Diantara fungsi pengajar selain mendidik yakni merencanakan kegiatan belajar mendidik di kelasnya. Setiap pengajar di tuntut bagi membangun sebuah perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan perubahan perilaku dan kondisi pelajar serta lingkungannya. Apalagi memasuki zaman pembelajaran abad 21 dimana pengajar pun dituntut bagi menguasai teknologi guna menolong kegiatan belajar mengajarnya.
Ada beberapa faktor yang dapat mendukung kesuksesan pengajar pada kegiatan belajar mendidik. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat.
Kali ini saya akan membahas dan membagikan contoh RPP dengan model Example non example. apakah model example non example itu? bagaimana langkah-langkahnya? serta bagaimana kekurangan dan kelebihannya? mari kita pelajari bersama.
baca pun : model pembelajaran talking stick
PENGERTIAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE
Model Example non Example yakni strategi pembelajaran yang menggunakan media gambar pada penyampaian bahan pembelajaran yang bertujuan mendorong pelajar bagi belajar berfikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung pada contoh-contoh gambar yang disajikan.
Menurut Buehl (1996) pada Apariani dkk, (2010:20) menjelaskan bahwa examples non examples yakni taktik yang dapat digunakan bagi mengajarkan definisi konsep. Taktik ini bertujuan bagi mempersiapkan pelajar secara cepat dengan menggunakan 2 hal yang terdiri dari examples dan non examples dari suatu definisi konsep yang terdapat dan meminta pelajar bagi mengklasifikasikan keduanya sesuai dengan konsep yang terdapat. Examples memberikan sekilas akan sesuatu yang menjadi contoh akan suatu bahan yang sedang dibahas, sedangkan non examples memberikan sekilas akan sesuatu yang bukanlah contoh dari suatu bahan yang sedang dibahas.
Model Pembelajaran Examples non Examples menggunakan gambar selaku media pembelajaran. Media gambar adalah diantara alat yang digunakan pada proses belajar mendidik yang dapat menolong mendorong pelajar lebih melatih diri pada mengoptimalkan pola pikirnya. Dengan memakai media gambar diinginkan pada pembelajaran dapat bermanfaat secara fungsional untuk segala pelajar. Sehingga pada kegiatan pembelajaran pelajar diinginkan akan aktif dan semangat bagi belajar.
baca pun : model pembelajaran Make a Match
Langkah-Langkah Model Pembelajaran Examples Non Examples
Menurut (Agus Suprijono, 2009 : 125) Langkah – langkah model pembelajaran
Examples Non Examples, diantaranya :
1. Pendidik mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
menganalisa gambar.
Peserta didik diberi waktu melihat dan menelaah gambar yang disajikan secara
seksama agar detil gambar dapat dimengerti oleh peserta didik, dan pengajar pun memberi
penjelasan mengenai gambar yang diamati.
4. Lewat diskusi kelompok 2-3 orang pelajar, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut
diarsipkan di kertas.
Kertas yang digunakan sebaiknya disediakan pengajar.
5. Tiap kelompok diberi kesempatan bagi membacakan hasil diskusinya.
dilatih peserta didik bagi menjelaskan hasil diskusi mereka via perwakilan
kelompok masing-masing.
6. Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, pengajar mulai menjelaskan bahan sesuai
dengan tujuan yang ingin diperoleh.
7. Pendidik dan peserta didik menyimpulkan bahan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
- Pelajar pergi dari satu definisi yang berikutnya digunakan bagi memperluas pemahaman konsepnya dengan lebih mendalam dan lebih kompleks.
- Pelajar terlibat pada satu proses discovery (penemuan), yang mendorong mereka bagi membangun konsep secara progresif via pengalaman dari example dan non example
- Pelajar diberi sesuatu yang berlawanan bagi mengeksplorasi karakteristik dari suatu konsep dengan mempertimbangkan bagian non example yang dimungkinkan masih terdapat beberapa bagian yang adalah suatu karakter dari konsep yang telah dipaparkan di bagian example.
- Pelajar lebih berfikir kritis pada menganalisa gambar yang relevan dengan Kompetensi Basic (KD)
- Pelajar mengetahui program dari bahan berupa contoh gambar yang relevan dengan Kompetensi Basic (KD)
- Pelajar diberi kesempata mengemukakan pendapatnya yang mengenai analitik gambar yang relevan dengan Kompetensi Basic (KD)
- Urutkan contoh dari yang gampang ke yang sulit.
- Pilih contoh-contoh yang berbeda satu sama lain.
- Bandingkan dan bedakan contoh-contoh dan bukan contoh.
sumber : info dunia pendidikan, Rien Suciati, Ira Wartiadi
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment