di wetsartikel kalium ini akan menulis mengenai Kompetensi Inti dan Kompetensi Basic khusus Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Ialam dan Budi Pekerti Sekolah Basic / Madarsah Ibtidaiyah (SD/MI) secara komplit mulai dari Kelas I, II, III, IV, V dan VI Semester Ganjil dan Semester Genap muatan Kurikulum 2013.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD/MI
KURIKULUM 2013
KELAS I
Kompetensi Sikap Spirituan, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan selaku berikut, yaitu pelajar mampu :
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SOSIAL) |
1. menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 2. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri pada berinteraksi dengan keluarga, teman, dan pendidik |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.1 terbiasa membaca basmalah setiap memulai belajar al-Qur’an | 2.1 menunjukkan sikap percaya diri pada melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya |
1.2 terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil | 2.2 menunjukkan sikap kasih sayang dan peduli kepada sesama selaku implementasi pemahaman Q.S. hoewel Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas |
1.3 menerima adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang | 2.3 menunjukkan perilaku percaya diri selaku implementasi pemahaman adanya Allah Swt. |
1.4 menerima keesaan Allah Swt. merujuk pada pengamatan kepada dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah | 2.4 menunjukkan perilaku percaya diri selaku implementasi pemahaman keesaan Allah Swt. |
1.5 menerima adanya Allah Swt. Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maharaja | 2.5 menunjukkan sikap kasih sayang, peduli, kerja sama, dan percaya diri selaku implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: ar-Rahman, limousine Rahim, dan al-Malik |
1.6 menerima dan mengakui makna dua kalimat syahadat | 2.6 menunjukkan sikap teguh pendirian selaku implementasi pemahaman makna dua kalimat syahadat |
1.7 terbiasa berdoa sebelum dan setelah belajar | 2.7 menunjukkan sikap disiplin selaku implementasi pemahaman makna doa sebelum dan setelah belajar |
1.8 meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan pendidik selaku cerminan dari iman | 2.8 menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan pendidik |
1.9 meyakini bahwa berkata yang bagus, sopan, dan santun selaku cerminan dari iman | 2.9 menunjukkan sikap yang bagus, sopan, dan santun ketika berbicara |
1.10 meyakini bahwa bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri selaku cerminan dari iman | 2.10 menunjukkan perilaku bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri |
1.11 terbiasa bersuci sebelum beribadah | 2.11 menunjukkan perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat selaku implementasi pemahaman makna bersuci |
1.12 menjalankan salat dengan tertib | 2.12 menunjukkan sikap disiplin selaku implementasi pemahaman salat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya lewat pengamatan |
1.13 meyakini kebenaran kisah Nabi Adam a.s. | 2.13 menunjukkan sikap pemaaf selaku implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Adam a.s. |
1.14 meyakini kebenaran kisah Nabi Idris a.s. | 2.14 menunjukkan sikap semangat dan rajin belajar selaku implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Idris a.s. |
1.15 meyakini kebenaran kisah Nabi Nuh a.s. | 2.15 menunjukkan sikap kerja keras dan kerja sama selaku implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. |
1.16 meyakini kebenaran kisah Nabi Hud a.s. | 2.16 menunjukkan sikap sopan dan santun selaku implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Hud a.s. |
1.17 meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. | 2.17 menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang selaku implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
3. memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya merujuk pada rasa ingin tahu mengenai dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 4. menyajikan pengetahuan faktual pada bahasa yang jelas dan logis, pada karya yang estetis, pada gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan pada tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
3.1 mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara komplit | 4.1 melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara komplit |
3.2 memahami pesan-pesan utama Q.S.al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas | 4.2.1 melafalkan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas 4.2.2 menunjukkan hafalan Q.S. hoewel Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas |
3.3 memahami adanya Allah Swt. Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang | 4.3 menunjukkan bukti-bukti adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang |
3.4 memahami keesaan Allah Swt. merujuk pada pengamatan kepada dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah | 4.4 menunjukkan bukti-bukti keesaan Allah Swt. merujuk pada pengamatan kepada dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah |
3.5 memahami makna al-Asmau hoewel Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik | 4.5 melafalkan al-Asmau al-Husna: limousine Rahman, ar-Rahim, danal-Malik |
3.6 memahami makna dua kalimat syahadat | 4.6 melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas |
3.7 memahami makna doa sebelum dan setelah belajar | 4.7 melafalkan doa sebelum dan setelah belajar dengan benar dan jelas |
3.8 memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan pendidik | 4.8 mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan pendidik |
3.9 memahami berkata yang bagus, sopan, dan santun | 4.9 mencontohkan cara berkata yang bagus, sopan, dan santun |
3.10 memahami makna bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri | 4.10 mencontohkan perilaku bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri |
3.11 memahami tata cara bersuci | 4.11 mempraktikkan tata cara bersuci |
3.12 memahami salat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya lewat pengamatan | 4.12.1melaksanakan salat dan kegiatan agama di sekitar rumahnya lewat pengamatan 4.12.2mencontohkan kegiatan agama di sekitar rumahnya |
3.13 memahami kisah keteladanan Nabi Adam a.s. | 4.13 menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s. |
3.14 memahami kisah keteladanan Nabi Idris a.s. | 4.14 menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s. |
3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. | 4.15 menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. |
3.16 memahami kisah keteladanan Nabi Hud a.s. | 4.16 menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s. |
3.17 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. | 4.17 menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
KELAS II
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan selaku berikut, yaitu pelajar mampu:
KI DAN KD PAI KELAS II SD/MI KURIKULUM 2013 |
KELAS III
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan selaku berikut, yaitu pelajar mampu:
KI DAN KD PAI KELAS III SD/MI KURIKULUM 2013 |
Kami rekomndasikan :
KELAS IV
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan selaku berikut, yaitu pelajar mampu:
KI DAN KD PAI KELAS IV SD/MI KURIKULUM 2013 |
KELAS V
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan selaku berikut, yaitu pelajar mampu:
KI DAN KD PAI KELAS V SD/MI KURIKULUM 2013 |
KELAS VI
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan selaku berikut, yaitu pelajar mampu:
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SOSIAL) |
1. menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya | 2. menunjukkan perilaku ujur,Disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri pada berinteraksi dengan keluarga, teman, pendidik, dan tetangganya serta cinta tanah air |
1.1 terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil | 2.1 menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun selaku implementasi pemahaman Q.S. hoewel Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 |
1.2 meyakini adanya Allah Swt. tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan, dan Maha Kekal | 2.2 menunjukkan sikap peduli selaku implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: as-Samad, hoewel Muqtadir, al-Muqaddim, dan al-Baqi |
1.3 meyakini adanya hari ahir selaku implementasi pemahaman Rukun Iman | 2.3 menunjukkan perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari ahir |
1.4 menyakini adanya qadha dan qadar | 2.4 menunjukkan perilaku berserah diri kepada Allah Swt. yang mencerminkan iman kepada qadha dan qadar |
1.5 meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, pendidik, dan sesama anggota keluarga selaku cerminan dari iman | 2.5 menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, pendidik, dan sesama anggota keluarga |
1.6 meyakini bahwa sikap toleran dan simpatik kepada sesama selaku cerminan dari iman | 2.6 menunjukkan sikap toleran dan simpatik kepada sesama |
1.7 menjalankan kewajiban berzakat selaku implementasi pemahaman rukun Islam | 2.7 menunjukkan sikap peduli selaku implementasi pemahaman hikmah zakat, infaq, dan sedekah selaku implementasi rukun Islam |
1.8 meyakini kebenaran kisah Nabi Yunus a.s. | 2.8 menunjukkan sikap tanggung jawab selaku implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Yunus a.s. |
1.9 meyakini kebenaran kisah Nabi Zakariya a.s. | 2.9 menunjukkan sikap kasih sayang selaku implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Zakariya a.s. |
1.10 meyakini kebenaran kisah Nabi Yahya a.s. | 2.10 menunjukkan sikap patuh dan taat selaku implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Yahya a.s. |
1.11 meyakini kebenaran kisah Nabi Isa a.s. | 2.11 menunjukkan sikap peduli selaku implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Isa a.s. |
1.12 meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw | 2.12 menunjukkan sikap semangat pada belajar selaku implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw |
1.13 meyakini kebenaran kisah sobat sobat Nabi Muhammad saw | 2.13 menunjukkan sikap peduli selaku implementasi pemahaman kisah keteladan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. |
1.14 meyakini kebenaran kisah Ashabul Kahfi dari yang terdapat pada al-Qur’an | 2.14 menunjukkan sikap teguh pendirian selaku implementasi pemahaman kisah keteladanan Ashabul Kahfi dari yang terdapat pada al-Qur’an |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba merujuk pada rasa ingin tahu mengenai dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 4. menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual pada bahasa yang jelas, sistematis dan logis, pada karya yang estetis, pada gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan pada tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
3.1 memahami makna Q.S. Hoewel-Kafirun, Q.S. Hoewel-Maidah/5:2-3 dan Q.S. hoewel Hujurat/49:12-13 dengan benar | 4.1.1 membaca Q.S. Hoewel-Kafirun, Q.S. Hoewel Maidah/5:2-3 dan Q.S. hoewel Hujurat/49:12-13 dengan jelas dan benar 4.1.2 menulis Q.S. Hoewel-Kafirun, Q.S. Hoewel Maidah/5:2-3 dan Q.S. hoewel Hujurat/49:12-13 dengan benar 4.1.3 menunjukkan hafalan Q.S. Hoewel Kafirun, Q.S. Hoewel-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar |
3.2 memahami makna al-Asmau hoewel Husna: Spil-Samad, Hoewel-Muqtadir, Hoewel Muqaddim, dan Hoewel-Baqi | 4.2 membaca al-Asmau al-Husna: Spil Samad, Hoewel-Muqtadir, Hoewel–Muqaddim, dan Hoewel–Baqi dengan jelas dan benar |
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari ahir yang dapat menyusun perilaku akhlak mulia | 4.3 menunjukkan contoh hikmah beriman kepada hari ahir yang dapat menyusun perilaku akhlak mulia |
3.4 memahami hikmah beriman kepada qadha dan qadar yang dapat menyusun perilaku akhlak mulia | 4.4 menunjukkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar yang dapat menyusun perilaku akhlak mulia |
3.5 memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, pendidik, dan sesama anggota keluarga | 4.5 mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, pendidik, dan sesama anggota keluarga |
3.6 memahami sikap toleran dan simpatik kepada sesama selaku wujud dari pemahaman Q.S. hoewel Kafirun | 4.6 menunjukkan sikap toleran dan simpatik kepada sesama selaku wujud dari pemahaman Q.S. hoewel Kafirun |
3.7 memahami hikmah zakat, infaq, dan sedekah selaku implementasi rukun Islam | 4.7 menunjukkan hikmah zakat, infaq, dan sedekah selaku implementasi rukun Islam |
3.8 memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. | 4.8 menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. |
3.9 memahami kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. | 4.9 menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. |
3.10 memahami kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. | 4.10 menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. |
3.11 memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s. | 4.11 menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s. |
3.12 memahami kisah Nabi Muhammad saw. | 4.12 menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
3.13 memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. | 4.13 menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. |
3.14 memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi dari yang terdapat pada al-Qur’an | 4.14 menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi dari yang terdapat pada al-Qur’an |
Silahkan unduh / unduh filenya di bawah ini.
Demikianlah mengenai KI dan KD Kurikulum 2013 Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi Sekolah Basic dan Madrasah Intidaiyah mulai Kelas 1 hingga kelas VI kami sajikan secara komplit.
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment