Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41 - Maya Blog

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41


File Pendidikan


Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41 – Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sobat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 5 mengenai pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di Buku Pelajar Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36 mengenai soal yang membahas lagu kampungku ciptaan AT. Mahmud.


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 37 mengenai pertanyaan dari bahan tangga nada diatonis mayor. Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sobat Kita Halaman 38 mengenai manfaat dan faktor yang mempengaruhi persediaan air sungai.


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Semester 2 Halaman 40 Mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di cerita Bunga Sangat Berharga. Berikutnya kunci jawaban tema 8 kelas 5 K13 halaman 41 mengenai ayo renungkan.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 ini pastinya telah dilengkapi dengan bahan pembelajaran yang terdapat di buku pelajar tema 8 lingkungan sobat kita subtema 1 manusia dan lingkungan pembelajaran 5. Berikut ini kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.


Baca pun :




Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41


Beni dan teman-teman berlatih menyanyikan lagu “Kampungku”. Inilah notasi lagu itu.


Ayo Mengamati


Perhatikan notasi lagu “Kampungku” berikut.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36


Ayo Bercerita


1. Apa judul lagu itu?
Jawaban :
Lagu tersebut berjudul Kampungku


2. Siapa penciptanya?
Jawaban :
A.T Mahmud


3. Apa nada basic yang digunakan?
Jawaban :
do = C


4. Apa tanda tempo yang digunakan?
Jawaban :
3/4 Agak Cepat


5. Apa arti tanda tempo itu?
Jawaban :
Moderato


6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita mengenai apakah teks lagu itu?
Jawaban :
Lagu “Kampungku” menceritakan sebuah kampung di tepi sungai tempat perahu-perahu melintas. Rumah-rumah di kampung itu terbuat dari bambu.


Ayo Bernyanyi


1. Berlatihlah menyanyikan lagu “Kampungku”. Berlatihlah terus hingga kamu dapat bernyanyi dengan bagus. Perhatikan pula pengucapan syair lagu agar jelas dan dimengerti oleh pendengar. Kemudian, nyanyikan bersama temantemanmu. Gunakan alat musik yang terdapat di sekitarmu bagi mengiringi.


2. Nyanyikan lagu “Kampungku” dengan nada basic yang berbeda. Rasakan mana yang lebih nyaman bagimu bagi menyanyikannya.


Ada lagu bertangga nada diatonis mayor. Ada pula lagu bertangga nada diatonis minor. Lagu “Kampungku” termasuk lagu bertangga nada diatonis mayor. Apa maksudnya? Ayo, bacalah bacaan ini.


Ayo Membaca


Tangga Nada Diatonis Mayor


Tangga nada adalah susunan berjenjang, misalnya do, re, mihoen, fa, sol, schuiflade, si, do. Pada seni musik ada jenis tangga nada diatonis. Tangga nada diatonis terdiri atas delapan nada. Tangga nada diatonis dibagi lagi pada dua jenis tangga nada, yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor.


Tangga nada diatonis mayor mempunyai interval (jarak nada) 1 1 ½ 1 1 1 ½. Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis mayor berikut.


File Pendidikan

Seandainya digambar, berikut tangga nada diatonis mayor.


File Pendidikan

Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor biasanya selaku berikut.



  • Bersifat riang gembira.

  • Bersemangat.

  • Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mihoen) dan diakhiri nada 1 (do).



Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Halaman 37


Ayo Mencoba


Kamu telah membaca teks “Tangga Nada Diatonis Mayor”.
1. Apa pengertian tangga nada mayor?
Jawaban :
Tangga nada mayor yakni diantara tangga nada diatonis yang mempunyai interval (jarak nada) 1 1 ½ 1 1 1 ½.



2. Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor?
Jawaban :
Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor yakni selaku berikut:



  • Bersifat riang gembira.

  • Bersemangat.

  • Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mihoen) dan diakhiri nada 1 (do).


Lagu “Kampungku” menceritakan sebuah kampung di tepi sungai tempat perahu-perahu melintas. Rumah-rumah di kampung itu terbuat dari bambu. Dapatkah kamu membayangkan suasana kampung tersebut?


File Pendidikan

Di siang hari yang terik, panas matahari akan menguapkan air dari permukaan sungai. Apa akibatnya untuk persediaan air sungai?


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sobat Kita Halaman 38


Ayo Berdiskusi


Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
1. Dari mana asal persediaan air sungai?
Jawaban :
Persediaan air sungai berasal dari siklus air tanah. Proses siklus air menyebabkan air bergerak meninggalkan tanah ke udara. Berikutnya, air turun lagi ke tanah pada wujud air hujan. Nah, air yang turun ke tanah ini ada yang masuk ke sungai.


2. Siapa saja yang memanfaatkan air sungai?
Jawaban :
Manusia, hewan dan tumbuhan.


3. Apa saja manfaat air sungai?
Jawaban : 
Air sungai bermanfaat bagi mandi, mencuci pakaian, mencari ikan, dan sumber air minum.


4. Apakah persediaan air sungai dapat berkurang karena menguap ketika terkena panas matahari? Jelaskan jawabanmu.
Jawaban : 
Tak, karena di proses siklus air tanah terdapat air cadangan (sumber air). Sumber air ini akan selalu ada apabila daerah peresapan air selalu terdapat.


5. Faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi persediaan air sungai?
Jawaban :
Faktor alam dan kegiatan manusia.


Bacalah hasil diskusimu di hadapan kelompok lain dan Bapak/Ibu Pendidik. Adakah perbedaan jawaban di antara kelompok-kelompok diskusi di kelasmu? Seandainya ada, bagaimana kalian menanggapi perbedaan itu?


Ayo Membaca


Bunga Sangat Berharga


Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan. Hujan jarang turun di desa itu sehingga tak banyak tetumbuhan. Jangankan bunga-bungaan, semak-semak pun jarang ditemui.


Suatu hari, sebelum berakhirnya pembelajaran, Bu Mala memberi seluruh siswanya masing-masing sebuah buku tulis. Buku tulis itu halaman-halaman dalamnya berwarna putih dan bersampul merah. Indah sekali. “Buku tulis itu bagi kalian. Kalian boleh menulis apa saja di dalamnya,” kata Bu Mala.


“Saya mau menuliskan catatan harian di buku ini,” kata Nola. “Saya mau menggambar wajah setiap orang yang saya temui,” kata Wendi yang hobi menggambar.


“Saya mau membangun herbarium,” kata Makale. Bu Mala memandang Makale dengan penuh keheranan mendengar ucapan Makale.


“Kamu mau membangun herbarium?” tanya Bu Mala kepada Makale. “Ya. Seorang pelancong pernah menunjukkan buku herbariumnya kepada saya. Herbarium itu amat indah,” jawab Makakale. “Tetapi, bagi membangun herbarium kamu akan membutuhkan banyak daun. Tahukah kamu?” tanya Bu Mala.


Makale menganggukkan kepalanya sambil berkata, “Atau bunga…” “Di mana kamu akan mencarinya?” tanya teman-teman Makale.


Makale memandang keluar jendela. Tak tampak tanaman sama sekali. “Saya akan mendapatkannya,” kata Makale sambil tersenyum. Hari berganti hari. Waktu berlalu dengan cepat. Buku tulis merah milik para pelajar Bu Mala telah berisi berjenis-jenis cerita, gambar, dan image. Hanya buku tulis Makale yang masih kosong.


Di suatu hari, sebuah awan hitam berhenti di atas desa tempat tinggal Makale. Tak lama kemudian awan hitam itu mencurahkan hujan yang amat deras. Benih-benih tumbuhan yang terkubur di pada tanah tandus desa itu pun tumbuh. Sepetak kebun terbentuk. Bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun itu.


Makale senang. Dipetiknya sekuntum bunga merah. Hanya satu. Kemudian, ditempelkannya bunga itu di pada buku tulis merahnya. Hari berikutnya, bunga-bunga lainnya telah layu karena terbakar matahari. Di pada kelas, Makale berseru dengan gembira. “Saya telah membangun herbarium saya, Bu Mala.”


Bu Mala membuka buku tulis merah Makale. Herbarium itu hanya satu halaman. Hanya ada satu bunga di dalamnya. Namun, bunga itu sangat berharga di dunia karena hanya mekar sehari pada setahun.


Kunci Jawaban Buku Paket Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 40


Ayo Menulis


Kamu telah membaca cerita “Bunga Sangat Berharga”.
1. Tulislah peristiwa-peristiwa yang terjadi di cerita.
Jawaban :



  • Sebuah desa yang selalu kekeringan.

  • Bu Mala memandang Makale dengan penuh keheranan mendengar ucapan Makale yang mau membangun herbarium.

  • Di suatu hari di desa tempat tinggal Makale terjadi hujan yang amat deras.

  • Benih-benih tumbuhan yang terkubur di pada tanah tandus desa itu tumbuh.

  • Makale berhasil membangun herbarium.

  • Bunga di yang diambil Makale menjadi bunga yang sangat berharga karena hanya mekar sehari pada setahun.


2. Tuliskan urutan-urutan peristiwa di cerita.
Jawaban :



  • Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan.

  • Bu Mala memberikan sebuah buku tulis kepada siswanya.

  • Segala siswanya amat gembira.

  • Bu Mala memandang Makale dengan penuh keheranan mendengar ucapan Makale yang mau membangun herbarium.

  • Di suatu hari di desa tempat tinggal Makale terjadi hujan yang amat deras.

  • Benih-benih tumbuhan yang terkubur di pada tanah tandus desa itu tumbuh.

  • Makale berhasil membangun herbarium.

  • Bunga di yang diambil Makale menjadi bunga yang sangat berharga karena hanya mekar sehari pada setahun.


3. Tulislah kembali cerita tersebut dengan bahasamu sendiri. Tuliskan dengan ejaan yang benar.
Jawaban :
Makale tinggal di sebuah desa yang selalu dilanda kekeringan. Di suatu hari dia diberikan buku tulis oleh Ibu Pendidik (Bu Mala). Dengan buku itu dia ingin membangun herbarium, namun bagi membangun herbarium diperlukan banyak daun atau bunga. Sedangkan di desa Makale tak ada bunga yang mekar karena desanya selalu dilanda kekeringan.

Di suatu hari di desa tempat tinggal Makale terjadi hujan yang amat deras sehingga benih-benih tumbuhan dan bunga dapat tumbuh dan mekar.

Makale hanya memetik satu bunga kemudian ditempelkannya bunga itu di buku tulis. Di pada kelas Makale amat gembira karena telah membangun herbarium, meskipun hanya menggunakan satu bunga namun bunga itu sangat berharga karena hanya mekar sehari pada setahun.


Kunci Jawaban Buku Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 8 Halaman 41


Ayo Renungkan


Dari pembelajaran hari ini, kamu telah mendapat pengetahuan baru, melatih keterampilan, dan memaksimalkan sikap-sikap bagus.


Adakah pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu berikan untuk perbaikan lingkungan sekitarmu?
Jawaban :
Pengetahuan dan keterampilan yang dapat admin berikan untuk perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku yakni pengertian dan ciri-ciri tangga nada diatonis mayor, manfaat dan faktor-faktor yang mempengaruhi air sungai serta semangat bagi terus berusaha menggapai apa yang kita inginkan.


Sikap bagus apakah yang dapat menjadikan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih bagus?
Jawaban :
Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih bagus yakni tak membuang sampah di sungai, menanam pohon di lingkungan rumah agar sumber resapan air selalu terdapat.


Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sobat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 5 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41. Semoga kunci jawaban tematik kelas 5 SD ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca dimanapun berada.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top