Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 2 K-13 Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2019/2020 - Maya Blog

Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 2 K-13 Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2019/2020

File Pendidikan

Download Contoh Soal dan Kunci Jawab PTS/UTS 1 (Ganjil) Kelas 1 SD/MI Tema 2: Kegemaranku Kurikulum 2013/K13 Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2019/2020 I Pdf




Tulisan yang berjudul Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 2 K-13 Revisi 2017 Tahun Pembelajaran 2019/2020 ini bertujuan bagi menolong dan menyediakan bahan belajar untuk adik-adik pelajar kelas 1 SD/MI pada mempersiapan diri menatap PTS/UTS semester 1/ganjil yang sebentar lagi tiba.


PTS/UTS adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik bagi mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menjalankan kegiatan pembelajaran dalam rentang waktu setengah semester atau 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh KD (Kompetensi Basic) yang telah diajarkan di tijdsperiode waktu tersebut.


Pelaksanaan PTS/UTS ini mempunyai beberapa tujuan, yakni:



  • Mengukur pencapaian kompetensi para pelajar setelah proses pembelajaran dalam rentang waktu setengah semester.

  • Memantau kemajuan belajar para pelajar setelah setengah semester.

  • Menentukan nilai hasil belajar para pelajar setelah proses pembelajaran beberapa KD.

  • Menjalankan perbaikan pembelajaran di setengah semester berikutnya.


Belajar yakni syarat utama kesuksesan para peserta didik, tanpa belajar akan betul-betul mustahil memperoleh hasil belajar berupa nilai yang bagus. Dengan dihadirkannya contoh soal PTS 1 kelas 1 SD/MI tema 2 K13 revisi 2017 terbaru ini diinginkan mampu memberi efek positif berupa daya ungkit yang bermuara di hasil belajar yang bagus.


Contoh soal PTS semester 1 ini disusun dengan pendekatan kurikulum terbaru yakni kurikulum 2013 revisi 2017 dan berformat verkeersopstopping pdf. Kamu dapat mencetak berkas yang kami sediakan dan kemudian dapat dipergunakan selaku alat belajar untuk adik-adik kelas 1 SD/MI ataupun dapat dipergunakan oleh para pengajar bagi melengkapi proses penyusunan soal bagi PTS/UTS 1 di tahun ajaran 2018/2019.


Berikut kami sajikan verbinding bagi mengunduh contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap PTS Semester 1/Ganjil Kelas 1 SD/ MI Tema 2 K-13 Revisi 2017 Tahun Pembelajaran 2019/2020 di bawah ini:



Download Soal dan Kunci Jawab Siap PTS Semester I Kelas 1 SD/MI Tema 2: Kegemaranku Kurikulum 2013 Revisi 2017



Berikut yakni kutipan dari Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 2: Kegemaranku Kurikulum 2013 Revisi 2017 tersebut:




3. Anak-anak bermain sepakbola di …
4. GITAR
Jumlah huruf di atas ada …
5. 3 seruling + 2 seruling = …
6. Amir meletakkan sepatunya di …sepatu selesai bermain sepakbola.
9. N-S-M-A-E
Susunlah huruf acak di atas menjadi nama cabang olahraga!
10. Sebutkan bagaimana cara memainkan seruling?
11. Olahraga badminton menggunakan alat yang bernama ….
12. Susunlah huruf acak berikut ini menjadi nama alat olahraga!
K-E-R-T-A
13. Alat musik piano dimainkan dengan cara ….
18. Bagaimana cara memainkan gitar?
20. Bambang mempunyai 7 bola dan 3 pemukul.
Berapakah jumlah peralatan kasti milik Bambang?


Kunci Jawab


1. 16
2. Sehat
3. Lapangan
4. Lima (5)
12. RAKET
13. Ditekan/sentuh di papan tuts
15. Enam (6)
16. Gemar berolahraga, gemar bermain music, gemar menari, gemar membaca dan lain-lain
17. Supaya tubuh menjadi sehat dan kuat
20. Sepuluh (10)




Dipersilahkan bagi mendonwload verkeersopstopping tersebut di tautan yang telah disediakan agar memperoleh isi verkeersopstopping yang komplit dan utuh.


Demikian tulisan mengenai


Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 2 K-13 Revisi 2017


Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!




Mengenai Buku Pengajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas I Tema 2: Kegemaranku:


1. Teknik dan Instrumen Penilaian Pengetahuan
a. Tes tertulis
Tes tulis dilaksanakan merujuk pada indikator setiap KD.
Format soal tes tertulis seperti:
• Memilih jawaban (benar/salah, menjodohkan, dan format lainnya).
• Mensuplai jawaban (mengisi/melengkapi, menjawab dengan
singkat, menguraikan).
Contoh penilaian tertulis:
Amati benda-benda di sekitarmu kemudian buatlah cerita
penjumlahan!
Cara penilaian:
Skor penilaian : 0-100
Penilaian : Skor yang diperoleh
Skor maksimal


x 100


Contoh:
Misalnya setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor
maksimalnya yakni 3 x 2 = 6.
Bila pelajar hanya menjawab dengan benar dua soal, karenanya nilainya
selaku berikut.
2 x 2
6
x 100 = 66,67


b. Tes Lisan
Tes Lisan dapat berupa pertanyaan-pertanyaan, petunjuk, dan schoonmaak yang
diberikan dan dijawab secara lisan. Tes lisan bertujuan menumbuhkan
sikap berani berpendapat, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi
secara tepat sasaran. Tes lisan dilaksanakan di dikala proses belajar
berlangsung (assessment for learning).
Contoh tes lisan:
• Permainan dan olahraga apa yang kamu sukai?
c. Penugasan
Penugasan yakni pemberian kewajiban kepada pelajar bagi mengukur
dan/atau memfasilitasi pelajar meningkatkan pengetahuan. Penugasan
dapat dilakukan sebelum atau dalam rentang waktu proses pembelajaran (assessment
for learning) maupun setelah proses pembelajaran (assessment of
learning).
Penugasan dapat direkam lewat observasi dengan daftar periksa.
Observasi dilakukan dengan mengamati kegiatan yang dilakukan pelajar.
Contoh daftar periksa.


Tema 2: Kegemaranku xiii


No. Nama
Pelajar


Tertib Percaya Diri Santun
BT MT MB SM BT MT


2. Teknik dan Instrumen Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dimaksudkan bagi mengetahui kemampuan
menggunakan pengetahuan pada memahami dan menyelesaikan masalah.
Skor penilaian: 0 – 100. Di kelas I, penilaian keterampilan berfokus di
teknik penilaian daya kerja dan portofolio.
a. Penilaian daya kerja
Mengukur capaian pembelajaran berupa keterampilan proses dan/
atau hasil (produk). Di pada penilaian daya kerja, peserta didik diminta
menjalankan kewajiban dengan mengaplikasikan atau mendemonstrasikan
pengetahuan yang telah dimilikinya. Penilaian daya kerja yang berfokus
di hasil disebut penilaian produk. Penilaian daya kerja yang berfokus di
proses disebut penilaian praktik. Penilaian praktik misalnya bernyanyi,
menari, menjalankan gerakan tertentu pada olahraga, bermain peran,
dan sebagainya. Penilaian produk misalnya gambar, poster, kerajinan,
puisi, dan sebagainya.
Penilaian daya kerja dan praktik dapat dilakukan lewat observasi
menggunakan rubrik dengan skala penilaian tertentu.
• Rubrik kegiatan menceritakan gambar olahraga.
b. Penilaian portofolio adalah rekaman penilaian autentik yang
memperkuat kemajuan dan kualitas aktifitas peserta didik. Penilaian
portofolio berupa kumpulan dokumen yang berisi penilaian prestasi
belajar, penghargaan, karya peserta didik pada bidang dan kurun waktu
tertentu. Portofolio dapat berbentuk buku berukuran besar; album berisi
image, audio, video; stopmap/bantex yang berisi kumpulan kewajiban; dan buku
kerja peserta didik.
Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Penilaian
Hasil analisa penilaian pengetahuan dan keterampilan menjadi mendasar
penentuan tindak lanjut program yang dibutuhkan peserta didik. Untuk peserta
didik yang nilainya belum mencapai KKM akan memperoleh remedial. Peserta
didik yang telah mencapai nilai KKM atau lebih akan memperoleh pengayaan.


Kompetensi Inti Kelas I


1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Mempunyai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri pada berinteraksi dengan keluarga, teman, dan pengajar.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan bertanya merujuk pada rasa ingin tahu mengenai
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual pada bahasa yang jelas dan logis,
pada karya yang estetis, pada gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan pada tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia.


Daftar Isi


Kata pengantar ……………………………………………………………………………………. iii
Mengenai Buku Pengajar ………………………………………………………………………………. v
Bagaimana Menggunakan Buku Pengajar? ………………………………………………… vi
Panduan Penilaian ………………………………………………………………………………. viii
Kompetensi Inti Kelas I ………………………………………………………………………… xv
Daftar isi ……………………………………………………………………………………………… xvi
Subtema 1
Gemar Berolahraga ……………………………………………………………………………… 1
Subtema 2
Gemar Bernyanyi dan Menari ………………………………………………………………. 39
Subtema 3
Gemar Menggambar ……………………………………………………………………………. 78
Subtema 4
Gemar Membaca …………………………………………………………………………………. 117


Daftar Pustaka …………………………………………………………………………………….. 154
Profil Penulis ……………………………………………………………………………………….. 156
Profil Penelaah ……………………………………………………………………………………. 158
Profil Editor …………………………………………………………………………………………. 166
Profil Ilustrator …………………………………………………………………………………….. 168


Bagaimana Menggunakan Buku Pengajar


Buku Pengajar mempunyai dua manfaat, yaitu selaku pedoman pemakaian Buku Pelajar
dan selaku rujukan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya
buku ini, disarankan memperhatikan pedoman selaku berikut.
1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
2. Pahamilah setiap kompetensi mendasar dan indikator yang dikaitkan dengan
tema.
3. Upayakan bagi melingkupi kompetensi di sikap spiritual dan sikap
sosial pada segala kegiatan pembelajaran. Pengajar diinginkan menjalankan
penguatan bagi mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan
perilaku positif.
4. Dukunglah ketercapaian kompetensi di sikap spiritual dan sosial dengan
kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan Buku Pelajar
sesuai dengan halaman yang dimaksud.
6. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar
sesuai tema pembelajaran. Lebih bagus lagi jikalau dilengkapi dengan kegiatan
pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu
pelajar. Misalnya, bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang,
menyanyikan lagu, menunjukkan gambar dan sebagainya. Demikian pun
di dikala menutup pembelajaran. Pemberian pengantar di setiap
perpindahan subtema dan tema menjadi faktor yang betul-betul urgen bagi
memajukan manfaat dan kesuksesan pendekatan tematik terpadu
yang diuraikan pada buku ini.
7. Kembangkan ide-ide kreatif pada memilih sistem pembelajaran. Termasuk
di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi
kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya pelajar tak dapat mengamati
tanaman di luar kelas di dikala hujan).
8. Pilihlah beragam sistem pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya
bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar,
dan sebagainya). Pemakaian beragam sistem tersebut, selain melibatkan
pelajar secara seketika, diinginkan pun dapat melibatkan warga sekolah
dan lingkungan sekolah.
9. Kembangkanlah keterampilan berikut.
a. Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, tepat sasaran, dan menyenangkan (PAIKEM).
b. Keterampilan bertanya yang berorientasi di kemampuan berpikir
tingkat tinggi.
c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.
d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.


Tema 2: Kegemaranku vii
10. Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang terdapat di lingkungan
sekolah.
11. Di setiap semester terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 4 subtema.
Setiap subtema diurai ke pada 6 pembelajaran. Satu pembelajaran
dialokasikan bagi 1 hari.
12. Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk di struktur kurikulum. Meskipun
demikian, alokasi waktu menurut mata pembelajaran hanyalah selaku pedoman
umum. Pengajar diinginkan menentukan sendiri alokasi waktu merujuk pada
situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.
13. Hasil unjuk kerja pelajar yang berupa karya dan bukti penilaian dapat berfungsi
selaku portofolio pelajar.
14. Buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai, selaku bahan bagi
menjalankan perbaikan di proses pembelajaran berikutnya. Misalnya
faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan bagus,
kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif bagi pengembangan
lebih lanjut.
15. Libatkan segala pelajar tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap pelajar cerdas
dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman mengenai
kecerdasan majemuk, gaya belajar pelajar, serta beragam faktor penyebab
efektivitas dan kesulitan belajar pelajar, betul-betul dibutuhkan.
16. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen pengajar bagi
mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
Kegiatan Bersama Orang Tua
Secara khusus, di setiap ahir pembelajaran di Buku Pelajar, terdapat kolom
bagi orang tua dengan subjudul ‘Kegiatan Bersama Orang Tua’. Kolom ini
berisi informasi mengenai aktivitas belajar yang dapat dilakukan pelajar bersama
orang tua di rumah. Orang tua diinginkan berdiskusi dan terlibat pada
aktivitas belajar pelajar. Pengajar perlu membangun komunikasi dengan orang tua
sekaitan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua
dan pelajar di rumah.
Beberapa Singkatan Nama Mata Pembelajaran dan Kepanjangannya
1. SBdP : Seni Budaya dan Prakarya
2. PPKn : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. PJOK : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Medis



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top