Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD Kelas 6 Tema 1, 2, 3, 4, 5 - Maya Blog

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD Kelas 6 Tema 1, 2, 3, 4, 5

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD Kelas 6 Tema 1, 2, 3, 4, 5 – Betapa pentingnya pengklasifikasian KD pada menyusun menempatkan dan memaksimalkan silabus berkelanjutan. Kegunaan Pengklasifikasian ini yaitu selaku alur pembelajaran dan bagi mencapai target pembelajaran. Kesibukan ini seorang pendidik memerlukan telaah yang mendalam. Silabus disusun lewat pemaetaan KI dan KD.












File Pendidikan
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD Kelas 6 Tema 1, 2, 3, 4, 5


Penyusunan Kompetensi Basic ini selain dapat dikerjakan oleh pendidik dapat pun dikerjakan lewat KKG dan MGMP hasilnya dibawa oleh pendidik ke sekolah bagi dilaksanakan dan dikembangkan pada menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hingga dengan evaluasi pembelajaran.


Terdapat pun :




Data PTK Guru Honorer Jabar-Banten Yang Aktif Menurut Dapodik Calon Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK / P3K)


PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 49 TAHUN 2018 TENTANG MANAJEMEN PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK)


Tujuan Pengklasifikasian KD selain yang di atas yaitu diantaranya yakni :


  1. Menentukan tingkat berfikir Kompetensi Basic

  2. Menetapkan ranah proses berfikir yang terdapat pada SK (Kata Kerja Opersional) yaitu isinya C1, C2, C3, C4, C5, C6.

  3. Bagi mengukur ranak Psikomotorik (kegiatan praktek), yaitu P1, P2. P3, P4.


Selesai menentukan tingkat berpikir atau tingkat keterampilan psikomotor tertinggi bagi masing-masing SK, kita lanjutkan bagi Kompetensi Basic-nya. Tingkat berpikir dan psikomotor tertinggi bagi KD mesti sama dengan SK. Setelah itu, kita menentukan indikator yang secara berturut-turut diperlukan bagi mencapai KD tersebut.


Pada mencapai tingkat berpikir dan psikomotor suatu KD, karenanya tingkat berpikir dan psikomotor indikator dimulai dari yang terendah, ranah C1 atau C2 telah lumayan.


Secara bertahap diinginkan proses berpikir itu meningkat hingga tingkat tertinggi tercapai (C6). Karena psikomotor menolong mempermudah proses berpikir pelajar, karenanya tingkatan psikomotor lumayan dipilih yang sesuai, tak bertahap secara rinci seperti tingkat berpikir.


Kami sediakan Pengklasifikasian KD bagi kelas 6 sd tema 1-5 Kurikulum 2013 di bawah ini.






Semoga dengan adanya pengklasifikasian KD ini proses pembelajaran termasuk memberikan evaluasi tak menjadi salah kaprah, sehingga PBM dapar berhasil dengan optimal.


Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top