Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi 2019 - Maya Blog

Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi 2019

– Unduh Pedoman Program PKP Dengan menggunakan Zonasi Tahun 2019. Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) adalah sebuah program bagi meningkatkan kompetensi pelajar lewat pembinaan pendidik pada merencanakan, menjalankan hingga dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi di keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).


Pengembangan pembelajaran berorientasi di keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTs) dikembangkan selaku upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lewat Direktorat Jenderal Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) pada upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan.


Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan oleh pendidik yang berfokus di peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dengan berorientasi di keterampilan berpikir tingkat tinggi. Desain peningkatan kualitas pembelajaran tersebut adalah sebuah upaya peningkatan kulaitas peserta didik yang di akhirnya meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.


File Pendidikan

Buku Panduan / Pedoman Pembelajaran Berorientasi HOTS Berbasisi Zonasi menjadi pegangan pada mengoptimalkan pembelajaran berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi, dikembangkan dengan tujuan;



  1. Memberikan rujukan kepada pendidik pada mengoptimalkan pembelajaran berorientasi di Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;

  2. Memberikan rujukan kepada kepala sekolah pada pelaksanaan supervisi akademik;

  3. Memberikan rujukan kepada pengawas sekolah pada pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.



Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang pada bahasa umum dikenal selaku Higher Order Thinking Skill (HOTS) dipicu oleh 4 (empat) kondisi;



  • Sebuah situasi belajar tertentu yang memerlukan strategi pembelajaran yang spesifik dan tak dapat digunakan di situasi belajar lainnya.

  • Kecerdasan yang tak lagi dipandang selaku kemampuan yang tak dapat diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh beraneka faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, strategi dan kesadaran pada belajar.

  • Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.

  • Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik seperti penalaran, kemampuan analisa, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.


Selengkapnya, untuk bapak/ ibu dewan pendidik yang belum mamiliki Buku Pedoman Program PKP Pembelajaran Berorientasi HOTs Dengan menggunakan Zonasi dapat mengunduhnya lewat tautan listig yang kami sematkan dibawah ini;


1. Pedoman Pembelajaran PKP.pdf, Unduh
2. Pedoman Program PKP Dengan menggunakan Zonasi.pdf, Unduh
3. Juknis Program PKP Dengan menggunakan Zonasi.pdf, Unduh
4. Buku Pegangan Narasumber Nasional PKP.pdf, Unduh
5. Buku Pegangan Instruktur Nasional PKP.pdf, Unduh
6. Buku Pegangan Pendidik Inti PKP.pdf, Unduh
7. Bahan Pembelajaran PKP Pendidik SD 2019.pdf, Unduh
8. Bahan  Pembelajaran PKP Gur SMP 2019.pdf, Unduh



Demikian Buku Pedoman / Panduan Program PKP Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dengan menggunakan Zonasi dapat kami share, semoga bermanfaat.
Sumber https://www.websiteedukasi.com/



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top