Soal Ulangan Bahasa Jawa Kelas 5 Semester 2 K13 - Maya Blog

Soal Ulangan Bahasa Jawa Kelas 5 Semester 2 K13










File Pendidikan
Unduh soal penilaian ahir tahun atau UAS semester 2 pembelajaran muatan lokal Bahasa Jawa kelas 5 sesuai Kurikulum 2013.

Dipertahankannya pembelajaran Bahasa Jawa pada kurikulum 2013 ini perlu, karena pembelajaran bahasa daerah ini urgen buat pembinaan letterteken pelajar. Pembelajaran Bahasa Jawa tak dijadikan satu mapel tersendiri melainkan masuk pada mapel Muatan Lokal. Meski demikian, dijamin ontvangstruimte tersebut tak akan mengurangi esensi bahan yang disampaikan kepada pelajar.


Pentingnya pembelajaran muatan lokal tersebut buat memperkuat identitas bangsa di kalangan pelajar sekolah. Pemberian pembelajaran Bahasa Jawa kepada pelajar sekolah pun diinginkan dapat terus melestarikan kebudayaan tradisi di Indonesia. Muatan lokal (mulok) Bahasa Jawa menjadi diantara mata pembelajaran yang diajarkan di SD yang terpisah dengan tematik.


KOMPETENSI DASAR BAHASA JAWA KELAS V KURIKULUM 2013


Penilaian ahir tahun (PAT) atau dulu dikenal dengan ulangan ahir semester 2 (UAS) dilaksanakan di bulan Mei sesuai dengan Kalender Pendidikan yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Diantara mata pembelajaran yang diujikan sesuai dengan Kurikulum 2013 (K13) buat level kelas 5 Sekolah Basic (SD) yaitu mata pembelajaran muatan lokal Bahasa Jawa.


Pengklasifikasian Kompetensi Basic (KD) Bahasa Jawa kelas 5 SD sesuai Kurikulum 2013 perlu dilakukan buat mempermudah pada melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membangun soal evaluasi, mempermudah pada membangun kisi-kisi soal serta dapat mempermudah pada melakukan analisa soal.


Berikut KD Bahasa Jawa kelas 5 sesuai Kurikulum 2013:


3.1 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks narasi atau deskripsi.
3.2 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks mengenai peristiwa faktual secara lisan dan tulis.
3.3 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi bermacam-macam ragam gaya bahasa (basa rinengga/ lalongèt) pada konteks komunikatif.
3.4 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi tembang macapat sesuai dengan kaidah.
3.5 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks cerita pewayangan/ topѐng dhâlâng.
3.6 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi pasangan aksara Jawa/ Madura sesuai dengan kaidah.


Contoh Soal PAT / UAS Semester 2 Bahasa Jawa Kelas 5


Ayo garapen soal ing ngisor iki kanthi bener!


1. Wacan ing dhuwur kalebu ….
A. deskripsi
B. narasi
C. eksposisi
D. persuasi


11. Tembung sing sipate nacad marang kahanane liyan diarani …
A. pepindhan
B. panyandra
C. paanyendhu
D. parikan


16. Kang isine bab sindhiran, lelucon lan pitutur arane ….
18. Tulisen 3 wae tulodho tembung panyendhu!
24. Prabu Puntadewa lan Dewi Drupadi duwe putra ….


30. Tulisen 3 wae dasanamane Prabu Puntawenda!
32. Apa sing nyebabake Prabu Salya seda?
39. “Kelas lima nyapu latar”, tulisen nganggo aksara jawa!


Selengkapnya soal penilaian ahir tahun atau UAS semester 2 pembelajaran muatan lokal Bahasa Jawa kelas 5 sesuai Kurikulum 2013 yang belum disertai dengan kunci jawabannya dapat didownload via tautan berikut ini:



Soal PAT atau UAS semester genap kelas 5 SD disusun merujuk pada kisi-kisi. Soal UTS mata pembelajaran Bahasa Jawa kelas 5 SD dari soal alternatif ganda, isian singkat, dan uraian. Di ahir semester 2 setidaknya setengah KD Bahasa Jawa kelas 5 buat bahan penilaian. Di Kurikulum 2013 buat kelas 5, Bahasa Jawa menjadi mata pembelajaran sendiri diluar pembelajaran tematik terpadu.


Buat bahan persiapan anak-anak menghadapi ujian ahir tahun atau ulangan ahir semester 2 mata pembelajaran Bahasa Jawa, khususnya kelas 5 SD yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan UAS Bahasa Jawa di atas yang belum disertai dengan kunci jawabannya.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top