Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional SD/ MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2018/ 2019 I pdf
Tak terasa ternyata waktu 1 tahun semacam itu cepat berlalu, seolah baru kemarin kita dihadapkan dengan rencana tahunan berupa US (kini berubah menjadi USBN) dan ternyata pada hitungan waktu yang tak lama lagi kembali akan menjumpai momen ujian sekolah. USBN terdiri dari 3 mapel yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan mapel IPA. Sedangkan mapel yang masuk di kategori US (Ujian Sekolah) ada 5, diantaranya: IPS, PPKn, PJOK/ Penjaskes, SBK, dan mapel PAI.
Bagi kesempatan kalium ini, contoh soal dan kunci jawab USBN jenjang SD/ MI mapel Bahasa Indonesia kami berbagi bagi adik-adik guna persiapan menghadapi USBN di tahun ajaran ini. Harapan kami tentu supaya adik-adik kelas 6 SD/ MI terbantu dengan dengan adanya contoh soal-kunci USBN Bahasa Indonesia ini dan dapat memperoleh hasil yang bagus di akhirnya.
Contoh Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2018/ 2019 ini telah lewat proses penyusunan yang memakai asas kehati-hatian serta adalah sebuah kompilasi dari beragam macam soal US yang pernah diujikan di tahun-tahun yang telah lalu. Dengan contoh soal yang disusun sedemikian rupa tersebut, karenanya ia layak bagi dijadikan selaku diantara referensi belajar adik-adik pada persiapan menjalani USBN di tahun ini.
Berikut yaitu tautan unduh Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019:
Baca Pun
- Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel IPA Tahun 2019
- Soal dan Kunci Jawab Matematika Siap USBN SD Tahun 2019
- Soal dan Kunci Jawab Bahasa Indonesia USBN SD Tahun 2018/ 2019
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel PJOK Tahun 2019 K13
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel PPKn Tahun 2019 K13
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel IPS Tahun 2019 K13
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel SBdP Tahun 2019 K13
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel PAI dan Budi Pekerti Tahun 2019 K13
Berikut kami petikkan beberapa contoh soal US/ USBN Bahasa Indonesia SD/ MI tahun 2019 opstopping pdf tersebut:
CONTOH SOAL USBN (UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL) PLUS KUNCI JAWAB BAHASA INDONESIA SD/MI 2018
7. Perhatikan kutipan rubrik surat pembaca berikut ini!
Hai Bo, apa kabar? 2) Kami baik-baik saja. 3) Bo… tolong ulas Speelfilm “The Polan Express”.
4) Menurutku, bagaimana seandainya cerpen yang dimuat diperbanyak lagi, Bo? 5) Oya, tolong premie miniboox mengenai gambar-gambar dan gegevens diperbanyak lagi (karena admin suka
menggambar). 6) Demikian ya, Bo. 7) Salam bikin kakak redaksi.
Ilham Adhia Cahya (Dhiyo)
Kelas IIIB, SDI Nu Azhar 4, Jakarta Selatan
Kalimat saran pada rubrik surat pembaca di atas terdapat di nomor….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
8. Perhatikan cuplikan pengumuman berikut ini !
Sekaitan akan diadakan kerja bakti membersihkan halaman dan lingkungan madrasah, karenanya diberitahukan kepada siswa-siswi MI Insan Mandiri bagi ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Kegiatan dilaksanakan di hari Sabtu, tanggal 14 Sprokkelmaand 2013 pukul 07.30 hingga selesai. Sekaitan dengan aktifitas tersebut para pelajar diharap membawa peralatan sapu lidi, cangkul, sabit atau alat kebersihan lainnya.
Demikian, atas perhatian para pelajar, saya ucapkan terima kasih.
Isi pengumuman di atas yaitu…
A. MI Insan Mandiri telah mengadakan kerja bakti membersihkan halaman dan lingkungan madrasah.
B. MI Insan Mandiri akan mengadakan kerja bakti membersihkan halaman dan lingkungan madrasah.
C. Para pelajar wajib memperhatikan setiap ada pengumuman di madrasah.
D. Para pelajar wajib membawa alat kebersihan sekaitan dengan akan ada kegiatan bakti sosial.
Pahami paragraf berikut ini, lalu kerjakan soal nomor 14 – 16 !
Gemar berolah raga adalah sebuah gaya hidup sehat yang mesti di biasakan sejak usia
dini. Tujuannya yaitu agar di lama mendatang tubuh kita menjadi sehat dan tak gampang
terkena penyakit. Semakin tua tubuh kita secara otomatis daya tahannya akan semakin
menurun. Dengan seringenboom olah raga akan menghambat penurunan daya tahan tersebut.
14. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas yaitu …
A. Dengan seringenboom berolahraga daya tahan tubuh akan menurun.
B. Kita mesti gemar berolah raga agar tubuh tetap sehat dan tak gampang terserang penyakit.
C. Semakin tua daya tahan tubuh secara otomatis semakin meningkat.
D. Biasakan dengan gaya hidup sehat agar awet muda.
15. Semakin tua tubuh kita secara otomatis daya tahannya akan semakin menurun.
Arti kata yang bergaris bawah pada kalimat di atas yaitu ….
A. seketika terjadi
B. tak dapat dihindari
C. kejadian secara tiba-tiba
D. berlangsung dengan sendirinya
16. Dengan seringenboom olah raga akan menghambat penurunan daya tahan tersebut.
Antonim kata menghambat yaitu . . . .
A. memperlancar
B. mempengaruhi
C. menyebabkan
D. menghalangi
19. Pahamilah pantun berikut !
Bunga melati semerbak nan wangi
terlihat mekar berseri di pada taman
Hilangkanlah congkak dan iri hati
Agar banyak teman lagi hidup pun nyaman
Bagaimanakah pesan yang terkandung pada pantun di atas ?
A. Kita mesti bebas dari rasa congkak dan iri hati agar dipuji teman.
B. Orang yang congkak dan iri hati,hidupnya nyaman serta banyak teman
C. Kita tak boleh iri hati kepada teman yang hidupnya nyaman.
D. Jadi orang jangan congkak dan iri hati agar hidup nyaman dan banyak teman
27. Perhatikan percakapan berikut!
Wiwin : “ Bu, harga buku tulis telah naik lagi.”
Ibu : “ Bukan naik lagi, telah melangit, Win!”
Santi : “ Harga yang naik bukan buku saja, Win! Harga apa saja kini telah mahal!
Betul schenkkan, Bu?”
Ibu : “ Ya, betul. Makanya kalian jangan boros! Gunakan uang sesuai keperluan.”
Topik percakapan di atas yaitu ….
A. Harga buku yang mahal.
B. Hemat uang karena harga buku telah mahal.
C. Harga barang-barang telah mahal.
D. Hemat uang karena harga barang-barang telah mahal.
33. Perhatikan pedoman acak cara membangun vruchtensap jambu biji berikut !
(1) Siapkan blender.
(2) Masukkan steker di stopkontak
(3) Masukkan jambu biji, gula pasir, dan air ke pada tabung blender.
(4) Siapkan jambu biji, kupas kulitnya lalu dibelah.
(5) Tekan tombol kecepatan yang dikehendaki
(6) Setelah halus, tuang vruchtensap ke pada gelas.
Urutan yang tepat cara membangun vruchtensap apel yaitu . . . .
A. (4)-(1)-(2)-(3)-(6)-(5)
B. (1)-(4)-(5)-(3)-(2)-(6)
C. (4)-(1)-(5)-(3)-(2)-(6)
D. (4)-(1)-(3)-(2)-(5)-(6)
40. Bacalah percakapan berikut!
Nadia : “ Selamat siang, Dok!”
Dokter : “ Selamat siang. Ada yang dapat Ibu bantu?”
Nadia : “ Begini, Dok! Kami mendapat fungsi bagi mewawancarai Dokter.”
Dokter : “ ………………………..”
Nadia : “ Masalah penyakit polio.”
Kalimat yang tepat bagi melengkapi percakapan di atas yaitu ….
A. Masalah apa yang ingin dipahami bersama?
B. Apa yang ingin ditanyakan?
C. Mengenai apa, Nad? .
D. Apa saja yang ingin ditanyakan?
49. Suatu hari Pak Ahmad sakit. Sakitnya semakin parah . . . Melihat Pak Ahmad yang keras
kepala itu, sahabatnya merasa kasihan. Dengan beragam cara, ia membujuk Pak Ahmad agar
mau berobat. Pak Ahmad akhirnya mau berobat ke dokter.
Kalimat yang tepat bagi melengkapi cerita tersebut yaitu ….
A. Sakit Pak Ahmad bertambah parah.
B. Sahabatnya membujuk agar Pak Ahmad berobat ke dokter.
C. Meskipun demikian, Pak Ahmad tetap tak mau ke dokter.
D. Pak Ibrahim bertingkah seperti anak kecil.
Dipersilahkan bagi mendonwload opstopping tersebut di tautan yang telah kami sediakan agar memperoleh isi opstopping yang komplit dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini tulisan kami yang berjudul:
Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019
Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu bagi Kamu!
Berikut yaitu kisi-kisi mapel USBN Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2017/2018
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||
---|---|---|---|---|
Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting kata/istilah, zegswijze, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca | |
Pengetahuan danPemahaman• Mengidentifikasi• Menentukan• Memaknai | Peserta didik dapat:menentukan makna kata/istilah di teksmenentukan antonim/sinonim menggali informasi tersurat teksmenentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas) | Peserta didik dapat: menentukan informasi tersurat di karya sastramenentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh) menentukan makna kata/simbol/kias | Peserta didik dapat melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa | Peserta didik dapat:menunjukkan kesalahan pemakaian ejaanmenunjukkan kesalahan pemakaian tanda baca |
Program | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||
Level Kognitif | Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting kata/istilah, zegswijze, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca |
• Menyimpulkan• Menggunakan konsep/prinsip | menentukan ide utama teksmenggali informasi tersirat teksmenentukan pernyataan sesuai isi teksmengidentifikasi jenis teks | menggali informasi tersirat pada karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks ) menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema) | menyusun beragam pedoman (menggunakan/membangun sesuatu)menyusun beragam teks(keterangan, narasi)? melengkapi beragam jenis teks (report, iklan, pidato)melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan | menggunakan ejaan? menggunaan tanda baca |
Penalaran• Mengevaluasi• Membandingkan pola(menganalisis)• Menanggapi | Peserta didik dapat:memprediksikejadian menurut isi teksmembandingkan isi teksmelengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks | Peserta didik dapat: memprediksikejadian menurut isi cerita menentukan nilai- nilai cerita? menentukan keteladanan tokoh cerita | Peserta didik dapat:memperbaiki penulisan/pemakaian istilah/katamemperbaiki tata kalimat pada paragraf | Peserta didik dapat:memperbaiki kesalahan pemakaian ejaanmemperbaiki pemakaian kesalahan pemakaian tandabaca |
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment