Download RPP Kelas 6 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 - Maya Blog

Download RPP Kelas 6 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018


File Pendidikan

Setiap pendidik atau Pendidik Kelas Sekolah Mendasar berkewajiban menyusun RPP secara komplit dan sistematis. Tujuan adanya RPP yakni agar pembelajaran di berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik bagi berpartisifasi aktif serta memberikan ruang yang lumayan untuk prakrarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik Kelas 6 SD/MI.


Bagi itu di wetsartikel kalium ini filependidikan.informatie akan membagikan RPP Kelas 6 SD/MI Tema 4 yang dapat digunakan selaku dokumen administrasi di pembelajaran semester 1. RPP Tema Globalisasi ini dapat Kamu Unduh di verbinding tautan yang telah disediakan di ahir wetsartikel ini secara tidak dipungut bayaran.


Sebelum Kamu unduh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2018, yuk kita lihat terlebih dulu informasi singkat mengenai komponen dan prinsip-prinsip penyusunan RPP menurut Modul Pelatihan K13 Revisi Terbaru Tahun 2018 Kemdikbud berikut ini.


Baca Pun :




RPP Kelas 6 Tema 4 Revisi 2018


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni rencana kegiatan pembelajaran tatap muka bagi satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari Silabus Tematik bagi mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik pada upaya mencapai Kompetensi Mendasar (KD) Kelas 6 Tema Globalisasi.


Kemampuan pendidik pada menyusun perencanaan yang tertuang pada RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu di silabus, buku guru dan buku siswa Kelas 6 SD/MI, buku teks pembelajaran dan refrensi lain yang mendukung menjadi diantara faktor penentu kesuksesan pembelajaran.


Pengembangan RPP K13 dapat dilakukan oleh pendidik secara mandiri dan atau berkelompok (KKG) di sekolah / madrasah yang dapat dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah.


Monster RPP K13 Revisi 2018 yang dikembangkan pada Kurikulum 2013 yakni RPP yang mengintegrasikan penguatan letterteken pelajar, literasi, kompetensi abad 21, dan HOTS.


Menurut Modul Pelatihan Kurikulum 2013 (K13) edisi Revisi Tahun 2018 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, RPP memerlukan kemampuan pendidik pada memfasilitasi pengalaman belajar yang berkesan dan mampu menguatkan letterteken pelajar terutama di Kelas 6 SD/MI.


Penguatan nilai-nilai letterteken pada pembelajaran diinginkan tak sebatas tertulis secara administratif di pada RPP, namun nantinya dapat diaplikasikan dengan alamiah pada pembelajaran.


Nilai-nilai yang dapat dikuatkan pada RPP K13 ada 5 (lima) nilai utama letterteken yang terdiri dari :



  • Religius, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat beribadah, bersyukur, berdoa sebelum dan setelah beraktivitas.

  • Nasionalisme, yaitu cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinekaan, menghayati lagu nasional dan lagu daerah, cinta produk Indonesia, cinta damai, rela berkorban dan taat hukum.

  • Kemadirian, yaitu disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu, tangguh, bekerja keras, mandiri, kreatif-inovatif, dan pembelajar sepanjang hayat.

  • Gotong royong, yaitu suka menolong, bekerjasama, peduli sesama, toleransi, peduli lingkungan, kebersihan dan kerapian, kekeluargaan dan aktif pada kegiatan kemasyarakatan.

  • Integritas, yaitu jujur, rendah hati, santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati janji dan tegenstrijdig korupsi.


Bagi mencapai hasil yang optimal, pendidik dapat memfokuskan RPP Tema 4 Globalisasi Revisi 2018 di nilai-nilai yang relevan sesuai dengan ruang lingkup Kompetensi Dasar dan dinamika pembelajaran di Kelas 6 SD/MI.


Secara eksplisit, rencana penguatan letterteken pelajar dapat dituliskan pada rumusan tujuan pembelajaran yang terdapat di pada RPP K13.


Secara simultan, penguatan letterteken pelajar diinginkan dapat diperoleh pun lewat kegiatan penguatan pendidikan letterteken dengan kelas, dengan budaya sekolah dan dengan masyarakat yang diaplikasikan lewat RPP K13.


Penguatan pendidikan letterteken dengan budaya sekolah yang wajib ada di RPP K13 yakni literasi, sedangkan penguatan pendidikan letterteken dengan kelas yakni pembelajaran tematik yang menggunakan kompetensi abad 21, yaitu kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kolaborasi (collaboration), kreativitas (creativity), dan komunikasi (communication) serta keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills / HOTS).


Komponen RPP Kelas 6 Tema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018


Komponen RPP K13 Kelas 6 Revisi 2018 Semester 1 yang bagus menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 mesti mengandung informasi selaku berikut :



  • Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan

  • Identitas mata pembelajaran atau tema / Subtema

  • Kelas / semester

  • Bahan utama

  • Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan kebutuhan bagi pencapaian KD dana beban belajar dengan mempertimbangakan jumlah jam pembelajaran yang terdapat pada silabus dan KD yang mesti diperoleh.

  • Tujuan pembelajaran yang dirumuskan merujuk pada KD dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang melingkupi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

  • Kompetensi mendasar dan indikator pencapai kompetensi.

  • Sistem pembelajaran, digunakan pendidik bagi mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan diperoleh.

  • Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran bagi menyampaikan bahan pembelajaran.

  • Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

  • Strategi pembelajaran dilakukan lewat tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.

  • Penilaian hasil pembelajaran.



Prinsip-prinsip penyusunan RPP K13 Kelas 6 Revisi 2018


Mekanisme pelaksanaan pembelajaran melingkupi perencanaan, pelaksanaan, dan pertimbangan daya dukung. RPP K13 hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip selaku berikut :



  • Penguatan letterteken pelajar lewat PPK dengan kelas, dengan budaya sekolah, dan dengan masyarakat diperkaya dengan literasi, kompetensi abad 21, dan HOTS. Integrasi ini dapat dilakukan di indikator, tujuan pembelajaran, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, penutup maupun penilaian.

  • Perbedaan individual pelajar antara lain, kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, keperluan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan atau lingkungan pelajar.

  • Partisipasi aktif pelajar.

  • Berpusat di pelajar bagi mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.

  • Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang bagi memaksimalkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi pada beraneka format tulisan.

  • Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP mengandung rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidial.

  • Penekatan di keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian dan sumber belajar pada satu keutuhan pengalaman belajar.

  • Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pembelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

  • Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegritas, sistematis, dan tepat sasaran sesuai dengan situasi dan kondisi.



Unduh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2018


Setelah membaca informasi pengertian RPP K13, komponen RPP K13, dan prinsip-prinsip penyusunan RPP K13, lalu seperti apa contoh format RPP K13 Kelas 6 Tema 4 Globalisasi Revisi 2018? Yuk, unduh RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 1, Subtema 2, Subtema 3 dan Subtema 4 pada format Ms Word (docx) di verbinding tautan berikut ini.



  • RPP K13 Kls 6 Tema 4 Subtema 1 (DOWNLOAD)

  • RPP K13 Kls 6 Tema 4 Subtema 2 (DOWNLOAD)

  • RPP K13 Kls 6 Tema 4 Subtema 3 (DOWNLOAD)

  • RPP K13 Kls 6 Tema 4 Subtema 4 (DOWNLOAD)


Di masing-masing Subtema di RPP K13 Kelas 6 tersebut terdiri dari pembelajaran 1, pembelajaran 2, pembelajaran 3, pembelajaran 4, pembelajaran 5 dan pembelajaran 6.


Setelah RPP tersebut di unduh silakan rubah terlebih dulu identitas sekolah, nama pendidik kelas, nama kepala sekolah dan tanggal bulan serta tahun penyusunan dengan menyesuaikan tahun pembelajaran yang sedang digunakan dikala ini.


Demikian Wetsartikel yang Berjudul RPP Kelas 6 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga RPP K13 Tema 4 Globalisasi Revisi 2018 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul RPP Kelas 6 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/rpp-kelas-1-semester-1.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top