Soal penilaian ahir semester 1 pembelajaran Matematika kelas 6 SD sesuai Kurikulum 2013. |
Ujian Ahir Semester (UAS) atau di Kurikulum 2013 disebut Penilaian Ahir Semester (PAS) buat mata pembelajaran Matematika terpisah dengan Tematik. Di Kurikulum 2013 (K-13) revisi terbaru buat kelas 6 SD/MI, Matematika menjadi mata pembelajaran sendiri. Selain itu, mata pembelajaran PJOK pun di luar pembelajaran tematik.
Soal UAS atau PAS semester 1 Matematika kelas 6 SD/MI disusun menurut kisi-kisi. Jadwal UAS atau PAS dilaksanakan sesuai dengan Kalender Pendidikan. PAS semester ganjil dilaksanakan di sekitar bulan Desember. Jadwal pelaksanaan PAS semester 1 kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 (K-13) dibuat oleh Dinas Pendidikan.
Pengklasifikasian Kompetensi Mendasar (KD) Matematika Kelas 6
Kurikulum 2013 (K-13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pembelajaran (mapel) Matematika di tingkatan Sekolah Mendasar dan sederajat buat kelas 5 di Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. Matematika SD Kurikulum 2013 (K-13) menjadi mata pembelajaran yang berdiri sendiri.
Manfaat adanya pengklasifikasian Komptensi Mendasar (KD) ini kegiatan belajar mendidik dapat terukur dan disesuaikan dengan kalender pendidikan agar tepat waktu dan tepat tujuan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Selain itu, dapat mempermudah sahabat pada menyusun kisi-kisi soal, melakukan penilaian.
Berikut KD Matematika kelas 6 Kurikulum 2013:
3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal pada bermacam-macam format sesuai urutan operasi
3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran
3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya
3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal buat menentukan nilai mana yang sangat tepat mewakili data
Contoh Soal UAS Matematika Kelas 6 Semester 1
I. Berilah tanda silang (x) di huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang sangat benar!
1. Lambang bilangan -27 dibaca ….
a. dua tujuh
b. positif dua puluh tujuh
c. negatif dua tujuh
d. negatif dua puluh tujuh
2. Lambang bilangan bulat negatif lima puluh delapan yaitu ….
a. +58
b. 58
c. -58
d. 508
8. Hasil dari -18 + 30 yaitu ….
a. -12
b. 12
c. 15
d. 35
15. Hasil dari 3 x (-38) yaitu ….
a. 114
b. -114
c. 124
d. -124
25. 115 – (14 x 3) : 7 = ….
a. 68
b. 92
c. 106
d. 109
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Hasil dari 30 + (-5) x (-3) yaitu ….
6. Nilai dari (187 + 125) : 26 – 8 = …..
7. Hasil dari 135 x 35 – 2.565 yaitu …..
9. 68 x (34 + 41) = (34 + 41) x n, karenanya n yaitu …..
10. 620 x 3 – 270 + 3 + 350 = …..
Baca pun: RPP Matematika Kelas 6 SD Kurikulum 2013
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas!
1. Sebuah termometer menunjukkan suhu 25°C, setelah beberapa dikala dicelupkan ke pada air es, di termometer terjadi penurunan suhu sebesar 15°C. Berapa suhu yang ditunjukkan termometer tersebut?
5. Banyak murid kelas VI yaitu 40 pelajar. Bapak pendidik akan membagikan pensil kepada murid-murid tersebut masing-masing 3 batang. Berapa kotak pensil yang mesti disediakan jikalau setiap kotak berisi 12 batang pensil?
Selengkapnya soal UAS atau soal penilaian ahir semester 1 pembelajaran Matematika kelas 6 SD sesuai Kurikulum 2013 yang telah disertai kunci jawabannya dapat didownload via tautan berikut ini:
Soal UAS semester ganjil mata pembelajaran Matematika kelas 6 Kurikulum 2013 (K-13) terdiri dari soal alternatif ganda, isian singkat, dan uraian. Buat bahan persiapan anak-anak menghadapi UAS atau PAS, khususnya kelas 6 SD/MI yang menggunakan Kurikulum 2013 (K-13) dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.
Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka (bilangan bulat skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik yang mengacu di setiap KD. Nilai penilaian ahir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD.
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment