Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Bahasa Indonesia K13 Tahun 2019 - Maya Blog

Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Bahasa Indonesia K13 Tahun 2019

File Pendidikan

Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA-SMK/MAK Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013/K13 Wajib/Umum


Disajikannya tulisan yang berjudul Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Bahasa Indonesia K13 Tahun 2019 ini bertujuan bagi menolong peserta didik khusus kelas sepuluh/X yang sebentar lagi akan berjuang menempuh ulangan/penilaian ahir semester 2 atau yang biasanya disebut dengan istilah UKK.


Tentu harapan terbesarnya ialah supaya ia mampu memperdalam serta memantapkan persiapan para pelajar pada mengklasifikasi bahan belajar ulangan ahir semester II tersebut.


Dengan sajian contoh soal PAS/UAS/UKK semester 2 kurikulum 2013 yang secara nyata diujikan di penilaian ahir semester 2 tahun 2017 lalu, peserta didik semestinya mengetahui dan dapat mengantisipasi kemungkinan soal ataupun bahan yang kiranya keluar kala UKK sesungguhnya berlangsung.


Memang tak ada jaminan bahwa ia akan keluar di dikala ulangan berlangsung kelak, akan tetapi minimal para pelajar kelas 10 boleh merasa sedikit lega karena menurut pengalaman, tipe soal yang diujikan biasanya tak terlampau jauh dengan soal ulangan yang diujikan di tahun-tahun sebelumnya. Artinya, Soal Siap UKK/PAS/UAS semester 2 Kelas 10/X SMA/MA-SMK/MAK Bahasa Indonesia Kurikulum 13 Wajib/Umum Tahun 2019 ini mempunyai tingkat prediktibilitas yang bagus dan telah memenuhi unsur novelty/kebaruan karena ia ialah soal yang telah diujikan tepat di tahun lalu.


Berikut ialah tautan Unduh Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA-SMK/MAK Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013/K13 Wajib/Umum Tahun 2019:





Berikut ialah kutipan dari Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA-SMK/MAK Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Wajib/Umum tersebut:




I. Pilihlah jawaban yang sangat benar denqan memberi tanda silang (X) di huruf a, b, c, d atau e di lembar jawaban yang terdapat!


Paragraf berikut bagi soal nomor 1 dan 2


Menteri Sosial, Khofifah lndar Parawansa, mengatakan Program Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan menjangkau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Anak putus sekolah akan memperoleh bantuan KIP dengan harapan mereka dapat melanjutkan pendidikan. KIP pun dirancang bagi menjangkau anak jalanan atau anak terlantar. Pemerintah berharap dana tersebut dapat digunakan bagi pelatihan, terutama untuk anak jalanan dan anak terlantar yang tak ada motivasi ke sekolah.
1. Ide utama paragraf tersebut ialah …
A. KIS dan KIP diperuntukkan untuk masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial.
B. Program KIS dan KIP diutamakan bagi anak putus sekolah dan terlantar.
C. KIP bertujuan meningkatkan pendidikan anak-anak Indonesia di pedalaman.
D. Anak jalanan dan anak terlantar akan memperoleh perlatihan dari dinas sosial,
E. Motivasi anak jalanan dan terlantar untk sekolah masih rendah.


2. Apa harapan Pemerintah kepada anak jalanan dari KIP?
A. Anak jalanan mendapat pelatihan dari dinas sosial.
B. Anak jalanan mempunyai motivasi bagi sekolah.
C. Anak jalanan dapat melanjutkan pendidikan
D. Anak jalanan pandai mengelola uang sekolah
E. Anak jalanan semakin rajin pergi ke sekolah


Teks berikut bagi soal nomor 3 s.d, 5.


1) lnstalansi listrik adalah bagian urgen di bangunan rumah.
2) Sayangnnya, keberadaan jaringan ini seringenboom diabaikan warga Jakarta.
3) Kondisi material instalasi listrik yang dipasang bertahun-tahun dapat rusak.
4) Apabila kondisi tersebut dibiarkan, dapat berakibat fatal, terutama dikala banjir melanda Jakarta.
5) Kalau tersentuh aliran listrik, genangan air banjir dapat membahayakan manusia.
6) Hasil penelitian di Jakarta betul-betul memprihatinkan sekitar 30% instalansi listrik di rumah warga rusak.


3. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat di kalimat nomor …
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)


10. Perhatikan teks berikut!
Prita :”Bagi memperingati HUT sekolah kita, lebih bagus kita menampilkan tari Lengger.”
Joni :”Lebih bagus kita menampilkan relatie saja, supaya lebih modern.”
Prita :”Tari Lenqqer pun dapat dibangun lebih modern.”
Joni :”Penonton akan lebih menyukai musik daripada tarian.”
Prita :”akan tetapi kita punya beberapa penari Lengger di kelas. lni pasti menarik.”
Joni :”Kita pun punya beberapa pemain relatie hebat di kelas.”


Menurut negosiasi tersebut, apa hambatan yang terjadi?
A. Komunikasi hanya satu arah.
B. Perbedaan pandangan.
C. Adanya kesalahpahaman.
D. Umpan balik tak tepat.
E. Topik tak fokus.


Teks biografi berikut bagi soal nomor
21 s.d. 23


Tahun 1960-an Pramudya Ananta Trip ditahan oleh pemerintahan Soeharto karena_ pandangan pro-Komunis Tiongkok: schuiflade ditahan
di Pulau Nusakambangan dan Pulau Buru tanpa proses peradilan. Dalam kurun waktu lama penahanan di Pulau Buru, ia dilarang menulis buku. Narnun, schuiflade dapat menulis kembali setelah rnernperoleh pena dan kertas. Apalagi, ada tahanan lain menggantikan pekerjaannya. Dikala berada di penjara (1965-1979), ia menulis rangkaian novel sejarah yang semakin mengukuhkan reputasinya. Dua di antaranya, Bumi dan Manusia (1980) dan Anak Seluruh Bangsa (1980), mendapat perhatian dan kritikan setelah diterbitkan. Kemudian, Pemerintah pun membredel kedua novel tersebut. Dua volume lainnya dari tetralogi ini, seperti Jejak Langkah dan Rumah Kaea terpaksa dipublikasikan ke luar negeri.


Karya ini menggambarkan secara komprehensif masyarakat Jawa ketika Belanda masih memerintah di awal abad ke-20. Selaku perbandingan dengan karya awalnya, karya terakhrr ini ditulis dengan gaya bahasa naratif sederhana. Sementara itu, enam buku lainnya disita oleh pemerintah dan hilang bagi selamanya.


21. Keistimewaan dari tokoh Pramudya Ananta Trip ialah …
A. Dikala dipenjara, ia tetap menulis dan mampu menghasilkan beberapa karya sastra berbobot.
B. Gaya bahasa yang digunakan di karya-karya terakhirnya ialah naratif sederhana.
C. Karya yang ditulisnya menggambarkan masyarakat Jawa ketika Belanda memerintah di awal abad ke-20.
D. Buku-bukunya disita oleh pemerintah Belanda dan hilang bagi selamanya.
E. Dua karyanya mendapat perhatlan dan kritikan setelah diterbitkan.


22. Masalah yang dihadapi tokoh pada paragraf tersebut ialah …
A. Pramudya Ananta Trip hanya bercerita mengenai masyarakat Jawa di zaman Belanda.
B. Dua karya Pramudya Ananta Trip yang dipublikasikan di luar negeri hilang.
C. Empat rangkaian novel sejarah karya Pramudya Ananta Trip mendapat kritikan.
D. Pramudya Ananta Trip kehilangan dua buahnovel dan enam buku lainnya.
E. PramudyaAnanta Toerdilarang menuangkan pikirannya pada tulisan.


34. Sekaitan dengan iklan Sahabat di harian Kejora edisi 250 di 10 Juni 2017, kami tertarik bagi membeli bermacam-macam jenis barang elektronik yang Sahabat tawarkan.
Bagian tersebut terdapat pada …
A. Surat permohonan
B. Surat keterangan
C. Surat permintaan
D. Surat penawaran.
E. Surat jual beli
35. Kalimat berikut yang termasuk ke pada ragam tulis ialah …
A. Baiklah kalau seperti itu saya punya tiga permintaan.
B. SisWa kelas dua sedang baca buku di perpustakaan.
C. Warga sedang siapkan syukuran lurah baru.
D. Pelajar kelas satu berkunjung ke sebuah museum.
E. Saya iogin beritau kalau saya diterima kerja.


II. ESSAI
Bacalah penggalan biografi “George Saa, Si Jenius dari Papua”!


schuiflade dikenal sebaqai Sang Jenius dari Papua. schuiflade lahir. di Manokwari di 22 September 1986. Dia ialah seorang pemenang lomba First Step to (Jobe/ Prize te Physics di tahun 2004 dari Indonesia. Makalahnya berjudul Infinite Triangle and Hexago,nal Lattice Networks of ldentica/ Resisto. Rumus Penghitung Hambatan antara Dua Titik Rangkaian Resistor yang ditemukannya diberi namanya sendiri yaitu “George Saa Formula”.
Untuk Oge, seperti itu nama sapaannya, prestasi tak selalu berarti karena uang. Pemuda yang dikenal selaku playmaker di lapangan basket ini ialah orang yang haus bagi belajar. Prestasinya di bidang fisika bukan semata-mata karena ia menggilai ilmu yang menurut beberapa anak muda rumit ini.


“Saya tertarik fisika sejak SMP. Tak ada alasan khusus kenapa saya suka fisika karena di dasarnya saya suka belajar saja. Lupakan saja kata fisika, saya suka belajar semuanya,” katanya. “segala mata pembelajaran di sekolah saya suka. Saya suka kimia, sejarah, geografi, matematika, apalagi bahasa Indonesia. Saya selalu bagus nilai bahasa Indonesia,” tambahnya.


Dikala mengambil beasiswa di Florida Institute of Technology, dia mengambil jurusan aerospace engineering Dan mempelajari ilmu super sulit di jagat aerospace, yakni rockets science. Alasan khusus dirinya suka pesawat terbang. Selain memang mengagumi B.J. Habibie, lelaki bertubuh gempal ini semula ingin menjadi pilot. Namun, karena kedua matanya minus 3,25, dia mesti mengalihkan impiannya.


“Kalau nggak dapat menerbangkan pesawat, saya mesti dapat membangun pesawat. Setidaknya, memahami teknologi pesawat terbang,” tegasnya.


52. Analisislah pola penyajian biografi di atas dilihat dari aspek alur cerita, sudut pandang, gaya penulisan, dan fokus penceritaan.


53. Peroleh minimal 5 kepribadian unggul yang dapat diteladani dan juga buktinya!


54. Tentukan 2 kata kerja tindakan, kata deskriptif, kata kerja pasif, kata kerja mental dan konjungsi atau nomina yang berkenaan dengan urutan waktu. Kemudian buatlah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia!


55. Susunlah puisi menurut biografi di atas! ( minimal dua bait)




Dipersilahkan bagi mendonwload opstopping tersebut di tautan yang telah kami sediakan agar memperoleh opstopping yang komplit dan utuh.


Kami cukupkan hingga di sini tulisan kami yang berjudul:


Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Tahun 2019


Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu bagi Sahabat!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top