Buku Saku SIM PKB Guru Tahun 2017 - Maya Blog

Buku Saku SIM PKB Guru Tahun 2017

BUKU SAKU SIM PKB GURU 

Apakah PKB? 

Program PKB adalah sebuah program yang dikembangkan dengan tujuan meningkatkan kompetensi pendidik, khususnya bagi mengoptimalkan keterampilan instruksional dan pengetahuan kepada konten pembelajaran yang diampu. 

File Pendidikan



Siapa Peserta PKB? 

Pengajar yang dapat mengikuti program ini yakni: 



  1. Profil hasil UKG-nya menunjukkan terdapat 3 s.d 10 kelompok kompetensi dengan nilai di bawah KCM (65). Apabila pendidik belum atau telah menjalankan UKG namun dengan mata pembelajaran/paket keahlian/tahapan yang tak sesuai, karenanya pendidik tersebut diwajibkan mengikuti tes awal menggunakan program UKG. 

  2. Terdaftar pada Komunitas GTK. 

  3. Berada di wilayah yang terdapat akses/jaringan internet (khusus peserta moda daring atau daring kombinasi). 

  4. Bersedia menjalankan pembelajaran dengan keinginan / komitmen tinggi bagi menyelesaikan setidaknya 2 KK dengan nilai sangat rendah dan atau 2 modul prioritas yang ditentukan oleh penyelenggara di kurun waktu 1 tahun. 



Apa itu SIM PKB? 

SIM PKB yakni Program Informasi Pengaturan yg digunakan di Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Program ini adalah sebuah alat penghasil informasi guna mengelola gegevens dan selaku pusat pengaturan layanan untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. 



Apa Websitenya? 



Blog: https://sim.gurupembelajar.id atau https://app.simpkb.id 


Bagaimana Cara Memperoleh Akun? 

Telah UKG 2015 


Penerbitan akun dapat dilakukan dengan menjalankan Registrasi Akun di SIM PKB. 


Belum UKG 2015 


Penerbitan akun dapat dilakukan secara mandiri dengan mencari nomor peserta di program. 


Bagaimana Seandainya Lupa Password? 



  1. Seandainya PTK lupa password akun, dapat menghubungi pihak berikut guna menjalankan Reset Ketua Komunitas.

  2. Technicus Dinas Kabupaten/Kota/Provinsi 

  3. Admin UPT (P4TK/LP3TK) 



Kenapa Mesti Verval Satmikal dan Mapel? 

Segala pendidik diwajibkan menjalankan Verval Satmikal dan Mapel. Salon ini dilakukan guna memastikkan tak terjadinya ketidaksesuaian/salah tahapan/mapel ketika mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. 






Bagaimana Cara Menjalankan Perubahan Gegevens Satmikal dan Mapel? 

Seandainya PTK mendapati tahapan/mapel tak sesuai, karenanya PTK dapat menjalankan pemutakhiran gegevens. Seandainya PTK menjalankan perubahan gegevens tahapan/mapel, karenanya ketika Kamu klik Simpan akan muncul Surat Pengajuan Perubahan Gegevens PTK. Seandainya PTK menjalankan perubahan tahapan/mapel, karenanya: 



  1. Wajib Lapor ke Admin Disdik Kabupaten/Kota/Provinsi dengan membawa serta Surat Pengajuan Perubahan Gegevens. 

  2. Perubahan gegevens dinyatakan selesai apabila Disdik telah menyetujui dgn memberikan Tanda Bukti Persetujuan Perubahan Gegevens. 



Salon yang mesti diperhatikan ketika pemutakhiran gegevens sekolah induk/satminkal atau Mapel: 



  1. Seandainya PTK pindah sekolah keluar wilayah sebelumnya (berbeda kota/kab/provinsi), atau pindah sekolah ke tahapan berbeda, dan telah terdaftar di sebuah Pokja di wilayah/tahapan lama, karenanya PTK diwajibkan meminta kepada Ketua Pokja bagi dikeluarkan dari pokja. 

  2. System akan mendeteksi apabila terjadi perubahan gegevens tahapan, berikutnya system meminta PTK menjalankan pemutakhiran gegevens mapel. 



Siapa yang Wajib Tes Awal? 

Tes Awal yakni ujian kompetensi guna memperoleh Profil Kompetensi Pengajar. Tes Awal Wajib diikuti untuk PTK: 



  1. Belum mengikuti UKG 2015 

  2.  Menjalankan pemutakhiran Tingkatan & Mapel 



Catatan: Seandainya seorang PTK telah mempunyai status Mentor/IN di SIM PKB menjalankan perubahan tahapan/mapel dan menjalankan Tes Awal, karenanya secara otomatis status Mentor/IN PTK tersebut akan ter-reset. 

Bagaimana Seandainya Pengajuan Perubahan Gegevens Tak Disetujui? 

Seandainya Disdik tak menyetujui pengajuan perubahan gegevens, karenanya PTK diminta membatalkan ajuan dengan mengklik tombol Batal Ajuan di halaman beranda. 

Informasi Urgen 



  1. Yang telah UKG 2015, masih mendidik di sekolah dan mapel yang sama, silakan urgen login logout. Sementara kalau berpindah sekolah mesti memperbarui atau menambahkan keterangan sedangkan PTK yg berganti mapel mesti ikut UKG lagi. 

  2. Untuk pendidik yang menjadi kepala sekolah dapat memilih : masuk komunitas KKG/MGMP mapelnya atau memilih komunittas MKKS. 

  3. PKB Pengajar dengan menggunakan komunitas sehingga setiap pendidik wajib masuk komunitas, kalau tak masuk, tak akan pernah terperhatikan pengembangan profesinya. 4. Mendasar PKB yakni UKG, untuk yg belum UKG wajib ikut UKG dulu (Pretest). Bagi itu, segala wajib mendaftar di komunitasnya. 

  4. Tanggal 17 Juli 2017 yakni batas ahir nasional login SIM PKB. Disdik daerah dapat memajukan tanggal tersebut bagi mempercepat pendataan. 

  5. Segala pendidik mesti login di SIM PKB. Ketua komunitas memegang informasi anggotanya, termasuk password, bila anggota lupa password. 

  6. Untuk pendidik SMA/SMK Pembaruan gegevens yang berganti mapel atau satmikal dilakukan di admin provinsi. 

  7. Meski anggota komunitas tak terbatas namun kelas berjumlah 20 orang dengan jumlah kelas maksimal 2 kelas. Penentuan peserta pengembangan, ada di tangan ketua dengan mempertimbangkan kriteria penentuan. 

  8. Setiap komunitas, segera mendaftarkan komunitadnya ke admin dinas pendidikan bagi dikerjakan namanya di program. Bagi hingga dapat mengikuti PKB dan mencairkan dana kegiatan untuk komunitasnya, MGMP/KKG mesti 1. Mendaftarkan 2. Mengunggah SK 3. Mendaftarkan seluruh anggotanya. 10. Segala terkait vishal ini telah dikoordinasikan dengan disdik masing-masing. Admin dinas pendidikan telah dilatih. Pelatihan narasumber maupun instrutur telah dan sedang dilakukan.



Demikian mengenai Buku Saku SIM PKB Pengajar Tahun 2017 semoga dapat bermanfaat pada mempelajari proses SIM PKB


Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top