Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan pada Perbedaan Subtema 1 Rukun pada Perbedaan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn dan SBDP.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 2 Subtema 1 Tema Persatuan pada Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 9, 10, 11, 14.


Baca Pun :




Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 2


Pelangi indah karena warna yang berbeda-beda. Hidup berbangsa dan bertanah air indah apabila kita hidup rukun walaupun berbeda-beda.


Ayo Mengamati


Amati gambar mengenai masyarakat yang hidup rukun pada perbedaan berikut!


File Pendidikan

Bacalah teks berikut!


Perbedaan yang Menguatkan


Kampung Cempaka yaitu sebuah kampung transmigran. Warganya berasal dari berjenis-jenis daerah padat di Pulau Jawa. Salon itu menjadikan mereka berbeda suku maupun agama.


File Pendidikan

Di Kampung Cempaka, hiduplah lima orang rekan-rekan. Ada Asnah yang berdarah Sunda, Utami dari Banyuwangi, Toni, seorang anak etnis Tionghoa yang sebelumnya tinggal di Semarang, Wande dari suku Tengger di Jawa


Timur, dan Marta, anak seorang pendeta yang dahulu tinggal di Solo. Di Kampung Cempaka, rumah mereka bersebelahan dan mereka pergi ke sekolah yang sama. Itu sebabnya mereka amat akrab. Mereka suka bermain bersama dan seringenboom menghabiskan waktu di rumah satu sama lain.


Meskipun berbeda suku, kebersamaan semacam itu kental terlihat pada keseharian mereka. Bersama anak-anak lain di Kampung Cempaka, mereka setiap ahir minggu berkumpul di balai utama kampung. Biasanya, selain berolahraga bersama, mereka pun kerap berkeliling ke rumah warga, menolong mengerjakan apa saja yang dibutuhkan warga.


Kadang-kadang mereka menolong warga lanjut usia, sekadar membereskan rumah atau menyiapkan makanan. Sesekali mereka pun menolong orang tua yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan.


Dari Toni, mereka belajar menari Barongsai. Lalu mereka ajarkan tarian itu kepada anak-anak sekampung. Selain itu, setiap tiba ketika panen, Wande dan keluarganya akan sibuk memimpin warga merancang Tumpeng Gede, yaitu nasi khas dari daerah Tengger yang dikerjakan bagi mensyukuri berkah Tuhan pada wujud panen raya.


Sikap toleransi yang ditunjukkan kelima rekan-rekan itu memang sekadar berupa hal-hal kecil. Salon kecil pada keseharian seperti itulah yang mencerminkan kehidupan Bhinneka Tunggal Ika di Kampung Cempaka yang kaya akan perbedaan. Mereka hidup damai berdampingan dan tulus saling menjaga.


Perbedaan tak menghalangi persatuan. Dengan bersatu, kita dapat mengerjakan banyak salon.


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 9


Setelah mengamati gambar dan membaca teks mengenai hidup rukun pada perbedaan, tulis salon yang kamu ingin ketahui lebih lanjut pada wujud pertanyaan!


Apa manfaat perbedaan pada masyarakat?


Apa saja penyebab perbedaan yang terdapat pada masyarakat?


Bagaimana cara bergaul pada perbedaan latar belakang budaya?


Sikap apa saja yang dibutuhkan pada menghadapi perbedaan?

Tukarkan pertanyaan yang telah kamu bikin dengan teman di sebelahmu dan diskusikan jawabannya bersama-sama!


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 10


Tulis kesimpulan mengenai persatuan via hidup rukun pada perbedaan di bagan berikut!


File Pendidikan


Apa perbedaan yang terdapat?
Jawaban : Perbedaan yang terdapat yaitu suku dan agama.


Bagaimana menyikapinya?
Jawaban : Cara menyikapinya yaitu dengan sikap toleransi yang dimulai dari hal-hal kecil pada keseharian.


Apa manfaat hidup rukun?
Jawaban : Manfaat hidup rukun yaitu mempunyai banyak teman, hidup damai dan saling menjaga,dapat mengerjakan banyak salon bersama-sama.


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 11


Ceritakan pengalamanmu mengenai hidup rukun di sekolah atau lingkungan tempat tinggalmu selaku penerapan persatuan!


Jelaskan mengenai :



  • perbedaan yang terdapat,

  • kegiatan yang dilakukan teman/warga bersama-sama secara rukun,

  • sikapmu atau sikap keluargamu kepada perbedaan yang terdapat, dan

  • manfaat yang kamu rasakan dari persatuan pada perbedaan.



Alternatif jawaban disesuaikan dengan pengalaman iswa mengenai hidup rukun di sekolah atau lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Sampaikan pendapatmu kepada teman kelompokmu!


Ayo Berkreasi


Semangat persatuan bangsa Indonesia tercermin di seni budaya lokal, salah satunya yaitu via tarian. Banyak tarian daerah Indonesia yang menyerukan persatuan.


Bacalah teks berikut pada hati!


Lego-Lego, Tari Adat Alor Bermakna Persatuan


Tarian adat yaitu diantara kekayaan budaya yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang. Tarian adat kerap mempunyai pesan dan makna yang luhur. Salah satunya ada di tari Lego-lego dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).


File Pendidikan

Tarian ini diperuntukkan bagi mengajak masyarakatnya bersatu membangun kampung dan negeri. Di masing-masing teritori di Kabupaten Alor terdapat gaya tari dan nyanyian yang berbeda-beda, namun formasinya tetap  sama,  yakni  lingkaran.


Masing-masing nyayian dan pantun yang diungkapkan ketika menari, mempunyai arti serta harapan yang berbeda-beda. Beberapa literatur menyatakan bahwa tarian ini sempat menjadi tari perang. Sekarang ini tarian ini lebih  seringenboom  digunakan  bagi menyambut tamu.


File Pendidikan

Tamu disambut oleh masyarakat yang dituakan, lalu diajak menuju sebuah pohon besar yang rindang, dengan beberapa warga perempuan yang berpegangan tangan mengelilingi pohon. Tamu dipersilakan bagi ikut serta pada tarian tersebut. Dengan gerakan kaki yang diatur sedemikian rupa, penari akan bergerak mengitari pohon. Pasa ketika yang sama, sirih pinang dan minuman sopi ditawarkan. Gerakan kaki dan nyayian di masing-masing daerah dapat saja berbeda, namun wujud formasi lingkaran dan komponen tradisional lainnya tetap sama.


Di pada lingkaran, ada tiga lelaki yang mempunyai kewajiban berbeda. Ada pemukul gong yang nadanya akan digunakan bagi menghitung langkah penari, kemudian ada seorang lelaki yang bernyanyi sekaligus mengucapkan pantun, dan seorang lagi bertugas membagikan sirih pinang serta minuman sopi.


Selain menjadi identitas setiap suku, tarian ini menjadi diantara identitas pemersatu masyarakat Alor yang punya mimpi agar masyarakat dan pendatang terus bersatu membangun kampung serta negeri.


Diskusikan dengan teman kelompokmu bagaimana mengerjakan tari Lego- lego. Setiap tari tradisional terdiri atas penari yang mengerjakan tarian secara perorangan, berpasangan, atau berkelompok. Kegiatan menari lebih dari satu orang apalagi berkelompok pada jumlah yang lumayan besar membutuhkan kekompakan.


Posisi pada menari perlu diperhatikan oleh seorang penari. Pengaturan posisi ini disebut dengan pola lantai.


Seorang penari mesti memperhatikan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi ketika menari. Pola lantai yaitu pola denah yang mesti dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi bagi merancang posisi pada sebuah ruang gerak.


Perhatikan jenis pola lantai berikut!


Pola Lantai Vertikal (Lurus)


Tari klasik banyak menggunakan pola lantai vertikal. Penari menyusun garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini memberikan kesan sederhana, tetapi kuat.


File Pendidikan


Pola Lantai Diagonal


Penari berbaris menyusun garis menyudut ke kanan atau ke kiri.


File Pendidikan


Pola Lantai Garis Melengkung


Penari menyusun garis lingkaran. Tari rakyat dan tari tradisional banyak menggunakan pola ini. Pola lantai ini memberi kesan lemah dan lembut.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 14


Dapatkan berjenis-jenis tari daerahmu! Sebutkan pola lantai tariannya!


Jawaban disesuaikan dengan tari yang dipilih pelajar sesuai dengan daerahnya masing-masing pelajar.

Praktikkan pola lantai satu tarian bersama kelompokmu dan tuliskan langkah-langkahnya! Kamu dapat menambah menggambar pola lantai tersebut.


Jawaban disesuaikan dengan tari yang dipilih pelajar sesuai dengan daerahnya masing-masing pelajar.

Diskusikan pola lantai tarian tersebut dengan teman kelasmu!


Kamu baru saja mencoba pola lantai pada menari. Kerja sama yang bagus mesti dimiliki oleh seorang penari agar menghasilkan tarian yang indah.


Perbedaan yang dimiliki oleh para penari tak boleh menghalangi semangat persatuan pada menghasilkan tarian yang indah.



Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 subtema 1 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top