Soal UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 K13 Tahun 2019 - Maya Blog

Soal UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 K13 Tahun 2019


Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi alat atau alat bantu belajar untuk para pelajar SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 yang hendak menghadapi ulangan/penilaian ahir semester (UAS/PAS) atau ulangan kenaikan kelas (UKK) semester 2/II.


UAS/PAS/UKK Semester 2/II menjadi urgen untuk para pelajar terutama pelajar SMP-MTs Kelas 8 karena ia memberikan kontribusi atau sumbangan yang betul-betul besar untuk kenaikan kelas. Mengingat signifikansi atau pentingya UAS/PAS/UKK Semester 2/II tersebut, karenanya tak ada kata lain untuk para peserta didik kecuali dengan mempersiapkannya sebaik mungkin.


Persiapan yang bagus tentu saja diinginkan dapat membawa hasil yang bagus pula. Orang bijak mengatakan bahwa hasil tak akan mengkhianati ikhtiar. Persiapan tersebut tentu saja dengan belajar. Salon ini memang klise dan betul-betul gampang diucapkan. Namun demikian, tak banyak peserta didik yang mampu belajar dengan konsisten. Konsistensi pada belajar mengindikasikan bahwa pelajar dapat mengatasi musuh sangat besar pada proses belajarnya, yaitu rasa malas.


Untuk para peserta didik yang sekolahnya telah mengadopsi kurikulum 2013, karenanya Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 tahun 2019  yang disajikan di halaman ini diinginkan dapat menjadi alat bantu belajar dengan alasan selaku berikut:


1. Contoh Soal UAS/PAS/UKK Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti ini berasal dari contoh soal bagi mapel yang sama yang secara nyata telah diujikan. Dengan demikian, karenanya unsur kesahihan atau validitas empiriknya dapat dipertanggungjawabkan.


2. Contoh Soal UAS/PAS/UKK Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti ini berasal dari contoh soal yang diujikan di tahun 2017. Dengan demikian, karenanya unsur kebaruan dari contoh soal yang disajikan di halaman ini dapat dipertanggungjawabkan.


3. Contoh Soal UAS/PAS/UKK Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti ini disertai pula dengan contoh jawaban sehingga mempermudah para pengguna bagi dapat belajar dengan cara yang lebih tepat sasaran.


Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019:


Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013



Berikut yaitu kutipan dari Soal UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 K13 Tahun 2019 tersebut:




1. Seluruh Nabi dan Rasul yaitu laki-laki alternatif yang menerima wahyu dari Allah. Semuanya mempunyai kelebihan diperbandingkan dengan manusia lazimnya di umumnya. Namun di dasarnya segala Nabi dan Rasul yaitu manusia sehingga mereka pun mempunyai sifat layaknya manusia yang membutuhkan makan, minum, istirahat dan sifat manusiawi lainnya. Sifat Nabi dan Rasul yang membutuhkan hal-hal seperti manusia lazimnya disebut
A. Sifat wajib
B. Sifat sunah
C. Sifat jaiz
D. Sifat mustahil
2. Nabi Muhammad yaitu Nabi dan Rasul yang terakhir. Tak ada Nabi dan Rasul lagi setelah beliau. Nabi Muhammad diutus oleh Allah selaku suri tauladan yang bagus untuk seluruh manusia yang terdapat di muka bumi. Karena keteladanan beliau karenanya beliau mendapat gelar
A. Ulul Azmi
B. Uswatun hasanah
C. Khalilullah
D. Khatamil Anbiya
3. Wahyu yang diterima oleh para Rasul wajib disampaikan kepada umatnya. Tak ada yang beliau sembunyikan bagi kepentingan beliau sendiri. Sifat para Rasul yang selalu menyampaikan wahyu Allah kepada umat manusia disebut
A. Siddiq
B. Amanah
C. Tabligh
D. Fatonah
4. Seluruh Nabi dan Rasul mempunyai kemampuan luar lazimnya diperbandingkan dengan manusia lainnya. Salon tersebut yaitu anugerah dari Allah bagi membangun beliau layak menjadi pemimpin untuk umat manusia. Ada pun kemampuan yang bersifat ajaib dan menakjubkan yang dimiliki oeh Nabi dan Rasul bagi menguatkan dakwahnya. Kemampuan tersebut disebut dengan
A. Wasiat
B. Karamah
C. Moe’unah
D. Mukjizat
5. –
6. Cara kita beriman kepada Rasul Allah yaitu dengan meyakini kerasulannya dan meneladani sifat-sifat mulia para Nabi dan Rasul. Sifat mulia para Nabi dan Rasul diantaranya yaitu kejujuran atau lebih dikenal dengan sebutan
A. Siddiq
B. Amanah
C. Tabligh
D. Fatonah
7. Nabi Ibrahim yaitu seorang Nabi yang betul-betul taat beribadah kepada Allah. Beliau selalu berusaha menjalankan semua vishal bagus agar semakin dekat kepada Allah. Beliau menjadi manusia alternatif yang menjadi kekasih Allah. Gelar Nabi Ibrahim karena menjadi kekasih Allah disebut
A. Khalifatullah
B. Karomallah
C. Kalimatullah
D. Khalilullah
8. Setiap hari Jumat Nabi Muhammad selalu mentaskhih/menyimakkan kebenaran bacaan dan hafalam Reeds-Qur’an kepada Malaikat Jibril. Beliau mempunyai hafalan yang betul-betul kuat. Beliau mempunyai kecerdasan luar lazimnya. Oleh karena itu mustahil baginya mempunyai sifat
A. Baladah
B. Kazib
C. Khianat
D. Kitman
9. Rasul yang mempunyai istana yang betul-betul indah yang adalah putera dari Nabi Daud Spil dan beliau mempunyai mukjizat mampu berkomunikasi dengan binatang yaitu Nabi
A. Musa Spil
B. Nuh Spil
C. Sulaiman Spil
D. Yunus Spil
10. Seorang manusia bernama Qarun yang diberikan nikmat kekayaan berlimpah di dunia namun tak pandai bersyukur sehingga Allah mengazabnya dengan menenggelamkannya bersama seluruh hartanya pada gempa bumi yang maha dahsyat menjadi pembelajaran untuk kita bahwa kekayaan dunia itu hanya bersifat sementara dan seberapapun jumlahnya mesti disyukuri . Kejadian yang menimpa Qarun tersebut terjadi di waktu kenabian
A. Idris Spil
B. Musa Spil
C. Nuh Spil
D. Ayyub Spil
11. –
12. Badrudin membeli kue di kantin sekolah ketika jam istirahat. Kue itu setiap potongnya berharga 2000 rupiah. Badrudin mengambil 1 kue tetapi dia hanya menyerahkan yang 1000 rupiah. Kue yang dimakan Badrudin menjadi tak halal karena
A. Zatnya
B. Cara mendapatkannya
C. Proses pengolahannya
D. Kandungan gizinya





Berikut yaitu kutipan dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Mendasar Mapel PAI dan Budi Pekerti SMP dan MTs Kelas 8/VIII Semester I dan Semester 2/II Kurikulum 2013 






























































KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR
1. Menghargaidan menghayati ajaran agama yang dianutnya.1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan memahami-bahwa rendah hati, hemat, dan hidup sederhana yaitu petunjuk agama.1.2 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah memerintahkan bagi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi.1.3 Beriman kepada kitab-kitab suci yang diturunkanAllah Swt.1.4 Beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.1.5 Meyakini bahwa minuman keras, judi, dan pertengkaran yaitu dilarang oleh Allah Swt.1.6 Meyakini bahwa perilaku jujur dan adil yaitu ajaran utama agama.1.7 Menghayati ajaran berbuat bagus, hormat, dan patuh kepada orang tua dan pendidik yaitu petunjuk agama.1.8 Meyakini bahwa beramal saleh dan berbaik sangka yaitu ajaran utama agama.1.9 Menjalankan salat sunah berjamaah dan munfarid selaku petunjuk agama.1.10 Menjalankan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi selaku petunjuk agama.1.11 Menjalankan puasa wajib dan sunah selaku petunjuk agama.
KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR
1.12 Meyakini ketentuan makanan dan minumanyang halal dan haram menurut Reeds-Qur’ān dan hadis.1.13 Meyakini bahwa pertumbuhan ilmu pengetahuan di waktu Bani Umayah selaku bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan benar.1.14 Meyakini bahwa pertumbuhan ilmu pengetahuan di waktu Abbasiyah selaku bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan benar.
2. Menghargaidan menghayati perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, pada berinteraksi secara tepat sasaran dengan lingkungansosial dan alam pada jangkauan pergaulan dan keberadaannya.2.1 Menghayati perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana selaku implementasi dari pemahaman Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan hadis terkait.2.2 Terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi pada kehidupan sehari-hari selaku implementasi dari pemahaman Q.S. an-Nahl/16: 114 dan hadis terkait.2.3 Menghayati perilaku toleran selaku implementasi dari beriman kepada kitab- kitab Allah Swt.2.4 Menghayati perilaku amanah selaku implementasi dari iman kepada Rasul AllahSwt.2.5 Menghayati perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran pada kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR
2.6 Menghayati perilaku jujur dan adil pada kehidupan sehari-hari.2.7 Menghayati perilaku berbuat bagus, hormat,dan patuh kepada orang tua dan pendidik pada kehidupan sehari-hari.2.8 Mempunyai sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama.2.9 Menghayati perilaku peduli dan gotong royong selaku implementasi dari pemahaman salat sunah berjamaah dan munfarid.2.10 Menghayati perilaku santun selaku implementasi dari sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.2.11 Menghayati perilaku empati selaku implementasi puasa wajib dan sunah.2.12 Menghayati perilaku hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman halal.2.13 Menghayati perilaku tekun selaku implementasi pada meneladani ilmuwan di waktu Bani Umayyah.2.14 Menghayati perilaku gemar membaca selaku implementasi pada meneladani ilmuwan di waktu Abbasiyah.
KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR
3. Memahami dan menggunakan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.3.1 Memahami makna Q.S. al-Furqan/25: 63 dan Q.S. reeds Isra’/17 : 27 serta hadis terkait.3.2 Memahami Q.S. an-Nahl/16: 114 dan Hadis terkait mengenai mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi pada kehidupan sehari- hari.3.3 Memahami makna beriman kepada Kitab-kitabAllah Swt.3.4 Memahami makna beriman kepada Rasul AllahSwt.3.5 Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran3.6 Memahami cara menggunakan perilaku jujur dan adil3.7 Memahami cara berbuat bagus, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru3.8 Memahami makna perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama3.9 Memahami tata cara salat sunah berjemaah danmunfarid.3.10 Memahami tata cara sujud syukur, sujud sahwi,dan sujud tilawah.3.11 Memahami tata cara puasa wajib dan sunah.3.12 Memahami ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram menurut al-Qur’ān dan hadis.3.13 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan waktu Bani Umayyah.3.14 Memahami sejarah pertumbuhan ilmupengetahuan waktu Abbasiyah.
KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR
4. Mengolah, menyaji, dan menalar pada ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membangun) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama pada sudut pandang/teori.4.1.1 Membaca Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 dengan tartil.4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Furqan/25:63, Q.S. Reeds-Isra’/17: 26-27 serta Hadis terkait dengan mudah.4.1.3 Menyajikan keterkaitan rendah hati, hemat, dan hidup sederhana dengan pesan Q.S. al- Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra’/17: 26-27.4.2.1 Membaca Q.S. an-Nahl/16: 114 terkait dengan tartil.4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nahl/16: 114serta Hadis terkait dengan mudah.4.2.3 Menyajikan keterkaitan mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi pada kehidupan sehari-haridengan pesan Q.S. an-Nahl/16: 114.4.3 Menyajikan dalil naqli mengenai beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.4.4 Menyajikan dalil naqli mengenai iman kepadaRasul Allah Swt.4.5 Menyajikan pengaruh bahaya mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran.4.6 Menyajikan cara menggunakan jujur dan adil.4.7 Menyajikan cara berbuat bagus, hormat, dan patuh kepada orang tua dan pendidik.4.8 Menyajikan contoh perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama.
KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR
4.9 Mempraktikkan salat sunah berjamaah dan munfarid.4.10 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.4.11 Menyajikan hikmah pelaksanaan puasa wajib dan puasa sunah.4.12 Menyajikan hikmah mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi sesuai ketentuan dengan al-Qur’ān dan Hadis.4.13 Menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan di waktu Bani Umayyah.4.14 Menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan di waktu Abbasiyah.




Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top