RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 3 Sub Tema 1, 2, 3, 4 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018 |
Interaksi adalah sebuah ciri utama dari kegiatan pembelajaran, bagus antara yang belajar dengan lingkungan belajarnya, bagus itu pendidik, tema 12 temannya, tutor, media pembelajaran, atau sumber-sumber belajar yang lain. Ciri lain dari pembelajaran yakni yang berhubungan dengan komponen-komponen pembelajaran. Sumiati dan Asra (2009: 3) mengelompokkan komponen-komponen pembelajaran pada tiga kategori utama, yaitu: pendidik, isi atau bahan pembelajaran, dan pelajar. Interaksi antara tiga komponen utama melibatkan cara pembelajaran, media pembelajaran, dan penataan lingkungan tempat belajar, sehingga tercipta situasi pembelajaran yang memungkinkan terciptanya tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.
Lihat :
Download Aplikasi Administrasi Sekolah Untuk Guru Gratis Format Microsoft Excel
Soal dan Kunci Jawaban UAS Bahasa Indonesia SD Kelas 6 Semester 1
bersangkutan dengan berhasil. Tujuan pembelajaran memang perlu dirumuskan dengan jelas, karena perumusan tujuan yang jelas dapat digunakan selaku tolak ukur kesuksesan dari proses pembelajaran itu sendiri. Tujuan pembelajaran tercantum pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP adalah sebuah komponen urgen pada kurikulum tingkat satuan pendidikan yang pengembangannya mesti dilakukan secara profesional. Menurut E. Mulyasa (2010: 222) berikut ini yakni cara pengembangan RPP pada garis besarnya.
1)Mengisi kolom identitas
2)Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan bagi pertemuan.
3)Menentukan standar kompetensi dan kompetensi mendasar,
serta indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun.
4)Merumuskan tujuan pembelajaran menurut standar kompetensi dan kompetensi mendasar, serta indikator yang telah ditentukan.
5)Mengidentifikasi bahan standar menurut bahan utama/pembelajaran yang terdapat pada silabus.
6)Menentukan cara pembelajaranyang akan digunakan.
7)Menentukan strategi pembelajaran.
8)Menentukan sumber belajar yang akan digunakan.
9)Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, dan teknik penskoran.
2)Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan bagi pertemuan.
3)Menentukan standar kompetensi dan kompetensi mendasar,
serta indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun.
4)Merumuskan tujuan pembelajaran menurut standar kompetensi dan kompetensi mendasar, serta indikator yang telah ditentukan.
5)Mengidentifikasi bahan standar menurut bahan utama/pembelajaran yang terdapat pada silabus.
6)Menentukan cara pembelajaranyang akan digunakan.
7)Menentukan strategi pembelajaran.
8)Menentukan sumber belajar yang akan digunakan.
9)Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, dan teknik penskoran.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perumusan tujuan pembelajaran mesti menurut standar kompetensi dan kompetensi mendasar, sera indikator yang telah ditentukan.
RPP yang kami share yaitu terdapat di bawah ini.
Terdapat RPP yang lainnya di bawah ini.
Download RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018
Download RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018
Download RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018
Demikianlah bahan administrasi yang dapat kami share terkait dengan RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 3 Sub Tema 1, 2, 3, 4 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018. Semoga bermanfaat.
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment