Buku Literasi Digital (Materi Pendukung GLN) - Maya Blog

Buku Literasi Digital (Materi Pendukung GLN)

Buku Literasi Digital (Bahan Pendukung GLN) – Halo sobat filependidikan.informasi, di postingan ini saya akan berbagi Buku Literasi Digital / Bahan Pendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang pastinya dapat kamu unduh secara free.


Bangsa Indonesia adalah sebuah yang besar, oleh karena itu mesti mampu memaksimalkan budaya literasi selaku prasyarat kecakapan hidup abad ke-21 lewat pendidikan yang terintegrasi, mulai dari keluarga, sekolah, hingga dengan masyarakat. Penguasaan enam literasi basic yang disepakati oleh World Economic Forum di tahun 2015 menjadi betul-betul urgen tak hanya untuk peserta didik, tetapi pun untuk orang tua dan seluruh warga masyarakat. 6 (Enam) literasi basic tersebut meliputi literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan.


Pengembangan budaya literasi bangsa yaitu lewat penyediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca anak khusunya di tahun pembelajaran 2018/2019. Selaku bagian urgen dari penumbuhan budi pekerti, minat baca anak perlu dipupuk sejak usia dini mulai dari lingkungan keluarga. Minat baca yang tinggi, didukung dengan ketersediaan bahan bacaan yang berkwalitas dan terjangkau, akan mendorong pembiasaan membaca dan menulis, bagus di sekolah maupun di masyarakat. Dengan kemampuan membaca ini pula literasi basic berikutnya (numerasi, sains, digital, finansial, serta budaya dan kewargaan) dapat ditumbuhkembangkan.


File Pendidikan

Bagi membangun budaya literasi di seluruh ranah pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) selaku bagian dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Penumbuhan Budi Pekerti. GLN tak didominasi oleh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi digiatkan pula oleh para pemangku kepentingan, seperti pegiat literasi, akademisi, organisasi profesi, dunia usaha, dan kementerian/ organisasi lain.


GLN diinginkan menjadi pendukung keluarga, sekolah, dan masyarakat mulai dari perkotaan hingga ke wilayah terjauh bagi berperan aktif pada menumbuhkan budaya literasi. Bagi mendukung GLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Bahan Pendukung Gerakan Literasi Nasional selaku rujukan bagi mewujudkan ekosistem yang kaya literasi di seluruh wilayah Indonesia.


Penghargaan yang tinggi saya sampaikan kepada tim GLN dan seluruh pihak yang terlibat pada penyusunan buku ini. Semoga buku ini tak hanya bermanfaat untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) selaku penggerak dan pelakunya, tetapi pun untuk masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan pada upaya membangun budaya literasi.


Selengkapnya, untuk kamu yang belum mempunyai Buku Literasi Digital / Bahan Pendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) dapat mengundunya lewat tautan link yang saya sematkan dibawah ini:


Buku Literasi Digital (Bahan Pendukung GLN).pdf, Unduh


Demikian Buku Literasi Digital (Bahan Pendukung Gerakan Literasi Nasional) yang dapat saya share, semoga bermanfaat.
Sumber https://www.websiteedukasi.com/



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top