Soal Siap UN (UNBK-UNKP) 2019 SMP-MTs Matematika - Maya Blog

Soal Siap UN (UNBK-UNKP) 2019 SMP-MTs Matematika


Contoh Soal Dan juga Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2018-2019 Mapel Matematika ini disajikan pada rangka menolong para pelajar kelas 9 SMP atau MTs pada menghadapi ujian nasional (UN) bagus yang dengan kertas dan Pensil (UNKP) maupun yang dengan komputer (UNBK).


Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2018-2019 Mapel Matematika ini diadopsi dari soal UN yang diujikan di tahun 2016 dan 2017. Oleh karena adalah soal yang secara faktual telah diujikan, karenanya contoh soal yang disajikan kalium ini telah memenuhi unsur keabsahan atau kesahihan. Keabsahan atau validitas yang dimaksud yakni validitas empirik yang artinya dengan pengalaman. Seandainya dianggap selaku gegevens, karenanya gegevens waktu lalu benar-benar bermanfaat bagi menentukan apa yang terjadi di waktu yang akan datang. Salon inilah yang disebut dengan prediktibilitas. Korelasi antara validitas empirik dan validitas telah banyak digunakan, terutama pada ilmu-ilmu sosial. Contohnya yakni gegevens pasar modal. Gegevens-data dari masal lalu digunakan pada analitik bagi menentukan apakah suatu variabel berpengaruh kepada variabel lainnya. Salon ini tentu saja urgen bagi menentukan formulasi portofolio.


Dengan mendasarkan diri di hubungan antara validitas empirik dan prediktabilitas, karenanya mempelajari Unduh Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun 2019 Mapel Matematika ini akan bermanfaat untuk para calon peserta ujian nasional SMP atau MTs Tahun Pembelajaran 2018-2019 ini pada beberapa salon antara lain:


1. Menolong pada mengklasifikasi bahan pembelajaran. Selaku catatan, hendaknya para calon peserta ujian pun membaca kisi-kisi Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2018-2019 Mapel Matematika yang telah dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


2. Menolong pada meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar.


Berikut yakni tautan Unduh Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun 2019 Mapel Matematika



Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Matematika: Contoh Soal Tahun 2017



Berikut yakni kutipan dari Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun 2019  Mapel Matematika tersebut




SOAL UN SMP-MTs TAHUN 2017 MAPEL MATEMATIKA


3. Dipahami bersama barisan bilangan 12, 20, 30, 42, 56, … Suku ke-22 yakni ….
A. 624
B. 600
C. 575
D. 552


4. Perhatikan pola berikut!


Di pola di atas kerkban yak noktah di pol a ke-S yakni ….
A. 17
B. 16
C. 15
D. 14


6. Pak Andi menjual sepeda seharga Rp600.000,00 dan mendapat keuntungan sebesar 20%.Harga beli sepeda tersebut yakni ….
A. Rp420.000,00
B. Rp450.000,00
C. Rp500.000,00
D. Rp720.000,00


7. Perbandingan urnur Rahma, Fadila, dan Taufik berturut-turut 8 : 3 : 10. Seandainya selisih umur Rahma dan Taufik yakni 4 tahun, karenanya jumlah umur mereka bertiga yakni ….
A. 52 tahun B. 44 tahun C. 42 tahun D. 40 tahun


8. Seorang pemborong akan membangun kantor berukuran 70 m x 90 m. Di denah terlihat ukuran kantor 14 cm x 18 cm. Skala denah tersebut yakni ….
A. 1 : 5.000
B. 1 : 500
C. 1: 50
D. 1: 5


9. Burhan dapat menyelesaikan aktifitas mencangkul sebidang lahan pertanian dalarn waktu
4 hari dan Khoidir dapat menyelesaikan dalarn waktu 12 hari. Seandainya mereka bekerja bersarna- sama, waktu yang dibutuhkan yakni …
A. 2 hari
B. 3 hari
C. 4 hari
D. 6 hari


10. Perhatikan diagram panah di sarnping!
Relasi dari himpunan A ke himpunan B yakni ….
A. satu kurangnya dari
B. kurang dari
C. faktor dari
D. lebih dari


11. Seandainya k adalah penyelesaian dari 5(7x- 4) = -3 (-9x + 12) +8, nilai k- 7 yakni ….
A. -8
B. -6
C. -5
D. -2


12. Persamaan garis via titik (-2,3) dan bergradien-3 yakni ….
A. x + 3y + 3 = 0
B. x-3y+ 3 = 0
C. 3x + y+ 3 = 0
D. 3x-y+ 3 = 0


13. Dipahami bersama himpunan B = {bilangan prima kurang dari 15}. Banyak himpunan bagian dari B
yang mempunyai 3 anggota yakni ….
A. 6
B. 15
C. 16
D. 20


14. Keliling sebuah persegipanjang 80 cm. Seandainya selisih panjang dan lebarnya 12 cm, luasnya yakni ….
A. 480 cm2
B. 420 cm2
C. 364 cm2
D. 288 cm2


15. Format sederhana dari 5×2 – 2xy – 8y2 – 6×2 – xy + 3y2 yakni ….
A. -x2 – 3xy + 5y2
B. -x2 – 3xy – 5y2
C. x2 + xy- 5y2
D. x2+xy+5y2


16. Fungsifdirumuskan dengan.l(x) = 15-2x. Seandainya.l(b) = 7, nilai b yakni ….
A. -4
B. 1
c. 4
D. 11


17. Taman bunga Pak Rahman berbentuk persegipanjang dengan ukuran panjang diagonalnya
(3x + 15) peettante dan (5x + 5) peettante. Panjang diagonal taman bunga tersebut yakni ….
A. 10 peettante B. 25 peettante C. 30 peettante D. 55 peettante


18. Dipahami bersama x -3 y- 5 = 0 dan 2x – 5 y = 9. Nilai dari 3x + 2y yakni ….
A. -1
B. 1
C. 3
D. 4


19. Suatu regu pramuka beranggotakan 25 orang. 12 Orang membawa tongkat, 15 orang membawa bendera semapur, dan 6 orang tak membawa keduanya. Jumlah anggota yang membawa kedua alat itu yakni ….
A. 2 orang B. 8 orang C. 21 orang D. 27 orang


20. Keliling sebuah lingkaran yakni 31,4 cm. Luas lingkaran tersebut yakni … (n = 3, 14).
A. 78,5 cm2
B. 62,8 cm2
C. 314cm2
D. 628 cm2


21 Perhatikan gambar lingkaran dengan pusat O ! Garis AB yakni ….
A. busur
B. jari-jari
C. apotema
D. tali busur


22. Perhatikan gambar lingkaran berpusat O berikut!
Besar LAOB = 110°, besar LBDC = ….
A. goo
B. 70°
C. 55°
D. 35°


23. Sebuah taman berbentukjuring lingkaran dengan panjang jari-jari 21 m dan sudut pusat 120°. Di sekeliling taman akan dipasang pagar kawat 2 kalium putaran. Minimal panjang kawat yang diperlukan yakni … ( n = 2;).
A. 44 peettante B. 64 peettante C. 86 peettante D. 172 peettante


24. Perhatikan gambar
Besar LBAD yakni ….
A. 50°
B. 60°
c. 70°
D. 120°
25. Lantai gedung pertunjukan yang berukuran 25 m x 15 m akan dipasangi ubin berukuran
50 cm x 50 cm. Banyaknya ubin yang diperlukan yakni ….
A. 1.500 ubin B. 1.200 ubin C. 150 ubin
D. 100 ubin


26. Perhatikan gambar berikut. (1) c2 = b2 – a1
(2) c2 = a1 – b2
(3) b2 = a1 + c2
(4) a2 = b2 + c2


Dari pemyataan di atas, yang benar yakni ….
A. (1) dan (3) B. (2) dan (4) C. (2) dan (3) D. (3) dan (4)


27. Dipahami bersama segitiga KLM dan segitiga PQR kongruen. Besar LKLM = 74°, LKML = 46°, LPQR = 60° dan LPRQ = 46°. Pasangan sisi yang sama panjang di kedua segitiga itu yakni ….
A. KM=PR
B. LM=QR C. KL=PQ D. KM=PQ


28. Perhatikan gambar berikut!
Trapesium PTUV sebangun dengan trapesium PQRS.
Luas daerah trapesium PQRS yakni ….
A. 117 cm2
B. 210 cm2
C. 234 cm2
D. 468 cm2


29. Perhatikan gambar berikut!
Sebuah image ditempel di selembar karton seperti tampak di gambar. Di sebelah kanan dan kiri image masih terdapat sisa karton selebar 4 cm. Seandainya image dan karton sebangun, luas karton yang tak tertutup image yakni ….
A. 464 cm2
B. 524 cm2
C. 600 cm2
D. 768 cm2


30. Bidang yang tegak lurus dengan bidang ABGH yakni ….
A. ACGE B. BDHF C. ADGF D. CDEF


31. Perhatikan garnbar di samping!
Sebuah balok yang tertata dari kubus-kubus satuan akan dicat seluruh permukaannya. Banyaknya kubus satuan yang terkena cat di dua sisinya saja ada ….
A. 8
B. 16
C. 20
D. 24


32. Rudi menerima pesanan bagi merancang sebuah kerangka akuarium berbentuk prisma dari bahan aluminium. Alas kerangka yang akan dibangun berbentuk segi-5 beraturan dengan panjang 60 cm dan tinggi prisma 80 cm. Seandainya harga 1 peettante aluminium Rp 20.500,00, harga aluminium seluruhnya yakni ….
A. Rpl 64.000,00
B. Rp185.000,00
C. Rp205.000,00
D. Rp250.000,00


33. Dipahami bersama prisma tegak dengan tinggi 17 cm dan alasnya berbentuk jajargenjang. Seandainya alas jajargenjang 12 cm dan tinggi 9 cm, volume prisma itu yakni ….
A. 612 cm3
B. 918 cm3
C. 1.836 cm3
D. 2.754 cm3


34. Budi merancang parasut besar dari plastik berbentuk belahan bola sebanyak 15 buah. Seandainya panjangjari-jari parasut 2 m, luas plastik minimal yang diperlukan yakni …. (n = 3,14)
A. 753,6 m2
B. 616,0 m2
C. 376,8 m2
D. 188,4 m2


35. Sebuah dadu dilarnbungkan sekali. Peluang muncul mata dadu lebih dari 3 yakni ….
MatematikaSMP/MTs


36. Sebuah kantong berisi bola yang terdiri atas 18 bola merah, 12 bola biru, dan 10 bola kuning.
Seandainya diambil sebuah bola secara acak, karenanya peluang terambilnya bola berwarna biru yakni ….
A. 7
B. 4
C. 3
D.


37.Perhatikan gegevens berikut!


Median gegevens tersebut yakni ….
A. 7,5
B. 8,0
C. 8,5
D. 9,0


38. Rata-rata badan pelajar pria pada sebuah kelas 61 kg dan rata-rata berat badan pelajar wanita
53 kg. Seandainya rata-rata berat badan seluruh pelajar pada kelas tersebut 56 kg dan banyak pelajar
32 orang, kerkban yak pelajar pria yakni ….
A. 18 orang B. 16 orang C. 14 orang D. 12 orang


39. Hasil tes Matematika Kelas VIII D yakni selaku berikut: Nilai 4 5 6 7 8 9 10
Frekuensi 3 4 5 7 6 3 2


Banyak pelajar yang mendapat nilai kurang dari 7 yakni ….
A. 20 orang B. 12 orang C. 9 orang D. 7 orang


40. Diagram gegevens produksi padi di suatu daerah dari tahun 2010 hingga dengan tahun 2014.


Selisih produksi padi dua tahun terakhir yakni ….
A. 500 ton B. 300 ton C. 100 ton D. 50 ton


Berikut yakni kisi-kisi Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Matematika:













































Level KognitifLingkup Bahan Soal UN SMP-MTs 2018 Mapel Matematika
BilanganAljabarGeometri dan PengukuranStatistika dan Peluang
Pengetahuan danPemahaman Mendeskripsikan Merancang tabulasi Menghitung Memprediksi Menentukan MengklasifikasiPeserta didik dapatmemahami pengetahuan mengenai:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- bilangan wujud akar- pola barisan bilangan- barisan dan deretPeserta didik dapat memahamipengetahuan mengenai:- wujud aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- aplikasi persamaan linier duavariabelPeserta didik dapatmemahami pengetahuan mengenai:- garis dan sudut- segiempat dan segitiga- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkungPeserta didik dapatmemahami pengetahuan mengenai:- menyajikan dan mendeskripsikan gegevens pada wujud tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- ukuran pemusatan data- peluang
Program Mengkonstruksi Menyelesaikan masalahPeserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- aritmetika sosial- pola barisan bilangan- barisan dan deretPeserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:- wujud aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- aplikasi persamaan linier duavariabelPeserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:- segitiga dan segiempat- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang- kesebangunan dankekongruenan segitiga- bangun ruang sisi lengkungPeserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:- penyajian gegevens pada wujud tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- ukuran pemusatan data- peluang
Penalaran Menafsirkan Menyimpulkan MenginterpretasiPeserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- bilangan bulat- bilangan pecahan- perbandingan- pola barisan bilangan- barisan dan deret- aritmetika sosialPeserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- wujud aljabar- persamaan linear satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- aplikasi persamaan linear duavariabelPeserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- segitiga dan segiempat- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkungPeserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- penyajian gegevens pada wujud tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- pemusatan data- peluang


Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top