Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019 - Maya Blog

Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019

File Pendidikan

Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II IPS SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013


Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi alat dan media belajar untuk para pelajar SMP/MTs kelas 7 yang akan menghadapi ulangan/penilaian ahir semester (UAS/PAS) atau ulangan kenaikan kelas (UKK) semester 2/II.


Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) selaku diantara mata pembelajaran pada kurikulum 2013 betul-betul berorientasi di kompetensi yang utuh. Pembelajaran IPS adalah sebuah integrasi dari empat mata pembelajaran yaitu geografi, ekonomi, sosiologi dan sejarah. Keempat mata pembelajaran tersebut dipadukan oleh konsep ruang dan interaksi antar ruang serta pengaruhnya kepada kehidupan manusia pada aspek ekonomi, sosial budaya dan pendidikan.


Kurikulum 2013 dirancang bagi memaksimalkan kompetensi peserta didik secara utuh, tak hanya aspek pengetahuannya tetapi pun sikap dan keterampilannya. Diinginkan tak hanya mempunyai pengetahuan ilmu pengetahuan yang luas via berjenis-jenis proses saintifik pada pembelajarannya tetapi pun mempunyai sikap spriritual dan sosial yang bagus.


Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 mapel IPS SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019 ini adalah sebuah soal UKK/ PAT yang diujikan di tahun 2017 lalu, artinya kami mengusung unsur kebaruan karena masih relatif barunya soal UKK yang kami share ini. Tentu unsur validitas empirik pun telah terpenuhi dikarenakan fakta bahwa ia yaitu soal yang secara riil telah pernah diujikan di PAT/ UKK/ UAS semester II/ 2 di tahun ajaran 2016/ 2017 lalu.


Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II IPS SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun 2019:





Berikut yaitu kutipan dari Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019 tersebut:




1.Selain selaku makhluk sosial, manusi pun dikenal selaku makhluk ekonomi (homo economicus) yang artinya selalu berusaha memenuhi ….
a.kesejahteraan dengan cara rasional
b.kemakmuran dengan cara yang rasional
c.keinginan dengan cara yang rasional
d.keperluan dengan cara yang rasional
4.Menurut kelangkaan atau jumlahnya: makanan, pakaian, sepatu dan alat tulis adalah sebuah contoh barang ….
a.ekonomis
b.konsumsi
c.bebas
d.illith
9.Gedung dan mesin yang digunakan pada proses produksi, termasuk faktor produksi ….
a.alam
b.modal
c.tenaga kerja
d.kewirausahaan
14.Jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan berjenis-jenis tingkat harga dinamakan ….
a.permintaan
b.penawaran
c.harga pasar
d.harga keseimbangan
22.Batas waktu jaman prasejarah yaitu ….
a.sebelum ditemukannya tulisan
b.ditemukannya fosil dan kyokenmoddinger
c.lahirnya jaman hingga ditemukan alat kehidupan
d.ditemukannya fosil hingga dengan kehidupan sedenter
29.Di bawah ini yang adalah sebuah keturunan bangsa Proto Melayu yaitu ….
a.Minang, Jawa dan Bugis
b.Mentawai, Dayak dan Bugis
c.Mentawai, Dayak dan Toraja
d.Minang, Mentawai dan Dayak
39.Kesultanan Mataram mencapai puncak kejayaan di lama pemerintahan …
a.sutawijaya
b.amangkurat
c.mas jolang
d.sultan agung




Dipersilahkan bagi mendonwload opstopping tersebut di tautan yang telah kami sediakan agar memperoleh isi opstopping yang komplit dan utuh.


Kami cukupkan hingga di sini tulisan kami yang berjudul:


Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 7 K13


Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu bagi Sahabat!




Bahan pembelajaran IPS mesti dipilih dan dipilah yang mendukung kepada
pencapaian KI-1 dan KI-2. Bahan yang dikembangkan pada pencapaian
KI-1, dapat dilakukan dengan cara menghargai ajaran agama pada berpikir
dan berperilaku manusia selaku mahluk sosial sekaligus selaku mahluk
yang beragama. Pengajar mesti turut memberikan pemahaman dan penghayatan
kepada ajaran agama yang betul-betul diperlukan pada menuntut ilmu. Ilmu dan
agama mesti senantiasa seimbang pada pemahamannya. Sehingga manusia
yang mempunyai ilmu diinginkan mempunyai agama yang bagus pula.
Bahan pembelajaranan IPS yang mendukung pencapaian KI-2, dapat dipilih
bahan yang mempunyai muatannya bagi menyusun perilaku hormat di
orang lain selaku diantara letterteken bangsa yang bagus, hormat di orang
tua, hormat di pendidik, toleransi antar umat beragama, suku, budaya daerah,
peduli kepada sesama, saling memaafkan, tolong menolong, dan sebagainya.
Dari yang disajikan pada Buku Pelajar pembelajaran IPS diperuntukkan bagi
memberikan pengetahuan yang utuh untuk peserta didik mengenai berjenis-jenis gejala
sosial, via pemahaman konektivitas ruang dan waktu dan juga aktivitas dan
interaksi sosial di dalamnya.
Berkaitan dengan keragaman ini, sumber daya yang kita miliki meliputi
sumber daya lokasi, sumber daya manusia, sumber daya alam, dan sumber
daya budaya. Dengan keragaman serta keunggulan yang terdapat, karenanya dapat
dikenali keunggulan dan kelemahan masing-masing daerah (region) secara
komparatif. Keunggulan dan kelemahan tersebut pastinya akan menyebabkan
terjadinya dinamika pengiriman barang karena adanya pasokan di satu sisi
dan keperluan di sisi yang lain. Interdependensi antarregion/daerah secara
nasional di wilayan Indonesia perlu dikaji sehingga dapat menunjukkan
pentingnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar dapat saling
menunjang untuk terpenuhinya keperluan/kekurangan masing-masing
wilayah. Sekaligus dengan keempat potensi sumber daya yang kita miliki
ini diinginkan dapat menghasilkan kesatuan yang kokoh pada mendukung
berhasilnya pembangunan nasional.
Pembelajaran IPS Kelas VII dikembangkan dalam kurun waktu satu tahun yang
meliputi 38 minggu dengan beban belajar vanaf minggu dalam kurun waktu 4 x 40 menit.
Bagi memfasilitasi peserta didik menguasai KD, digunakan Buku Pelajar
yang dengan di 8 KD dan dikemas pada empat bahan utama selaku
berikut.
a. Bahan Utama 1 : Manusia, Tempat, dan Lingkungan
b. Bahan Utama 2 : Interaksi Sosial dan Institusi Sosial
c. Bahan Utama 3 : Aktivitas Manusia pada Memenuhi Keperluan
d. Bahan Utama 4 : Kehidupan Masyarakat Indonesia Di Lama Praakasara,
Hindu-Buddha, dan Islam


IPS di hakikatnya yaitu telaah mengenai manusia pada hubungan sosial
dan masyarakat. Manusia selaku makhluk sosial akan mengadakan hubungan
sosial dengan sesamanya, mulai dari keluarga hingga masyarakat, bagus di
lingkup lokal, nasional, regional, bahkan global. Ridderzaal ini dari yang diungkap
oleh Nursid Sumaatmadja (2007: 1. 3) bahwa setiap orang sejak lahir, tak
terpisahkan dari manusia lain. Berikutnya, pada pertumbuhan jasmani
dan perkembangan rohani sesuai dengan penambahan umur, pengenalan
dan pengalaman seseorang kepada kehidupan masyarakat di lingkungan
sekitarnya yang makin berkembang dan meluas.
Bahan pembelajaran IPS diambil dari kehidupan nyata yang terdapat di
lingkungan masyarakat. Bahan atau bahan diambil dari pengalaman pribadi,
teman-teman sebaya, serta lingkungan alam, dan masyarakat sekitarnya.
Dengan cara ini diinginkan, bahan akan lebih gampang dimengerti karena
mempunyai makna lebih besar untuk para peserta didik daripada bahan
pembelajaran yang abstrak dan rumit yang berasal dari Ilmu-ilmu Sosial.
Ruang lingkup bahan IPS meliputi perilaku sosial, ekonomi dan budaya
manusia di masyarakat. Masyarakat adalah sebuah sumber utama IPS. Aspek
kehidupan sosial terkait dengan ruang tempat tinggalnya apapun yang
dipelajari, apakah itu hubungan sosial, ekonomi, budaya, kejiwaan, sejarah,
geografis ataukah politik, sumbernya yaitu masyarakat. Dari yang
diterangkan oleh Winataputra (2007: 1. 48) bahwa visi pendidikan IPS selaku
program pendidikan yang menitikberatkan di pengembangan persoon
peserta dijpdik selaku “aktor sosial” yang mampu mengambil keputusan
yang bernalar dan selaku “warga negara” yang cerdas, mempunyai komitmen,
bertanggung jawab dan partisipatif. Via pendidikan IPS, peserta didik
dibina dan dikembangkan kemampuan mental serta intelektualnya menjadi
warga Negara yang mempunyai keterampilan dan kepedulian sosial serta
bertanggung jawab kepada pembangunan nasional dengan memanfaatkan
potensi sumber daya yang terdapat secara optimal dan lestari.
Ruang lingkup/scope bahan IPS meliputi bahan substansi/konten/isi,
bahan proses, dan bahan sikap. Bahan substansi meliputi fakta, konsep,
generalisasi, dan teori. Bahan proses, meliputi: menerima, mencari,
mengumpulkan, merumuskan, dan melaporkan informasi. Informasi ini
meliputi manusia dan lingkungannya. Pengorganisasian bahan sikap atau
afeksi, di mana ada sistematisasi bahan, informasi, dan atau kemampuan
yang telah dimiliki mengenai manusia dan lingkungannya, sehingga menjadi
lebih bermakna. Pengorganisasian bahan sikap diinginkan dapat merancang
peserta didik lebih peka dan tanggap kepada berjenis-jenis masalah social secara
rasional dan bertanggung jawab. Selain itu, pengorganisasian bahan sikap
dapat mempertinggi rasa toleransi dan persaudaraan di lingkungan sendiri dan
masyarakat yang lebih luas.
Proses pembelajaran IPS di SMP, tak menekankan di aspek teoritis
keilmuannya, melainkan lebih menekankan di segi mudah mempelajari,
menelaah, serta mengkaji gejala dan masalah sosial. Adapun sumber bahan
IPS meliputi :
a. Semua sesuatu atau apa saja yang terdapat dan terjadi di sekitar peserta didik
sejak dari keluarga, sekolah, desa, kecamatan hingga lingkungan yang luas,
yaitu negara dan dunia dengan berjenis-jenis permasalahannya.
b. Kegiatan manusia, misalnya mata pencaharian, pendidikan, agama,
produksi, komunikasi, dan transportasi.
c. Lingkungan geografis dan budaya meliputi semua aspek geografis dan
antropologis dari lingkungan peserta didik yang terdekat hingga yang
terjauh.
d. Kehidupan lama lampau, perkembangan kehidupan manusia, sejarah yang
dimulai dari sejarah lingkungan terdekat hingga yang terjauh, mengenai
tokoh- tokoh dan kejadian-kejadian yang besar.


Kompetensi Inti dan Kompetensi Basic Mata Pembelajaran IPS Kelas VII
















































AspekKompetensi IntiKompetensi BasicBahan Pembelajaaran
SikapSpiritualKI 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Sikap SosialKI 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, pada berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam pada jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
AspekPengetahuan dan KeterampilanKI 3. Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) merujuk pada rasaingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampakmata.KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji pada ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan merancang)dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama pada sudut pandang/teori..3.1. Memahami konsepruang (lokasi,distribusi, potensi, iklim, format muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruangdi Indonesia serta pengaruhnya kepada kehidupan manusia pada aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.4.1. Menjelaskan konsepruang (lokasi,distribusi, potensi, iklim, format muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya kepada kehidupan manusia Indonesia pada aspek ekonomi, sosial, budaya,dan pendidikan.3.2. Mengidentifikasiinteraksi sosial pada ruang dan pengaruhnya kepada kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya pada nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.• Kondisi geografisIndonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna)• Potensi sumber daya alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)• Sumber daya manusia- jumlah, sebaran, dan komposisi;- pertumbuhan;- kualitas (pendidikan, medis, kesejahteraan;- interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)• Interaksi sosial: pengertian, syarat, dan format (akomodasi, kerja sama, asimilasi)• Pengaruh interaksisosial kepada pembentukan organisasi sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, dan politik
4.2 Menyajikan hasilidentifikasi mengenai interaksi sosial pada ruang dan pengaruhnya kepada kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya pada nilai dannorma serta kelembagaan sosial budaya.3.3. Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berjenis-jenis kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang bagi keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.4.3 Menjelaskan hasil analitik mengenai konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berjenis-jenis kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang bagi keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.• Institusi sosial;pengertian,jenis dan manfaat (ekonomi, pendidikan, budaya, dan politik)• Konsep keperluan dan kelangkaan (motif, prinsip dan tindakan ekonomi)• Kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) kaitannya dengan perkembangan iptek• Permintaan, penawaran, harga, dan pasar• Peran kewirausahaan pada membangun ekonomi Indonesia• Hubungan antara kelangkaan, permintaan- penawaran, dan harga bagi mewujudkan kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia
3.4. Memahamikronologi perubahan, dan kesinambungan pada kehidupan bangsa Indonesia di aspek politik, sosial, budaya,geografis, dan pendidikan sejak lama praaksara hingga lama Hindu- Buddha dan Islam.4.4 Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungandalam kehidupan bangsa Indonesia di aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak lama praaksara hingga lama Hindu- Buddha dan Islam.• Perubahan dankesinambungan masyarakat Indonesia di lama praaksara secara kronologis• Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia di lama Hindu Buddha secara kronologis• Perubahan dan kesinambungan Masyarakat Indonesia di lama Islamsecara kronologis


Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top