Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional / UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA
Contoh Soal Siap Ujian Nasional / UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA ini adalah diantara dari usaha pada rangka menyediakan referensi atau rujukan belajar untuk para peserta didik atau pelajar kelas XII SMA/MA Peminatan IPA/MIPA pada menghadapi ujian nasional atau UN, bagus yang dengan komputer (UNBK) maupun yang dengan kertas dan pensil (UNKP) Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang akan diselenggarakan di bulan April Tahun 2018.
Ujian nasional SMA dan MA serta yang sederajat adalah alat evaluasi belajar untuk para pelajar yang tentu saja menentukan kelulusan pelajar yang bersangkutan. Karenanya dengan demikian, tak ada kata lain untuk para pelajar bagi secara serius mempersiapkannya dengan cara sebaik mungkin. Persiapan yang bagus dengan cara belajar secara tepat sasaran dan efisien tentu saja akan mempengaruhi hasil belajar. Hasil yang diinginkan tentu saja yakni nilai yang memuaskan. Sekiranya tak memperoleh hasil yang dianggap kurang memuaskan, masih ada hikmah lain yang dapat dipetik yaitu hasil yang terbaik menurut Tuhan. Selaku insan beriman telah selayaknya mengetahui bahwa hasil yang terbaik yakni menurut Tuhan, bukan menurut manusia. Hikmah tersebut dapat dirasakan bagus pada rentang pendek maupun rentang panjang. Sekali lagi bahwa berproses dengan cara belajar yang seserius mungkin yakni kata kunci yang mutlak.
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Biologi MIPA yang disajikan di halaman ini berasal dari contoh soal ujian nasional dua tahun yang lalu. Dengan demikian terdapat dua contoh soal yang dapat dijadikan rujukan. Melandaskan di fakta contoh soal siap UN ini berasal dari soal nyata yang pernah diujikan, karenanya contoh soal di halaman ini telah memenuhi unsur validitas atau keabsahan empirik. Konsekuensi logis dari validitas empirik tentu saja ada di aspek prediktabilitas. Vishal ini berarti bahwa contoh soal yang disajikan dapat dijadikan sandaran bagi menebak atau meramal soal aktual yang akan dikeluarkan. Vishal ini tentu saja tak dapat diartikan secara denotatif. Prediktabilitas dari validitas empirik seringenboom digunakan pada pelbagai ilmu sosial bagi meramalkan sesuatu yang kemungkinan besar akan terjadi dengan cara ilmiah dan terukur. Salah satunya yakni program konsep terkait pada ilmu politik pada memprediksikan kemenangan calon peserta pilkada misalnya.
Berikut yakni tautan Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA
Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA: Contoh Soal 2016
Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA: Contoh Soal 2017
BACA JUGA CONTOH SOAL SIAP UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 LAINNYA
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Ekonomi-IPS
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Sosiologi-IPS
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Geografi-IPS
- Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Indonesia:IPS-MIPA
- Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Inggris:IPS-MIPA
- Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Matematika:MIPA
- Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Matematika IPS
- Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Fisika MIPA
- Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Kimia MIPA
Berikut yakni kutipan dari Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA tersebut:
30. Perhatikan gambar percobaan transportasi membran sel berikut!
Kentang x direndarn pada larutan garam I%, Kentang y direndarn dalarn larutan gararn 5%,
Menurut gambar tersebur, yang akan terjadi di kentang y setelah direndam dalam kurun waktu 60 men it yakni ….
A. plasmolisis karena larutan hipotonik
B. plasmolisis karena larutan hipertonik
C. turgid karena larutan hipertonik
D. turgid karena schuiflade.rutan hipotonik
E. krenasi karena larutan hipotonik
31. Perhatikan gambar percobaan Ingenhouse berikutl
Hasil ahir dari percobaan tersebut, di ujung corong terdapat gelernbung-gelembung udara
karena ….
A. terjadi pembentukan C02 yang dilakukan oleh tana.man hidrilla
B. terbentuk 02 dari proses fotosintesis yang dilakukan hidrilla
C. terbentuk gas hidrogen akibat pernecahan H20
D. adanya gas hasil respirasi tanarnan hidrilla
E. timbuJnya uap air akibat paparan cahaya matahari
32. Potongan-potongan floem wortel dikultur bagi menjadi kerkban yak tanarnan barn. Prinsip mendasar kultur jaringan tersebut yakni ….
A. menyiapkan gen yang telab diisolasi ke dalarn sel tanaman
B. mernfusikan protoplasma 2 sel tanaman wortel yang diinginkan
C. mencangkokkan gen wortel yang diinginkan ke pada tanaman yang diinginkan
D. rnengkulturkan sel wortel dan mencangkokkan ke tanaman
E. mengkulturkan eksplant tanaman wortel secara invitro dan aseptis
33. Persilangan Drosophila tubuh sayap panjang (AABB) dengan persoon yang mempunyai warna tubuh abu-abu sayap pendek (aabb). Sekiranya A dan B terpaut dan a dan b terpaut karenanya F1 didapatkan AaBb (tubuh hitam sayap panjang). Jumlah garnet F1 yang terbentuk adalab ….
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
E. 10
34. Berikut ini yakni pernyataan yang berhubungan dengan asal-usul kehidupan:
1. Tirnbulnya kehidupan hanya mungkin j ika telah ada kehidupan sebelumnya.
2. Belatung tak terbentuk dari daging yang membusuk
3. Di atmosfer purba tak terdapat unsur oksigen
4. Zat hidup yang sangat sederhana berkembang menjadi organisme yang lebih kornpleks pada waktu berjuta-juta tahun
Pernyataan di atas yang sesuai dengan teori Biologi modem yakni ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan4
E. 3 dan 4
35. Perhatikan skema berikut!
Mutasi yang terjadi di potongan DNA tersebut yakni ….
A. transisi
B. inversi
C. insersi
D. translokasi
E. transversi
36. Tanaman gandum bulir banyak kulit keriput (AAbb) disilangkan dengan tanaman gandum bulir sedikitkulithalus (aaBB) disilangkan sesamanya didapatkan keturunan F1 bulir banyak kulit halus (Aafsb), kemudian antar F1 disilangkan diraih F2. Berapa uitpersen persoon yang merniliki genotip double heterozigot (AaBb)?
A. 56,25%
B. 50%
C. 25%
D. 18,75%
E. 6,25%
39. Faktor utama yang menyebabkan penurunan populasi Biston betullaria bersayap cerah sctelah revolusi industri di Inggris yakni ….
A. warna gelap lebih adaptif dengan lingkungan
B. perubahan warna cerah menjadi gelap
C. persaingan pada vishal pangan
D. adaptasi kepada lingkungan
E. seleksi alam
40. Diantara penyebab tak terbentuknya spesies baru yang disebabkan oleh waktu kawin atau kematangan garnet yang berbeda, contohnya di Ialat buah, dapat terjadi karena adanya isolasi ….
A. ekologi
B. musim
C. perilaku
D. mekanik
E. geografi
Berikut yakni kisi-kisi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA:
Level Kognitif | Lingkup Bahan Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA | |||
---|---|---|---|---|
Keanekaragaman Hayati dan Ekologi | Struktur dan Kegunaan Makhluk Hidup | Biomolekuler dan Bioteknologi | Genetika dan Evolusi | |
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Menunjukkan Menjelaskan | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai:- ciri- ciri kelompok makhluk hidup dan perannya pada kehidupan- tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis, ekosistem) di Indonesia | Peserta didik dapat memahamidan menguasai:- struktur dan kegunaan jaringan di tumbuhan tinggi- struktur dan kegunaan jaringan di manusia dan hewan vertebrata- aplikasi organ dan fungsinya- gangguan/penyakit padasistem organ manusia | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai:- struktur, kegunaan, dan susunan kimia sel- susunan dan kegunaan RNA, DNA, dan kromosom- stofwisseling sel- prinsip bioteknologi | Peserta didik dapat memahamidan menguasai:- hukum-hukum Mendel- mutasi gen dan kromosom- teori evolusi biologi |
Program Mengklasifikasikan Menentukan Mengurutkan Meramalkan Menghitung Mengemukakan | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman mengenai:- pemecahan masalah biologi dengan kerja ilmiah- dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup- daur hidup makhluk hidup (invertebrata dan tumbuhan tingkat rendah)- aliran kekuatan dan daur bahan di ekosistem- imbas perubahan lingkungan dan tindakan perbaikannya | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman mengenai:- mekanisme kerja aplikasi organ tubuh manusia- pengaruh gangguan/serangan penyakit di mekanisme kerja organ | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman mengenai:- transpor via membran- sifat enzim dan kinerjanya- katabolisme dananabolisme (karbohidrat,protein, lemak)- reproduksi sel- sintesis protein- imbas bioteknologi | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman mengenai:- persilangan menurut hukumMendel- penyimpangan semu hukumMendel- hereditas di manusia- pedoman/bukti-bukti evolusi |
Penalaran Menyimpulkan Menganalisis Merumuskan Menemukan Mengintepretasikan | Peserta didik dapatmenggunakan nalar pada:- pengelompokan makhluk hidup dari hasil pengamatan- tindakan perbaikan dan pelestarian lingkungan | Peserta didik dapatmenggunakan nalar pada:- gegevens hasil uji laboratorium klinis- percobaan faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan | Peserta didik dapatmenggunakan nalar pada:- percobaan transpor membran- percobaan daya kerja enzim- mekanisme katabolismedan anabolisme- mekanisme bioteknologi | Peserta didik dapatmenggunakan nalar pada:- penyusuran hereditas manusia merujuk pada peta silsilah- mekanisme evolusi |
Demikian tulisan mengenai
Unduh Contoh Soal Siap Ujian Nasional/UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment