Download Materi Lengkap Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019 - Maya Blog

Download Materi Lengkap Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019

Bahan Pembelajaran Latihan Kepemimpinan untuk Calon Kepala Sekolah / Madrasah, Institusi Pengembagan Kepala Sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mengadakan Pendidikan dan Latihan atau Diklat Penguatan Kepala Sekolah. Artian penguatan Kepala Sekolah yakni Kepala Sekolah yang sedang aktif menjabat selaku kepala sekolah di satuan pendidikan tetapi belum mengikuti Diklat di tahun sebelumnya yang diselengkarakan oleh LPPKS (Institusi Pengembanagan Kepala Sekolah) yang berpusat di Surakarta, Solo. Bagi tahun kini seperti di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat tepatnya di tanggal 9 September 2019 akan diadakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah. Setelah selesai dan berakhir dinyatakan lulus dari Diklat karenanya akan memperoleh NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah).


Pada rangka peningkatan mutu kepala sekolah/madrasah pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 28 tahun 2010 mengenai Penugasan Pengajar Selaku Kepala Sekolah/ Madrasah. Permendiknas ini mengandung mengenai aplikasi penyiapan calon kepala sekolah/madrasah, proses pengangkatan kepala sekolah/madrasah, lama kewajiban, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), penilaian daya kerja kepala sekolah/madrasah, mutasi dan pemberhentian kewajiban pengajar selaku kepala sekolah/madrasah.


Pada aplikasi penyiapan calon kepala sekolah/madrasah, peserta yang telah lulus seleksi administrasi dan seleksi akademik, mengikuti Pendidikan dan Latihan Calon Kepala Sekolah/madrasah (Diklat Cakep). Pada Diklat Calon Kepala sekolah tersebut, peserta mendapat materi-materi yang berkaitan dengan kewajiban, utama dan guna kepala sekolah bagus bersifat manajerial sekolah maupun kepemimpinan sekolah.


Berkaitan dengan ridderzaal tersebut, LPPKS menyiapkan bahan pembelajaran sesuai dengan bahan yang dibutuhkan calon kepala sekolah. Bahan ini dirancang bagi pembelajaran mandiri, sehingga calon kepala sekolah dapat menggunakan bahan pembelajaran ini secara aktif. Dengan harapan di ahir kegiatan pembelajaran, pengetahuan dan keterampilan peserta pada mempersiapkan diri menjadi kepala sekolah menujukkan peningkatan yang signifikan dan di gilirannya akan dapat dimanfaatkan selaku mendasar pengembangan keprofesian mereka secara berkelanjutan. Kemudian dari segala yang diperolehnya itu, diinginkan akan berdampak di semakin banyaknya pemimpin-pemimpin baru yang amanah, berjiwa wirausaha, dan profesional.


Terima kasih kepada segala pihak yang telah terlibat pada penyusunan bahan pembelajaran ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati kita segala.












File Pendidikan
Download Materi Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019



Ruang Lingkup Bahan

Ruang lingkup bahan sajian disusun selaku berikut:


  1. Integritas kepribadian selaku pemimpin

  2. Bekerja sama dengan pihak lain dan mempunyai kepekaan sosial kepada orang atau kelompok lain.

  3. Bekerja keras, menghasilkan inovasi, pantang menyerah, dan mempunyai naluri kewirausahaan pada mengelola kegiatan sekolah/madrasah selaku sumber belajar calon kepala sekolah.


Langkah-Langkah Pembelajaran


Bahan Diklat ini dapat digunakan calon Kepala Sekolah atau bagai penguatan kepala sekolah selaku referensi pada memimpin di sekolah. Permasalahan yang Saudara peroleh diskusikan dengan  pengawas/fasilitator. Hasil diskusi dapat digunakan bagi menyempurnakan program kepemimpinan di sekolah. Hasil penyempurnaan program kepemimpinan dipaparkan di hadapan pengawas/fasilitator dengan mekanisme operasional yang jelas dan menambah peran, tanggung jawab petugas yang diberi amanat sehingga dapat mempermudah aktifitas kepala sekolah selaku pemimpin pada mengelola sekolah sehingga dapat memperlancar aktifitas kepala sekolah sehari-hari dan optimalisasi kegiatan pembelajaran yang dengan kewirausahaan yang berkepemimpinan serta mempunyai integritas sehingga warga sekolah memliki jiwa wirausaha, berkepribadian,sosial pada mengelola sekolah selaku sumber belajar.

Uji Pengetahuan Awal



  1. Apa yang dimaksud dengan integritas?

  2. Apa yang dimaksud dengan integritas kepribadian kepala sekolah?

  3. Integritas kepribadian seperti apakah yang mesti dimiliki seorang kepala sekolah?

  4. Kerja sama seperti apa yang perlu dibangun dengan warga sekolah dan masyarakat pada meningkatkan kegiatan pembelajaran pelajar.

  5. Kenapa kepala sekolah perlu menjaga hubungan bagus dan mempunyai kepekaan sosial pada
    menjalankan kepemimpinannya selaku kepala sekolah? Jelaskan!

  6. Apa yang dimaksud dengan jiwa wirausaha kepala sekolah?

  7. Sebutkan beberapa ciri-ciri wirausaha yang berhasil?

  8. Kenapa kepala sekolah ingin menjadi seorang wirausaha yang sukses?


Konsep Kepemimpinan Pembelajaran


Kepemimpinan pembelajaran di dasarnya adalah sebuah suatu implementasi kepemimpinan seorang pemimpin institusi pendidikan yang memfokuskan diri di kualitas pembelajaran sehingga yang bersangkutan secara terus menerus memaksimalkan kualitas pembelajaran yang diselenggarakan di lembaganya. Sekaitan dengan fokusnya di pembelajaran karenanya kepemimpinan pembelajaran atau Instructional Leadership ini seringkali disebut selaku Learning-Centred Leadership. Indikator kesuksesan pengembangan kualitas pembelajaran ini terutama diukur via kualitas lulusannya, bagus via capaian atau hasil belajar lulusan maupun kebermanfaatan atau keberdayaan lulusan di tahapan pendidikan yang lebih tinggi maupun di dunia kerja.


Selengkapnya segala bahan Diklat Calon Kepala Sekolah / Penguatan Kepala Sekolah ialah selaku berikut.














Serupa :


Bahan Diklat, Pedoman Teknis Penugasan Pengajar Selaku Kepala Sekolah/Penguatan Kepala Sekolah ini menurut lampiran V Peratura…


Tata mengatur atau Paparan Kebijakan Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Penguatan Kepala Sekolah. bahan ini disampaikan …

Unduh Modul 


Report Program Kerja Kepala Sekolah TP. 20…/20… dan Program Kerja TP. 20…/2…  LAPORAN  PELAKSANAAN PROGRAM KERJA TAHUN 2017/2018 Report Program Kerja Kepala Sekolah TP. 20…/20… dan Program Kerja TP. 20…/20… Pendidikan adalah sebuah tanggung jawab bersama antara sekolah, orang tua dan masyarakat (Tri Pusat, Pendidikan). Sesuai dengan UU No. 20 Tahun…


Demikianlah yang dapat admin susun mengenai Bahan Diklat bagi Bahan Bahan Calon Kepala Sekolah dan Bahan Diklat Penguatan Kepala Sekolah. Semoga menolong Bapak Ibu bagus yang akan melaksankan Diklat, maupun yang sedang menjalankan Diklat. Kami ucapkan selamat belajar dan sekola lulus dengan predikat bagus bahkan lebih bagus atau memuaskan. Demikianlah dan terima kasih.


Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top