Download RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021, RKJM Terbaru - Maya Blog

Download RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021, RKJM Terbaru

Download RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021, RKJM Terbaru,  – Setelah mendapat pertimbangan dan Persetujuan dari Komite Sekolah. Karenanya Rencana Keja Rentang Menengah ini mulai diberlakukan di Tahun Pembelajaran 2017-2018 hingga dengan 2020-2021.












File Pendidikan
Download RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021

     Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat-Nya serta atas dukungan segenap komponen sekolah, komite sekolah dan masyarakat, kami Tim Pengembang Sekolah telah menyelesaikan penyusunan Rencana Kerja Menengah Sekolah
    RKJM ini yakni rencana kerja yang disusun menurut kekuatan dan kelemahan yang menurut fakta lama lalu, fakta kini, harapan yang diinginkan serta tantangan nyata yang dihadapai. Lewat RKJM ini sekolah telah melihat alur perjalanan kedepan pada memwujudkan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Dimana harapan segenap sekolah pada beberapa tahun ke depan akan memenuhi keinginan pemerintah dan masyarakat Kab.Kota ….. selaku satu-satunya sekolah yang berhasil mememenuhi kreteria selaku Sekolah Berstandar Nasional di Kab.Kota ……
    Kami menyadari bahwa RKJM ini masih banyak terdapat kekurangan yang berikutnya kami betul-betul mengharapakan kritikan dan saran agar kami dapat mengerjakan evaluasi secara berkala. Penghargaan yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada seluruh pihak yang telah ikut andil pada penyusunan RKJM ini. Vishal ini adalah sebuah kontribusi pada rangka memajukan pendidikan di Nama Sekolah ….. mengingat pendidikan adalah sebuah tanggung jawab segenap komponen bangsa.
    Semoga RKJM ini dapat bermanfaat sesuai harapan kita bersama.

                                                                                                        Penuis,


DAFTAR ISI

File Pendidikan




BAB I
PENDAHULUAN


A.  LATAR BELAKANG


Rencana Kerja Rentang Menengah Sekolah adalah sebuah sebuah proses perencanaan atas seluruh ontvangstruimte dengan bagus dan teliti bagi mencapai tujuan pendidikan pada rentang waktu 4 tahun. Dengan tujuan ini sekolah dapat disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, potensi sekolah dan keperluan peserta didik. RKJM (Rencana Kerja Rentang Menengah) disusun selaku pedoman kerja pengembangan sekolah, dan selaku bahan rujukan bagi mengidentifikasi serta mengajukan sumber daya yang diperlukan.



Dewasa ini kompetisi pendidikan berlangsung betul-betul ketat dan tajam hampir tiada batas. Sekolah yang tak mampu bersaing secara fair dan terbuka akan tertinggal terseleksi oleh keadaan. Oleh karena itu Nama Sekolah ….. perlu mengoptimalkan dan meningkatkan secara terus menerus dengan memperhatikan sumber daya yang dimiliki, bagus sumber daya menusia maupun sumber daya yang lainnya. Nama Sekolah ….. mempunyai pelajar sebanyak 235 orang, pendidik sebanyak 10 orang, dukungan dan kepercayaan pemangku kepentingan (stakeholder) yang mendukung, alat dan prasarana, dan  berada di lingkungan persekolah dengan masyarakat yang religius.


Menghadapi kondisi tersebut Nama Sekolah ….. perlu mempersiapkan diri secara mantap dengan menyusun Rencana Kerja Rentang Menengah (RKJM ) bertujuan bagi tercapainya pelayanan pendidikan yang minimal kepada pelajar dan tercapainya pendidikan nasional secara umum.



B. LANDASAN HUKUM


    Berikut yakni landasan hukum yang dijadikan rujukan pada penyusunan RKJM Nama Sekolah ….. :



  1. Undang-undang No. 20 tahun 2003; mengenai Aplikasi Pendidikan Nasional;

  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.19 Tahun 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan.

  3. Permendiknas No. 22, 23, dan 24 Tahun 2006 mengenai SI dan SKL

  4. Permendiknas No. 41 Tahun 2007 mengenai Standar Proses

  5. Permendiknas No. 16 Tahun 2007 mengenai Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Pendidik

  6. Permendiknas No. 13 Tahun 2007 mengenai Kualifikasi Kepala Sekolah

  7. Permendiknas No. 28 Tahun 2010 mengenai Fungsi Pendidik selaku Kepala Sekolah

  8. Permendiknas No. 24 Tahun 2007 mengenai Standar Alat dan Prasarana

  9. Permendiknas No. 19 Tahun 2007 mengenai Standar Pengelolaan

  10. Permendiknas No. 69 Tahun 2009 mengenai Standar Pembiayaan

  11. Permendiknas No. 20 Tahun 20007 mengenai Standar Penilaian



C.   MAKSUD DAN TUJUAN


 
    Nama Sekolah ….. RKJM dengan tujuan bagi:



  1. Menjamin agar perubahan / tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat diperoleh dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.

  2. Mendukung koordinasi anatar personil sekolah.

  3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi bagus antar personil sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan.

  4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

  5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat.

  6. Menjamin tercapainya pemakaian sumber daya secara efisien, tepat sasaran, berkeadilan dan berkelanjutan.


D.        METODE PENYUSUNAN


 
    Penyusunan RKJM ini disusun menurut gegevens yang dikumpulkan yang kemudian dianalisis menggunakan cara analitik Swot. Analitik Swot digunakan bagi mengetahui kelemahan dan kekuatan yang terdapat di sekolah bagus di lama kini dan harapan sekolah ke depan menurut tantangan nyata yang dihadapi. Sehingga dapat direkomnedasikan jalan keluar agar tujuan yang telah ditetapkan diperoleh. Gegevens yang dianalisis berasal dari gegevens yang dikumpulkan via cara observasi dan  cara tanya jawab. 


Cara observasi digunakan menurut fakta riil dikala ini bagus via pengamatan seketika dan menurut gegevens yang tersimpan di canap gegevens Nama Sekolah …… Gegevens tersebut dapat berupa dokumen pencatatan dan dokumen elektronik. Sedangkan yang lain yang digunakan pada mengumpulkan gegevens yakni cara tanya jawab secara seketika terkait dengan manfaat kepala sekolah pada mensupervisi pendidik. Cara tanya jawab pun digunakan dikala rapat dengan komite sekolah dan rapat interen pendidik bagi mengetahui beberapa kelemahan dan kekuatan yang layak bagi mendapat jalan keluar sehingga tantangan nyata yang dihadapi dapat diatasi menuju tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.


E.        KERANGKA PEMIKIRAN


 
Kerangka pemikiran dari Rencana Kerja Menengah Sekolah yakni mengacu di tujuan dari pendidikan nasional sesuai dengan bunyi pasal 3 Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun     2003 yaitu “Pendidikan nasional berfungsi mengoptimalkan kemampuan dan menyusun watak serta peradaban bangsa yang bermartabat pada rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman  dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” . Kemudian diatur  lebih lanjut ke pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Nomor 19 mengenai Standar Nasional Pendidikan  yang mengandung 8 Standar Nasional Pendidikan yaitu a. standar isi; b. standar proses; c. standar kompetensi lulusan; d. standar pendidik dan tenaga kependidikan; e. standar alat dan prasarana; f. standar pengelolaan; g. standar pembiayaan;dan h. standar penilaian pendidikan. 


Merujuk pada tujuan pendidikan nasional yang dijabarkan ke pada 8 standar pendidikan yang dikaitkan kodisi riil sekolah yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan karenanya dilkukanlah usaha minimal bagi mencapai SNP (Standar Nasional Pendidikan) atau bahkan dapat lebih yang berikutnya dapat mengacu kepada program managemen sekolah melingkupi kurikulum yang mengadopsi managemen sekolah dan kurikulum sekolah di negara maju.  Vishal tersebut terkait dengan posisi Nama Sekolah ….. yang dipersiapkan bagi menjadi Sekolah Bersatandar Internasional. 


Telah barang tentu banyak ontvangstruimte yang belum terpenuhi yang adalah sebuah suatu kodisi nyata dikala ini yang mesti segera dipenuhi bagi mencapai standar minimal yaitu Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dimana langkah berikutnya menuju Standar Internasional. Karenanya dari itu sekolah wajib mengerjakan perencanaan secara rinci dan terstruktur menurut analitik dari fakta kelemahan dan kekuatan yang terdapat sehingga dapat digambarkan kondisi tantangan nyata yang berikutnya dijawab dengan mengerjakan penyusunan dan pelaksanaan program-program strategis mulai dari dikala ini dan seterusnya bagi mempercepat tercapainya tujuan yang telah ditentukan.


F.        SISTEMATIKA PENULISAN


 
    Rencana Kerja Menengah Sekolah ini disusun dengan sistematis dengan menggunakan kaedah penulisan standard ilmiah. Vishal ini dilakukan karna ontvangstruimte tersebut sesuai dengan karakteristik ilmiah yang tak dapat dipisahkan dari rangkaian rencana kerja ini. Oleh karna di dasarnya setiap rencana selalu berpijak dari suatu tekad bagi memperbaiki suatu keadaan dikala ini yang dianggap belum bagus. Keadaan bagus yakni suatu keadaan yang diinginkan. Sehingga perencanaan yang matang perlu dilaksanakan menurut prinsip pemecahan masalah.


    Cara pemecahan masalah yang diawali dengan ditemukannya masalah selaku akibat terjadinya kesenjangan antara kondisi nyata dengan kondisi yang diinginkan. Berikutnya dilakukan analitik masalah yaitu dengan menemukan beberapa alternatif pemecahan yang mungkin dilaksanakan berikutnya memilih satu dari beberapa alternatif tersebut bagi dijadikan solusi dari masalah tersbut bagi dipecahkan. Tindakan berikutnya yakni implementasi dari alternatif pemecahan masalah tersebut. Langkah berikutnya yakni memastikan penerapannya berjalan bagus bagi kemudian dievaluasi pada rangka menentukan langkah berikutnya menurut hasil yang diperoleh di tahapan atau siklus pertama-tama tersebut.


    Tahapan yang didasarkan cara ilmiah hendaknya ditulis dengan kaedah ilmiah pula dengan struktur penulisan yang standar di penulisan ilmiah sehingga di Rencana Kerja Menengah ini mengikuti kaedah penulisan ilmiah bagus pada format paragarap, huruf, kertas, margin dan srtuktur penomoran. Sistematika penulisan yang digunakan yakni meniru program penomeran Amerika. Menggunakan huruf Tahoma 12, kertas F4 2,2,2, 3. Spasi yang digunakan yakni 1,5 spasi. 




BAB II
KONDISI UMUM



    Di tabel berikut akan digambarkan kondisi dikala ini, kondisi yang diinginkan dan besarnya tantangan yang dihadapi bagi melaksanakannya.



Tabel.  1


Tabel Kondisi Nyata, Kondisi Yang Diinginkan dan Tantangan Nyata




File Pendidikan



 

 

BAB III
RENCANA STRATEGIS



A. VISI
“………………………………”.


B. MISI



  1. ………………………………………………………….silahkan isi yang sesuai sesuai

  2. ………………………………………………………….silahkan isi yang sesuai sesuai

  3. ………………………………………………………….silahkan isi yang sesuai sesuai

  4. ………………………………………………………….silahkan isi yang sesuai sesuai

  5. ………………………………………………………….silahkan isi yang sesuai sesuai



C. TUJUAN SEKOLAH


 
Mengacu di visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan mendasar, tujuan sekolah pada mengoptimalkan pendidikan ini yakni selaku berikut ini.



  1. ………………………………………………………….silahkan isi yang sesuai sesuai

  2. ………………………………………………………….silahkan isi yang sesuai sesuai

  3. ………………………………………………………….silahkan isi yang sesuai sesuai

  4. ………………………………………………………….silahkan isi yang sesuai sesuai

  5. ………………………………………………………….silahkan isi yang sesuai sesuai


D.        SASARAN SEKOLAH


 
    Pada rangka memenuhi tujuan pendidikan karenanya perlu dipilah sasaran yang tepat agar pencapaian tujuan tercapai tepat sasaran. Berikut Sasaran Sekolah :



  1. Memberikan pembinaan secara rutin kepada guru-guru sehingga dapat menjalankan  program-program yang telah dirancang serta dapat menjalankan pembelajaran dan bimbingan yang tepat sasaran, mantap dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan

  2. Menumbuhkan penghayatan terhadapa ajaran agama yang dianut serta budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan pada bertindak

  3. Mengadakan suverpisi kepada guru-guru secara rutin pada format administrasi kelas maupun kegiatan pembelajaran

  4. Memberikan rasa tanggung jawab kepada guru-guru pada mengatur kelas maupun pengelolaan kelas

  5. Memberikan pembinaan kepada seluruh warga sekolah bagi selalu disiplin pada semua ontvangstruimte termasuk tata karma

  6. Mengadakan kerjasama yang harmonis dan transparan di pada pengelolaan sekolah kepada komite, tokoh masyarakat, warga Negara, dan pemerintah

  7. Mengadakan kerjasama yang bagus dengan masyarakat pada rangka peningkatan mutu pendidikan


E.       IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI YANG DIPERLUKAN SETIAP SASARAN


 
    Guna-fungsi yang berlaku pada setiap sasaran yakni :



  1. Bagi mengerjakan pembinaan kepada pendidik secara rutin diperlukan manfaat supervisi kepala sekolah yang dilaksanakan secara konsisten

  2. Bagi memastikan segenap komponen sekolah telah mengerjakan penghayatan kepada ajaran agama karenanya via kegiatan keaagaman berupa aktifitas dan upacara agama secara rutin

  3. Bagi memastikan pendidik menjalankan pembelajaran dengan menggunakan adminidtrasi


   
F.        ANALISIS SWOT


 
Merujuk pada besarnya tantangan nyata di tabel di atas karenanya berikut di kemukakan analitik Swot bagi dapat menggambarkan kesiapan sekolah pada menghadapi tantangan nyata tersebut.



Tabel.  2
Tabel Analitik Swot



File Pendidikan

G.   ALTERNATIF LANGKAH PEMECAHAN MASALAH
      Berbgai berapa alternative pemecahan masalah Nama Sekolah ….. yakni   selaku berikut :



  1. Pengajuan proposal Bansos, DAK, DECON kepada instansi yang terkait sekaitan dengan peningkatan mutu  alat dan prasarana sekolah

  2. Pengiriman pelatihan kepada pendidik mengenai ICT

  3. Mengadakan pelatihan Bahasa Inggris kepada seluruh staff dewan pendidik



H.   MENYUSUN PROGRAM PENINGKATAN MUTU
       1.    Sasaran 1 Peningkatan Nilai UN



  • Bagi meningkatkan nilai UN dilakukan via usaha menjalankan bimbingan belajar,

  • Mengerjakan tryout di UN,

  • Pemantapan  maple yang di UASBN-kan


      2.    Sasaran 2 Peningkatan prestasi akademik/non akademik



  • Mengadakan pembinaan olimpiade MIPA

  • Mengadakan pembinaan khusus pelajar berprestasi

  • Mengadakan pembinaan khusus Mata Pembelajaran Bahasa Inggris

  • Mengaktifkan kegiatan ekstrakurikule


 JADWAL KEGIATAN


Tabel 3

Tabel Jadwal Kegiatan


File Pendidikan







 

 

BAB IV
PENUTUP



A. SIMPULAN



    Delapan standard pendidikan wajib dilaksanakan di sekolah. Bagi efektifnya pelaksanaan delapan standard pendidikan di Nama Sekolah ….. karenanya diperlukan RKJM (Rencana Kerja Rentang Menengah) Tahun 2017 – 20120. RKJM bertujuan memberikan arah pelaksanaan bagi terjaminnya mutu pendidikan di Nama Sekolah …… Adapun lingkup RKJM terdiri atas :



  1. Maksud dan tujuan

  2. Kerangka penyusunan

  3. Sistematika penulisan

  4. Kondisi umum Nama Sekolah …..

  5. Rencana Strategis

  6. Visi/Misi

  7. Tujuan Sekolah

  8. Sasaran

  9. Identifikasi Guna-fungsi yang diperlukan

  10. Analitik Swot

  11. Alternatif pemecahan masalah

  12. Penyusunan program peningkatan mutu

  13. Jadwal kegiatan

  14. Kesimpulan dan saran


B. SARAN


 
    RKJM (Rencana Kerja Rentang Menengah) disusun pada waktu yang betul-betul singkat. Telah pasti isinya betul-betul jauh dari harapan. Bagi itu saran dan kritik yang membangun betul-betul diinginkan guna sempurnanaya RKJM ini. Bagi pemangku kepentingan, disarankan memberikan pelatihan-pelatihan pada penyusunan RKJM.


Bagi memperoleh fiel secara lengkat dan utuh, dan Bapak dan Ibu nya mengerjakan editing. Karenanya dari itu lebih bagus bagi mendownloadnya. Karena yang kami tampilkan di atas hanyalah penggalan-penggalan saja.


Selamat mengunduh ria !!!


Demikianlah yang dapat kami tulis bagi dikala ini. 

Lain kalium akan disambung kembali. Suksesnya sekolah Bapak Ibu. Amin


Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top