Soal-Jawab Siap UTS/PTS Semester 2 SMP/MTs Kelas 8 Bahasa Indonesia K13 - Maya Blog

Soal-Jawab Siap UTS/PTS Semester 2 SMP/MTs Kelas 8 Bahasa Indonesia K13


Ulangan tengah semester atau penilaian tengah semester dua (2/II) untuk para peserta didik adalah sebuah diantara vishal yang betul-betul urgen. Ridderzaal ini disebabkan oleh pengaruh UTS atau PTS Semester 2 tersebut kepada kenaikan kelas.


Untuk para pelajar yang tengah duduk di bangku SMP/MTs Kelas 8, karenanya PTS semester 2 ini diinginkan dapat memuluskan jalan untuk para peserta didik bagi naik ke kelas 9.


Bagi mempersiapkan UTS/PTS Semester 2 ini dengan bagus, karenanya tak ada jalan lain yang dapat ditempuh oleh para pelajar kecuali dengan belajar.


Maksud dari tulisan ini yaitu menolong para pelajar SMP/MTs Kelas VIII yang hendak mempersiapkan diri menghadapi UTS/PTS II dengan cara menyediakan contoh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II SMP/MTs Kelas 8/VIII Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.


Sesuai dengan misi tulisan ini, karenanya ada beberapa pendekatan yang kami gunakan pada membangun soal tersebut. Ridderzaal pertama-tama yaitu pendekatan kurikulum. Pendekatan yang digunakan tentu saja yaitu kurikulum 2013 dengan mengacu di edisi revisi terakhir, yaitu Kurikulum 2013 Revisi 2017. Dengan demikian, soal yang kami unggah ini memenuhi unsur kebaruan atau novelty. Ridderzaal yang kedua yaitu mengenai bahan. Bahan mapel Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 terdiri atas sembilan bab.


Contoh Soal Siap UTS/PTS Semester 2/II SMP/MTs Kelas 8/VIII Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 ini tentu saja kami lengkapi dengan kunci jawaban dengan harapan bahwa peserta didik dapat lebih gampang pada belajar dan menguasai bahan pembelajaran.


Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II SMP/MTs Kelas 8/VIII Bahasa Indonesia Kurikulum 2013:





Berikut yaitu kutipan dari contoh soal tersebut:




16. yang dimaksud dengan sinopsis di review novel tersebut yaitu
A. Penjelasan keberadaan selaku novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang lumayan besar dari banyak kalangan.
B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis kepada isi novel.
C. paparan mengenai keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
D. paparan mengenai kelebihan dan kekurangan suatu karya
17. Yang dimaksud dengan analitik di review novel tersebut yaitu
A. Penjelasan keberadaan selaku novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang lumayan besar dari banyak kalangan.
B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis kepada isi novel.
C. paparan mengenai keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
D. paparan mengenai kelebihan dan kekurangan suatu karya
18. Yang dimaksud dengan evaluasi di review novel tersebut yaitu
A. Penjelasan keberadaan selaku novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang lumayan besar dari banyak kalangan.
B. ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis kepada isi novel.
C. paparan mengenai keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur
D. paparan mengenai kelebihan dan kekurangan suatu karya
19. Di bawah ini yang bukan adalah sebuah karakteristik kebahasaan dari sebuah review yaitu
A. Banyak menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni, yaitu.
B. Banyak menggunakan konjungsi temporal, seperti sejak, semenjak, kemudian, akhirnya.
C. Banyak menggunakan konjungsi penyebab, seperti karena, karena.
D. Banyak menggunakan kata-kata sanjungan dan pujian kepada karya yang diulas
20. Berikut yang bukan adalah sebuah strategi menyusun sebuah review berupa teks buku
A. Mencatat identitas buku atau karya yang akan diulas, yang meliputi judul, penulis, nama penerbit, tahun terbit, termasuk ketebalan. Kalau perlu termasuk harga buku.
B. Mencatat hal-hal menarik/urgen dari isi buku.
C. Menelaah penghargaan yang diraih oleh pengarang buku
D. Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku.
21. Berikut yang bukan adalah sebuah komponen teks persuasif
A. Argumentasi
B. Fakta
C. Kritik
D. Ajakan
Perhatikan teks berikut dengan seksama!
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok bagi menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima uitpersen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang bagi membeli rokok lebih banyak daripada yang digunakan bagi membeli gandum, daging, dan buah-buah selaku keperluan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat di diri Kamu.
22. Simpulan yang tepat dari teks di atas yaitu
A. Pecandu rokok sulit berhenti dari kebiasaan merokoknya
B. Harga rokok di Malaysia betul-betul mahal
C. Pengeluaran bagi membeli rokok lebih besar daripada bagi membeli keperluan utama
D. Kita mesti menghentikan kebiasaan merokok agar tak kecanduan
23. Pada teks persuasi, yang dimaksud dengan pengenalan isu yaitu
A. pengantar atau penyampaian mengenai masalah yang menjadi basic tulisan atau pembicaraannya itu.
B. Pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan di bagian sebelumnya. Di bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen- argumennya itu.
C. Dorongan kepada pembaca atau pendengar bagi mengerjakan sesuatu
D. Penegasan kembali
24. Pada teks persuasi, yang dimaksud dengan rangkaian argumen yaitu
A. pengantar atau penyampaian mengenai masalah yang menjadi basic tulisan atau pembicaraannya itu.
B. Pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan di bagian sebelumnya. Di bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen itu.
C. Dorongan kepada pembaca atau pendengar bagi mengerjakan sesuatu
D. Penegasan kembali
25. Pada teks persuasi, kita mengenal adanya pendapat dan fakta. Berikut yang adalah sebuah contoh pendapat yaitu
A. Merokok di hakikatnya bukanlah suatu kebiasaan yang bagus.
B. Di Indonesia, kebijakan mengenai rokok jauh lebih longgar daripada negara-negara di Eropa Barat
C. Di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang, para perokok disediakan tempat tertentu bagi merokok.
D. Di SPBU telah umum dikenali papan larangan bagi merokok
Soal Isian
1. Sebutkan cirri-ciri umum teks eksplanasi!
Jawab:
a. Teks terdiri atas paragraph-paragraf
b. Setiap paragraf mengusung sebuah topic
c. Kalimat-kalimat yang mengisi setiap paragrafnya berisi fakta
d. Fakta-fakta tersebut dirangkaikan dengan cara kronologis dan kausalitas
2. Sebut dan jelaskan struktur teks eksplanasi
Jawab:
a. Identiikasi fenomena, mengidentiikasi sesuatu yang akan diterangkan. Ridderzaal itu dapat terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomenafenomena lain.
b. Penggambaran rangkaian kejadian, selaku perincian atas kejadian yang relevan dengan identiikasi fenomena. Bagian ini dapat disusun dengan pola kausalitas ataupun kronologis.
c. Review, berupa komentar atau penilaian mengenai konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.
3. Sebut dan jelaskan kaidah-kaidah kebahasaan pada teks eksplanasi!
a. Menggunakan konjungsi kausalitas, antara lain, karena, karena, oleh karena itu, oleh karena itu, sehingga.
b. Menggunakan konjungsi kronologis (hubungan waktu), seperti kemudian, lalu, setelah itu, di akhirnya
c. Menggunakan kata benda yang merujuk di jenis fenomena, bukannya di kata ganti penceritanya. Kata ganti yang dimaksud, misalnya, Kabupaten Bandung, burung, gerhana, kesenian daerah, perkembangan budaya Papua.
d. Di pada teks itu pun seringenboom dijumpai kata teknis atau peristilahan, sesuai dengan topik yang dibahasnya.
4. Sebut dan jelaskan strategi menulis teks eksplanasi!
a. Menentukan topik atau suatu kejadian yang menarik, dikuasai, dan aktual.
b. Menyusun kerangka teks, yakni dengan mengoptimalkan topik utama ke pada rincian-rincian topik yang lebih spesiik. Topik-topik itu dapat disusun dengan urutan kronologis atau kausalitas.
c. Mengumpulkan bahan, berupa fakta atau pendapat para ahli terkait dengan kejadian yang dituliskan dari bermacam-macam sumber, misalnya via observasi lapangan ataupun dengan studi literatur.
d. Memaksimalkan kerangka yang telah disusun menjadi teks eksplanasi yang komplit dan utuh dengan memperhatikan struktur bakunya: identiikasi fenomena/kejadian, proses kejadian, dan review. Perhatikan pula kaidah-kaidah kebahasaan yang berlaku di teks ekspalansi.
5. Sebut dan jelaskan struktur teks review!
a. a. Identitas karya yang meliputi melingkupi judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku. Bagian ini mungkin saja tak dinyatakan secara seketika. Ridderzaal itu seperti yang tampak di teks review filmrolletje dan lagu.
b. Orientasi. yakni dengan menjelaskan keberadaannya selaku novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang lumayan besar dari banyak kalangan.
c. Sinopsis berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis kepada isi novel.
d. Analisa berupa paparan mengenai keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.
e. Evaluasi berupa paparan mengenai kelebihan dan kekurangan suatu karya. Pada contoh di depan dinyatakan bahwa novel Atheis menyajikan beberapa pembelajaran hidup, bahasanya gampang dicerna.


Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal dan Kunci jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II SMP/MTs Kelas 8/VIII Bahasa Indonesia Kurikulum 2013


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top