Download RPP, Silabus, Prota, Prosem Bahasa Indonesia K13 Revisi Terbaru Kls XI Jenjang SMA/MA/SMK - Maya Blog

Download RPP, Silabus, Prota, Prosem Bahasa Indonesia K13 Revisi Terbaru Kls XI Jenjang SMA/MA/SMK

Buku teks pembelajaran Bahasa Indonesia ditulis dengan tujuan agar pelajar mempunyai kompetensi berbahasa Indonesia bagi berjenis-jenis kebutuhan selaku kegiatan sosial. Kegiatan yang dirancang pada buku ini diinginkan dapat menolong pelajar memaksimalkan kompetensi berbahasa yang dibutuhkan pada kehidupan yang sesungguhnya.


File Pendidikan


Konsep utama pengembangan buku ini yakni dengan menggunakan kegiatan sosial yang mempunyai keragaman sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikasinya. Setiap jenis kegiatan berbahasa pada kehidupan sosial mempunyai kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika teks) dan kekhasan unsur kebahasaan. Inilah cara pandang baru mengenai bahasa. Sekiranya di buku kurikulum sebelumnya penyajian menekankan pendekatan komunikatif, karenanya di buku ini penyajian lebih menajamkan efek komunikasinya dan imbas kegunaan sosialnya. Misalnya, seandainya yang lalu pelajar belajar menulis surat dengan format standar tak terlalu menekankan isi surat, karenanya surat kini mesti dapat berdampak sosial (menunjukkan kepribadian ketika menulis surat lamaran profesi, surat yang meyakinkan orang lain). Bahasa dan isi menjadi dua vishal yang saling menunjang. Ini sejalan dengan perkembangan teori pendidikan bahasa di Eropa dan Amerika, Content Language Integrated Learning (CLIL) yang menonjolkan 4 unsur urgen selaku penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).


Pengembangan buku ini dilakukan dengan mengacu di konsep teoretis yang mendasari pembelajaran bahasa terbaru, yaitu CLIL (content language integrated learning). Demikian pula dengan silabus pada buku teks ini dikembangkan menurut pengembangan prinsip pedagogik. Setiap bab pada buku teks ini meliputi vishal berikut.



  • Penjelasan mengenai tujuan, struktur retorika, kebahasaan dan lokasi sosial.

  • Prototype teks dan telaah monster teks.

  • Latihan dan fungsi.

  • Fungsi pengembangan kompetensi.



Buku teks pembelajaran Bahasa Indonesia terdiri atas Buku Pelajar dan Buku Pendidik. Buku Pelajar berisi bahan belajar untuk peserta didik yang adalah aktivitas berbahasa atau bersastra. Aktivitas tersebut ditempuh menurut pendekatan ilmiah yang dimulai dari mengenal dan memahami teks, kemudian diakhiri dengan menyusun, membangun, atau memproduksi teks tersebut. Buku Pendidik berisi panduan pembelajaran bahasa Indonesia secara umum dan cara menggunakan buku teks secara khusus setiap bab.


Unduh Opstopping

Alat Pembelajaran Bahasa Indonesia K13 Revisi Terbaru Kls XI, DISINI


Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top