Format Buku Daftar Nilai Harian Kurikulum 2013 Kelas 1 s/d 6 Excell - Maya Blog

Format Buku Daftar Nilai Harian Kurikulum 2013 Kelas 1 s/d 6 Excell


Format Buku Daftar Nilai Harian Kurikulum 2013 Kelas 1 s/d 6





Penilaian adalah sebuah komponen yang amat urgen pada aplikasi pendidikan,sedangkan aplikasi pendidikan itu sendiri adalah sebuah implemtasi kurikulum,selaku upaya bagi menghasilkan belajar di kelas. Manfaat utama evaluasi pada kelas yakni bagi menentukkan kesuksesan pendidikan. Hasil-hasil diperoleh seketika bertalian dengan penguasaan tujuan-tujuan yang menjadi target.



Pelaksanaan penilaian pada kurikulum 2013 lebih komplek bila dibandingi dengan penilaian di kurikum KTSP. Pada proses penilain kurtilas, seorang pendidik mesti menjalankan penilaian dari 4 aspek yaitu penilaian spiritual, penilaian sosial, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.











File Pendidikan
Format Buku Daftar Nilai Harian Kurikulum 2013 Kelas 1 s/d 6 Excell

Diantara adaministrasi yang mesti disediakan pada penilaian yakni adanya buku nilai. Buku nilai berfungsi selaku dokumentasi nilai pelajar mulai penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian ahir semester/Tahun(PAS/PAT). Karena adalah sebuah salon yang baru, admin amat kesulitan memperoleh buku penilaian kurtilas yang sesuai dengan keperluan.



Merujuk pada salon tersebut, admin mencoba bagi membangun format buku  penilaian kurtilas yang dapat memenuhi keperluan admin secara pribadi selaku seorang pendidik. Penilaian kurtilas ini dengan menggunakan tema karena pada aplikasi pendidikan kurikulum 2013 di sekolah mendasar dilaksanakan pada format tema, kecuali bagi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mulok.


Ada kesulitan tersendiri pada perancangan Buku Nilai Kurtilas ini. Salah satunya karena kebijakan pemangku kepentingan pada perancangan buku tematik yang tak konsisten. Misalnya saja. pada buku tematik kelas atas semester 2 tahun pembelajaran 2018/2019 , mata pembelajaran Matematika dan Penjas orkes berada di luar muatan buku tematik. Namun di tahun pembelajaran 2018/2019, muatan pembelajaran matematika kelas 4 dan 6 masuk kembali ke pada buku tematik.



Pelaksanaan penilaian pada kurikulum 2013 tak jauh berbeda dengan penilaian kurikulum KTSP yaitu melingkupi penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian ahir semester. Penentuan bobot penilaian bagi tiap-tiap tijdsperiode penilaian diserahkan kepada sekolah masing-masing. Namun pada buku panduan penilaian SD kurikulm 2013 diberikan contoh pembobotan penilaian antara lain:





  1. Penilaian Harian Nilai bagi penilaian harian diperoleh lewat tes tulis, tes lisan dan perbuatan. Tak mesti seluruh tehnik penilain dilaksanakan pada satu KD, tapi tergantung situasi dan kondisi yang terdapat . Misalnya KD 3.1 Mapel PPKN diajarkan pada Tema 1 Sub Tema 1, Sub Tema 2 Dan sub Tema 3. Karenanya dapat saja penilaian dilaksanakan selaku berikut: Di ahir Sub Tema 1 dilakukan penilaian secara lisan. Di ahir Sub Tema 2 dilaksanakaan penilaian penugasan dan diakhir Tema 1 Sub Tema 3 dilksanaakan penilaian tertulis. Nilai ahir  rata-rata harian KD 3.1 adalah sebuah hasil rata-rata dari nilai yang diperoleh tadi atau dapat pun dilakukan dengan aplikasi pembobotan seperti : 60% x nilai tes tulis + 40% x (nilai tes lisan + nilai fungsi:2)

  2. Penilaian Tengah Semester Penilaian tengah semester dilaksanakan di pertengahan semester. Mungkin tak seluruh KD yang diajarkan di semester bersangkutan akan mempunyai nilai tengah semester. Apabila KD tersebut hanya diajarkan di buku tema 3, 4, 5 atau tema 8 dan 9 karenanya KD tersebut tak akan mempunyai nilai PTS.

  3. Penilaian Ahir Semester/ ahir Tahun Penilaian ahir semester atau ahir tahun dilaksanakan di ahir semester/tahun. Penilaian melingkupi seluruh KD yang diajarkan di semester tersebut.


Pembobotan penilaian bagi nilai ahir KD ditentukan sesuai kebijakan institusi / sekolah yang bersangkutan. Namun selaku rambu-rambu, pada Buku Panduan Penilaian K13 SD di berikan contoh pengolahan penilaian ahir KD. Pembobotannya antara lain:



  1. Nilai ahir KD apabila mempunyai nilai PTS yakni : ((2 X NPH) + NPTS + NPAS):4

  2. Nilai ahir KD yang tak mempunyai nilai PTS : ((2 X NPH ) + NPAS);3

  3. Nilai ahir bagi muatan pelajaaran  yakni nilai rata-rata dari nilai ahir KD. 




Bagi penilaian Kompetensi Keterampilan, pada Buku Panduan diterangkan apabila pada satu KD dengan bahan yang sama dilakukan 2 penilaian dengan tehnik yang sama ( misal pada KD 4.1 menjalankan penilaian praktek 2 kalium), karenanya nilai yang diambil nilai maksimum. Namun apabila penilaian dilakukan dengan tehnik yang berbeda (misal praktek, produk dan proyek), karenanya nilai ahir ditentukan dengan mencari rata-rata dari ketiga nilai tadi.



untuk rekan-rekan yang belum mempunyai format penilaian K 13 bagi sekolah mendasar, dapat Unduh di listig di bawah ini: 

Format Daftar Nilai Harian Kurtilas Kelas I.xlsx 


Format Daftar Nilai Harian Kurtilas Kelas 6.xlsx 


Format Daftar Nilai Harian Kurtilas Kelas 5.xlsx


Format Daftar Nilai Harian Kurtilas Kelas 4.xlsx 


Format Daftar Nilai Harian Kurtilas Kelas 3.xlsx 


Format Daftar Nilai Harian Kurtilas Kelas 2.xlsx




Demikianlah sekilas mengenai penilaian pada kurikulum 2013 sesuai Buku Panduan Penilaian K13 yang diterbitkan Direktorat Pembinaan Sekolah Basic Dirjen Dikdasmen Kemdukbud RI Tahun 2016.Kembali kepada Buku penilaian harian K 13,



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top