Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019 - Maya Blog

Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019


Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi alat belajar yang dapat diandalkan oleh para pelajar SMP/MTs Kelas 8 yang hendak menempuh UAS/PAS/UKK Semester 2 bagi mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).


Desain soal mengacu kepada pendekatan kurikulum 2013 yang telah direvisi. Contoh soal bersifat empirik atau telah teruji dan terbukti selaku soal yang pernah diujikan. Dengan demikian, validitas empirik dari contoh soal yang disajikan dapat digolongkan mempunyai tingkat validitas yang tinggi. Validitas yang tinggi di akhirnya diinginkan mampu mempunyai daya prediktibilitas yang bagus.


Merujuk pada aspek validitas dan prediktabilitas tersebut, karenanya Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini diinginkan dapat menjadi pedoman atau alat belajar yang berkualitas bagus.


Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019:





Berikut yaitu kutipan dari Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019 tersebut:




5. Perturnbuhan ekonornl suatu negam sanqat dipengaruhi oleh ketersediaan surnber day a alarnnya. Pernyataan tersebut menqandunq maksud… .
A. neqara-noqara yang wilayahnya sernprt akan terhambat pernbenounan ekonominya.
B. neqara-noqara yang perturnbuhan penduduknya cepat akan terharnbat pernbanqunan ekonorninya.
C. negara-negara yang miskin sumber daya a lam akan terhambat pembanqunan ekonominya.
D . negara-nogara yang sumber daya rnanuslanya rendah akan terharnbat pembangunan ekonominya


6. Pertanian menjadi diantara unsur yang mernpenqaruhi perturnbuhan dan penopanq pendapatan neqara Indonesia. Merujuk pada ontvangstruimte tersebut peran SDA hayati kepada pernbanqunan ekonomi yaitu ….
A. menaikkan Produk Dornestik Bruto (PDB)
B. penyedia pangan masyarakat
C. menjadi poot pertumbuhan ekonomi
D. penyedia lapanqan kegiatan


1-1. Panas bumi sebaqai diantara altarantlt sumber tenaga di Indonesia rnernpunyai keunqqulan yaitu ….
A. betul-betul murah dan msrupakan sumber tenaga tak terbarukan _ 8. rarnah kepada lingkungan dc111 ketersediaannya sanqat rnelimpah
C. rarnah lingkungan can adalah sumber tenaga tldak terbarukan
D. ketersediaannya betul-betul meltmpah dan adalah surnber tenaga tidal< terbarukan


12. Jenis-jenis sumber daya alarn yang mernpunyai kornparasi dengan negara lain:
1) nikel 5) aspal
2) perak 6) tembaga
3) belerang 7) minyak burni
4) fosfat 8) . marmer
Yang terrnasuk sumbsr daya a!am nonlogam dltunlukkan di nomor ….
A. 1, 3, 5, 6 C.. 2, 5, 6, 8
B 2,4,5,7 D. 3,4;5,8
13. UUD 1945 pasal 33 ayat 2 rnenqamanatkan kepada pemerintah 11ntu1< menqelola cabanq-cabanq produksi dan sumber kekayaan alam yang bertujuan bagi ….
A. pengeiolaan maupun pernantaatan cabanq -cabang produksi dapat diatur olfih 11egara sehingga dapat dinikmati rakyat secara merata.
B.
C. sumber kekayaan alam dapat ai membayar pinjaman pemerintah helola oleh negnra bagi memupuk pendapatan kepada Juar negeri n9gRrn.
D. supayn rnampu mensejajmkar. diri clengan negara lain


14. Prinsip optimal dalarn pengelolactn surnoer daya alarn yaitu ….
A. mengarnbi! kekayaan alarn secara menyeluruh bagi memenuhi keperluan sekarang ini clengan rnencan keuntunqan sebanyak-banyaknya
B. mengambi! kekayaan alam secara rnenyeluruh bagi memenuhi keperluan rnasa rnendatanq.
C. mengambil kekayaan alarn secara rnenysluruh untukmemenuhl keperluan sekarang ini dan keperluan qenerasi mendatanq, . .
D. rnengambil kekayaan alam secara rnenyeluruh bagi memaksima!schenkkan keuntungan denganeksploitasi secara besar-besaran.
15. Usaha peiestarian lingkungan hidup dapat dilakukan lewat:
1) penyaringan lerhadap pembuangan gas dari pabrik,
2) oernbuatan lubang biopori
]) oenanarnan pohon-pohon parnnatas jalan raya
4) uji emisi buanqan gas kepada kendaraan bermotor
5) rnernbuat istalasl pengolahan lirnbah
Upaya pelestarian lingkungan bagi menjaqa kelestarian udara ditunjukkan di nomor ..
A 1,3,cian4 C. 2,3,dan4
B. 1, 2, dan 3 D. 3, 4, dan 5
16. Salah satu peran BUMN dalarn pengelolaa.n sumber daya alarn yaitu …
A. meningkatkan daya beli masvatakat
B. menambah kassa pribarii pernerinteh
C. rnencegah tirnbu’nya monopoli asing
D. rnenyediakan schuiflade pang an pekerjan untuk masyarakat
7 Berikut ini yang adalah peranan dari BUMS yaitu ….
.A… rnenqernbanpkan modal dan mernperluas usaha
B. mewujudkc.n dan rnenqombanqkan perekonornian nasiorial
C. melayani dan mernenuhi kebuluhan masyarakatuntuk rnenlnqkatkan kesejahteraan
D. menolong pemerintah dalarn usaha rneninqkatkan devisa non migas


1 iJ. Lernbaqa technicus ysng dirniliki dan cioperaslkan cleh beberapa orang kegiata11nya memenuhi kepentingan anggotanya yaitu ..
A. BUMN C. Koperasi
B. BUMS D. BUMD
19. Perhatikan gegevens berikut’
1) Mengeluarkan JU t&ntang Porkoperasian
2) Mendirikan Badan Usaha Milik Daorah
3) Msrnbuat kP.bijakan dalarn cunta usaha
4) Mengeluarkan dana bagi bslania rutln
5) Merancang kebijakan Kegiatan ekspor impor
G) Merancang peraturan daerah
Dari gegevens tersebut yang meruoakan peran pemerintah pusat sebaqal lambaqa regulator ditunjukkan di nomor ….
A. i 1 3, 5
B. 2, 4, 5
Perhatikan gegevens berikut!


C. 3, 4, 6
D. 4, 5, 6
1) Merancang kebllakan dan peraturan dunla usaha
2) MengawRsi pengeloalaan SDA aqar sesuai dengan UUU •i 945
a) MengevBluasi ;)engeloiaan .SD,c unruk rnenmqkatkan performa
4) fvl,::,mbantu rneninqkatican penr-:hs.silar: masyarakat
5) Mernberikan sanksi kspada pelanqqar peraturan
6) Menqontrol penqelolaan SDA aqar sesual denqan asas !Jerkelanjutan
Dari gegevens terssbut yang rnerupakan poran 1ernbaga konlrol pada menqelola sumbor daya alarn ditunjukkan di namer…
A. 1, 2, 3,5 C. 2, 3, 5,G
8. 1, z, 4,5 D. 3, 4, 5,6




Berikut kami kutipkan pula mengenai Penilaian Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013:


Penilaian Pembelajaran IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI


1. Proses Penilaian pada Pembelajaran IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI


Penilaian dilakukan dengan cara menganalisis dan menafsirkan gegevens hasil pengukuran capaian kompetensi pelajar yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna pada pengambilan menekankan pembelajaran dengan aktivitas yang bertujuan memfasilitasi pelajar memperoleh sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ontvangstruimte ini berimplikasi di penilaian yang mesti meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan bagus dalam kurun waktu.


Penilaian adalah serangkaian kegiatan bagi memperoleh, menganalisis, menafsirkan, bagus proses maupun hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Informasi tersebut dapat dimanfaatkan bagi menentukan tingkat kesuksesan pencapaian kompetensi yang telah ditentukan, kesuksesan proses pembelajaran, tingkat kesulitan belajar peserta didik, menentukan tindak lanjut pembelajaran, report hasil belajar peserta didik, dan pertanggung jawaban (accountability terhadaS SihaN SihaN ang EerNeSentingan. Penilaian proses pembelajaran IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI menggunakan pendekatan penilaian autentik (authentic assesment ang menilai NesiaSan Seserta didiN Sroses dan hasil Eelajar seFara utuh.


.eterSaduan Senilaian Netiga NomSonen terseEut aNan menggamEarNan NaSasitas gaya, dan perolehan belajar peserta didik atau bahkan mampu menghasilkan pengaruh instruksional (instructional effect dan pengaruh pengiring (nurturant effect dari pembelajaran. Hasil penilaian autentik dapat digunakan oleh pengajar bagi merencanakan Srogram SerEaiNan remedial Sengaaan enrichment atau laanan Nonseling. Selain itu, hasil penilaian autentik dapat digunakan selaku bahan bagi memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan. Evaluasi proses pembelajaran dilakukan dikala proses pembelajaran dengan menggunakan instrumen
ang EeruSa angNet oEserYasi Fatatan aneNdot dan reƀeNsi.


Berikut yaitu beberapa ontvangstruimte yang perlu diperhatikan pada menjalankan
Senilaian
a. Penilaian diarahNan untuN menguNur SenFaSaian .omSetensi ‘asar .’ Sada
.omSetensi Inti .I 1 .I .I dan .I .
b. Penilaian menggunakan referensi kriteria, yaitu penilaian yang dilakukan dengan membandingkan capaian pelajar dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Hasil penilaian bagus yang formatif maupun sumatif seorang pelajar tak dibandingi dengan skor pelajar lainnya, tetapi dengan penguasaan kompetensi yang dipersyaratkan


c. Penilaian dilakukan secara terencana dan berkelanjutan. Artinya, seluruh indikator diuNur Nemudian hasilna dianalisis untuN menentuNan NomSetensi mendasar .’ yang telah dikuasai dan yang belum, serta bagi mengetahui kesulitan belajar pelajar.
d. Hasil penilaian dianalisis bagi menentukan tindak lanjut, berupa program peningkatan kualitas pembelajaran, program remedial untuk pelajar yang pencapaian NomSetensina di EaZah .%0 ..0 dan Srogram Sengaaan Eagi sisZa ang telah memenuhi .%0 ..0. +asil Senilaian pun digunaNan seEagai umSan EaliN Eagi orang tua Zali sisZa pada rangNa meningNatNan NomSetensi sisZa.


%eEeraSa NaraNteristiN Senilaian IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI yaitu
a. Penilaian SemEelajaran IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI mengaFu Sada Netuntasan .’
‘alam SemEelajaran IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI Netuntasan Senilaianna dilaNuNan setelah terFaSaina satu tema. Satu tema Eisa terdiri atas EeEeraSa .’. SetiaS .’ pada satu tema tidaN selalu mengandung seluruh indiNator artina satu .’ Earu tuntas setelah beberapa tema dipelajari. Oleh karena itu, penilaian seharusnya dilakukan di setiaS .’ namun SelaNsanaan SemEelajaranna Eisa EerdasarNan tema.


b. Penilaian dikembangkan secara terpadu.
1 PengemEangan instrumen Senilaian untuN SemEelajaran IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI seFara terSadu melingkupi aspek afektif, kognitif dan skill NeteramSilan. %erEagai jenis teknik, dan wujud penilaian yang variatif digunakan agar diperoleh informasi pencapaian kompetensi peserta didik yang objektif dan komprehensif.
0enurut PermendiNEud 1o. tahun 1 SendeNatan Senilaian ang digunakan yaitu penilaian autentik. Penilaian autentik yaitu wujud penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap serta menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran pada mengerjakan fungsi di situasi yang sesungguhnya.


Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top