Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK SMA-SMK Semester 2 Kelas 11 PPKn Wajib K13 Tahun 2019 - Maya Blog

Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK SMA-SMK Semester 2 Kelas 11 PPKn Wajib K13 Tahun 2019


Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK SMA-SMK Semester 2 PPKn Wajib K13 Tahun 2019 – Ulangan/penilaian ahir semester 2/II (UAS/PAS) adalah alat evaluasi belajar para peserta didik yang diselenggarakan di ahir semester dua. Momen ini menjadi benar-benar urgen keberadaaannya di mata pelajar karena ia menjadi penentu yang signifikan untuk murid yang bersangkutan pada salon kenaikan kelas ke tahapan berikutnya. Oleh karena itu, ia pun dinamai dengan ulangan kenaikan kelas atau UKK.


Mapel PPKn Kelas XI SMA-MA/SMK-MAK


Mapel ini diajarkan di kelas XI SMA-MA/SMK-MAK selaku mata pembelajaran wajib atau umum. Dengan demikian, seluruh jurusan atau peminatan wajib bagi menempuh mata pembelajaran ini. Menurut panduan kurikulum, berikut yaitu kompetensi inti dan kompetensi mendasar mapel PPKn Kelas 11/XI bagi SMA-MA/SMK-MAK.


Menurut panduan kurikulum 2013, mata pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) ini mempunyai kompetensi inti (KI) selaku berikut:


Mata pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas XI mempunyai 4 kompetensi inti dan 24 kompetensi mendasar. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, konsep kompetensi inti ini adalah konsep yang baru. Setiap kompetensi inti mempunyai kedudukannya masing-masing, yaitu:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) bagi kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) bagi kompetensi inti sikap sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) bagi kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) bagi kompetensi inti keterampilan.
KI-3 dan KI-4 disajikan lewat pembelajaran seketika (ongezouten teaching), sedangkan KI-1 dan KI- 2 lewat pembelajaran tak seketika (officieus teaching) yang terjadi dalam kurun waktu proses pembelajaran. KI-1 dan KI-2 pada mata pembelajaran PPKn ditumbuhkan selaku akibat dari kompetensi pengetahuan dan keterampilan pada KI–3 dan KI-4, contohnya mempelajari hukum menumbuhkan sikap disiplin. Pun selaku akibat pengiring (mutual effect) dari proses pembelajaran yang dirancang sehingga menumbuhkan sikap pada KI-1 dan KI-2, contohnya proses pembelajaran dengan diskusi kelompok menumbuhkan sikap kerja sama dan toleransi.


Karakteristik Soal


Ada beberapa karakteristik soal yang digunakan pada contoh soal kami.


1. Soal menggunakan pendekatan kurikulum 2013 revisi
2. Soal terdiri atas 45 soal alternatif berganda dan 5 soal uraian
3. Soal berasal dari contoh soal UKK Mapel PPKn Kelas 11 tahun 2017.


Tautan Unduh


Sebelum mengunduh, salon yang perlu diperhatikan yaitu bahwa soal tak dapat disunting atau diedit. Dengan demikian, cara pemakaian dokumen atau berkas yang sangat bagus yaitu dengan cara diprint atau diprint.


Tautan contoh soal dapat sahabat unduh di tautan di bawah ini:



Download Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11/XI Mapel PPKn Wajib/Umum Kurikulum 2013 Revisi



Berikut yaitu kutipan dari Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK SMA-SMK Semester 2 Kelas 11 PPKn Wajib K13 Tahun 2019 tersebut




1. Pada proses pernbelajaran, ada kalanya pengajar meminta kita bagi mengerjakan diskusi kelompok. Kegiatan ini rnenunjukkan adanya pengakuan kepada ….
A. hiel pengajar bagi memberikan pembelajaran
B. hiel pengajar bagi diperhatikan perintahnya
C. hiel sekolah bagi meriyediakan pengajar yang cakap
D. hiel pelajar bagi dikembangkan potensinya
E. hiel pelajar bagi memperhatikan petunjuk pengajar


2. Pemerintah ataupun warga negara sama-sama mempunyai tanggung jawab bagi menegakkan hiel warga negara. Fungsi dan tanggung jawab negara di pada masyarakat pada bidang hukum antara lain ….
A. aktif pada pelbagai kegiatan sosial
B. menghargai kebebasan memeluk agama
C. tak melindungi pelaku pelanggaran hukum
D. merancang peraturan perundang-undangan setiap tahun
E. memfasilitasi kelornpok sosial peduli penegakan hukum


3. Di antara pasal 27 ayat (2) dengan pasal 31 ayat (1) terdapat kaitan yang erat yaltu bahwa agar setiap warga negara dapat memperoleh penghidupan yang layak karenanya perlu dijamin haknya bagi memperoleh ….
A. persamaan kedudukan pada hukum
B. persamaan kedudukan dalarn layanan pemerintah
C. hiel bagi menyampaikan pendapat
D. hiel bagi membela negara
E. hiel bagi rnendapatkan pendldikan


4. Kewajiban selaku warga negara bagi mewujudkan kerukunan antarumat beragama dapat ditunjukkan dengan contoh sikap ….
A. beribadah bersama-sania
B. memecahkan masalah agama bersama-sama
C. menghormati umat agama lain yang sedang beribadah
D. bersama-sama mendirikan organisasi keagamaan  di desa
E. bersarna-sama merayakan hari besar keagamaan


5. Perhatikan beberapa perbuatan berikut ini!


1) Melanggar peraturan lalu lintas
2) Tak rnembayar pajak dan retribusi
3) Tak taat di hukum yang berlaku
4) Menuntut upah yang tak sesuai aturan yang berlaku
Dari keempat contoh kasus di atas pelanggaran kepada hiel warga negara yang diatur pasal 27 ayat 1 UUD RI 1945 ditunjukkan pada nomor ….


A. 1 ) 2), dan 3)
8. 1) dan2)
C. 1) dari3)
D. 2) dan 3)
E. 2) dan 4)


6. Perhatikan beberapa salon selaku berikut:


1) Pemerintah melarang sama sekali unjuk rasa buruh menuntut upah ondergrens.
2) Para peserta rapat tak mau mendengarkan pendapat dari kelornpok minoritas.
3) Sebuah organisasi dibubarkan pemerintah tanpa alasan hukum yang jelas.


Peristiwa-peristiwa tersebut bila ditinjau dari UUD RI 1945 adalah pelanggaran hiel warga negara yang dijamin di pasal ….
A. 26 ayat (1)
B. 27 ayat (1)
C. 27 ayat (2
D. 27 ayat (3)
E. 28


7. Berikut yang adalah contoh yang tepat penegakan hiel warga negara yaitu ….
A. mencegah terjadinya penganiayaan di sekitar kita
B. ikut mengadili pelaku pencurian yang tertangkap
C. melaporkan bagus setiap kasus pencemaran nama
D. pemindahan paksa anak-anak dari pemukiman yang tak layak
E. pemberian kesernpatan orang tua kepada anaknya bagi bergaul bebas


8. Penyampaian pendapat di muka umum yang dilaksanakan secara bebas tanpa batas dapat berdampak ….
A. terwujudnya demokrasi yang semakin berkualitas
B. terjadinyapenquatan budaya musyawarahdan mufakat
C. ketidakpercayaan kepada dpr seoaqal saluranasplrasi rakyat
D. hilangnya keseimbangan antara hiel dan kewajiban
E. terlaksananya asas kepastian hukum pada demokrasi


9. Beberapa waktu lalu diberitakan telah terjadinya pengeroyokan massal kepada orang yang diduga selaku pelaku penculikan kepada anak-anak. Peristiwa tersebut menunjukkan adanya ….
A. pelanggaran hiel keselamatan anak
B. penegakan hiel perlindungan kepada anak
C. pengingkaran kewahban bagi menjunjung tinggi hukum
D. ketidakmampuan pemerintah pada
E. anak-anak masih benar-benar gampang menjadi korban tindak kejahatan


1O. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini!
1) memperoleh pembelaan apabila ada ancaman.
2) lkut pada usaha pertahanan dan keamanan I negara.
3) Memperoleh persamaan kedudukan di pada hukum menaati hukum yang berlaku.


Di antara pernyataan-pernyataan tersebut di atas yang menunjukkan hiel negara yaitu pernyataan di nomor ….


A. 1) dan 2) B. 1)dan-3) C. 1) dan 4) D. 2)dan 3) E. 3) dan 4)


11. Pernankan beberapa ancaman berikut dengan cermat!
1) Agresi Beland a II
2) Krisis wilayah Ambalat
3) Senqketa Sipadan dan Ligitan
4) Masalah TimorTimur
5) Born Bali I dan II
Ancarnan dari banqsa aslnq yang hampi menggoyahkan-kedaulatan NKRI, yaitu
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 4) dan 5)
D. 1) ‘
E. 2)


12. Perhatikan rnacam-rnacam a_ncaman berikutl
1) Pembajakan
2) Perompakan
3) Konflik antarsuku
4) Pelanggaran batas negara


Dari keterangan di atas yang adalah ancaman inwendig ditunjukkan di homor ….
A. 1)
8. 1)dan2)
C. 2).dan 3)
D. 3)
E. 4)


13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!


1) Menggunakan pelbagai produk luar negeri
2) Konflik komunal
3) M_asuknya pelbagai kebudayaan luar
4) Spionase
5) Masuknya penqaruhneqatif iptek
6) Sabotase


Berdaaarkan ancaman tersebut, yang adalah ancaman mlllter dltunjukkan di nomor ….
A. 1 ), 2), dan 3)
B. 1 ), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 4), 5), dan 6)


14. Salah satu penyebab ancaman nonmilite. yaitu ….
A. pertikaian antar suku
B. pengaruh globallsasi
C. perbedaan pendapat anatrwarga
D. perbedaan kepentinqen
E. pemaksaan kehendak


15. Berikut ini faktor-faktor yang berkaitan dengan integritas nasional.
1) Faktor sejarah yang menirnbulkan rasa senasib dan seperjuangan
2) Rasa rela berkorban bagi bangsa dan negara
3) Rasa cinta tanah air di kalangan bangsa Indonesia
4) Masyarakat Indonesia yang heterogen


Yang adalah faktor penghambat integrasi _nasional adalan pernyataan nomor di nomor ….
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 1)dan4) E. 4)


16. Program pertahanan negara Indonesia yaitu sistern hankamrata. Vishal ini diatur pada UUD tahun 1945 pasal ….
A. 30 ayat (1)
B. 30 ayat (2)
c. 30 ayat (3)
D. 31 ayat (1)
E. 31 ayat(2)


17. Negara kita rnelaksanakan upaya pertahanan
negara bagi menghadapi pelbagai ancarrran bagus dari pada negeri maupun luar negeri. Penyelenqqaran pertahanan negara mesti dilakukari sesuai prinsip demokrasi artinya …. A. setiap kebijakan pertahanan negara mesti mernenuhi syarat-syarat yang dlakul oleh
komunitas bangsa-bangsa
B. setiap kebijakan pertahanan negara mesti diupayakan agar sesuai kehendak rakyat
C. setiap kebijakan pertahanan negara mesti
rnendapat persetujuan dari pemermtah
D. setiap kebiiakan pertahanan negara mesti
berasal’dari TNI
E. setiap kebijakan mesti mendapat persetujuan dari PBB


18. Nilai-nilai bela negara pada kehidupan sehari- hari dapat kita tunjukkan dengan cara ….
A. mencintai lingkungan dan menghargai kebersamaan
B. membiasakan hldup mandiri dan menqembanqkan idealisme
C. mendukung terselengaranya kegiatan kerja sama antara pelbagai kepentingan
D. menjaga kebersihan, keindahan, dan kerapihan
E. menghormati hiel orang lain urituk mengoptimalkan ideologi selain Pancasila


19. Perhatikan asas-asas berikut!


1) Keterbukaan
3) Keadilan
4) Transparansi
5) Pertanggung jawaban


Asas-asas pengetahuan nusantara yang sangat tepat dituniukkan di nomor ….
A. 1 ), 2), clan 3)
B. 1 ), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)


20. Implementasi pengetahuan nusantara pada qidang kehidupan sosial budaya masyarakat yang pal- ing tepat yaitu ….
A. kehidupan sosial budaya mesti dapat rnenyetaraskan dengan kehidupan soaial budaya luar negeri
B. kehidupan sosial budaya mesti dapat mengoptimalkan kehidupan bangsa yang serasi antara masyarakat yang berbeda dari seqi budaya, status sosial, dan daerah
C. pengembangan kehidupan sosial budaya mesti dapat menyelaraskan dengan berbaqai aspek kehidupan yang lain


21. Secara eti”.lologi geopolitik berasat dari bahasa Yunani geo, polis dan teie yang mempunyai arti ….
A. bumi, negara, dan urusan politik
B. kornunitas, riegara, danurusan politik
C. burni, komunitas, dan urusan politik
D. bumi, negara, dan urusan masyarakat
E. negara, komunitas, dan urusan politik


22. Indonesia merupskan negara kepulauan wilayah Indonesia adalah kesatuan politik, sosial budaya, •ekonomi, serta pertahanan dan keamanan yang berlandaskan Pancasila dan UUD_NRI 1945.Pertanyaan diatas adalah konsep dari ….
A. Siskamling
B. Sishankamrata
C. Geopolltlk Indonesia D. Ketahanan nasional E. Pengetahuan nusantara


23. Perhatikan pernyataan di bawah ini !


“Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu sebuah neqara kepulauan yang berciri nusantara. dengan wilayah yang batas-batas dan hak- haknya ditetapkan dengan undang-undang”, pernyataan tersebut adalah bunyi dari ketentuan UUD NRI 1945 di pasal ….
A. 25


24. Garis bujur yaitu garis yang membujur dari utara – selatan, garis lintanq yaitu garis yang melingkari bumi denqan arah timur – barat, letak garis bujur dan garis lintang lndonesi_a yaitu ….
A.. 92″ BT-141 “BT dan 3″ LU -11” LS
B. 93″ RT-141 “BT dan 4″ LU-11″ LS C. 94” BT- 141 “BT dan 5″ LU-11″ LS D. 95” BT- ‘141 “BT dan 6″ LU -11″ LS E. 96” BT- 141 “BT dan?” LU-11″ LS
25. Perhatikan pernyataan di bawah ini !


“Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk republik”, pernyataan tersebut adalah bunyi pasal ….


A. 1 ayat 1 UUD NRI 1945
B. 2 ayat 1 UUD NRI 1945
C. 3 ayat 1 UUD N l 1945
D. 4 ayat 1 UUD NRI 1945
E. 5 ayat 1 UUD NRI 1945


26. Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu negara kepulauan dengan luas wilayah kurang le_bih 1,9 juta km persegi, Di bawah ini yang bukan adalah alat pemersatu bangsa yaitu ….
A. mendasar.falsafah B. bahasa daerah C. bendera negara D. lagu kebangsaah’ E. lambang negara


27. Founding father Negara Kesatuan Republik Te- donesia (NKRI) merumuskan tujuan dibentuknya NKRI. Di bawah ini yang bukan termasuk rumusan tujuan dibentuknya NKRI yang termuat pada Pembukaan UUD NRI 1945 alinea keempat yaitu ….


A. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh’tumpah darah Indonesia
B. memajukan kesejahteraan umum
C. rnencerdaskan kehidupan banqsa
D. ikut menjalankan ketertiban dunia
E. mernbentuk pemerintahan. yang berkedaulatan rakyat


28. Amerika Serikat adalah diantara format negara serikat yang beribl.i kota di Washington D.C denganjumlah total 50 negara bagian, Yang adalah ciri- ciri negara serikat yaitu .. ..
A. wilayah neqaranya luas
B. kepala negara mempunyai hiel veto
C. setiap daerah diberikan otonomi yang luas D. kabinetkast bertanggungjawan kepada presiden
E. parlemen terdiri dari dua badan, yaltu DPR dan DPD


29. Presiden Soekamo menjadi presiden pertama-tama di Indonesia, beliau berkuasa dalam kurun waktu 23 tahun dari 18 Agustus 1945-11 Maret 1966. Di tijdsperiode orde lama terdapat penyimpangan kepada Pancasila dan UUD NRI 1945, yaitu ….


A. penetapan Ir. Soekarno selaku presiden scumur nioup
8. supremasi hukum tak dapat ditegakka•n
C. penghapusan doktrin dwifungsi ABRI D. mewujudkan kebebasan pers
E.• rnewuludkan kehidupan yang demokratis


30. Setelah Bung Karno lengserjabatan Presiden Indonesia dipegang oleh Pak Harto, beliau berkuasa dalam kurun waktu 32 tahun dari 11 Maret 1966 -21 Mei 1998. Di tijdsperiode orde baru terdapat
penyimpangan kepada Pancasila dan UUD N_RI 1945, yaitu ….
A. pembentukan MPRS sementara
B. mewujudkan kehldupan yang demokratis
C. supremasi hukum tak dapat diteqakkan
D. pemberantasan KKN
E. mengerjakan amandemen UUD NRI 1945


31. Perubahan format negara Indonesia dari format kesatuan menjadi serikat terjadi setelah tijdsperiode ….
A. 18 Agustus 1945- 27 Desember 1949
B. 27 Desember 1945 – 17 Agustus 1950
C. 17 Agustus 1950 – 5 Juli 1959
D. 5 Juli 1959′”-11 Maret 1966
E. 11 Maret 1966-21 Mei 1998


32. Pemilu pertama-tama yang dilaksanakan di Indone- sia berlangsung di tahun 1955 yaitu di mas a kabinetkast ….
A. Wilopo
B. Djuanda
C. Sukirrian
D. Ali Sastroamidjoyo
E. Burhanudin Harahap


33. Di era reformasi telah dilakukan upaya upaya bagi mewujudkan negara demokratis, salah satunya dengan mengerjakan amandemen kepada UUD NRI 1945. Adapun tujuan dilakukannya amandemen kepada UUD NRI 1945 yaitu ….
A. mengatasi instabilitas politik
B. menghindari protes dari rakyat
C. rnelanqqenqkan kekuasaan pemerintah
D. menqurai intensitas demonstrasi dari rakyat
E. menyesuaikan dengan perubahan zarnan dan perkembangan rnasyarakat


34. Kalau masyarakat tidal< hanya mengetahui, tetapi pun mempunyai perasaan kepada suatu aplikasi politik pemerintah karenanya masyarakat tersebut memilikl orientasl kepada slstem politik yang bersifat … A. kognitif B. afektif C. objektif D. subjektif E. evaluatif




Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal Dan juga Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11/XI Mapel PPKn Wajib/Umum Kurikulum 2013 Tahun 2019 Revisi


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top