RPP Matematika Kelas 5 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2018 - Maya Blog

RPP Matematika Kelas 5 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2018

RPP Matematika Kelas 5 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2018 – Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni rencana kegiatan pembelajaran tatap muka bagi satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus bagi mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik pada upaya mencapai Kompetensi Mendasar (KD).



Setiap pendidik di satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara komplit dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik bagi berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang lumayan untuk prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.










File Pendidikan
RPP Matematika Kelas 5 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2018


Semua format RPP secara umum disusun menurut KD atau subtema yang dilaksanakan kalium pertemuan atau lebih. Simak Komponen RPP Kurikulum 2013 yang telah sesuai dengan Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 terdiri atas:





  1. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;

  2. Identitas mata pembelajaran atau tema/subtema;

  3. Kelas/Semester;

  4. Bahan Utama;

  5. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan kebutuhan bagi pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pembelajaran yang terdapat pada silabus dan KD yang mesti diperoleh;

  6. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan; Ontvangstruimte ini dapat dicpas dari buku pegangan pengajar

  7. Kompetensi basic dan indikator pencapaian kompetensi;

  8. Bahan pembelajaran, mengandung fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis pada format butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi; 

  9. Cara pembelajaran, digunakan oleh pendidik bagi mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan diperoleh;

  10. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran bagi menyampaikan bahan pembelajaran;

  11. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;

  12. Strategi pembelajaran dilakukan lewat tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan

  13. Penilaian hasil pembelajaran.





Prinsip Penyusunan RPP yang telah sesuai dengan Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 mengenai Standar Proses Pendidikan Mendasar dan Menengah selaku basic pula bagi menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip selaku berikut:





  1. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, keperluan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.

  2. Partisipasi aktif peserta didik.

  3. Berpusat di peserta didik bagi mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.

  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang bagi memaksimalkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi pada beragam format tulisan.

  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP mengandung rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

  6. Penekanan di keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar pada satu keutuhan pengalaman belajar.

  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pembelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. 

  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan tepat sasaran sesuai dengan situasi dan kondisi.





Bagi memperkaya bahan sebelumnya yang barangkali tak kalah pentingnya, serta amat betul-betul dibutuhkan, namun belum diketemukan di ketika pencarian di google silahkan simak pula di bawah ini:










Demikian uraian singkat bahan RPP Matematika Kelas 5 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2018 yang semata-mata hanya bagi memperjelas, sehingga apabila kurang berkenan mohon dimaafkan, terima kasih sahabat yakni salah satunya orang yang akan menjadi kustomer wetsartikel kami secara otomatis masuk ke emailanda dengan hanya meninggalkan email di kotak yang telah kami sediakan di blog ini. 


Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top