Download Bukti Fisik Akreditasi Standar Pengelolaan Jenjang SMP/MTs - Maya Blog

Download Bukti Fisik Akreditasi Standar Pengelolaan Jenjang SMP/MTs

File Pendidikan


RASIONAL

Report visitasi yang disampaikan oleh asesor perlu divalidasi, bagi menjamin proses dan hasil akreditasi kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.


TUJUAN

Menjamin proses visitasi sesuai dengan ketentuan. Menjamin hasil visitasi sesuai kondisi objektif.


RUANG LINGKUP

Prosedur ini berlaku untuk BAN-S/M, BAN-S/M Provinsi, Tim Ahli BAN-S/M, Tim Sekretariat BAN-S/M Provinsi, dan KPA-S/M pada menjalankan validasi proses dan hasil visitasi.


TANGGUNGJAWAB DAN WEWENANG

BAN-S/M Menghadiri dan mengikuti kegiatan validasi proses dan hasil visitasi. BAN-S/M Provinsi

Mengoordinasikan kegiatan validasi proses dan hasil visitasi. Menjamin kegiatan validasi proses dan hasil visitasi tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan. Tim Ahli BAN-S/M Menyiapkan aplikasi terkait kegiatan validasi Membersihkan gegevens bagi persiapan tahap validasi. Memastikan gegevens yang telah di validasi dapat masuk di tahap berikutnya. Tim Sekretariat BAN-S/M Provinsi. Merekap hasil visitasi asesor. Menyiapkan seluruh format validasi yang diperlukan. Merekap hasil ahir validasi. KPA-S/M. Bersama anggota BAN-S/M Provinsi menjalankan kegiatan validasi proses dan hasil visitasi secara tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan.


LANGKAH KEGIATAN

Ketua BAN-S/M Provinsi menyusun Tim Validasi dengan melibatkan anggota BAN-S/M Provinsi dan perwakilan pengurus KPA-S/M vanaf kabupaten/kota, serta membagi fungsi validasi menurut jumlah sekolah/madrasah dan jumlah anggota Tim Validasi. Apabila KPA-S/M merangkap selaku asesor, karenanya tak boleh memvalidasi sekolah/madrasah yang divisitasinya. Ketua BAN-S/M Provinsi mengundang 1 (satu) anggota BAN-S/M dan Tim Validasi bagi hadir pada kegiatan validasi. Anggota BAN-S/M menjelaskan prosedur pelaksanaan validasi proses dan hasil visitasi kepada Tim Validasi. Tim Validasi menjalankan pemeriksaan kepada proses visitasi dengan melihat Berita Kegiatan Pelaksanaan Visitasi dan Kartu Kendali Proses Visitasi. Tim Validasi menjalankan pemeriksaan kepada hasil visitasi lewat program Sispena-S/M, yang meliputi: Hasil penilaian persoon asesor dan nilai ahir kelompok. Hubungan skor antar standar; Kesesuaian antara nilai visitasi dan rekomendasi. Apabila Tim Validasi menemukan ketidaksesuaian gegevens/informasi dengan ketentuan pada proses dan hasil akreditasi, karenanya tim validasi menjalankan klarifikasi kepada tim asesor. Apabila diperlukan tim validasi dapat menjalankan klarifikasi ke sekolah/madrasah. Apabila Tim Validasi menemukan indikasi penyimpangan atau kejanggalan pada proses dan hasil akreditasi, karenanya BAN-S/M Provinsi dapat menugaskan asesor yang berbeda bagi menjalankan visitasi ulang apabila diperlukan. Masing-masing anggota Tim Validasi membangun berita kegiatan validasi hasil visitasi bagi setiap sekolah/madrasah yang divalidasi (Format 4.1). Berita kegiatan ditandatangani oleh masing-masing petugas validasi. BAN-S/M Provinsi membangun daftar rekap hasil validasi proses dan hasil visitasi (Format 4.2), yang hasilnya proses dan hasil visitasi selaku wujud persetujuan atas hasil tersebut, dan secara aplikasi seluruh hasil validasi proses dan hasil visitasi disetujui lewat Sispena-S/M.


WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan ini dilaksanakan di kantor BAN-S/M Provinsi atau tempat lain yang ditetapkan BAN-S/M Provinsi dalam kurun waktu maksimum 3 (tiga) hari bagi setiap 1 kalium tijdsperiode akreditasi dengan mempertimbangkan jumlah Sekolah/Madrasah yang divalidasi.


DOKUMEN YANG DIPERLUKAN

Surat Kewajiban Anggota BAN S/M bagi menghadiri validasi proses dan hasil visitasi. SK BAN-S/M Provinsi mengenai petugas validasi proses dan hasil visitasi. SK BAN-S/M Provinsi mengenai penugasan tim asesor. Dokumen report visitasi yang meliputi: Berita kegiatan pelaksanaan visitasi. Kartu kendali proses visitasi. Report persoon. Report kelompok. Rekomendasi. Gambar alat dan prasarana, kegiatan sekolah/madrasah, dan kegiatan visitasi. Berita kegiatan validasi hasil visitasi (Format 4.1)


HASIL

Berita kegiatan hasil validasi proses dan hasil visitasi. Format rekap hasil validasi proses dan hasil visitasi. (Format 4.2). Dokumen elektronik pada Sispena hasil validasi proses dan hasil visitasi yang telah disetujui Anggota BAN S/M

Catatan: 
Bagi Memperoleh Password Silakan Hubungi SMS/WA 0853-8611-7714


Unduh opstopping
Download Bukti Fisik Akreditasi Standar Pengelolaan Jenjang SMP/MTs



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top