Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26 - Maya Blog

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Halaman 16, 17, 23, 26


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26 – Kunci jawaban soal tematik yang terdapat di buku pelajar kelas 5 tema 8 lingkungan rekan rekan kita subtema 1 manusia dan lingkungan pembelajaran 3 kurikulum 2013 yang telah di revisi terbaru. Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 halaman 16 dan 17 mengenai teks rumah batang ulak palin.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 lingkungan rekan rekan kita halaman 23 mengenai bermain peran naskah schouwspel pendek sikap toleransi dan menidentifikasi kosakata dari bahas Indonesia dan bahasa daerah yang sesuai artinya serta mengidentifikasi judul lagu, nama dan keunikan pakaian adat.


Kunci jawaban tema 8 kelas 5 subtema 1 halaman 26 mengenai tabel report jenis usaha dengan mengolah sumber daya alam. Kunci jawaban tematik kelas 5 SD K13 ini pastinya pun adilengkapi dengan bahan pembelajaran dan gambar-gambar yang terdapat di buku tematik terpadu pelajar kelas 5 tema 8 semester 2 kurikulum 2013.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26


Baca pun :




Ada beragam budaya di Indonesia. Keragaman budaya terjadi di antaranya karena masyarakat menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Ada sebuah daerah yang mempunyai keunikan budaya berupa rumah betang. Di daerah manakah itu? Ayo kita cari tahu.


Ayo Membaca


Rumah Betang Uluk Palin


Rumah betang (rumah panjang) uluk palin terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Rumah betang ini berukuran panjang 268 peettante, tinggi 5-6 peettante, dan mempunyai 53 bilik rumah.


Menurut gegevens di tahun 2007, rumah betang uluk palin dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga.


Tak dipahami persis di tahun berapa rumah betang ini pertama-tama kalium dibangun. Namun, diperkirakan rumah ini pertama-tama kalium didirikan oleh komunitas Tamambaloh Apalin di tahun 1800-an.


Kemudian, rumah betang ini pernah diperbaiki di 1940-an karena kebakaran. Rumah betang ini pun telah tiga kalium berpindah lokasi karena menyesuaikan dengan perubahan alur Sungai Uluk dan Sungai Nyabau akibat erosi.


File Pendidikan

Pada tradisi Dayak, rumah betang dan hutan yakni pusat sekaligus bagian terpenting semesta kehidupan. Seperti apabila kita mengucapkan kata “kampung”, “pulang”, “rumah”; rumah betanglah yang diingat oleh masyarakat Dayak.


Untuk mereka, rumah betang pun adalah sebuah pemersatu. Di sanalah mereka berkerabat dan bertradisi. Di rumah betanglah tradisi Dayak terpelihara. Rumah betang yakni kekayaan budaya Indonesia.


Namun, di Sabtu 13 September 2014 malam rumah betang uluk palin terbakar. Tak ada yang tersisa dari rumah betang yang terpanjang dan tertua di seantero Kalimantan itu.


Masyarakat bersedih karena kehilangan tempat tinggal. Lebih dari itu, masyarakat Kalimantan bersedih karena rumah betang uluk palin adalah sebuah cagar budaya yang betul-betul urgen.


Format rumah adat setiap suku bangsa menyesuaikan kondisi lingkungan alam sekitarnya. Rumah adat Kalimantan biasanya berupa rumah panggung bagi menghindari serangan hewan-hewan liar. Bagaimana dengan rumah adat di daerahmu?


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16 & 17


Ayo Berdiskusi


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama teman-teman kelompokmu.
1. Ceritakanlah secara singkat peristiwa di teks “Rumah Betang Uluk Palin”.
Jawaban :



  • Rumah betang (rumah panjang) uluk palin terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. 

  • Rumah Betang Uluk Palin berukuran panjang 268 peettante, tinggi 5-6 peettante, dan mempunyai 53 bilik rumah. 

  • Rumah Betang Uluk Palin dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga. 

  • Rumah Betang Uluk Palin pertama-tama kalium didirikan oleh komunitas Tamambaloh Apalin di tahun 1800-an

  • Rumah Betang Uluk Palin pernah diperbaiki di 1940-an karena kebakaran. 

  • Rumah Betang Uluk Palin pun telah tiga kalium berpindah lokasi karena menyesuaikan dengan perubahan alur Sungai Uluk dan Sungai Nyabau akibat erosi.

  • Pada tradisi Dayak, rumah betang dan hutan yakni pusat sekaligus bagian terpenting semesta kehidupan.

  • Rumah Betang Uluk Palin yakni kekayaan budaya Indonesia. 

  • Di Sabtu 13 September 2014 malam rumah betang uluk palin terbakar.


2. Apa keunikan rumah betang?
Jawaban :



  • Rumah Betang Uluk Palin berukuran panjang 268 peettante, tinggi 5-6 peettante, dan mempunyai 53 bilik rumah. 

  • Rumah Betang Uluk Palin dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga. 



3. Apa keunikan rumah adat di daerahmu?
Jawaban :
Alternatif Jawaban disesuaikan dengan daerah dan lingkungan sekolah pelajar.


Rumah adat adalah sebuah diantara keragaman budaya di Indonesia. Adakah keragaman lain pada budaya Indonesia? Ayo, bacalah teks berikut.


Ayo Membaca


Keragaman Budaya Bangsa di Wilayah Indonesia


Kekayaan budaya Indonesia karena bermacam suku bangsa yang terdapat. Kekayaan itu beragam bentuknya. Beberapa di antaranya berbentuk bahasa daerah, rumah tradisional, pakaian adat, dan kesenian daerah berupa taritarian, alat musik, lagu-lagu, dan upacara adat. Segala budaya tersebut menjadi ciri khas tiap-tiap daerah. Berikut contoh budaya daerah di Indonesia.


1. Bahasa Daerah
Setiap suku bangsa pada berkomunikasi menggunakan bahasa daerah setempat. Dengan demikian, keragaman suku menghasilkan bahasa yang beragam. Perhatikan contoh keragaman kata akibat keragaman bahasa daerah berikut.


File Pendidikan

Keragaman bahasa daerah tak menimbulkan masalah antarsuku bangsa. Ridderzaal ini karena pada komunikasi antarsuku bangsa digunakan bahasa Indonesia yang telah mampu mempersatukan perbedaan bahasa daerah.


2. Rumah Adat
Hampir setiap suku bangsa mempunyai format rumah selaku tempat tinggalnya yang berbeda-beda. Bangunan rumah setiap suku bangsa disesuaikan dengan kondisi alam. Nama rumah adat setiap daerah pun berbeda. Berikut nama beberapa rumah adat dari bermacam daerah di Indonesia.


File Pendidikan

3. Pakaian Adat
Pakaian adat tradisional Indonesia adalah sebuah diantara kekayaan budaya yang dimiliki negara Indonesia. Banyaknya suku-suku dan provinsi yang terdapat di wilayah negara Indonesia karenanya banyak pula baju adat yang dimiliki oleh setiap suku di seluruh provinsi Indonesia.


Pakaian adat di Indonesia mempunyai ciri-ciri khusus pada penyusunan atau pada mengenakan pakaian adat tersebut. Berikut beberapa nama pakaian adat dari bermacam daerah di Indonesia.


File Pendidikan

4. Kesenian Daerah
Kesenian daerah di wilayah Indonesia betul-betul beragam. Setiap suku bangsa mempunyai kesenian khas terdiri atas tari-tarian dan lagu daerah. Berikut beberapa nama tari dari bermacam daerah di Indonesia.


File Pendidikan

Begitulah contoh keragaman budaya yang terdapat pada masyarakat Indonesia. Segala itu adalah sebuah kekayaan negara Indonesia yang betul-betul dikagumi negara lain.


 Indonesia memang mempunyai masyarakat majemuk. Namun demikian, masyarakat Indonesia tetap hidup rukun, saling menghormati, dan bertoleransi antarwarga masyarakat. Masih banyak keragaman masyarakat Indonesia lainnya.


Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Halaman 23


Ayo Bermain Peran


Kamu telah mengetahui keragaman budaya di Indonesia. Keberagaman itu tentu diperlukan sikap toleransi di antara masyarakat Indonesia. Sikap apa yang dapat kalian terapkan pada keragaman budaya masyarakat Indonesia? Buatlah naskah schouwspel pendek mengenai sikap toleransi, lalu mainkan naskah schouwspel tersebut.


Naskah schouwspel pendek mengenai sikap toleransi :
Grace pergi ke rumah Nayaka bersama dengan Siti. Mereka berencana hendak mengerjakan fungsi yang diberikan oleh pendidik. Nayaka yakni pelajar pindahan dari daerah Bali dan bersekolah di sekolah tempat Grace dan Siti yang berada di pulau Jawa.
Nayaka : “Silakan masuk teman-teman. Silakan dinikmati hidangan yang admin siapkan bikin kalian. Kami tinggal dulu ke belakang sebentar ya.”
Siti : “Ya”
Grace : “Siti.”
Siti : “Ya, ada apa Grace?”
Grace : “Kamu schenkkan suka jeruk? itu ada jeruk besar, di pojok ruangan itu, kelihatannya enak.”
Siti : “Hus, tak boleh.”
Grace : “Kenapa? schenkkan kata Nayaka diperbolehkan memakan makanan yang disediakan?”
Siti : “Iya, tapi itu Jeruk bukan bagi dimakan kita, tapi itu yakni diantara kebiasaan adat budaya tempat Nayaka berasal”
Grace : “O, semacam itu ya. Kalau semacam itu kita makan yang disediakan di meja depan kita saja.”
Siti : “Iya, kita mesti menghormati keragaman budaya yang banyak tersebar di Indonesia.”
Grace : “Benar sekali”



Fungsi
Kerjakan fungsi ini bersama kelompokmu. Setiap kelompok terdiri atas 4-5 pelajar.
1. Tuliskan daftar kosakata dari bahasa Indonesia dan bahasa daerahmu yang sesuai artinya. Tuliskan sangat sedikit 25 kata.
Jawaban :
Alternatif jawaban disesuaikan dengan daerah dan lingkungan sekolah masing-masing pelajar.


2. Identifikasi nama dan keunikan pakaian adat dari daerahmu.
Jawaban :
Alternatif jawaban disesuaikan dengan daerah dan lingkungan sekolah masing-masing pelajar.




3. Tuliskan judul lagu-lagu daerah di Indonesia.


File Pendidikan

Selain keragaman budaya, ada bermacam jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada masyarakat. Apa sajakah itu?


Ayo Membaca


Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam


Bagi memenuhi keperluan hidup masyarakat menjalankan bermacam usaha. Bermacam kegiatan dan jenis usaha yang dilakukan menghasilkan barang dan jasa. Diantara jenis usaha di masyarakat yaitu mengolah sumber daya alam dari lingkungan.


Kita mengenal bermacam format kegiatan manusia pada mengolah sumber daya alam bagi mencukupi keperluan hidup. Jenis usaha bidang produksi yang bergerak pada pengolahan sumber daya alam (hewan dan tumbuhan) disebut usaha agraris. Jenis usaha yang termasuk bidang agraris (pertanian pada arti luas) antara lain persawahan, perkebunan, perhutanan, peternakan, dan perikanan.


File Pendidikan

Umumnya, usaha persawahan dan perkebunan dilakukan di daerah perdesaan karena tanahnya masih luas. Namun, sekarang ini kita dapat menjalankan usaha penanaman di lahan sempit, misalnya dengan cara hidroponik (penanaman dengan media air) atau vertikultur (cara bercocokn tanam dengan menempatkan media tanam pada wadah yang disusun secara vertikal).


Tanah pertanian ditanami sayur-mayur, buah-buahan, dan palawija. Lahan pertanian pun dimanfaatkan bagi perkebunan. Tanaman perkebunan di antaranya cengkih, teh, karet, cokelat, tembakau, kopi, dan kelapa sawit.


Usaha di bidang peternakan membutuhkan lahan yang luas. Hewan-hewan yang diternakkan antara lain sapi, kambing, domba, itik, dan ayam. Selain itu, ada pun peternakan ulat sutra. Kepompong ulat sutra dapat menghasilkan serat bahan baku kain sutra.


File Pendidikan

Kegiatan pertanian lainnya yakni perikanan. Usaha di bidang perikanan dapat dilakukan di daerah pantai atau bendungan/waduk. Akan tetapi, ada pun usaha perikanan yang memanfaatkan kolam-kolam di lahan persawahan.


File Pendidikan

Ada pula jenis usaha lain yang memanfaatkan secara seketika sumber daya alam. Jenis usaha ini disebut bidang usaha ekstraktif. Pada bidang usaha ekstraktif, kita hanya mengambil sumber daya alam tanpa mesti mengolahnya terlebih dahulu. Bidang usaha ekstraktif yaitu berburu, pertambangan, dan penebangan hutan.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 8 Halaman 26


Ayo Mengamati


Amatilah aktivitas penduduk sekitarmu yang memanfaatkan sumber daya alam. Lakukan bersama kelompokmu. Buatlah report dengan contoh berikut.


File Pendidikan

Demikian Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sobat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 3 Halaman 16, 17, 23, 26. Semoga kunci jawaban tematik kelas 5 k13 ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca dimanapun berada.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top