Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI KD) Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1-6 Kurikulum 2013 - Maya Blog

Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI KD) Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1-6 Kurikulum 2013

di wetsartikel kalium ini akan menulis mengenai Kompetensi Inti dan Kompetensi Basic khusus Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Ialam dan Budi Pekerti Sekolah Basic / Madarsah Ibtidaiyah (SD/MI) secara komplit mulai dari Kelas I, II, III, IV, V dan VI Semester Ganjil dan Semester Genap muatan Kurikulum 2013.

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD/MI

KURIKULUM 2013

KELAS I

Kompetensi Sikap Spirituan, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan selaku berikut, yaitu pelajar mampu :























































KOMPETENSI INTI 1

(SIKAP SPIRITUAL)


KOMPETENSI INTI 1

(SIKAP SOSIAL)


1. menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya


2. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri pada berinteraksi dengan keluarga, teman, dan pendidik


KOMPETENSI DASAR


KOMPETENSI DASAR


1.1 terbiasa membaca basmalah setiap
memulai belajar al-Qur’an


2.1 menunjukkan sikap percaya diri
pada melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya


1.2 terbiasa membaca al-Qur’an dengan
tartil


2.2 menunjukkan sikap kasih sayang
dan peduli kepada sesama selaku
implementasi pemahaman Q.S. hoewel
Fatihah
dan Q.S. al-Ikhlas


1.3 menerima adanya Allah Swt. yang
Maha Pengasih dan Maha Penyayang


2.3 menunjukkan perilaku percaya diri
selaku implementasi pemahaman adanya Allah Swt.


1.4 menerima keesaan Allah Swt. merujuk pada pengamatan kepada dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah


2.4 menunjukkan perilaku percaya diri
selaku implementasi pemahaman keesaan Allah Swt.


1.5 menerima adanya Allah Swt. Maha
Pengasih, Maha Penyayang, dan Maharaja


2.5 menunjukkan sikap kasih sayang,
peduli, kerja sama, dan percaya diri
selaku implementasi pemahaman
al-Asmau al-Husna: ar-Rahman, limousine
Rahim
, dan al-Malik


1.6 menerima dan mengakui makna dua kalimat syahadat


2.6 menunjukkan sikap teguh pendirian selaku implementasi pemahaman makna dua kalimat syahadat


1.7 terbiasa berdoa sebelum dan setelah belajar


2.7 menunjukkan sikap disiplin selaku implementasi pemahaman makna doa sebelum dan setelah belajar


1.8 meyakini bahwa perilaku hormat
dan patuh kepada orangtua dan pendidik selaku cerminan dari iman


2.8 menunjukkan perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua dan pendidik


1.9 meyakini bahwa berkata yang bagus,
sopan, dan santun selaku cerminan dari iman


2.9 menunjukkan sikap yang bagus, sopan, dan santun ketika berbicara








































1.10 meyakini bahwa bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri selaku cerminan dari iman


2.10 menunjukkan perilaku bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri


1.11 terbiasa bersuci sebelum beribadah


2.11 menunjukkan perilaku bersih
badan, pakaian, barang-barang,
dan tempat selaku implementasi
pemahaman makna bersuci


1.12 menjalankan salat dengan tertib


2.12 menunjukkan sikap disiplin
selaku implementasi pemahaman
salat dan kegiatan agama yang
dianutnya di sekitar rumahnya
lewat pengamatan


1.13 meyakini kebenaran kisah Nabi Adam a.s.


2.13 menunjukkan sikap pemaaf selaku implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Adam a.s.


1.14 meyakini kebenaran kisah Nabi Idris a.s.


2.14 menunjukkan sikap semangat dan rajin belajar selaku implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Idris a.s.


1.15 meyakini kebenaran kisah Nabi Nuh a.s.


2.15 menunjukkan sikap kerja keras dan kerja sama selaku implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.


1.16 meyakini kebenaran kisah Nabi
Hud a.s.


2.16 menunjukkan sikap sopan dan santun selaku implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Hud a.s.


1.17 meyakini kebenaran kisah Nabi
Muhammad saw.


2.17 menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang selaku implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.











3. memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya merujuk pada rasa
ingin tahu mengenai dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah


4. menyajikan pengetahuan faktual pada bahasa yang jelas dan logis, pada karya yang estetis, pada gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan pada tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia











































































3.1 mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara komplit


4.1 melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara komplit


3.2 memahami pesan-pesan utama Q.S.al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas


4.2.1 melafalkan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.2.2 menunjukkan hafalan Q.S. hoewel Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas


3.3 memahami adanya Allah Swt. Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang


4.3 menunjukkan bukti-bukti adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang


3.4 memahami keesaan Allah Swt. merujuk pada pengamatan kepada dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah


4.4 menunjukkan bukti-bukti keesaan Allah Swt. merujuk pada pengamatan kepada dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang
dijumpai di sekitar rumah dan sekolah


3.5 memahami makna al-Asmau hoewel Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik


4.5 melafalkan al-Asmau al-Husna: limousine Rahman, ar-Rahim, danal-Malik


3.6 memahami makna dua kalimat syahadat


4.6 melafalkan dua kalimat syahadat
dengan benar dan jelas


3.7 memahami makna doa sebelum dan setelah belajar


4.7 melafalkan doa sebelum dan
setelah belajar dengan benar dan
jelas


3.8 memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan pendidik


4.8 mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan pendidik


3.9 memahami berkata yang bagus, sopan, dan santun


4.9 mencontohkan cara berkata yang bagus, sopan, dan santun


3.10 memahami makna bersyukur,
pemaaf, jujur, dan percaya diri


4.10 mencontohkan perilaku bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri


3.11 memahami tata cara bersuci


4.11 mempraktikkan tata cara bersuci


3.12 memahami salat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya lewat pengamatan


4.12.1melaksanakan salat dan kegiatan agama di sekitar rumahnya lewat pengamatan
4.12.2mencontohkan kegiatan agama di sekitar rumahnya


3.13 memahami kisah keteladanan Nabi Adam a.s.


4.13 menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.


3.14 memahami kisah keteladanan Nabi Idris a.s.


4.14 menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.


3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.


4.15 menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.


3.16 memahami kisah keteladanan Nabi Hud a.s.


4.16 menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s.


3.17 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.


4.17 menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.




KELAS II

Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan selaku berikut, yaitu pelajar mampu:










File Pendidikan
KI DAN KD PAI KELAS II SD/MI KURIKULUM 2013

KELAS III

Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan selaku berikut, yaitu pelajar mampu:











File Pendidikan
KI DAN KD PAI KELAS III SD/MI KURIKULUM 2013

Kami rekomndasikan :










KELAS IV

Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan selaku berikut, yaitu pelajar mampu:











File Pendidikan
KI DAN KD PAI KELAS IV SD/MI KURIKULUM 2013

KELAS V

Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan selaku berikut, yaitu pelajar mampu:










File Pendidikan
KI DAN KD PAI KELAS V SD/MI KURIKULUM 2013

KELAS VI

Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan selaku berikut, yaitu pelajar mampu:














KOMPETENSI INTI 1

(SIKAP SPIRITUAL)


KOMPETENSI INTI 1

(SIKAP SOSIAL)


1. menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang
dianutnya


2. menunjukkan perilaku ujur,Disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri pada berinteraksi dengan keluarga, teman, pendidik, dan tetangganya serta cinta tanah air











































1.1 terbiasa membaca al-Qur’an dengan
tartil


2.1 menunjukkan perilaku toleran,
simpati, waspada, berbaik sangka,
dan hidup rukun selaku
implementasi pemahaman Q.S. hoewel
Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3
dan
Q.S. al- Hujurat/49:12-13


1.2 meyakini adanya Allah Swt. tempat
meminta, Maha Berkuasa, Maha
Mendahulukan, dan Maha Kekal


2.2 menunjukkan sikap peduli selaku implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: as-Samad, hoewel Muqtadir, al-Muqaddim, dan al-Baqi


1.3 meyakini adanya hari ahir selaku
implementasi pemahaman Rukun
Iman


2.3 menunjukkan perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari ahir


1.4 menyakini adanya qadha dan qadar


2.4 menunjukkan perilaku berserah diri kepada Allah Swt. yang
mencerminkan iman kepada qadha
dan qadar


1.5 meyakini bahwa perilaku hormat
dan patuh kepada orangtua, pendidik,
dan sesama anggota keluarga selaku cerminan dari iman


2.5 menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, pendidik, dan sesama anggota keluarga


1.6 meyakini bahwa sikap toleran dan
simpatik kepada sesama selaku
cerminan dari iman


2.6 menunjukkan sikap toleran dan
simpatik kepada sesama


1.7 menjalankan kewajiban berzakat
selaku implementasi pemahaman
rukun Islam


2.7 menunjukkan sikap peduli selaku implementasi pemahaman hikmah zakat, infaq, dan sedekah selaku implementasi rukun Islam


1.8 meyakini kebenaran kisah Nabi
Yunus a.s.


2.8 menunjukkan sikap tanggung
jawab selaku implementasi
pemahaman kisah keteladan Nabi
Yunus a.s.


1.9 meyakini kebenaran kisah Nabi
Zakariya a.s.


2.9 menunjukkan sikap kasih sayang
selaku implementasi pemahaman
kisah keteladan Nabi Zakariya a.s.



























1.10 meyakini kebenaran kisah Nabi
Yahya a.s.


2.10 menunjukkan sikap patuh dan taat selaku implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Yahya a.s.


1.11 meyakini kebenaran kisah Nabi Isa
a.s.


2.11 menunjukkan sikap peduli selaku
implementasi pemahaman kisah
keteladan Nabi Isa a.s.


1.12 meyakini kebenaran kisah Nabi
Muhammad saw


2.12 menunjukkan sikap semangat
pada belajar selaku implementasi
pemahaman kisah keteladan Nabi
Muhammad saw


1.13 meyakini kebenaran kisah sobat
sobat Nabi Muhammad saw


2.13 menunjukkan sikap peduli selaku
implementasi pemahaman kisah
keteladan sahabat-sahabat Nabi
Muhammad saw.


1.14 meyakini kebenaran kisah Ashabul
Kahfi dari yang terdapat pada
al-Qur’an


2.14 menunjukkan sikap teguh
pendirian selaku implementasi
pemahaman kisah keteladanan
Ashabul Kahfi dari yang
terdapat pada al-Qur’an















KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)


KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)


3. memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba
merujuk pada rasa ingin tahu
mengenai dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda
benda yang dijumpainya di rumah,
di sekolah dan tempat bermain


4. menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual pada bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, pada
karya yang estetis, pada gerakan
yang mencerminkan anak sehat,
dan pada tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia



















3.1 memahami makna Q.S. Hoewel-Kafirun,
Q.S. Hoewel-Maidah/5:2-3 dan Q.S. hoewel
Hujurat/49:12-13
dengan benar


4.1.1 membaca Q.S. Hoewel-Kafirun, Q.S. Hoewel Maidah/5:2-3 dan Q.S. hoewel Hujurat/49:12-13 dengan jelas dan
benar 4.1.2 menulis Q.S. Hoewel-Kafirun, Q.S. Hoewel Maidah/5:2-3 dan Q.S. hoewel
Hujurat
/49:12-13 dengan benar
4.1.3 menunjukkan hafalan Q.S. Hoewel
Kafirun
, Q.S. Hoewel-Maidah/5:2-3 dan
Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar


3.2 memahami makna al-Asmau hoewel
Husna: Spil-
Samad, Hoewel-Muqtadir, Hoewel
Muqaddim,
dan Hoewel-Baqi


4.2 membaca al-Asmau al-Husna: Spil
Samad, Hoewel-Muqtadir, HoewelMuqaddim,
dan HoewelBaqi dengan jelas dan benar


3.3 memahami hikmah beriman kepada
hari ahir yang dapat menyusun
perilaku akhlak mulia


4.3 menunjukkan contoh hikmah
beriman kepada hari ahir yang
dapat menyusun perilaku akhlak
mulia





















































3.4 memahami hikmah beriman kepada qadha dan qadar yang dapat
menyusun perilaku akhlak mulia


4.4 menunjukkan hikmah beriman
kepada qadha dan qadar yang
dapat menyusun perilaku akhlak
mulia


3.5 memahami perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua, pendidik, dan
sesama anggota keluarga


4.5 mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, pendidik, dan sesama anggota keluarga


3.6 memahami sikap toleran dan
simpatik kepada sesama selaku
wujud dari pemahaman Q.S. hoewel Kafirun


4.6 menunjukkan sikap toleran dan
simpatik kepada sesama selaku
wujud dari pemahaman Q.S. hoewel
Kafirun


3.7 memahami hikmah zakat, infaq,
dan sedekah selaku implementasi
rukun Islam


4.7 menunjukkan hikmah zakat, infaq, dan sedekah selaku implementasi rukun Islam


3.8 memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.


4.8 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Yunus a.s.


3.9 memahami kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.


4.9 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Zakariya a.s.


3.10 memahami kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.


4.10 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Yahya a.s.


3.11 memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s.


4.11 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Isa a.s.


3.12 memahami kisah Nabi Muhammad saw.


4.12 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw.


3.13 memahami kisah keteladanan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.


4.13 menceritakan kisah keteladanan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad
saw.


3.14 memahami kisah keteladanan
Ashabul Kahfi dari yang terdapat pada al-Qur’an


4.14 menceritakan kisah keteladanan
Ashabul Kahfi dari yang terdapat pada al-Qur’an




Silahkan unduh / unduh filenya di bawah ini.


Demikianlah mengenai KI dan KD Kurikulum 2013 Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi Sekolah Basic dan Madrasah Intidaiyah mulai Kelas 1 hingga kelas VI kami sajikan secara komplit.

Atas perhatian dengan kunjungannya kepada blog ini, kami ucapkan terima kasih.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top