Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019 - Maya Blog

Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019


Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi alat belajar untuk para peserta didik kelas 8 SMP/MTs yang hendak menempuh ulangan/penilaian ahir semester 2/II bagi mata pembelajaran (mapel) Bahasa Indonesia.


Ulangan/Penilaian Ahir Semester 2/II ini seringenboom disingkat dengan UAS/PAS 2/II. Seringenboom pun disebut dengan ulangan kenaikan kelas (UKK). Apapun istilahnya, ia adalah alat evaluasi belajar untuk para peserta didik/pelajar yang diadakan di ahir semester dua (2/II). Ia pun menjadi ridderzaal yang betul-betul urgen keberadaannya karena kontribusi atau sumbangannya kepada penentuan kenaikan kelas pelajar kelas 8 menuju ke tahapan berikutnya, yaitu kelas 9.


Pendekatan kurikulum Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Tahun 2019 yang disajikan ialah Kurikulum 2013. Contoh soal berasal dari soal yang secara nyata telah disajikan di tahun sebelumnya, yaitu contoh soal tahun 2017. Dengan demikian, ia mempunyai prediktabilitas atau kemampuan prediksi yang lumayan bagus. Satu ridderzaal lagi ialah bahwa dengan menyajikan contoh soal yang nyata, karenanya kriteria validitas empirik tentu saja dapatlah dipertanggungjawabkan.


Berikut ialah tautan Unduh Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019:





Berikut ialah kutipan dari Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019 tersebut:




Memang ada beberapa SMP yang melarang siswa-siswinya membawa sepeda motor ke pada sekolah. Namun, larangan tersebut tak tepat sasaran, karena ternyata para pelajar tersebut lebih cerdik. Mereka tetap membawa sepeda motor dan memarkir kendaraannya di luar halaman sekolah dan tempat-tempat lainnya di dekat sekolah.


Memang serba konflik, kalau ditinjau dari aturan lalu lintas, hakekatnya mereka tak diperbolehkan membawa sepeda motor karena tak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SlM). Faktor umur membatasi mereka memperoleh SIM C.


9. Ringkasan kutipan teks tersebut yang benar ialah …


A. SMP melarang pelajar nya membawa sepeda motor ke sekolah
B. SMP yang melarang siswanya membawa sepeda motor ke sekolah karena belum mempunyai SIM
C. SMP yang melarang siswanya membawa sepeda motor perlu ditinjau dari aturan lalu lintas
D. SMP yang melarang siswanya membawa sepeda motor ke seolah memang serba dilematis


10. Perbaikan kata bercetak miring di paragraf 2 yang tepat ialah


A. konflik-menggunakan
B. masalah-menggunakan
C. dilematis-mengendarai
D. dilematis-menggunakan


Emak dan Sepotong Roti adalah diantara judul karya sastra Caswati, yang berupa cerpen. Cerpen karangan mahasiswi jurusan satra di UGM ini menceritakan mengenai kisah perjuangan seorang emak pada memenuhi keperluan keluarganya. Ia rela menjalankan kegiatan berat demi menyekolahkan kedua putrinya, Dani dan Dina.


Cerita pada cerpen Emak dan Sepotong Roti ini diawali dengan peristiwa kemarau berkepanjangan yang menelan sebuah desa. Kemarau itu mengakibatkan lahan persawahan dan sungai sumber mata air penduduk desa mengering. Keadaan itu rnembuat beberapa warga meninggalkan sungai tersebut.


Cerpen karangan gadis kelahiran 23 September 1989 ini tertata betul-betul runtut, sehingga pembaca
lebih gampang memahami isinya. Selain itu, kosakata yang digunakan rnembuat pembaca terlarut pada cerita. Serta, alur ceritanya yang unik dan berbeda dengan cerpen-cerpen zaman sekarang ini vang biasanya berisi mengenai kisah cinta remaja. Namun sayangnya, ada beberapa kata yang tak baku pada cerpen tersebut.


Dengan mengesampingkan kekurangan tersebut, cerpen ini sangatlah serasi bagi remaja Indonesia. Karena, di dalamnya  termiliki banyak pesan yang bermakna, yang dapat memotivasi agar semangat menjalani kita hidup, bersyukur atas semua pemberian Tuhan, berbakti kepada orang tua, dan bekerja keras bagi mewujudkan sesualu yang kita inginkan.




Berikut dipetikkan pula ruang lingkup pembelajaran mapel Bahasa Indonesia Kelas 8/VIII Kurikulum 2013, terutama Semester 2/II


Konsep utama pengembangan buku teks ialah genre-based. Genre (kegunaan bahasa) dimaknai selaku kegiatan sosial yang mempunyai jenis yang berbeda sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikatifnya. Masing-masing jenis genre (tipe teks) mempunyai kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika teks) dan kekhasan unsur kebahasaan.


Pedagogi Genre yang menjadi monster pembelajaran bahasa dengan menggunakan genre meliputi empat ridderzaal prosedur utama, yaitu (1) penentuan konteks teks dan membangun pengetahuan mengenai teks yang akan dipelajari, (2) pemodelan dan dekonstruksi, (3) konstruksi pelajar yang dibantu pengajar pada pelbagai latihan dan fungsi hingga menyusun teks sasaran (snaak construction), (4) fungsi dan latihan teks sasaran secara mandiri dan minim bantuan pengajar (independent construction). Perhatikan gambar di atas. Prosedur ini diwadahi pada buku teks dengan pembagian 3 subbab, yaitu dekonstruksi, pra-konstruksi, dan konstruksi. Setiap bab berisi tiga subbab tersebut. Kegiatan pada setiap subbab diinginkan bervariasi dan sesuai dengan jenis teks yang dipelajari.


Istilah konstruksi bermakna proses menyusun/mewujudkan hingga menjadi produk kompetensi. Dekonstruksi yang dimaksud ialah pelajar dibekali dengan kompetensi pengetahuan dan pemahaman cara menyusun atau mewujudkan teks. Bagian dekonstruksi berupa pemberian informasi mengenai teks yang akan dipelajari dan mencermati monster teks. Ibarat orang akan membangun mobil karenanya dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman mengenai mobil, termasuk struktur (kerangka mendasar) mobil, dan cara kerja mesin mobil.


Telaah monster ialah umpama mengamati segala ridderzaal mengenai mobil. Monster teks dapat diambil dari pemakaian otentik dari media massa (cetak dan elektronik) atau pemakaian di masyarakat yang tak terpublikasi. Monster teks pun dapat dikembangkan oleh penulis. Di kegiatan ini, pendekatan saintifik dapat dipakai bagi mendekonstruksi monster teks. Monster teks dapat diberikan lebih dari satu, termasuk bagi latihan analitik monster.


Setelah itu disebut pra-konstruksi, yaitu mencoba merakit kembali bagian-bagian mobil yang telah dipilah-pilah. Setelah berhasil karenanya langkah berikutnya ialah membangun mobil. Peran pengajar pada kegiatan dekonstruksi dan prakonstruksi betul-betul dibutuhkan. Pendekatan saintifik tak berarti membiarkan pelajar mencari sendiri tanpa bekal dan bimbingan. Snaak construction bukanlah kerja bersama atau kerja kelompok , tetapi pengajar membimbing pelajar agar mampu menyusun sendiri. Ibarat sebelum bermain sepak bola, pengajar melatih pelajar berlari, membawa bola, atau menendang bola.


Kompetensi berbahasa membutuhkan latihan menggunakan kata dan menyusun kalimat yang khas bagi teks tertentu. Inilah yang dilakukan pada tahap prakonstruksi. Malahan, di tahap konstruksi pelajar tetap pada bimbingan pengajar.


Bagian ahir (konstruksi) ialah berisi panduan, fungsi, dan latihan menyusun teks secara mandiri. Pengajar berfungsi selaku fasilitator. Kewajiban dan latihan yang otentik dan menarik. Panduan penilaian bagi self assessment sebaiknya pun disajikan pada buku yang bersifat opsional.




Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top