Soal Ulangan Matematika Kelas 5 Semester 1 K-13 - Maya Blog

Soal Ulangan Matematika Kelas 5 Semester 1 K-13










File Pendidikan
Unduh soal UAS atau soal penilaian ahir semester 1 pembelajaran Matematika kelas 5 SD sesuai Kurikulum 2013.

Ujian Ahir Semester (UAS) atau di Kurikulum 2013 disebut Penilaian Ahir Semester (PAS) buat mata pembelajaran Matematika terpisah dengan Tematik. Di Kurikulum 2013 revisi terbaru buat kelas 5 SD/MI, Matemtika menjadi mata pembelajaran sendiri. Selain itu, mata pembelajaran PJOK pun di luar pembelajaran tematik.


Soal UAS atau PAS semester 1 Matematika kelas 5 SD/MI disusun menurut kisi-kisi. Jadwal UTS atau PTS dilaksanakan sesuai dengan Kalender Pendidikan. PAS semester ganjil dilaksanakan di sekitar bulan Desember. Jadwal pelaksanaan PAS semester 1 kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K-13) dibuat oleh Dinas Pendidikan.


Bahan Utama Matematika Kelas 5 Semester 1


1. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
2. Perkalian dan Pembagian Pecahan
3. Menghitung Kecepatan dan Debit
4. Penggunaan Skala dan Denah


Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Matematika Kelas 5


Kurikulum 2013 (K13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pembelajaran (mapel) Matematika di tahapan Sekolah Mendasar dan sederajat buat kelas 5 di Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. Matematika SD Kurikulum 2013 menjadi mata pembelajaran yang berdiri sendiri.


Manfaat adanya pengklasifikasian Komptensi Mendasar (KD) ini kegiatan belajar mendidik dapat terukur dan disesuaikan dengan kalender pendidikan agar tepat waktu dan tepat tujuan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Selain itu, dapat mempermudah sahabat pada menyusun kisi-kisi soal, melakukan penilaian. Berikut pengklasifikasian KD Matematika kelas 5 semester 1:


3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda


3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal


3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan selaku perbandingan jarak dengan waktu, debit selaku perbandingan volume dan waktu)
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit)


3.4 Menjelaskan skala via denah
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala di denah


Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 5 Semester 1


1. Hasil penjumlahan pecahan dari 3/7 + 5/9 yakni
A. 8/23
B. 16/63
C. 8/16
D. 62/63


3. Hasil dari 37,6 – 21,18 = ….


5. 3,48 + 82,1 = ….


16. 24,3 x 0,6 = ….


24. Sebuah kolom berisi 96 liter air. Air tersebut dikuras 4/8 bagian dari seluruh air. Berapa liter air yang masih ada pada kolam?


Unduh Soal Ulangan Matematika Kelas 5 Semester 1


Selengkapnya soal UAS atau soal penilaian ahir semester 1 pembelajaran Matematika kelas 5 SD sesuai Kurikulum 2013 yang belum disertai kunci jawabannya dapat didownload via tautan berikut ini:



Soal UAS semester ganjil mata pembelajaran Matematika kelas 5 Kurikulum 2013 (K13) terdiri dari soal alternatif ganda, isian singkat, dan uraian. Buat bahan persiapan anak-anak menghadapi UAS atau PAS, khususnya kelas 5 SD/MI yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.


Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka (bilangan bulat skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik yang mengacu di setiap KD. Nilai penilaian ahir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top