Soal-Jawab UTS/PTS 2 PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 - Maya Blog

Soal-Jawab UTS/PTS 2 PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13


Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 ini dihadirkan dengan harapan bahwa ia mampu menjadi alat bantu pada belajar untuk pelajar atau peserta didik kelas 11 SMA/MA-SMK/MAK pada mempersiapkan ujian/penilaian tengah semester 2/II pada mata pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraa (PPKn).


Soal-Jawab UTS/PTS 2 PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 ini tentu saja menggunakan pedoman kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum 2013 revisi 2017 dengan buku rujukan Buku Pelajar Mapel PPKn Kelas 11/XI SMA/MA-SMK/MAK.


Bahan UTS/PTS Semester 2/II Mapel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini terdiri atas sangat tak satu bab dari tiga bab yang mesti diselesaikan di semester 2/II. Berikut ialah bahan mapel PPKn Semester 2/II Kelas 11/XI SMA/MA-SMK/MAK:


Bab 4: Dinamika Peran Indonesia pada Perdamaian Dunia………………………. 118
A. Peran Indonesia pada Menjadikan Perdamaian Dunia lewat
Hubungan Internasional …………………………………………………………….. 119
B. Peran Indonesia pada Menjadikan Perdamaian Dunia lewat
Organisasi Internasional…………………………………………………………….. 131
Refleksi………………………………………………………………………………………….. 139
Kumpulan…………………………………………………………………………………….. 139
Penilaian Diri………………………………………………………………………………….. 140
Proyek Kewarganegaraan…………………………………………………………………. 142
Uji Kompetensi Bab 4……………………………………………………………………… 143


Bab 5: Mewaspadai Ancaman Kepada Negara Kesatuan Republik
Indonesia ………………………………………………………………………………………… 144
A. Menelaah Ancaman kepada Integrasi Nasional……………………………. 145
B. Strategi Mengatasi Pelbagai Ancaman kepada Ipoleksosbudhankam pada Membangun Integrasi Nasional ………………………………………… 158
Refleksi…………………………………………………………………………………………. 166
Kumpulan……………………………………………………………………………………. 167
Penilaian Diri…………………………………………………………………………………. 168
Proyek Kewarganegaraan………………………………………………………………… 171
Uji Kompetensi Bab 5…………………………………………………………………….. 172


Bab 6: Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan Bangsa pada Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) …………………………………………….. 174
A. Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa …………………………………….. 175
B. Kehidupan Bernegara pada Konsep Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI)……………………………………………………………………. 183
C. Faktor Pendorong dan Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Indonesia ………………………………………………………………………………. 191
D. Perilaku yang Menunjukkan Sikap Menjaga Keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia …………………………………………………… 197
Refleksi…………………………………………………………………………………………. 199
Kumpulan……………………………………………………………………………………. 200
Penilaian Diri…………………………………………………………………………………. 201
Proyek Kewarganegaraan………………………………………………………………… 204
Uji Kompetensi Bab 5…………………………………………………………………….. 204


Berikut ialah tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013:





Berikut ialah beberapa kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 tersebut:




SOAL PILIHAN GANDA


1. Seperangkat cara/kebijakan yang dilakukan oleh suatu negara bagi mengadakan hubungan dengan negara lain dengan tujuan bagi tercapainya tujuan negara serta kepentingan nasional negara yang bersangkutan.
Ontvangstruimte tersebut di atas adalah sebuah pengertian dari
A. Politik luar negeri
B. Hubungan luar negeri
C. Politik luar negeri
D. Hubungan internasional


2. Adanya kekhawatiran terancamnya kelangsungan hidup kesananya, bagus lewat kudeta maupun intervensi dari negara lain adalah sebuah faktor yang mendorong negara bagi mengerjakan hubungan internasional. Faktor yang demikian ini disebut dengan faktor
A. Eksternal
B. Internal
C. Aktual
D. Risiko


3. Diantara perwujudan nyata politik bebas aktif bangsa Indonesia ialah
A. Menjadi pemrakarsa KAA di tahun 1955
B. Membuka peluang usaha
C. Membangun infrasturkur demi mengejar ketertinggalan pembangunan
D. Memperbaiki aturan pada persaingan usaha


4. Amanat UUD 1945 mengenai peran Indonesia pada mewujudkan perdamaian dunia terdapat pada
A. Pembukaan UUD 1945 Alinea ke-1
B. Pembukaan UUD 1945 Alinea ke-2
C. Pembukaan UUD 1945 Alinea ke-3
D. Pembukaan UUD 1945 Alinea ke-4


5. Di ketika Indonesia memperoleh kemerdekaan, karenanya banyak negara yang kemudian ikut mengakui kemerdekaan Indonesia. Pengakuan semacam ini adalah sebuah diantara wujud kedaulatan bangsa yang diakui secara
A. Den facto
B. Den jure
C. Halsdoek sein
D. Halsdoek solen


6. Pembangunan hubungan internasional bangsa Indonesia diperuntukkan bagi peningkatan persahabatan dan kerja sama bilateral, regional, dan multilateral lewat bermacam macam forum sesuai dengan kepentingan dan kemampuan nasional. Berikut adalah sebuah contoh kerja sama bilateral yang dilakukan oleh bangsa Indonesia
A. Kerja sama pada ASEAN
B. Kerja sama antara Indonesia dengan Malaysia
C. Kerja sama Indonesia pada naungan PBB
D. Kerja sama ekonomi pada APEC


7. Indonesia pun mengerjakan hubungan internasional yang bersifat regional. Contoh dari hubungan internasional bangsa Indonesia yang bersifat regional ialah
A. Kerja sama pada OPEC
B. Kerja sama pada ASEAN
C. Kerja sama antara Indonesia dengan Malaysia
D. Kerja sama Indonesia pada naungan PBB


8. Bagi mencapai tujuan dari pelaksanaan hubungan internasional, karenanya telah seharusnya bangsa Indonesia
A. Meningkatkan kuantitas pergaulan antarbangsa
B. Mengerjakan kerjasama dengan negara adidaya
C. Meningkatkan kualitas kerja sama internasional
D. Meningkatkan kerja sama dengan tujuan terutama ekonomi


9. Politik luar negeri bebas aktif di dasarnya timbul dari pemikiran pendiri bangsa yang di ketika itu dilandasi oleh situasi berupa
A. Terbelahnya kekuatan besar oleh dua speelgoedblok; barat dan timur dan Indonesia tak ingin menjadi objek pada pertarungan politk antara dua speelgoedblok tersebut
B. Berlomba-lombanya bangsa di Asia dan Afrika yang memerdekakan diri
C. Terjadinya perang dunia kedua
D. Kekalahan bangsa Jepang oleh sekutu


10. Secara umum, sebuah organisasi dapat disebut selaku organisasi internasional bila
A. Berkedudukan selaku objek hukum internasional
B. Berkedudukan selaku subjek hukum internasional dan mempunyai kapasitas bagi membangun perjanjian internasional
C. Beroperasi di banyak negara
D. Mampu mempengaruhi keputusan internasional


PERTANYAAN URAIAN


1. Sebutkan tujuan politik Indonesia menurut Mohammad Hatta
Jawab:
1. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara.
2. Memperoleh barang-barang yang diperlukan dari luar bagi memperbesar kemakmuran rakyat.
3. Meningkatkan perdamaian internasional.
4. Meningkatkan persaudaraan semua bangsa selaku pelaksanaan cita-cita yang tersimpul pada Pancasila, mendasar dan filsafah negara kita


2. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mendasari perlunya kerja sama internasional
Jawab:


Faktor internal yaitu adanya kekhawatiran terancamnya kelangsungan hidup kesananya, bagus lewat kudeta maupun intervensi dari negara lain


Faktor eksternal yaitu ketentuan hukum alam yang tak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan negara lain. Ketergantungan tersebut terutama pada upaya memecahkan masalah-masalah ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan.


3. Sebutkan dan jelaskan mengenai hal-hal yang mesti menjadi arah dari hubungan internasional bangsa Indonesia!
Jawab:


a. Pembentukan satu negara Republik Indonesia yang berbentuk negara kesatuan dan negara kebangsaan yang demokratis.
b. Pembentukan satu masyarakat yang adil dan makmur secara material ataupun spiritual pada wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c. Pembentukan satu persahabatan yang bagus antara Republik Indonesia dan seluruh negara di dunia, mendasar kerja sama ialah menyusun satu dunia baru yang bersih dari imperialisme dan kolonialisme menuju perdamaian dunia yang sempurna .
d. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara. e. Memperoleh barang-barang yang diperlukan dari luar bagi memperbesar kemakmuran rakyat, apabila barang-barang itu tak atau belum diraih
sendiri.
f. Meningkatkan perdamaian internasional, karena hanya pada keadaan damai Indonesia dapat membangun dan memperoleh syarat-syarat yang diperlukan bagi memperbesar kemakmuran rakyat.
g. Meningkatkan persaudaraan semua bangsa selaku pelaksanaan cita-cita
yang tersimpul di pada Pancasila, mendasar dan filsafah negara kita.
Menurut uraian di atas dapat disimpulkan bahwa bagi mencapai tujuan yang diinginkan dari pelaksanaan hubungan internasional, bangsa Indonesia mesti senantiasa meningkatkan kualitas kerja sama internasional yang dibangun dengan negara lain. Bagi mencapai ridderzaal tersebut, bangsa Indonesia mesti mampu meningkatkan kualitas dan performa aparatur luar negeri agar mampu mengerjakan diplomasi yang pro-aktif pada semua bidang bagi membangun citra positif Indonesia di dunia internasional. Selain itu, pun mesti mampu memberikan perlindungan dan pembelaan kepada warga negara dan kepentingan Indonesia, serta memanfaatkan setiap peluang untuk kepentingan nasional.


4. Jelaskan secara singkat peran Indonesia pada PBB!
Jawab:


Peran Indonesia pada PBB terhitung banyak. Misalnya ialah dengan menjadi anggota tak tetap Dewan Keamanan PBB. Ikut serta pada institusi di bawah naungan PBB seperti FAO, WHO, ILO, ECOSOC, dll. Indonesia pun mengirimkan tim perdamaian ke negara-negara yang dirundung konflik.


5. Jelaskan secara singkat peran Indonesia pada Gerakan Non-Huizenblok!
Jawab:


Indonesia ialah diantara negara pendiri GNB. Indonesia pun pernah mengetuai GNB ini dalam rentang waktu tiga tahun yang menghasilkan Jakarta Message. Di samping itu, lewat GNB, Indonesia pun turut berkontribusi pada penyelesaian konflik seperti di Kamboja, Filipina Selatan, dan Laut China Selatan.


Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top