Soal penilaian kelas 4 SD Kurikulum 2013 Tema 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU. |
Jenis penilaian di Kurikulum 2013 (K13) yaitu penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian ahir semester. Penilaian ahir tahun (PAT) atau pun dikenal dengan Ulangan ahir semester (UAS) genap dilaksanakan di sekitar bulan Juni sesuai dengan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan.
Buat setiap tema kelas 4 SD Kurikulum 2013 (K13) terdiri 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap ahir dari setiap subtema dilaksanakan Penilian Harian (PH) atau Ulangan Harian (UH). Tema 8 di kelas 4 SD yakni DAERAH TEMPAT TINGGALKU dengan subtema sesuai Kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru yaitu:
Subtema 1 : Lingkungan Tempat Tinggalku
Subtema 2 : Keunikan Daerah Tempat Tinggalku
Subtema 3 : Bangga Kepada Daerah Tempat Tinggalku
Pengklasifikasian Kompetensi Basic (KD) Tema 8 Kelas 4
Soal ulangan atau penilaian ahir semester 2 kelas 4 SD tema 8 disusun menurut kisi-kisi terdiri dari soal alternatif ganda, isian singkat, dan uraian. Soal UAS Kurikulum 2013 kelas 5 terdiri dari beberapa kompetensi basic muatan mata pembelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 4 sesuai Kurikulum 2013 perlu dilakukan buat mempermudah pada melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah merancang soal evaluasi, mempermudah pada merancang kisi-kisi soal serta dapat mempermudah pada melakukan analisa soal. Berikut deskripsi setiap KD Kelas 4 SD Tema 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU:
KD Muatan Pembelajaran Tema 8 Kelas 4 Semester 2
PPKN 3.3 menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu pada kehidupan sehari-hari.
PPKN 4.3 mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu pada kehidupan sehari-hari.
B. INDO 3.9 mencermati tokoh-tokoh yang terdapat di teks fiksi
B. INDO 4.9 menyampaikan hasil identifikasi mengenai yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh di cerita fiksi
IPA 3.4 menghubungkan gaya dengan gerak di peristiwa di lingkungan sekitar.
IPA 4.4 menyajikan hasil percobaan mengenai hubungan antara gaya dan gerak
IPS 3.3 mengidentifikasi kegiatan ekonomi pada meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang aktifitas, sosial dan budaya di lingkungan sekitar hingga provinsi
IPS 4.3 menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi pada meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang aktifitas, sosial dan budaya di lingkungan sekitar hingga provinsi
SBdP 3.1 mengetahui gambar dan wujud tiga dimensi.
SBdP 3.2 mengetahui gerak tari kreasi daerah
SBdP 3.3 mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP 4.1 merancang gambar cerita
SBdP 4.2 menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
SBdP 4.3 meragakan gerak tari kreasi daerah
Baca pun: Soal Ulangan Kelas 4 Tema 7 Kurikulum 2013
Contoh Soal Ulangan Kelas 4 Tema 8 Subtema 1, 2, dan 3
Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!
A 3.3
4. Kepada teman yang mengalami cacat fisik kita tak boleh ….
7. Apa manfaat yang kita peroleh sekiranya kita saling menghormati perbedaan karakteristik antara masyarakat? Sebutkan 3 saja!
B 3.9
8. Tokoh yang mempunyai watak bagus sehingga disenangi dan dikagumi pembaca disebut ….
A. antagonis
B. protagonis
C. utama
D. tambahan
D 3.4
20. Dynamometer yakni alat buat mengukur besar kecilnya ….
22. Apakah yang dimasud dengan gerak?
E. 3.3
26, Pengajar, Polisi, hakim yakni aktifitas yang menghasilkan ….
30. Apakah yang dimaksud dengan kegiatan konsumsi? Jelaskan!
F. 3.2
32. Urutan nada yang disusun secara berjenjang disebut ….
A. tempo
B. tangga nada
C. intonasi
D. birama
3.3
37. Sebutkan 3 macam unsur tari
3.1
40. Sebutkan ciri-ciri benda tiga dimensi?
Unduh Soal Ulangan Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
Selengkapnya soal-soal penilaian ahir tahun atau UAS semester 2 kelas 4 SD Kurikulum 2013 Tema 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU yang belum disertai dengan kunci jawabannya dan yang berformat .pdf itu dapat didownload via link berikut ini:
Buat bahan persiapan anak-anak menghadapi Ulangan Ahir Semester 2, khususnya kelas 4 SD yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas yang belum disertai dengan kunci jawabannya. Selain kompetensi pengetahuan (KI 3), pelajar pun mesti menguasai kompetensi ketrampilan (KI 4).
Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka (bilangan bulat skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik pada setiap muatan pembelajaran yang mengacu di setiap KD. Nilai penilaian ahir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD pengetahuan per muatan pembelajaran.
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment