Contoh Rpp Sd Kurikulum 2013 - Maya Blog

Contoh Rpp Sd Kurikulum 2013

Contoh RPP SD Kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 


Satuan Pendidikan : …………………………………………….
Kelas : 5
Tema / Topik : Peristiwa Pada Kehidupan
Minggu ke : 1
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari


A. Kompetensi Inti




  1. Menerima dan menjalankan anutan Agama yang dianutnya

  2. Mempunyai sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri pada berinteraksi dengan keluarga, sobat dan pendidik

  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

  4. Menyajikan pengetahuan faktual pada bahasa yang terang dan logis dan sistematis, pada karya yang estetis pada gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan pada tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia


B. Kompetensi Mendasar


PPKn


Memahami nilai-nilai kesejarahan kerajaan-kerajaan di waktu Hindu, Budha, dan Islam lewat bacaan atau pengamatan


Bahasa Indonesia



  • Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang bagus buat berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah

  • Mengucapkan doa dengan bahasa yang bagus sesuai dengan agama yang dianutnya

  • Menyapa orang lain dan memberikan ucapan selamat, terima kasih, atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya

  • Menunjukkan kepedulian kepada makhluk hidup pada kehidupan sehari-hari

  • Mendengarkan insiden di lingkungan sekitar dan mengemukakan secara tertulis pendapat perihal insiden itu

  • Bercerita perihal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada aktifitas ekonomi pada konteks nasional

  • Mengaplikasikan sifat-sifat cahaya pada mewujudkan suatu karya dan menjelaskan cara kerjanya secara lisan

  • Menjelaskan secara tertulis jenis musibah di Indonesia dan upaya penanggulangannya serta mengungkapkan pengandaian diri selaku relawan di jenis musibah tertentu

  • Mendeskripsikan secara ekspresi kerusakan alam akhir aktifitas insan dan upaya pencegahannya



Matematika



  • Mencatat jarak dan waktu tempuh aneka macam benda yang bergerak ke pada tabel buat memahami konsep kecepatan selaku hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya pada penyelesaian masalah

  • Menentukan hubungan antar satuan kuantitas pada kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)

  • Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika, menentukan kalimat matematika yang tepat pada memecahkan persoalan yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala dan hubungan antar kuantitas yang terkait dengan aktifitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau daerah bermain serta menyidik kebenarannya



Seni, Budaya, dan Prakarya



  • Menggambar ilustrasi dengan mengaplikasikan proporsi dan komposisi berdasarkanpengamatan

  • Memainkan alat musik adonan (melodis dan ritmis) dengan partitur lagu

  • Mengeksplorasi gerak tari bertema menurut gagasan dan imajinasi

  • Merancang karya teknologi sederhana dengan kekuatan buatan yang mengakibatkan gerak atau bunyi



Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Medis


Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak mendasar yang dilandasi konsep gerak pada aneka macam permainan bola besar dan atau olahraga tradisional


C. Indikator


PPKn



  • Merancang garis waktu yang memperlihatkan kronologi peristiwa-peristiwa sejarah yang urgen



Bahasa Indonesia



  • Bersikap khusuk pada mendengarkan do’a

  • Melakukan sikap dan posisi yang sesuai dikala berdo’a

  • Melafalkan do’a dengan bagus

  • Menghafal do’a-do’a sesuai dengan keadaan (makan, belajar, dll)

  • Mengidentifikasi kalimat sapaan

  • Menyapa orang lain dengan kalimat yang sesuai dengan konteknya

  • Mengungkapkan insiden yang terjadi di lingkungan sekitar

  • Mengemukakan pendapat mengenai insiden yang terjadi di lingkungan sekitar

  • Mengidentifikasi perkembangan tenologi produksi, komunikasi, dan transportasi

  • Menyebutkan aktifitas ekonomi pada konsteks nasional

  • Merancang karya sederhana yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya (misalnya teleskop)

  • Mencatat jenis-jenis tragedi alam

  • Menyebutkan upaya penanggulangan tragedi alam

  • Mengungkapkan pengandaian diri selaku relawan

  • Menyebutkan teladan kerusakan alam

  • Menyebutkan aktifitas insan yang mengakibatkan kerusakan alam

  • Mencatat upaya-upaya pencegahan kerusakan alam



Matematika



  • Menuliskan waktu tempuh di jarak tertentu

  • Menentukan hubungan antara jarak, waktu , dan kecepatan

  • Merancang tabel yang bekerjasama dengan jarak, waktu dan kecepatan

  • Menghitung sejumlah benda menurut satuan rim, kodi, dan lusin

  • Menghitung antar satuan kuantitas

  • Menyelesaikan soal dongeng yang bekerjasama dengan satuan kuantitas

  • Merancang kalimat sendiri menurut kalimat metematika

  • Mencatat panjang, tinggi benda-benda tertentu bagus di rumah maupun di sekolah

  • Memecahkan persoalan yang bekerjasama dengan skala dan perbandingan



Seni, Budaya, dan Prakarya


Menyebutkan gambar-gambar ilustrasi
Menggambar ilustrasi di alat permainan dengan memperhatikan unsur proporsi dan komposisi
Menyebutkan aneka macam jenis alat musik ritmis dan melodis
Menghasilkan alat musik ritmis buat menghibur bawah umur korban musibah
Memperagakan gerak distrorsi dan stilasi
Mempraktikan tari bertema tragedi selaku hasil pengembangan gagasan dan imajinasi
Menyebutkan jenis permainan buat bawah umur korban musibah
Merancang karyate knologi sederhana selaku alat permainan buat bawah umur korban tragedi alam


Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Medis



  • Mempraktikkan peristiwa-peristiwa positif yang terjadi pada pertandingan Sepakbola/Bolavoli/Bola basket lewat pengamatan dari TV/CD.



D. Tujuan Pembelajaran



  • Menerima dan menjalankan anutan Agama yang dianutnya

  • Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri pada berinteraksi dengan keluarga,teman, dan pendidik

  • Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah.

  • Menyajikan pengetahuan faktual pada bahasa yang terang danlogis, dalamkarya yang estetis, pada gerakan yangmencerminkan anak sehat, dan pada tindakan yangmencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia



E. Bahan Pembelajaran


PPKn




  • nilai-nilai kesejarahan kerajaan-kerajaan di waktu Hindu, Budha, dan Islam lewat bacaan atau pengamatan


Bahasa Indonesia




  • Bahasa Indonesia yang bagus buat berdoa

  • Ucapan selamat, terima kasih, atau permohonan maaf

  • Mengenai peristiwa

  • Teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi

  • Cara kerjanya secara lisan

  • Jenis musibah di Indonesia

  • Kerusakan alam akhir aktifitas manusia


Matematika




  • Jarak dan waktu tempuh

  • Hubungan antar satuan kuantitas pada kehidupan sehari-har

  • Memecahkan persoalan yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala dan hubungan antar kuantitas yang terkait dengan aktifitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau daerah bermain serta menyidik kebenarannya


Seni, Budaya, dan Prakarya




  • Menggambar ilustrasi

  • Alat musik campuran

  • Gerak tari

  • Karya teknologi


Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Medis




  • Pola gerak mendasar


F. Pendekatan, Strategi, Proefje Dan Cara




  • Pendekatan : Scientific

  • Strategi : Cooperative Learning

  • Teknik : Example Non Example

  • Cara : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G. Kegiatan Pebelajaran


Pendahuluan (Alokasi waktu 10 Menit)


Deskripsi Kegiatan



  1. Mengajak segala pelajar berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (buat mengawali kegiatan pembelajaran)

  2. Melakukan komunikasi perihal kehadiran pelajar

  3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak

  4. Dilanjutkan dengan bertanya jawab perihal syair lagu, kenapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi

  5. Meminta informasi dari pelajar mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan di pagi hari dan bertanya perihal hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.

  6. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan


Inti – Minggu 1 (Alokasi waktu 150 Menit)


Deskripsi Kegiatan



  • Mengamati filmrolletje/gambar mengenai insiden tragedi alam.

  • Mendata dan mewujudkan tabel jenis kerusakan alam yang terjadi, penyebabnya, dan gagasan masalah.

  • Diskusi perihal insiden tragedi alam

  • Menentukan posisi dan letak insiden dan menentukan jarak dan waktu tempuh menuju daerah peristiwa

  • Mengamati gambar-gambar ilustrasi

  • Mengidentifikasi gambar-gambar ilustrasi

  • Langkah-langkah menggambar ilustrasi

  • Mempraktikkan menendang bola pada permainan sepakbola


Penilaian proses:




  • Pengajar berkeliling mengamati kerjasama anak pada mengerjakan fungsi.

  • Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tak dsb)

  • Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.

  • Gambar-gambar buat Example non Example

  • Kelompok gambar kebersihan kelas


Keterangan:


Diinginkan diskusi akan berkembang di pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak di medis. Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling menolong, dan bekerjasama. Pelajar yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak di kerjasama yang bagus, dan akhirnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab.



  1. Segala kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.

  2. Pengajar memanggil diantara kelompok buat mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),

  3. Memberi kesempatan kelompok lain buat mendengarkan dan memperlihatkan pendapatnya

  4. Mengajak segala pelajar bangkit dan menyanyikan lagu ” Oh Ibu dan Ayah” buat mencairkan suasana dan kepenatan sehabis mencar ilmu beberapa jam:



  • Pengajar mengamati sikap pelajar pada menyanyikan lagu

  • Memberi teladan sikap yang benar pada menyanyi

  • Menilai pelajar pada menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)

  • Menggunakan format pengamatan



  1. Pengajar mengajak bertanya jawab perihal makna lagu. Bahwa diantara pengaruh dari rumah yang tak sehat, ialah banyak nyamuk, rumah kotor, tak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb

  2. Menugaskan pelajar buat bercerita (menurut gambar) (mengkomunikasikan)

  3. Pengajar Mengamati cara pelajar pada BERCERITA (penilaian proses)

  4. Pengajar dan pelajar bahu-membahu pelajar mewujudkan kesimpulan perihal rumah yang higienis dan sehat

  5. Hasil kegiatan dan kegiatan pelajar ditempel di papan yang

  6. Dilanjutkan dengan menasehati pelajar supaya membiasakan hidup sehat


Penutup (15 Menit)



  • Bersama-sama pelajar mewujudkan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehari 15 menit 

  • Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (buat mengetahui hasil ketercapaian bahan) 

  • Melakukan evaluasi hasil belajar 

  • Mengajak segala pelajar berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (buat mengawali kegiatan pembelajaran) 

  • Mengamati sikap pelajar pada berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)

  • Apabila ada pelajar yang kurang benar dan kurang tepat pada berdo’a, karenanya sehabis selesai kegiatan berdo’a, pribadi diberi nasehat supaya besok kalau berdoa lebih disempurnakan 



H. Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran




  • Pengalaman pelajar, isu media massa, goresan pena / buku perihal sejarah

  • Buku kumpulan do’a

  • Buku teks, teladan kartu ucapan selamat, media

  • Surat kabar, gambar-gambar aneka macam insiden yang terjadi di lingkungan sekitar

  • Surat kabar, gambar-gambar teknologi (gambar pabrik, alat komunikasi, kendaraan) dan gambar aktifitas ekonomi (pasar, jual beli, took, dll)

  • Senter, cermin, karton, alat dan bahan buat mewujudkan teleskop

  • Surat kabar, gambar-gambar tragedi alam, buku teks,

  • Berita dari media cetak dan elektronik, gambar/filmrolletje mengenai insiden tragedi alam.

  • Buku didik, filmrolletje/gambar mengenai kerusakan alam akhir manusia, isu media cetak maupun elektronik.

  • Lingkungan kelas

  • Benda-benda yang dibawa anak atau yang terdapat di sekitar kelas

  • Alat ukur

  • Buku didik

  • Bukureferensi yang mendukungsenimusik

  • Contohlagu-lagudan VCDtari-tarian yang bertema peristiwaalam,

  • Bukureferensi yang mendukungsenitari

  • TV/CD

  • Bola

  • Pluit

  • Gambar peraga permainan bola besar

  • Zekering watch


I. Penilaian


1. Prosedur Penilaian


a. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan pada kegiatan pembelajaran semenjak dari kegiatan awal hingga dengan kegiatan akhir


b. Penilaian Hasil Belajar


Menggunakan instrumen evaluasi hasil mencar ilmu dengan tes tulis dan ekspresi (terlampir)


2. Instrumen Penilaian


a. Penilaian Proses




  • Penilaian Performa

  • Penilaian Produk


b. Penilaian Hasil Belajar




  • Alternatif ganda

  • Isian singkat

  • Esai atau uraian


Mengetahui …….., …………………. 20….

Kepala Sekolah,                                                                                  Pengajar Kelas V


( ___________________ )                                                        ( ___________________ )
 NIP …………………………….                                                        NIP …………………………….




Sumber https://www.eurekapendidikan.com



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top