Unduh Buku Pegangan Pembekalan Guru/Instruktur/Narasumber Program PKP Berbaisi Zonasi - Maya Blog

Unduh Buku Pegangan Pembekalan Guru/Instruktur/Narasumber Program PKP Berbaisi Zonasi

Direktorat Jenderal Pengajar Tenaga dan Tenaga Kependidikan mengeluarkan / menerbitkan Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Pengajar Inti Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP). 










File Pendidikan
Buku Pegangan Pembekalan Guru/Instruktur/Narasumber Program PKP Berbaisi Zonasi


Target kompetensi yang ingin diperoleh dari pembekalan ini yakni peserta dapat memfasilitasi kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).

Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Pengajar Inti Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).


Adapun Tujuannya yakni selaku berikut :

Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diinginkan mampu:


  1. memahami bahan pembekalan berupa konsep Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS), Penguatan Pendidikan Letter (PPK) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN), Pengembangan Pembelajaran, Penilaian dan Praktik Pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS), serta strategi fasilitasi kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran,

  2. mengerjakan transfer knowledge bagus teori maupun praktik pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang terintegrasi 5 (lima) unsur Penguatan Pendidikan Letter (PPK) dan Literasi,

  3. memfasilitasi kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran sesuai dengan skenario pembelajaran.


Indikator Pencapai Peserta PKP :
Indikator pencapaian kompetensi yang diinginkan diperoleh oleh peserta lewat kegiatan ini yaitu.



  1. Menjelaskan kebijakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Dengan Zonasi,

  2. Menjelaskan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), PPK, dan Gerakan Literasi Nasional,

  3. Menganalisis Unit Pembelajaran,

  4. Memaksimalkan pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills),

  5. Memaksimalkan Penilaian Berorientasi HOTS,

  6. Memaksimalkan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,

  7. Mempraktikkan Pembelajaran HOTS pada format Peer Teaching,

  8. Menganalisis strategi fasilitasi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran. 


Struktur Program Diklat PKP Dengan Zonasi


Struktur Program dan Alokasi Waktu di
Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional










File Pendidikan
Struktur Program Diklat PKP Berbasis Zonasi

Penjelasan Bahan

1. Topik Umum


  • a. Kebijakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Dengan Zonasi. Bahan ini membahas mengenai kebijakan pendidikan mengenai pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Dengan Zonasi.

  • b. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), PPK, dan Gerakan Literasi Nasional. Bahan ini membahas mengenai konsep Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS) , Penguatan Pendidikan Letter (PPK) khususnya di 5 nilai utama letterteken, yaitu religiositas, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas, serta Gerakan Literasi Nasional di Literasi baca tulis, numerasi, Sains, digital, finansial, budaya dan kewarganegaraan. 


2. Topik Utama




  • Pendalaman Bahan Pembelajaran. Bahan ini membahas mengenai Bahan Pembelajaran yang berisi kompetensi mendasar dan indikator pencapaian kompetensi, bahan bacaan dan latihan/kasus/kewajiban selaku sumber belajar pada pembelajaran berorientasi HOTS.

  • Pengembangan Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Bahan ini membahas mengenai kegiatan pembelajaran yang melibatkan aktifitas peserta didik dengan menggunakan model-model pembelajaran bagi mencapai kecakapan abad 21.

  • Penilaian Berorientasi HOTS. Bahan ini terdiri penialaian sikap, pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran berorientasi HOTS.

  • Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Di bahan ini, peserta menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berorientasi HOTS dilengkapi dengan telaah video pembelajaran selaku sumber pada pembelajaran berorientasi HOTS.

  • Praktik Pembelajaran HOTS pada format Peer Teaching. Di bahan ini, peserta mengerjakan Peer Teaching Pembelajaran HOTS merujuk pada RPP yang telah disusun.

  • Strategi Fasilitasi. Bahan ini membahas mengenai strategi fasilitasi di Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran. 


 3. Topik Penunjang


  • Rencana Tindak Lanjut. Bahan ini membahas mengenai penyusunan rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan oleh peserta setelah mengikuti kegiatan pembekalan.

  • Tes Awal dan Tes Ahir. Di kegiatan ini peserta mengerjakan tes awal bagi melihat kemampuan awal peserta sebelum mengikuti Pembekalan dan mengerjakan tes ahir bagi melihat kemampuan peserta setelah mengikuti Pembekalan.


Selaku Pegangan Peserta Pengajar selaku peserta, Nasasumber atau Instruktur, admin persilahkan Bapak Ibu Unduh Bukunya di Listig Unduh di bawah ini.


Baca pun yang lainnya berikut ini :


Pemerintah menggulirkan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) dan memanggil para peserta Diklat (Pendidikan dan Latih…


Apakah itu PPG ? PPG kependekan dari Pendidikan Profesi Pengajar yaitu pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mem…


Solusi Lupa Email/User dan Password SIM PKB GPO (Guru Pembelajar Online) Manusia tak luput dari lupa/hilap dan kesalahan. Keadaan seperti lupa/hilap dan kesalahan memang dapat terjadi bagi seluruh mansusia, tak pandang bulu, siapa saja pasti akan mengalami dengan lupa/hilap dan kesalahan. Salon  ini amat sulit bagi dihindari, apalagi lansia (lanjut usia) risiko…


Riview verkeersopstopping :


Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Pengajar Inti Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).




Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran adalah langkah strategis bagi meningkatkan kompetensi pengajar secara berkelanjutan sehingga dapat mengerjakan pembelajaran yang menarik dan berinovasi sesuai keperluan bahan yang diajarkan. Kesuksesan pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran ditentukan oleh kesungguhan seluruh pihak pada menjalankan program ini.


Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top