Unduh soal latihan USBN SD/MI 2019 yang disertai dengan pembahasan dan kunci jawabannya. |
Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di tingkat SD/MI tahun 2019 hanya menguji tiga mata pembelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kisi-Kisi soal USBN SD/MI 2019 telah dirilis selaku referensi pada penyusunan soal USBN SD/MI yang menggunakan bahan irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Jadwal USBN buat tahapan SD/MI akan digelar mulai tanggal 22 hingga 24 April 2019.
Format kisi-kisi USBN SD/MI tahun 2019 mengandung level kognitif dan ruang lingkup bahan. Terdapat 3 level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Program, serta Penalaran. Soal yang diujikan pada USBN SD/MI tahun 2019 ialah format soal alternatif ganda dan uraian. Dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal alternatif ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal alternatif ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal alternatif ganda dan 5 soal uraian.
CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA USBN SD/MI DAN PEMBAHASANNYA
7. Cermati paragraf berikut!
Besok pagi ada pembelajaran menggambar. Bu Intan memberikan instruksi buat membawa buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna.
Makna kata bergaris bawah pada paragraf tersebut ialah ….
A. perintah
B. pembelajaran
C. pedoman
D. peraturan
Makna kata “instruksi” pada paragraf tersebut ialah perintah. Jawaban: A
CONTOH SOAL MATEMATIKA USBN SD/MI DAN PEMBAHASANNYA
12. Riri mempunyai penghapus sebanyak 11 kotak. Setiap kotak berisi 6 penghapus. Di dikala kenaikan kelas, Riri membagikan penghapus tersebut kepada 22 temannya. Berapa banyak penghapus yang diterima masing-masing anak?
A. 2 buah
B. 3 buah
C. 4 buah
D. 5 buah
Banyak penghapus Riri = 11 kotak
Banyak penghapus tiap kotak = 6 penghapus
Jumlah seluruh penghapus Riri = 11 × 6 = 66 buah.
Penghapus akan dibagikan kepada 22 temannnya = 66 : 22 = 3 buah
Jadi, banyak penghapus yang diterima masingmasing anak ialah 3 buah. Jawaban: B
CONTOH SOAL IPA USBN SD/MI DAN PEMBAHASANNYA
34. Berikut ini merupakan kegiatan manusia yang dapat mengganggu proses daur air, kecuali ….
A. mengubah sawah menjadi area pemukiman
B. mencuci motor setiap hari walaupun masih bersih
C. membiarkan lahan kosong tanpa ditanami tumbuhan
D. tak membuang sampah di sungai
Kegiatan manusia yang tak mengganggu proses daur air ialah tak membuang sampah di sungai. Dan juga, kegiatan manusia yang mengganggu proses daur air antara lain mengubah sawah menjadi pemukiman, mencuci motor setiap hari walaupun masih bersih, dan membiarkan lahan kosong tanpa ditanami tumbuhan. Jawaban: D
Buat persiapan menghadapi USBN SD/MI tahun 2019, pelajari segala indikator yang terdapat di kisi-kisi USBN SD tahun 2019 dan perbanyak latihan soal. Berikut kumpulan paket soal latihan USBN SD/MI 2019 yang disertai dengan pembahasan dan kunci jawabannya. Kumpulan soal latihan USBN SD/MI 2019 dengan kunci jawabannya dapat didownload lewat tautan berikut:
DOWNLOAD SOAL LATIHAN BAHASA INDONESIA USBN SD/MI
DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL LATIHAN BAHASA INDONESIA USBN SD/MI
DOWNLOAD SOAL LATIHAN MATEMATIKA USBN SD/MI
DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL LATIHAN MATEMATIKA USBN SD/MI
DOWNLOAD SOAL LATIHAN IPA USBN SD/MI
DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL LATIHAN IPA USBN SD/MI
Buat bahan belajar menghadapi USBN SD/MI tahun 2019, dapat menggunakan kumpulan soal latihan atau soal prediksi USBN SD/MI sesuai kisi-kisi. Kumpulan soal USBN SD/MI tahun 2019 yang telah disertai dengan pembahasannya kunci jawabannya Buat bahan belajar menghadapi USBN SD/MI, dapat menggunakan soal latihan USBN SD/MI di atas.
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment