Soal Siap PAS/ UKK/ UAS Semester II Kelas 1 SD/ MI Tema 8 K13 Tahun Pelajaran 2018-2019 - Maya Blog

Soal Siap PAS/ UKK/ UAS Semester II Kelas 1 SD/ MI Tema 8 K13 Tahun Pelajaran 2018-2019

File Pendidikan

Download Contoh Soal PAS/ UKK/ UAS Semester Genap Kelas I/ Satu SD Semester 2/ Dua Tema 8 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Tahun Pelajaran 2018-2019I Pdf


Di kesempatan kalium ini, kami meng-update informasi terkait contoh soal pada rangka menghadapi PAS/ UKK semester 2 yang sebentar lagi datang. Tulisan kalium ini, kami khususkan bagi contoh soal PAS/UKK/ UAS semester II jenjang kelas 1 SD kurikulum 2013 revisi 2017 terbaru Tahun Pelajaran 2018-2019. Judul tulisan yang kami ketengahkan yaitu Soal Siap PAS/ UKK/ UAS Semester II Kelas 1 SD/ MI Tema 8 K13 Revisi 2017 Tahun Pembelajaran 2018-2019 yang telah kami persiapkan dengan hati-hati dengan selalu memerhatikan pendekatan kurikulum 2013 terbaru pada rangka menyuguhkan informasi yang memenuhi persyaratan validitas empirik. Dengan terpenuhinya unsur kebaruan serta validitas empirik yang bagus, diinginkan ia mampu menjadi diantara referensi pada belajar untuk adik-adik kelas 1 SD/ MI pada prosesi persiapan menghadapi UKK/ PAS semester genap kalium ini dengan optimal.


Soal yang kami berbagi ini adalah soal PAS/ UKK/ UAS Semester II Kelas 1 SD/ MI Tema 8 K13 Revisi 2017 yang diujikan di tahun ajaran 2016/ 2017 yang lalu, ini artinya bahwa ia yaitu soal yang secara nyata pernah diujikan sehingga betul-betul relevan guna dijadikan selaku referensi bagi belajar untuk adik-adik sekalian. Biasanya, karakteristik soal dari tahun ke tahun mempunyai kecenderungan kemiripan yang hampir sama, hanya terdapat sejumlah variasi di jenis pertanyaannya saja. Dengan memperbanyak berlatih mengerjakan soal UKK/ PAS, kami yakin akan semakin menambah kesiapan adik-adik pada menjalani UKK/ PAS semester 2 dengan maksimal.


Berikut kami sediakan tautan bagi mengunduh Soal Siap PAS/ UKK/ UAS Semester II Kelas 1 SD/ MI Tema 8 K13 Revisi 2017:





Berikut kami kutipkan beberapa contoh Soal Siap PAS/ UKK/ UAS 2 semester II Tema 8 Kelas 1 (Satu) SD/ MI K-13 Revisi 2017 Terbaru Verkeersopstopping Pdf tersebut:




Soal PAS/ UKK/ UAS Tematik Kelas 1 SD Tema 8 Semester II Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbaru


4. Lambang sila kelima pancasila yaitu….
a. Kepala banteng b. Padi dan Kapas c. Pohon beringin
9. Benda langit yang terlihat di malam hari yaitu ….
a. Matahari dan bulan b. Matahari dan bintang c. Bulan dan bintang
10. Ciri-ciri malam hari yaitu ….
a. Matahari bersinar b. Suasana terang c. Bintang terlihat
14. Perilaku sesuai aturan menghemat air yaitu….
a. Menyirami tanaman menggunakan air bersih
b. Mengganti keran air yang bocor
c. Membiarkan keran air tetap terbuka setelah digunakan
22. Kamu jatuh dari sepeda. Temanmu menolongmu. Kamu mesti mengucapkan ….
a. Terima Kasih b. Tolong c. Maaf
23. Piket kelas adalah contoh kerja sama di lingkungan….
a. Rumah b. Sekolah c. Masyarakat
24. Bahan yang digunakan bagi membangun kerajinan gerabah yaitu….
a. Batu b. Pasir c. Tanah liat


B. Ayo, mengisi dengan jawaban yang tepat.
1. Siang hari matahari bersinar ….
8. Kerja sama berarti mengerjakan kegiatan secara ….
9. Langkah kaki terasa berat dikala berjalan di pada ….
10. Apabila temanmu membutuhkan pertolongan kamu mesti




Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2017


Penilaian dilakukan secara autentik bagi melihat kemajuan belajar pelajar yang meliputi sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan.*
1. Teknik dan Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
Penilaian sikap (KI-1 dan KI-2) dimaksudkan selaku penilaian kepada perilaku peserta didik pada proses pembelajaran kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler. Penilaian sikap diperuntukkan bagi membina perilaku sesuai budi pekerti pada rangka pembentukan letterteken peserta didik sesuai dengan proses pembelajaran.
Sikap dan perilaku keseharian pelajar diamati dan direkam lewat teknik observasi. Observasi dilakukan di dikala proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran.
Penilaian sikap di Sekolah Mendasar dilakukan oleh pendidik kelas, pendidik muatan pembelajaran agama, dan PJOK. Aspek sikap dan perilaku yang diobservasi dapat disesuaikan dengan kegiatan di dikala itu. Bagi mempermudah penilaian sikap spiritual dan sosial, pendidik fokus mengamati 5-10 pelajar setiap harinya.


Hasil penilaian sikap spiritual dan sosial direkap setiap selesai satu tema oleh pendidik. Pengajar kelas dan pendidik mata pembelajaran membahas gegevens penilaian sikap setidaknya dua kalium pada satu semester. Hasil pembahasan akan menjadi panduan penyusunan keterangan penilaian sikap peserta didik.


* Semua salon berkaitan dengan penilaian secara detil dapat dilihat di Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 53 tahun 2015 mengenai Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik di Pendidikan Mendasar dan Pendidikan Menengah.


2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural. Penilaian dilaksanakan dengan teknik penilaian yang bervariasi seperti tes tulis, lisan, dan penugasan. Prosedur penilaian dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.
Bagi mengetahui ketuntasan belajar (mastery learning), penilaian diperuntukkan bagi mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan (diagnostic) proses pembelajaran. Hasil tes ditindaklanjuti dengan pemberian umpan balik (terugkoppeling) kepada peserta didik, sehingga hasil penilaian dapat segera digunakan bagi perbaikan mutu pembelajaran.
Penilaian KI-3 menggunakan angka dengan rentang capaian/nilai 0 hingga dengan 100 dan keterangan. Keterangan dibangun dengan menggunakan kalimat yang memotivasi dengan alternatif kata/frasa yang bernada positif.
a. Tes Tertulis
Tes tertulis dalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis.
Wujud soal tes tertulis seperti:
• Memilih jawaban (alternatif ganda, benar/salah, menjodohkan, dan format lainnya).
• Mensuplai jawaban (mengisi/melengkapi, menjawab dengan singkat, menguraikan).


Contoh penilaian tertulis:
Kegiatan bersama yang dapat dilakukan agar jalan bersih:
1.
2.
3.
4.
5.
Ambil contoh menurut masing-masing tema
Cara penilaian:
Skor penilaian : 0 – 100
Penilaian : Skor yang diperoleh x 100 Skor maksimal
Contoh:
Misalnya, ada 5 soal, setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2. Jadi,
skor maksimalnya yaitu 5 x 2 = 10.


b. Tes Lisan
Tes Lisan dapat berupa pertanyaan-pertanyaan, petunjuk, dan reinigen yang
diberikan dan dijawab secara lisan dapat berupa kata, uitdrukking, kalimat
maupun paragraf.
Tes lisan bertujuan menumbuhkan sikap berani berpendapat,
percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi secara tepat sasaran. Tes lisan
dilaksanakan di dikala proses belajar berlangsung (assessment for
learning).
Contoh tes lisan:
Amati format bangun datar di halaman berikut.
Wujud apa saja yang kamu lihat? Sebutkan!
Ambil contoh menurut masing-masing tema
c. Penugasan
Penugasan yaitu pemberian kewajiban kepada pelajar bagi mengukur
dan/atau memfasilitasi pelajar memperoleh atau meningkatkan
pengetahuan.
Penugasan dapat dilakukan sebelum atau dalam kurun waktu proses pembelajaran
(assessment for learning) maupun setelah proses pembelajaran
(assessment of learning). Kewajiban dapat dikerjakan bagus secara persoon
maupun kelompok sesuai karakteristik kewajiban yang diberikan, dan dapat
dilakukan di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sekitar.
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dapat dilakukan secara terpisah dan terpadu. Di dasarnya, di dikala penilaian keterampilan dilakukan, secara bersamaan penilaian pengetahuan pun dapat dilakukan.
Penilaian keterampilan dimaksudkan bagi mengetahui kemampuan memakai pengetahuan pada memahami dan menyelesaikan masalah. Skor penilaian: 0 – 100. Di kelas I, penilaian keterampilan berfokus di teknik penilaian performa dan portofolio.


a. Penilaian performa
Mengukur capaian pembelajaran berupa keterampilan proses dan/ atau hasil (produk). Di pada penilaian performa, peserta didik diminta menjalankan kewajiban dengan mengaplikasikan atau mendemonstrasikan pengetahuan yang telah dimilikinya.
Penilaian performa yang berfokus di hasil disebut penilaian produk. Penilaian produk, misalnya gambar, poster, kerajinan, puisi, dan sebagainya. Penilaian performa yang berfokus di proses disebut penilaian praktik. Penilaian praktik misalnya bernyanyi, menari, mengerjakan gerakan tertentu pada olahraga, bermain peran, dan sebagainya.
Penilaian performa dapat dilakukan lewat observasi menggunakan rubric dengan skala penilaian tertentu.
Ambil contoh menurut masing-masing tema.


b. Penilaian portofolio
Penilaian portofolio adalah rekaman penilaian autentik yang memperkuat kemajuan dan kualitas aktifitas peserta didik. Penilaian portofolio berupa kumpulan dokumen yang berisi penilaian prestasi belajar, penghargaan, karya peserta didik pada bidang dan kurun waktu tertentu. Portofolio dapat berbentuk buku berukuran besar; album berisi image, audio, video; stopmap/bantex yang berisi kumpulan kewajiban; dan buku kerja peserta didik.


Kompetensi Inti Kelas I
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri pada berinteraksi dengan keluarga, teman, pendidik dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu mengenai dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual pada bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, pada karya yang estetis, pada gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan pada tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top