Download Bahan Praktek Pembelajaran (Peer Teaching) dan Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG) Format Microsoft Word - Maya Blog

Download Bahan Praktek Pembelajaran (Peer Teaching) dan Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG) Format Microsoft Word

Pengawas dan Kepala Sekolah pasti akan mengadakan penilaian atau evaluasi kepada guru-guru selaku penilaian kemampuan seoarang pengajar. Pada kenyataannya seorang pengajar mengerjakan praktek mendidik yang sesungguhnya di hadapan peserta didik dan dilihat bagus oleh atasan seketika Kepala Sekolah atau oleh Pengawas Sekolah sebangai pengawas pembina di diantara satuan pendidikan sesuai dengan kewenangannya.


Untuk pengajar pada dunia pendidikan istilah peer teaching telah tak asing lagi, yakni proses pembelajaran dengan melibatkan seorang pengajar sedang praktek mendidik di hadapan peserta didiknya,

Pada dunia pendidikan, istilah “peer teaching” lebih dikenal dengan istilah “simulasi” atau “berpura-pura”.  Dengan demikian, peer teaching dapat diartikan selaku kegiatan belajar mendidik yang dirancang secara sistemik dan sistematis pada situasi yang tak sesungguhnya. Artinya,  kegiatan belajar mendidik dilaksanakan dengan menggunakan subyek yang berbeda. Dimana pengajar dan pelajar mempunyai pengalaman dan rentang usia yang sama atau dapat disebut selaku rekan sejawat. Tetapi untuk pengajar yang akan naik tingkat atau yang akan naik pangkat bahwa simulasi atau peer teaching dilaksanakan atau dilakukan dengan sesungguhnya dihadapan seketika dengan peserta didik.


Karenanya, dengan demikian bahwa peer teaching yakni suatu proses agar seseorang menjadi lebih kompeten, lewat suatu latihan yang minimal dan dengan sebuah bimbingan pengajar bagi menolong satu orang pelajar atau lebih di tingkatan yang sama agar mempunyai sebuah kompetensi atau konsep. Definisi tersebut mempunyai suatu pemahaman bahwa peer teaching tersebut tak hanya berlaku pada pembelajaran orang dewasa saja tetapi berlaku pula pada kegiatan belajar mendidik di sekolah. Artinya, ketika terjadi kegiatan peer teaching di sekolah para pelajar dapat diperankan selaku pengajar bagi memberikan pemahaman mengenai bahan pembelajaran kepada teman-temannya. Dengan kata lain, kegiatan peer teaching di sekolah dapat diartikan sama dengan kegiatan tutor sebaya. Bagus pada kelompok-kelompok kecil maupun pada kelompok skala besar.
Menurut uraian tersebut di atas, karenanya dapat disimpulkan bahwa peer teaching yakni suatu kegiatan penyampaian bahan pembelajaran yang dilakukan oleh orang dewasa kepada orang dewasa lainnya yang berperan selaku peserta didik  atau peserta didik kepada peserta didik lainnya pada suatu kelompok tertentu agar mempunyai suatu kompetensi atau konsep yang sama sesuai dengan tingkatannya.


Bagi mempermudah seorang pengajar mesti mempunyai bahan praktek yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bagus format atau urutan cara pembiuatannya kamis ediakan seperti di bawah ini.


Marilah kita simak semunaya.

PRAKTEK PEMBELAJARAN

(Peer Teaching)

Tujuan :


  1. Memaksimalkan kecakapan pada memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang menguatkan letter pelajar, kemampuan literasi, serta pengembangan kompetensi abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.

  2. Meningkatkan keterampilan pada memfasilitasi program/aktivitas  pembelajaran dengan mensinergikan tiga pusat pendidikan (sekolah, keluarga, masyarakat) dan tiga jalur pendidikan (formal, informal, nonformal) dengan menggali dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang terdapat di sekitarnya.

  3. Menggunakan strategi  pembelajaran yang sesuai sintak prototype pada rancangan pembelajaran yang terpilih.

  4. Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan RPP.

  5. Menjalankan penilaian dengan instrumen yang telah disusun.


Pedoman:





  1. Berilah tanda cek (√) di kolom “Betul-betul Bagus”, “Bagus”, “Lumayan”,  “Perlu Peningkatan” di tiap aspek pengamatan. Berikan catatan atau saran bagi perbaikan sesuai hasil pengamatan.

  2. Fokuskan pengamatan di pengintegrasian penguatan letter peserta didik lewat literasi, kompetensi abad 21 (4C), dan HOTS.



File Pendidikan

File Pendidikan

File Pendidikan










File Pendidikan
Format Praktek Pembelajaran (Peer Teaching)

Skor yang diperoleh

Nilai = ________________________ X 100

Skor maksimal

Masukan atas Praktek Pembelajaran secara umum

………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………….


 ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN

File Pendidikan

PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh pengajar/mahasiswa ketika mendidik. Kemudian, nilailah seluruh aspek yang terdapat pada  rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini,











File Pendidikan
Format Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG)


Selengkapnya silahkan dowbload di tautan di bawah ini :


  • Unduh Verkeersopstopping Praktek Pembelajaran (Peer Teaching),ms.wod



  • Unduh Verkeersopstopping APKG (Alat Penilaian Kemampuan Pendidik),ms.word


Alternatif verkeersopstopping lainnya :

Unduh, Download Aplikasi Supervisi Kelas Dalam Penilaian Kinerja Guru, PKG Oleh Kepala Sekolah, Madrasah


Instrumen pada wujud Program Supervisi Kelas pada Penilaian Performa Pendidik (PKG) yang dilakukan oleh Kepala Sekolah sengaja dib…

Download Aplikasi Guru Kelas SD/MI Secara Gratis Bisa Ms Excel dan Ms Word


Selamat sore rekan rekan bingkaiguru.blogspot.com. Kalium ini akan berbagi Program Adminitrasi Pendidik Kelas. Hasil pengalaman semacam itu …




Demikianlah mengenai Bahan Praktek Pembelaaran atau Peer Teaching Pendidik dan APKG atau Alat Penilaian Kemampuan Pendidik. Semoga bermanfaat.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top