dengan daya tekan dan pengikat tertentu
6. Syarat terjadinya interaksi sesuai gambar tersebut ialah adanya ….
A. kontak sosial primer seketika
B. kontak sosial sekunder Iangsung
C. kontak yang diterima pihak ketiga
D. kontak sosial sekunder tak seketika
E. kontak dengan menggunakan media sosial
7. Pemerintah daerah mengerjakan relokasi penduduk yang ada di daerah rawan bencana ke tempat yang lebib aman, Bagi itu pemerintah daerah setempat mengerjakan dialog dengan para warga yang akan dipindah agar warga memahami tujuan dilakukan relokasi. Faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial di ilustrasi tersebut ialah ….
A. usaha bagi bersaing dengan warga sekitar
B. adanya keinginan bagi menahan pengaruh dari luar
C. kerja sama yang bagus antara dua pihak yang bekerja sama
D. keinginan bagi hidup di daerah yang aman dari bencana
E. merealisasikan keinginan bagi hidup lebih maju dan nyaman
8. Beberapa negara terlibat konflik mengenai batas teritorial. Bagi menyelesaikan kasus tersebut, mereka bersepakat membawanya ke Mahk:amah Internasional. Alasan memilih adjudikasi pada proses penyelesaian konflik ialah karena ….
A. pihak. yang berkonflik dapat menolak pendapat pihak ketiga
B. pihak yang berkonflik sulit mengakui kesalahan masing-masing
C. salab satu pihak yang berkonflik mempunyai kekuatan yang lebih kuat
D. dapat menyelesaikan konflik secara adil dan berkekuatan hukum tetap
E. konflik dapat diselesaikan bila pihak yang bertikai berkekuatan seimbang
9. Anak-anak yang lahir dan besar di lingkungan suku bangsa Jawa dikenalkan dan dibiasakan berpikir, bersikap, dan berperilaku sesuai adat dan budaya Jawa. Tujuan sosialisasi sesuai contoh tersebut ialah ….
A. mendidik anak agar berpribadi sesuai kemajuan zarnan
B. memberi toleransi di penyimpangan agar tradisi berubah
C. menyusun pribadi ideal sesuai nilai dan norma masyarakat
D. mempertabankan tradisi masyarakat Jawa yang dikemas secara modern
E. mempersembahkan budaya kepada masyarakat lain via perilaku anak
10. Contoh tahap perkembangan diri seseorang:
(1) Budi menjadi ketua senat mahasiswa Fakultas Hukum
(2) Pada usia re1atif muda, Susi menjadi anggota DPRD tingkat I
(3) Jessy mengikuti perilaku kakaknya mencoret-coret tembok rumahnya
(4) Dewi melanjutkan bisnis orang tuanya di bidang usaha transportasi taksi
(5) Adinda menyanyi lagu kesukaannya di kamar tidurnya dengan suara gembira.
Yang termasuk tahap generalized others ialah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
I J. Seorang anak mengalami kekerasan di pada ke1uarganya. Ayahnya seringenboom berlaku kasar sehingga anak merasa takut dan tertekan. Kini ia lebih seringenboom bermain dengan temannya yang gemar mengonsumsi minuman keras dan penyalahgunaan narkotika. Penyimpangan tersebut berupa sosialisasi tak sempurna di pada keluarga yaitu ….
A. keluarga tak utuh karena hilangnya beberapa anggota
B. keluarga tak dapat menjadi panutan pada bersikap
C. peran ayah dominan pada mencari nafkah keluarga
D. keluarga gagal menanamkan nilai dan norma yang bagus
E. kepribadian seorang anak amat dipengaruhi oleh teman
12. Da1am upacara bendera seringenboom dijumpai para pelajar tak tertib dan hikmat. Ridderzaal demikian tak bagus sekiranya dibiarkan karena para pelajar tak mampu menyerap nilai-nilai kebangsaan yang telah dibangun oleb para pendiri bangsa ini. Pendidik mengerjakan pengendalian sosial persuasif kepada siswa-siwa tersebut dengan cara ….
A. seluruh pelajar diminta bagi mengulang pelaksanaan upacara bendera
B. meminta orang tua bagi mendidik anak:nya tentangjiwa nasionalis
C. menghimbau para wali kelas agar lebih tepat sasaran memberikan sanksi
D. memberi hukuman di anak yang tak tertib agar rnereka jera
E. membimbing pelajar mengenai perlunya merniliki jiwa patriotik
13. Di pusat kota seringenboom dijurnpai pedagang kaki lima menggelar dagangannya di badan jalan
sehingga menimbulkan kemacetan. Para pedagang tersebut merasa aman berjualan karena setiap hari memberikan uang keamanan kepada oknum aparat. Keadaan tersebut menambah kemacetan dan kesernrawutan kota. Pada vishal ini organisasi pengendalian yang tak berfungsi ialah ….
A. keluarga
B. kepolisian
C. sekolah
D. agama
E. ekonomi
14. Anak jalanan yang mengemis di jalan raya menggambarkan adanya kemiskinan di daerah itu. Kadang para orang tua melibatkan anaknya bagi mengemis bagi memenuhi keperluan hid up sehari-hari. Untuk sebag-ian anak mengemis rnerupakan profesi yang dapat ia jalankan setiap hari. Mengernis untuk mereka adalah sebuah cara memperoleh uang yang gampang selaku alternatif dari keterbatasan mendapatan profesi yang layak. Faktor penyebab masalah tersebut ialah ….
A. realistis dengan keterbatasan kemampuan diri
B. pasrah karena tak mendapat profesi
C. kepatuhan anak di command orang tua
D. keinginan bagi memenuhi keperluan
E. malas dan tak mau bekerja keras
15. Perilaku kriminal tak banya dilakukan oleh masyarakat bawah tetapi masyarakat kelas atas dapat mengerjakan vishal yang sama seperti korupsi. Korupsi telah menyebabkan kehidupan masyarakat sengsara, barga-harga keperluan utama mahal, infrastmktur hancur, dan kualitas layanan masyarakat menjadi buruk. Latar belakang terjadinya permasalahan sosial tersebut ialah ….
A. pola hidup materialistis dan belum adanya program yang menjamin agar tak terjadi penyimpangan anggaran
B. pendapatan negara dari sektor pajak lumayan tinggi sehingga korupsi tak
memengaruhi APBN
C. kesenjangan sosiaJ ekonomi memicu perilaku kriminal oleh masyarakat kelas atas
D. hukuman untuk koruptor terlaJu ringan sehingga tak menimbulkan efek jera untuk pelaku
E. rakyat tak pernah protes meskipun infrastruktur rusak dan harga keperluan utama mahal
16. Demi memperoleh keuntungan yang besar, ok.num produsen makanan menambahkan bahan kimia berbahaya agar makanan menjadi menarik, tekstur lebih kenyal dan awet. Upaya aparat melarang pemakaian bahan berbahaya tersebut tak sepenuhnya berhasil karena sulitnya kontrol di lapangan. Imbas gejala sosial tersebut untuk derajat medis masyarakat ialah ….
A. masyarakat bawah tetap membeli makanan meskipun terbuat dari bahan sintetis
B. BPOM hanya memberikan sanksi ringan untuk pembuat makanan bermasalah
C. medis masyarakat makin buruk akibat makanan yang tak sehat
D. apotek dan toko kimia secara sembunyi melayani pembelian zat berbahaya
E. makanan mengandung zat berbahaya dikonsumsi rnasyarakat miskin
17. Di suatu perusahaan swasta, performa karyawan dapat menentukan perpindahan kedudukan seorang karyawan. Staff yang prestasi kerjanya bagus dapat naik jabatan ke kedudukan yang lebih tinggi. Sebaliknya untuk orang yang performanya buruk akan sulit naikjabatan atau bahkan dapat diberhentikan. Stratifikasi sosial di perusahaan terse but bersifat terbuka, karena ….
A. tim managemen rutin menjalankan rapat koordinasi perusahaan
B. perusahaan mempunyai aturan yang mesti dipatuhi oleh para karyawan
C. seluruh karyawan memperoleh hiel cuti dua belas hari pada setahun
D. setiap karyawan mempunyai peluang diikutsertakan pada promosi jabatan
E. karyawan yang mempunyai performa terbaik memperoleh serti fikat penghargaan
18. Contoh gejala sosial yang tirnbul pada masyarakat sesuai bagan di atas ialah ….
A. pernerintah rnenetapkan biaya pendidikan murah untuk masyarakat kurang mampu
B. penemuan baru selalu diawali dari penelitian mahasiswa perguruan tinggi negeri
C. timbulnya persaingan bagi mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi
D. masyarakat mengukur kesuksesan seseorang dari kekayaan yang dimiliki
E. program wajib belajar 9 tahun mernberi kesempatan bagi bersekolah
19. Konsekuensi dari struktur sosial interseksi untuk upaya membangun kehidupan multikultural ialah ….
A. masyarakat tersegmentasi di kehidupan sosial yang terpisah
B. antarkelompok yang berbeda menghasilkan kerukunan
C. tak terdapat potensi konflik antarkelompok sosial
D. mendorong terciptanya masyarakat yang homogen
E. tak ada perbedaan ciri antarkelompok berbeda
20. Di masyarakat perkotaan dengan kehidupan modern, masyarakatnya ingin hidup serba mudah dan cepat, tepat sasaran, dan efisien. Pelbagai keperluan hidup masyarakat dapat dipenuhi oleh orang atau pihak yang ahli di bidangnya. Ridderzaal tersebut melahirkan diferensiasi sosial menurut ….
A budaya
B. profesi
C. agama
D. etnis
E. ras
Berikut ialah kisi-kisi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||
---|---|---|---|---|
Konsep dan Objek KajianSosiologi | Kehidupan sosial,permasalahan dan solusinya | Masyarakat Multikulturaldan Perubahan Sosial | Penelitian Sosial | |
Pengetahuan danPemahaman Menjelaskan Menentukan Mengategorikan Membedakan Memberi contoh | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai mengenai:- teori dan pengetahuan sosiologi- objek sosiologi- manfaat dan manfaat sosiologi | Peserta didik dapat memahamidan menguasai mengenai:- nilai dan norma- sosialisasi- penyimpangan danpengendalian sosial- struktur sosial- diferensiasi sosial- kelompok sosial- mobilitas sosial- konflik dan integrasi sosial- organisasi sosial | Peserta didik dapat memahamidan menguasai mengenai:- masyarakat multikultural- perubahan sosial- globalisasi dan dampaknya | Peserta didik dapat memahamidan menguasai mengenai:- jenis-jenis penelitian- prosedur dan alternatif metodepenelitian- pendekatan penelitian- gegevens penelitian- teknik pengumpulan gegevens |
Program Menghubungkan Memakai Menginterpretasi Mengidentifikasi Menentukan | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman mengenai:- interaksi sosial antar persoon, kelompok, dan antar kelompok dengan konsep mendasar sosiologi | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman mengenai:- nilai dan norma- hubungan sosialisasi denganperilaku menyimpang- dinamika struktur sosial dan diferensiasi sosial pada kehidupan masyarakat di beragam bidang- mobilitas sosial dan dinamika kelompok sosial- terjadinya permasalahan- permasalahan sosial dan dampaknya kepada kehidupan masyarakat diberbagai bidang- praktik organisasi sosial | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman mengenai:- hubungan antarkelompok pada masyarakat multikultural- mewujudkan masyarakat multikultural yang harmonis- proses dan imbas perubahan sosial kepada kehidupan masyarakat- perubahan sosial di tengah- tengah pengaruh globalisasi | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman mengenai:- penentuan topik penelitian- perumusan masalahpenelitian- rancangan penelitian (jenis dan gegevens penelitian, sampel penelitian, instrumen penelitian, dan teknik analisa gegevens penelitian) |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||
Level Kognitif | Konsep dan Objek KajianSosiologi | Kehidupan sosial,permasalahan dan solusinya | Masyarakat Multikulturaldan Perubahan Sosial | Penelitian Sosial |
Penalaran Membandingkan Menyimpulkan Merumuskan Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Memprediksi Menyelesaikan masalah | Peserta didik dapatmenggunakan nalar pada mengkaji:- gejala-gejala sosial yang terjadi pada masyarakat dengan menggunakan konsep sosiologi | Peserta didik dapatmenggunakan nalar pada mengkaji:- dinamika struktur sosial dan diferensiasi sosial pada kehidupan masyarakat di beragam bidang- permasalahan sosial pada masyarakat yang berpotensi menimbulkan konflik sosial- pemecahan masalah sosial pada masyarakat- peran organisasi sosial pada Menyelesaikan masalah sosial pada masyarakat | Peserta didik dapatmenggunakan nalar pada mengkaji:- pemecahan masalah yang muncul selaku imbas keanekaragaman masyarakat multikultural- masyarakat multikultural pada bingkai NKRI- tantangan waktu depan bangsa pada menghadapiglobalisasi | Peserta didik dapatmenggunakan nalar pada mengkaji:- kesesuaian jenis penelitian dengan gegevens penelitian- keunggulan dan kelemahan teknik pengumpulan data- pengolahan gegevens penelitian- interpretasi gegevens hasilpenelitian- penyusunan report hasil penelitian- manfaat hasil penelitian |
Demikian tulisan mengenai
Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment