Contoh Rencana Kerja Tahunan (RKT) Sekolah - Maya Blog

Contoh Rencana Kerja Tahunan (RKT) Sekolah

Rencana Kerja Kepala Sekolah
Tahun Pembelajaran … /….


Contoh Halaman Cover RKT










File Pendidikan
Contoh Cover RKT Sekolah


Lembar Pengesahan

Rencana Kerja Tahunan (RKT) Tahun 2019 Sekolah… Kecamatan … Kabupaten/Kota …. Provinsi ….di sahkan.


                                                                                             Hari : …..
                                                                                             Tanggal : ….


Oleh :

Komite Sekolah :                                       Kepala Sekolah :


…………………………..                                     ……………………………..

                                         NIP. 


KATA PENGANTAR

Semua puji untuk Allah SWT, Tuhan Yang Maha  Kuasa, atas semua karunia dan rahmat-Nya, sehingga Rencana Kerja Sekolah (RKS) SD Negeri 1 Mekarmukti  Tahun Pembelajaran 2018/2019 dapat terselesaikan dengan bagus sesuai  yang direncanakan.
Penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS) ini didasarkan atas keperluan dan harapan warga sekolah dan juga pemangku kepentingan (stakeholder) pada mengelola SD Negeri 1 Mekarmukti. Pertimbangan lain ialah bekerja dengan perencanaan yang jelas akan mempermudah pelaku kepentingan bekerja secara jelas pula dan lebih terarah. Berbeda apabila bekerja tanpa perencanaan sama halnya mewujudkan kegagalan akan menimbulkan benturan-benturan kewajiban atau tumpang tindihnya kegiatan.
Pengembangan program kerja sekolah disusun menurut hasil evaluasi diri dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) sekolah. Bahan program kerja disusun secara garis besar, karena itu pelaksanaannya di lapangan disesuaikan dengan kondisi maupun situasi yang terdapat. Hal ini dikandung maksud agar program kerja ini dapat dikembangkan secara fleksibel, dinamis, efisien dan tepat sasaran tanpa keluar dari utama program yang telah ditetapkan.
Kami menyadari bahwa program ini dapat diselesaikan atas kerjasama seluruh pihak yang terkait. Karena itu kami sampaikan terima kasih atas semua bantuan yang diberikan, semoga Tuhan memberikan imbalan dan balasan yang lebih bagus.
Harapan kami kepada para pembaca semoga berkenan memberikan masukan yang bersifat membangun demi kesempurnaan program ini

                                                                                                 …………….., ………………….2019

                                                                                                 Kepala Sekolah,


                                                                                                 cap & ttd


                                                                                                ……………………..

                                                                                                NIP. 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL    
LEMBAR PENGESAHAN    
KATA PENGANTAR    
DAFTAR ISI    
BAB I PENDAHULUAN    
A.    Latar Belakang    
B.    Landasan    
C.    Tujuan Penyusunan    
BAB II DATA SEKOLAH    
A.    Data Sekolah    
        1.    Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan    
        2.    Data Peserta Didik    
        3.    Data Komite Sekolah    
        4.    Data Alat Prasarana    
B.    Hasil Program Tahun Sebelumnya    
BAB III STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH    
A.    Struktur Organisasi    
B.    Uraian Fungsi    
BAB IV RENCANA KEGIATAN  SEKOLAH (RKS)    
A.    Rencana Kegiatan    
B.    Jadwal Kegiatan    
BAB V RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)    
BAB VI PENUTUP 


DAFTAR TABEL


File Pendidikan

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang


Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 19 tahun 2007 mengenai Standar Pengelolaan menyebutkan bahwa setiap sekolah mesti menyusun rencana kerja sekolah yang terdiri dari rencana kerja rentang menengah dan rencana kerja tahunan. Ketentuan mengenai rencana kerja rentang menengah yang berikutnya disebut RKJM dan rencana kerja tahunan yang berikutnya disebut RKT ini diperkuat via Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2010 mengenai pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di Pasal 51, menyatakan bahwa satuan pendidikan usia dini, pendidikan mendasar dan menengah mesti membangun kebijakan mengenai perencanaan program dan pelaksanaannya secara transparan dan akuntabel.


Pengaturan Dengan menggunakan Sekolah yang berikutnya disebut MBS  adalah diantara amanah Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 mengenai Program Pendidikan Nasional. Oleh karena itu setiap satuan pendidikan diwajibkan menerapkannya pada wujud kebijakan-kebijakan nyata bagi mengelola satuan pendidikan dari yang dimaksud, pada rangka mewujudkan aplikasi pengelolaan dan manajerial sekolah yang transparan dan akuntabel, tanpa meninggalkan peran serta masyarakat, dan pengelolaan pembelajaran yang optimal. Kebijakan ini diberlakukan secara nasional di setiap satuan pendidikan termasuk di lingkungan Sekolah Basic UPT  Dinas Pendidikan Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut.


Tiga pilar MBS meliputi aspek pengelolaan yang transparan; pembelajaran yang aktif, kreatif, tepat sasaran, dan menyenangkan; dan peran serta masyarakat yang semakin meningkat. Secara ideal, variabel-variabel tersebut mesti mampu berjalan beriringan bagi mewujudkan postur MBS dari yang dikehendaki pada Undang-undang Program Pendidikan Nasional. Konsekuensinya ialah terciptanya sebuah aplikasi pengelolaan satuan pendidikan dengan anatomi yang sejalan dengan pilar-pilar MBS.

Kesebangunan konsep pengelolaan satuan pendidikan dengan pilar-pilar MBS akan mempermudah pencapaian tujuan MBS, yaitu peningkatan prestasi belajar peserta didik dan akuntabilitas publik. Prestasi belajar peserta didik secara nyata ditunjukkan pada wujud peningkatan kualitas lulusan, yang di dalamnya tak saja merepresentasikan pencapaian prestasi akademik, tetapi pun terkandung nilai-nilai kualitatif pembangunan karakter. Sedangkan akuntabilitas publik ditunjukkan pada wujud transparansi pengelolaan terutama pengelolaan keuangan dan peran serta aktif masyarakat pada setiap kebijakan satuan pendidikan yang memang mengharuskan adanya partisipasi masyarakat.


Pada rangka menuju MBS yang ideal karenanya pengelolaan satuan pendidikan mesti dengan menggunakan di perencanaan yang sesuai dengan kondisi sekolah, selaku wujud alat lunak kebijakan yang akan dilaksanakan pada rangka pencapaian tujuan MBS.  Selaku diantara manfaat pengaturan yang sangat mendasar, karenanya perencanaan mesti mampu menjadi pijakan untuk manfaat pengaturan yang lain, misalnya  pengorganisasian sumber daya yang terdapat, pengarahan, pengawasan, dan motivasi sehingga fungsi-fungsi pengaturan pada pengelolaan satuan pendidikan dapat didistribusikan secara optimal.


Kegunaan perencanaan pada pengaturan pengelolaan satuan pendidikan diwujudkan pada wujud RKT yang mewakili rencana kebijakan pengelolaan sekolah pada kurun waktu satu tahun. Kurun waktu satu tahun dimaksudkan bagi memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan pada pengembangan institusi hingga tercapainya postur satuan pendidikan yang sejalan dengan visi dan misi SD Negeri 1 Mekarmukti  Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut.


Selaku diantara sekolah mendasar di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, karenanya SD Negeri 1 Mekarmukti, Kecamatan Cibalong yang di dikala RKT ini disusun mempunyai jumlah peserta didik sebanyak 100 orang, dan dibimbing oleh 5 pengajar, terus berupaya meningkatkan aplikasi pengelolaan sekolah sesuai dengan amanah Undang-undang. Hal itu direalisasikan pada wujud Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) dari yang tercantum secara jelas di BAB II.


Basic-dasar pengaturan dengan menggunakan sekolah di SD Negeri 1 Mekarmukti, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, diupayakan dengan mengeksplorasi seluruh kemampuan dan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah. Formalisasi rencana pelaksanaan kepada pengaturan dengan menggunakan sekolah diinginkan mampu menjadi rujukan dan pedoman untuk kami, pada rangka mencapai visi sekolah dengan merealisasikan misi yang telah ditetapkan sebelumnya dengan indikator yang jelas dan terukur.


B. Landasan

Selaku landasan fundamental tempat berpijak pada penyusunan progran kerja sekolah ini ialah :



  1. Undang-undang RI nomor 20 Tahun 2003 mengenai Program Pendidikan Nasional.

  2. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan.

  3. Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 mengenai Standar Pengelolaan oleh Satuan Pendidikan.

  4. Visi dan Misi SD Negeri 1 Mekarmukti, Kecamatan Cibalong.

  5. Rencana Kerja Sekolah (RKS) SD Negeri 1 Mekarmukti.

  6. Ketetapan bersama Kepala Sekolah, Pendidik, dan Pengurus Komite. 


C. Tujuan Penyusunan


Secara garis besar secara keseluruhan dapat dikemukakan bahwa tujuan penyusunan Progran Kerja Sekolah dapat dikemukakan selaku berikut :



  1. Bagi menyatukan pandangan dan cita-cita untuk seluruh warga sekolah pada rangka meningkatkan mutu pendidikan;

  2. Bagi mempermudah pada menjalankan kewajiban pengelolaan sekolah sesuai bidang masing-masing;

  3. Bagi mempermudah pada menjalankan evaluasi kewajiban yang telah berhasil diperoleh atau yang belum diperoleh;

  4. Selaku tempat berpijak bagi kesinambungan pelaksanaan Program Sekolah di tahun berikutnya;

  5. Memberikan sekilas kondisi nyata dikala ini dan kondisi yang diinginkan dapat terwujud pada waktu satu tahun ke depan;

  6. Selaku wujud report kepada masyarakat dan pemangku kepentingan yang membutuhkan;

  7. Selaku bahan kajian untuk pendidik dan atau tenaga kependidikan baru yang ditempatkan di SD Negeri 1 Mekarmukti;

  8. Selaku referensi untuk para peneliti yang ingin mengadakan penelitian di SD Negeri 1 Mekarmukti.


BAB II

DATA SEKOLAH

A. Data Sekolah

1. Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut status kepegawaian dan JK










File Pendidikan
Tabel 1: Jumlah tenaga menurut status kepegawaian dan jenis kelamin


2. Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut tingkat pendidikan 


File Pendidikan



3. Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut waktu kerja (tahun)  


File Pendidikan



4. Data Peserta Didik 

Jumlah peserta di awal tahun pembelajaran 4 tahun terakhir  


File Pendidikan

 5. Data Peserta Didik Mengulang



File Pendidikan


6. Tabel Jumlah Lulusan

File Pendidikan

Silahkan unduh apabila ada yang sedang membutuhkan di link di bawah ini.



Baca pun Contoh RKJM di bawah ini. 


Download RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021, RKJM Terbaru


Download Contoh Program Rencana Kerja Tahunan Kepala Madrasa MI MTS MA Terbaru


Kepala Sekolah/Madrasah mempunyai peran yang betul-betul strategis selaku manajer dan sekaligus selaku ujung tombak pada upaya un… 
Download Laporan Program Kerja Kepala Sekolah TP. 2017/2018 dan Program Kerja TP. 2018/2019


Marilah kita lihat liputan lengkapnya terkait dengan RKT Sekolah di bawah ini.
 



Demikianlah yang dapat admin tukis terkait dengan Contoh RKT Sekolah Basic Tahun 2019/2020. Semoga menolong untuk Bapak Ibu yang sedang memerlukannya.


Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top