Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 IPS-K13 - Maya Blog

Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 IPS-K13

File Pendidikan

Download Contoh Soal Beserta Jawaban Siap Penilaian Tengah Semester (PTS) 1/Ganjil SMP-MTs Mapel IPS Kurikulum 2013 Revisi Terbaru


Penilaian tengah semester ganjil atau PTS I mapel IPS adalah diantara tahapan ujian bagi mapel IPS yang diselenggarakan di pertengahan semester. Muatan mapel Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS ini mengacu di Kurikulum 2013.


Bahan Pembelajaran IPS di SMP-MTs Merujuk pada Kurikulum 2013


Bahan pembelajaran IPS diambil dari kehidupan nyata yang terdapat di lingkungan masyarakat. Bahan atau bahan diambil dari pengalaman pribadi, teman-teman sebaya, serta lingkungan alam, dan masyarakat sekitarnya. Dengan cara ini diinginkan, bahan akan lebih gampang dimengerti karena mempunyai makna lebih besar untuk para peserta didik daripada bahan pembelajaran yang abstrak dan rumit yang berasal dari Ilmu-ilmu Sosial.


Ruang lingkup bahan IPS meliputi perilaku sosial, ekonomi dan budaya manusia di masyarakat. Masyarakat adalah sumber utama IPS. Aspek kehidupan sosial terkait dengan ruang tempat tinggalnya apapun yang dipelajari, apakah itu hubungan sosial, ekonomi, budaya, kejiwaan, sejarah,
geografis ataukah politik, sumbernya yakni masyarakat.


Dari yang diterangkan oleh Winataputra (2007: 1. 48) bahwa visi pendidikan IPS selaku program pendidikan yang menitikberatkan di pengembangan individu peserta dijpdik selaku “aktor sosial” yang mampu mengambil keputusan yang bernalar dan selaku “warga negara” yang cerdas, mempunyai komitmen, bertanggung jawab dan partisipatif. Via pendidikan IPS, peserta didik dibina dan dikembangkan kemampuan mental serta intelektualnya menjadi warga Negara yang mempunyai keterampilan dan kepedulian sosial serta bertanggung jawab kepada pembangunan nasional dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang terdapat secara optimal dan lestari.


Bahan Penilaian Tengah Semester Ganjil Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII SMP-MTs Merujuk pada Kurikulum 2013


Bahan yang seharusnya diujikan di PTS I Kelas VII SMP-MTs seharusnya hingga di Bab I satu saja. Meskipun hanya satu bab, namun cakupan materinya lumayan luas. BAB I bertajuk “Manusia, Tempat, dan Lingkungan’. Terdiri atas enam subbab yang tentu saja relatif lumayan panjang.


Persiapan


Mengingat penilaian tengah semester adalah komponen urgen pada penilaian prestasi belajar peserta didik, karenanya persiapan yang layak seharusnya dilakukan. Persiapan yang sangat ideal yakni dengan membiasakan diri belajar secara terus menerus. Sikap yang mesti diperhatikan pada belajar yakni fokus dan ketuntasan. Luaran atau output dari hasil belajar yang ideal yakni pemahaman bahan yang didukung dengan penalaran yang tertata dan dengan pendekatan ilmiah. Telah saatnya peserta didik bagi memahami bahan pembelajaran dengan landasan penalaran yang kuat dan telah seharusnyalah pendekatan hafalan mulai dikurangi.


Mempersiapkan diri secara bagus artinya bahwa kita sedang mempersiapkan bagi sukses. Sebaliknya, yang tak mempersiapkan diri dengan bagus karenanya sejatinya kita mempersiapkan diri bagi gagal. Namun demikian, seandainya kita telah mempersiapkan semua sesuatu dengan bagus namun hasilnya tak seperti yang diinginkan, karenanya hal tersebut dapat digunakan selaku bahan evaluasi agar kita dapat terus berbenah.


Keterangan Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 IPS-K13


Soal persiapan PTS I mapel IPS Kelas VII SMP-MTs ini berisi dua puluh soal yang disertai dengan jawaban. Soal diusahakan memicu penalaran peserta didik sesuai dengan tuntutan kurikulum. Soal disertai dengan jawaban. Namun jawaban hanya ada di halaman situs ini saja.


Berikut yakni tautan kutipan dari Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 IPS-K13:


1. Terdapat beberapa kondisi saling bergantung yang diperlukan bagi terjadinya interaksi keruangan. Berikut yakni beberapa kondisi atau syarat yang diperlukan, kecuali……….
a. Saling melengkapi
b. Kesempatan antara
c. Saling berbagi
d. Keadaan dapat diserahkan/dipindahkan
2. Seandainya seseorang akan membeli suatu produk, karenanya ia akan memperhatikan faktor jarak dan biaya bagi memperoleh produk tersebut. Contohnya, Wilayah A biasanya membeli ikan ke wilayah B, namun kemudian dipahami ada wilayah C yang pun penghasil ikan. Karena Wilayah C jaraknya lebih dekat dan ongkos transportasinya lebih murah, para
pembeli ikan dari wilayah A akan beralih membeli ikan ke wilayah C. Akibatnya, interaksi antara wilayah A dengan B melemah.
Hal tersebut di atas yakni contoh narasi
a. Saling melengkapi
b. Kesempatan antara
c. Saling berbagi
d. Keadaan dapat diserahkan/dipindahkan
3. Berikut yang bukan adalah komponen peta
a. Judul peta
b. Skala peta
c. Orientasi barat
d. Orientasi utara
4. Indonesia berada di jalur pertemuan tiga lempeng, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Hindia. Posisi tersebut merancang Indonesia mempunyai banyak gunung api. Keuntungan dari hal ini yakni munculnya potensi sumber daya mineral dan tenaga.
Keterangan di atas menunjukkan keuntungan Indonesia dari segi …
a. Astronomis
b. Geografis
c. Geologis
d. Hidrologis
5. Indonesia dikenal kaya akan sumber daya alamnya. Diantara sumber daya alam yang amat urgen di Indonesia yakni sumber daya hutan. Dari sumber daya hutan tersebut, berikut yakni hasil hutan yang mendominasi kekayaan alam Indonesia
a. Kayu
b. Buah-buahan
c. Beras
d. Karet
15. Gempa bumi yang diakibatkan oleh aktivitas gunung berapi yakni
a. Gempa tektonik
b. Gempa vulkanik
c. Gempa Tsunami
d. Gempa sedang
16. Angin muson bertekanan maksimum yang bergerak dari Benua Australia ke benua asia yang bertekanan minimum menyebabkan musim.
a. Hujan
b. Semi
c. Salju
d. Kemarau
17. Gajah, harimau, banteng, dan badak bercula satu yakni contoh-contoh hewan yang berasal dari
a. Indonesia bagian tengah
b. Indonesia bagian barat
c. Indonesia bagian timur
d. Indonesia bagian utara
18. Fauna Indonesia bagian tengah adalah fauna peralihan. Dengan demikian, ia menjadi unik karena berbeda dengan fauna di wilayah Indonesia bagian lainnya. Fauna Indonesia bagian tengah ini disebut dengan
a. Fauna tipe asiatis
b. Fauna tipe australis
c. Fauna tipe endemis
d. Fauna tipe pasifik
19. Bagi mencukupi swasembada pangan, Indonesia hingga dikala ini masih mengalami kesulitan. Hal ini disebabkan oleh interaksi keruangan dan pertumbuhan jumlah penduduk.
Keterangan tersebut di atas menjadi mungkin karena
a. Perubahan sosial budaya
b. Berkembangnya pusat pertumbuhan
c. Alih kegunaan lahan
d. Berkembangnya alat dan prasaran
20. Interaksi keruangan pun berdampak di kecenderungan peralihan mata pencaharian. Orientasi aktifitas yang sebelumnya yakni bersifat ekstraktif dan agraris cenderun berubah menjadi
a. Manufaktur dan kehutanan
b. Kehutanan dan pertanian
c. Jasa dan kemaritiman
d. Manufaktur dan jasa


Berikut yakni tautan Unduh Contoh Soal Dan juga Jawaban Siap Penilaian Tengah Semester (PTS) 1/Ganjil SMP-MTs Mapel IPS Kurikulum 2013 Revisi Terbaru:


Download Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 IPS-K13


Kunci Jawaban Soal Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 IPS-K13


1. C 2. B 3. C 4 C 5. A 6. A 7. B 8. A 9. A 10. B


11. D 12. B 13. A 14. A 15. B 16. D 17. B 18. C 19. C 20. D


BACA JUGA:


Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTS Kelas 7 Prakarya-K13

Soal-Jawab PTS 1 SMP-MTs Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum 2013


Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTS Kelas 7 PAI dan Budi Pekerti-K13


Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 Matematika-K13



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top