Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142


File Pendidikan


Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 3 Halaman 135, 136, 137, 138, 139 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 4 Subtema 3 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142.


Baca Pun :




Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 4


Di pembelajaran sebelumnya kamu telah belajar mengenai penemuan lampu lalu lintas. Apa manfaat dari penemuannya? Dan apa yang mesti kita lakukan bagi mematuhi rambu-rambu tersebut?


Ayo Mengamati


Rambu Lalu Lintas


Kita segala pasti telah mengenal lampu lalu lintas. Kita seringenboom ngelihat lampu lalu lintas di perempatan atau persimpangan jalan. Lampu lalu lintas terdiri dari tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau.


File Pendidikan

Tahukah kamu siapa yang nemuin lampu lalu lintas? Ia yaitu Garret Augustus Morgan, seorang warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain.


Morgan terpanggil bagi menghasilkan sistim lampu lalu lintas setelah ngelihat terjadinya kecelakaan antara mobil dengan kereta kuda. Ia enggak ingin kejadian itu terus berulang.


Hingga ketika ini, penemuan Morgan amat bermanfaat bagi mengatur lalu lintas dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan.


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 135


Ayo Berlatih


Dapatkan kosakata non baku dan kalimat tak tepat sasaran pada teks di atas.


Tulislah pada tabel berikut!


File Pendidikan

Sampaikan hasilmu kepada gurumu!


Kapan kita menggunakan kosakata baku?


Kita menggunakan kosakata baku pada tulisan atau percakapan di acara-acara formal.

Kenapa kita menggunakannya?


Karena dengan menggunakan kosakata baku pada tulisan atau percakapan di acara-acara formal membangun pembaca atau pendengar lebih gampang memahami pesan-pesan yang akan kita sampaikan.


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 136


Cermatilah tulisanmu sebelumnya!


Carilah kosakata non baku yang masih kamu tulis! Ubahlah ke pada kosakata baku!


File Pendidikan


Ayo Berdiskusi


Setelah membaca teks “Rambu Lalu Lintas”, tulislah pertanyaan mengenai ridderzaal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut mengenai lampu lalu lintas terkait dengan tanggung jawab menjalankan hiel dan kewajiban selaku warga negara.


Bagaimana cara kerja lampu lalu lintas?

Apa manfaat dari lampu lalu lintas?

Rangkaian listrik apa yang digunakan di lampu lalu lintas?

Diskusikan pertanyaan yang telah kamu tulis dengan teman yang terdapat di sebelahmu!


Kamu telah mengetahui bahwa lampu lalu lintas ditemukan bagi menghasilkan keamanan dan kenyamanan untuk pengguna jalan. Selain lampu lalu lintas, masih banyak lagi rambu-rambu lainnya yang mempunyai tujuan masing- masing.


Setiap warga negara mempunyai kewajiban bagi mematuhi rambu-rambu lalu lintas tersebut agar hiel orang lain bagi memperoleh keamanan dan kenyaman terjamin.


Menurut pengalamanmu, diskusikan pada kelompok mengenai contoh sikap warga yang telah menunaikan kewajiban selaku warga yang bagus di jalan raya. Berikan pula contoh pengguna jalan yang tak menjalankan kewajibannya.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 137


File Pendidikan

Ketika seseorang tak menjalankan kewajibannya di jalan raya, apakah ridderzaal tersebut dapat mengganggu hiel orang lain?


Ya, seseorang yang tak menjalankan kewajibannya di jalan raya dapat menggangu hiel orang lain karena orang lain pun berhak berkendara di jalan raya dengan selamat hingga di tujuan.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 138 dan 139


Ayo Mengamati


Selain lampu lalu lintas, terdapat pun rambu-rambu lalu lintas lainnya. Amati rambu-rambu berikut!


File Pendidikan

Diskusikan dengan seorang temanmu mengenai rambu-rambu tersebut bagi menjawab pertanyaan berikut!


1. Apa arti dari masing-masing rambu tersebut?


1. Dilarang berjalan terus, wajib berhenti sesaat dan meneruskan perjalanan setelah mendapat kepastian aman dari lalu lintas arah lainnya.

2. Dilarang berjalan terus apabila mengakibatkan rintangan, hambatan, gangguan untuk lalu lintas dari arah lain yang wajib didahulukan.

3. Dilarang berjalan terus di persilangan-persilangans sebidang lintasan kereta api jalur tunggal, wajib berhenti sesaat bagi memperoleh kepastian aman.

4. Larangan masuk untuk kendaraan bermotor roda dua.

5. Rambu pendahulu pedoman jurusan yang menyatakan arah bagi mencapai suatu tempat keluar dari jalan wegenbelasting.

6. Rumah sakit

7. Rambu pedoman jurusan daerah wisata dieng dengan jarak 10 km

2. Apa manfaat rambu-rambu tersebut untuk pengguna jalan?


Manfaat rambu-rambu tersebut yaitu bagi menghasilkan keamanan dan kenyamanan untuk pengguna jalan.

3. Kalau rambu-rambu tersebut tak ada, apa pengaruhnya kepada pengguna jalan?


Kalau rambu-rambu tersebut tak ada, pengaruh yang mungkin terjadi yaitu lalu lintas di jalan raya menjadi tak teratur yang dapat menyebabkan kecelakaan.

4. Apakah kamu pernah melihat rambu-rambu lain di jalan? Jelaskan mengenai rambu-rambu tersebut!


Ya, saya pernah melihat rambu-rambu lain di jalan raya, berikut ini gambar rambu-rambu yang pernah saya lihat.


File Pendidikan




Kini bagaimana dengan kamu? Apakah kamu telah menjalankan hiel dan kewajibanmu dengan tanggung jawab ketika di jalan raya? Ayo, ceritakan.


Vishal-hal yang perlu kamu tulis yaitu:


1. Contoh hiel yang telah kamu dapatkan.


Contoh hiel yang telah saya dapatkan yaitu memperoleh seragam sekolah, memperoleh pendidikan, dan memperoleh kasih sayang dari orang tua. 

2. Contoh kewajiban yang telah kamu laksanakan.


Contoh kewajiban yang telah saya laksanakan yaitu menggunakan dan merawat seragam sekolah dengan bagus, belajar dan mendengar nasihat orang tua.

3. Penilaianmu mengenai hiel dan kewajiban tersebut. Apakah hiel yang kamu dapatkan telah seimbang dengan kewajiban yang kamu laksanakan?


Ya, hiel yang saya dapatkan telah seimbang dengan kewajiban yang saya laksanakan.

4. Manfaat dari menjalankan hiel dan kewajiban secara tanggung jawab.


Manfaat dari menjalankan hiel dan kewajiban secara tanggung jawab yaitu agar apa yang telah menjadi hiel dan kewajiban kita tak menggangu hak-hak orang lain.

5. Vishal-hal yang masih perlu kamu perbaiki pada menjalankan hiel dan kewajiban dengan tanggung jawab.


Vishal-hal yang perlu diperbaiki pada menjalankan hiel dan kewajiban yaitu menyadari dan menjalankan kewajiban dengan bagus.

6. Apa yang dapat kamu perbaiki dari dirimu di waktu yang akan datang?


Yang dapat saya perbaiki dari diri saya di waktu yang akan datang yaitu belajar dengan rajin, mematuhi tata tertib sekolah, dan rajin beribadah.

7. Menurutmu, kenapa lampu rambu lalu lintas berbentuk lingkaran? Apa yang terjadi seandainya bentuknya bukan lingkaran?


Menurut saya kenapa lampu lalu lintas berbentuk lingkaran yaitu lingkaran tersebut menjadi simbol agar gampang dimengerti oleh segala pengguna jalan. Yang mungkin terjadi seandainya bentuknya bukan lingkaran yaitu pengguna jalan sulit mengenali seandainya lampu-lampu tersebut ternyata selaku pengatur lalu lintas di jalan raya.

Ayo, terus berusaha bagi menjadi penemu. Seorang penemu mempunyai sikap pantang menyerah. Kini kita akan menemukan luas dan keliling lingkaran ketika digabungkan dengan bangun lainnya.


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 142


Ayo Mencoba


Menunjukkan perilaku patuh kepada tata tertib dan peraturan yang terdapat di jalan raya yaitu cerminan sikap warga negara yang menjalankan kewajiban. Jelaskan pendapatmu mengenai ridderzaal ini! Berikan contoh!


Mematuhi tata tertib dan peraturan yang terdapat di jalan raya itu amat urgen bagi keselamatan dan kenyamanan berkendara di jalan raya. Contohnya tak berkendara di jalur pejalan kaki, menggunakan hoofdbescherming, berhenti ketika lampu lalu lintas berwarna merah.

Apa yang telah kamu lakukan pada rangka menghargai orang lain?


Yang telah saya lakukan pada rangka menghargai orang lain yaitu menghormati hak-hak orang lain, tak ribut di pada kelas, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas ketika di jalan raya.

Tuhan menginginkan umatnya tertib dan taat kepada aturan pada kehidupan sehari-hari. Berikan contoh perilakumu pada menaati aturan pada kehidupan sehari-hari.


Contoh perilaku menaati aturan pada kehidupan sehari-hari yaitu tak boleh tidur larut malam, mengembalikan barang-barang yang telah digunakan ke tempat semula, dan menyelesaikan fungsi sekolah sebelum bermain,


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 3 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 3 pembelajaran 4 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 3 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142 dengan domisili listig http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top