Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 78, 79 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 78, 79


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 78, 79 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan pada Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema Persatuan pada Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 78, 79.


Baca Pun :



Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 4


Tahukah kamu? Para pahlawan pun bersatu dan bekerja sama via cara diplomasi dengan tujuan bagi memperoleh pengakuan kedaulatan kemerdekaan bangsa kita!


Ayo Membaca


Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tak hanya dilakukan via pertempuran, namun pun dilakukan via jalur diplomasi, perjanjian, dan perundingan, seperti Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).


Amati gambar dan baca teks pada hati.


Perjanjian Linggarjati (15 November 1946-25 Maret 1947)


Perjanjian Linggarjati yaitu perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Perjanjian tersebut ditandatangani secara sah oleh kedua negara di 25 Maret 1947.


Hasil Perundingan :

1. Belanda mengakui secara den facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatra dan Madura.


2. Belanda mesti meninggalkan wilayah RI sangat lambat tanggal 1 Januari 1949.


3. Pihak Belanda dan Indonesia sepakat menyusun negara Republik Indonesia Serikat (RIS).


4. Pada format RIS, Indonesia mesti tergabung pada Common- wealth/Persemakmuran. Perjanjian Linggarjati ini menimbulkan professional dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia.


Pelanggaran Perjanjian :


Pelaksanaan hasil perundingan ini tak berjalan mulus. Di tanggal 20 Juli 1947, Gubernur Jendral H.J. van Mook akhirnya menyatakan bahwa Belanda tak terikat lagi dengan perjanjian ini.


Di tanggal 21 Juli 1947, meletuslah Agresi Militer Belanda I.


Perjanjian Renville (8 Desember 1947 – 17 Januari 1948)


Perjanjian ini dilakukan antara Indonesia dan Belanda. Perjanjian ini ditandatangani di tanggal 17 Januari 1948 di atas kapal perang Amerika Serikat (USS Renville), yang berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.


Perundingan dimulai di tanggal 8 Desember 1947. Perundingan ini ditengahi oleh Komisi Tiga Negara (KTN), yaitu Amerika Serikat, Australia, dan Belgia.


Delegasi Indonesia dipimpin oleh Amir Syarifuddin. Delegasi Kerajaan Belanda dipimpin oleh R. Abdul Kadir Widjojoatmodjo.


Hasil Perundingan :


1. Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra selaku bagian wilayah Republik Indonesia.


2. Disetujuinya sebuah garis yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda.


3. TNI mesti ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan di Jawa Barat dan Jawa Timur.


Perjanjian Roem-Roijen (14 April 1949 – 7 Mei 1949)


Perjanjian ini dimulai di tanggal 14 April 1949 dan ditandatangani di tanggal 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta.


Nama perjanjian ini diambil dari kedua pemimpin delegasi, Mohammad Roem dan Herman van Roijen.


Tujuan perjanjian ini yaitu bagi menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum KMB di Dennenboom Liguster.


Hasil Pertemuan :


1. Angkatan bersenjata Indonesia akan menghentikan segala aktivitas gerilya. Pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri KMB.


2. Pemerintah Republik Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta.


3. Angkatan bersenjata Belanda akan menghentikan segala operasi militer dan membebaskan segala tawanan perang.


Konferensi Meja Bundar (23 Agustus 1949 – 2 November 1949)


Hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB) :


1. Belanda mengakui RIS selaku negara merdeka dan berdaulat.


2. Status Irian Barat diselesaikan pada waktu setahun setelah pengakuan kedaulatan.


3. Akan dibentuk Uni Indonesia- Belanda.


4. RIS mengembalikan hiel milik Belanda dan memberikan hiel konsesi dan izin baru bagi perusahaan-perusahaan Belanda.


5. Pengambilalihan utang Hindia Belanda oleh Republik Indonesia Serikat.


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 78


Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat tepat sasaran!


Kamu akan dibagi atas 3 kelompok.


1. Kelompok A akan melengkapi peta pikiran mengenai Perjanjian Linggarjati.


2. Kelompok B akan melengkapi peta pikiran mengenai Perjanjian Renville.


3. Kelompok C akan melengkapi peta pikiran mengenai Perjanjian Roem Roijen.


Presentasikan peta pikiran yang telah kamu bikin di depan kelas!


Peta Pikiran mengenai Perjanjian Linggarjati.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


Apa : Perjanjian Linggarjati yaitu perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia.


Kenapa : Karena bagi memperjelas status kemerdekaan Indonesia.


Siapa : Indonesia dan Belanda


Bagaimana : Belanda mengakui secara den facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatra dan Madura, Belanda mesti meninggalkan wilayah RI sangat lambat tanggal 1 Januari 1949, Pihak Belanda dan Indonesia sepakat menyusun negara Republik Indonesia Serikat (RIS)., Pada format RIS, Indonesia mesti tergabung pada Common- wealth/Persemakmuran. Perjanjian Linggarjati ini menimbulkan professional dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia.


Kapan : 15 Nopember 1946 – 25 Maret 1947


Di mana : Linggarjati, Jawa Barat

Peta Pikiran mengenai Perjanjian Renville.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


Apa : Perjanjian ini dilakukan antara Indonesia dan Belanda yang ditandatangani di tanggal 17 Januari 1948 di atas kapal perang Amerika Serikat (USS Renville), yang berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.


Kenapa : Selaku ppaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia via perjanjian.


Siapa : Indonesia dan Belanda


Bagaimana : Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra selaku bagian wilayah Republik Indonesia, Disetujuinya sebuah garis yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda, TNI mesti ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan di Jawa Barat dan Jawa Timur.


Kapan : 08 Desember 1947 – 17 Januari 1948


Di mana : Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Peta Pikiran mengenai Perjanjian Roem Roijen.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


Apa : Nama perjanjian ini diambil dari kedua pemimpin delegasi, Mohammad Roem dan Herman van Roijen. 


Kenapa : Bagi menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum KMB di Dennenboom Liguster. 


Siapa : Indonesia dan Belanda


Bagaimana : Angkatan bersenjata Indonesia akan menghentikan segala aktivitas gerilya. Pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri KMB, Pemerintah Republik Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta, Angkatan bersenjata Belanda akan menghentikan segala operasi militer dan membebaskan segala tawanan perang.


Kapan : 14 April 1949 – 7 Mei 1949


Di mana : Hotel Des Indes, Jakarta.


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 79


Ayo Mencoba


Di pembelajaran sebelumnya, kamu dan kelompokmu telah mendesain naskah schouwspel mengenai makna dan manfaat persatuan dan kesatuan.


Apa makna persatuan dan kesatuan menurut pendapatmu?


Dengan bersatu kita dapat menjalankan banyak ontvangstruimte dan dapat bekerja sama mencapai tujuan bersama.

Apa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan pada kehidupan sehari-hari? Jelaskan!


Contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan pada kehidupan sehari-hari yaitu menghasilkan suasana rukun, menjalankan tanggung jawab, saling menghormati antarsesama, mematuhi peraturan yang berlaku, saling tolong-menolong dengan sesama, menghargai teman yang berbeda suku bangsa, agama, dan adat istiadat.

Apa manfaat dari persatuan dan kesatuan?


Manfaat persatuan dan kesatuan yaitu dapat mempermudah aktifitas, dapat mencapai tujuan yang diinginkan, persatuan dan kesatuan dapat membawa kebaikan.


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 78, 79


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 Subtema 2 pembelajaran 4 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 78, 79 dengan domisili verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top