Materi Diklat Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Mapel IPA Paket 3 Energi dan Perubahannya SD - Maya Blog

Materi Diklat Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Mapel IPA Paket 3 Energi dan Perubahannya SD

Direktorat Jenderal Pengajar dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2019 via Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota berikutnya via Kepala UPTD/UPT/Kooordinator Bidang Pendidikan Tingkat Kecamatan telah menerbitkan surat Undangan Peserta Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Tahun 2019 bagus Pengajar-Pengajar tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Basic (SD) maupun Pengajar-Pengajar Sekolah Menengah Pertama-tama (SMP), bahwa pada rangka peningkatan mutu dan profesionalisme pendidik. Setiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota akan menyenggarakan kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Tahun 2019, mulai bulan Oktober hingga dengan Desember 2019 di seluruh Indonesia.


Persyaratan yang mesti dibawa oleh setiap peserta Diklat PKP Berbasisi Zonasi telah ditentukan, diantanranya yaitu :


  1. Surat Kewajiban dari Kepala Sekolah

  2. Laptop

  3. Modem, dan

  4. Flashdisk


Selain persyaratan seperti di atas biasanya para peserta Diklat bagi membawa atau menyediakan Buku Bahan Diklat seperti yang kami share sekarang ini ini, yaitu Buku Bahan Bahan Diklat Paket Unit Pembelajaran Program Keprofesian Berkelanjutan (PKB) via Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Dengan menggunakan Zonasi.

 

Mata Pembelajaran pada Buku ini yaitu :


  1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kekuatan dan Perubahannya (SD) Sekolah Basic, dan

  2. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Medis (PJOK) bagi SMP (bukunya terpisah)


Berikut ini contoh soal-soal UN topik Hubungan Gaya dan Gerak di Kompetensi Basic 3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak di peristiwa di lingkungan sekitar, kelas IV (Permendikbud Nomor 37, 2018). Soal-soal ini disajikan agar dapat dijadikan selaku alat berlatih untuk peserta didik bagi menyelesaikannya. Selain itu, soal-soal ini pun dapat menjadi rujukan ketika Saudara akan mengoptimalkan soal yang setara di topik Hubungan Gaya dengan Gerak.

 

1. Contoh soal UN SD Tahun 2016/2017


File Pendidikan

File Pendidikan

Selengkaonya silahkan miliki segera oleh Bapak Ibu.

 


 

Bahan Diklat Program PKB via PKP Dengan menggunakan Zonasi Mapel IPA Paket 3 Kekuatan dan Perubahannya SD ( LINK DOWNLOAD )

 

Baca pun di bawah ini.










Besar harapan kami, Unit-unit pembelajaran yang telah dikembangkan ini dapat menjadi rujukan Saudara pada mengoptimalkan desain pembelajaran dan penilaian yang berorientasi Higher Order Thinking Skills/HOTS yang terintegrasi dengan 5 (lima) unsur utama Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan literasi pada rangka mencapai kecakapan Abad ke-21. Berikutnya, saudara dapat menggunakan desain yang telah disusun pada pembelajaran kepada peserta didik di kelas masing-masing.


Pada rangka mencapai tujuan tersebut, Saudara perlu memahami unit-unit ini dengan bagus. Oleh karena itu, unit-unit perlu dipelajari dan dikaji lebih lanjut oleh Saudara bersama guru-guru IPA lainnya pada Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) di KKG di wilayah masingmasing. Saudara bersama guru-guru lainnya perlu mengkaji dengan bagus seluruh komponen unit pembelajaran yang disajikan sehingga dapat mempermudah Saudara mengimplementasikannya di kelas. Selain itu, saudara
dapat mengantisipasi kesulitan-kesulitan yang mungkin dihadapi.


Unit-unit pembelajaran dikembangkan agar mempermudah Saudara pada menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hal ini karena aktivitas pembelajaran yang disajikan adalah rujukan umum langkah pembelajaran bagi mencapai masing-masing KD. Saudara perlu memerinci aktivitas pembelajaran menjadi skenario di pada RPP agar lebih gampang diimplementasikan. Selain itu, Saudara masih perlu mengoptimalkan soal-soal tes dan instumen penilaian lainnya yang berorientasi HOTS dengan mengacu di contoh yang disajikan.


Pada menjalankan kegiatan praktikum sesuai LKPD, Saudara dapat memenuhi keperluan alat dan bahan yang digunakan dengan bahan-bahan yang terdapat dilingkungan masing-masing (kontekstual). Semacam itu pula pada mengalokasikan waktu pembelajaran, saudara dapat menyesuaikannya. Selain itu, Saudara dapat mengadaptasi langkah pembelajaran yang disajikan di unit pembelajaran bagi mengoptimalkan RPP topik-topik lainnya.


Dalam kurun waktu mengimplementasikan unit-unit ini, Saudara perlu terus merefleksikan dan mengevaluasi keefektifan, kesuksesan serta permasalahannya. Permasalahan-permasalahan yang ditemukan dapat
seketika didiskusikan dengan pendidik lainnya, instruktur, kepala sekolah, serta pengawas agar dapat dengan segera menemukan solusinya. Setiap kesuksesan, permasalahan , dan solusi yang ditemukan dalam rentang waktu pembelajaran perlu Saudara tuliskan pada wujud karya tulis best practice atau lainnya.
Di akhirnya, Saudara dapat menjalankan pembelajaran dengan bagus, peserta didik mencapai hasil belajar yang optimal, sekaligus Saudara menghasilkan karya tulis yang bermanfaat untuk pengembangan keprofesian.


Pada rangka perbaikan dan pengembangan unit-unit lainnya, Kami mengaharapkan saran, masukan, dan usulan penyempurnaan yang dapat disampaikan kepada tim penulis via surat elektronik (e-mail).


Demikian yang dapat kami share. Semoga Bapak Ibu pada menjalankan Diklat PKB via PKP berjalan dengan sukses tanpa adanya halangan dan rintangan, sehingga menghasilkan nilai yang bagus hingga dengan nilai amat bagus atau memuaskan.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top