Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171
Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171 – Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembeajaran 5 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru. Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 SD Tema 9 Halaman 164 dan 65 mengenai Mengamati Iklan Internet Batik Jumputan Hasil Budaya Bangsa.
Kunci Jawaban Soal Tematik Tema 9 Kelas 5 Semester 2 Halaman 167 mengenai Report Cara Membangun Batik Jumputan. Jawaban Soal Tema 9 Kelas 5 Halaman 170 mengenai Membangun Rancangan Kain Batik Jumputan.
Kunci Jawaban Soal Halaman 171 Buku Buku Paket Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar mengenai Membangun Larutan bagi Mencelup Kain pada Proses Membangun Batik Jumputan.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 ini pun dilengkapi dengan Bahan Pembelajaran yang terdapat di buku paket Tema 9 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar. Berikut ini Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 yang telah disusun merujuk pada nomor halaman.
Baca pun :
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9
- Kunci Jawaban Buku Matematika Kelas 5 SD
- Kunci Jawaban Buku Matematika Kelas 6 SD
Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171
Siang itu Edo pulang sekolah. Edo memasuki rumah dengan tak lupa mengucapkan salam. Terdengar dari pada Ibu menjawab salam Edo.
Ternyata Ibu sedang duduk santai membaca majalah sambil mendengarkan radio. Aktifitas favorit ibu yakni menanyakan lagu-lagu nostalgia (kenangan). Sesekali terdengar jeda iklan setelah pemutaran sebuah lagu.
Ayo Membaca
Iklan di radio adalah sebuah diantara iklan pada media elektronik. Media elektronik adalah sebuah media dengan teknologi elektronik dan hanya dapat digunakan bila ada jasa transmisi siaran.
Bagi lebih mengenal unsur-unsur dan ciri-ciri bahasa iklan di media elektronik, ayo kita simak penjelasan berikut.
Setiap media elektronik mempunyai karakteristik yang berbeda. Iklan di televisi benar-benar berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di internet. Berikut unsur-unsur yang terdapat pada iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.
1. Unsur-unsur iklan televisi, yaitu :
Suara
Suara pada iklan televisi dapat berupa suara manusia, suara hewan / tumbuhan, musik, atau sekadar efek suara.
Gambar
Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.
Gerak
Gambar bergerak bagi lebih menarik perhatian masyarakat.
Tulisan
Tulisan yang singkat dan gampang terlihat, selaku penjelasan dari produk.
2. Unsur-unsur iklan radio, yaitu :
Iklan radio hanya terdiri dari satu unsur saja yaitu suara. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan efek suara (suara-suara yang tak beraturan maupun efek suara alam).
3. Unsur-unsur iklan internet, yaitu :
Suara
Iklan di internet dapat berupa video yang mempunyai unsur suara.
Gambar
Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan, atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.
Tulisan
Tulisan yang singkat dan gampang terlihat, selaku penjelasan dari produk.
Gerak
Bagus gambar maupun tulisan pada iklan di internet, semuanya bergerak. Gambar gerak pada iklan di internet dapat berupa video atau animasi.
Ciri-ciri bahasa iklan elektronik sesungguhnya tak jauh berbeda dengan iklan di media cetak, yaitu :
- komunikatif
- informatif,
- gampang dimengerti dan diingat masyarakat,
- menarik perhatian, dan
- mengajak penonton bagi membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164 & 165
Ayo Berlatih
Amatilah diantara iklan di internet berikut ini.
Setelah kamu mengamati iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Barang apa yang ditawarkan pada iklan tersebut?
Jawaban :
2. Informasi apa saja yang dapat kamu peroleh dari iklan tersebut?
Jawaban :
3. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat pada iklan tersebut.
Jawaban :
4. Jelaskan ciri-ciri bahasa pada iklan tersebut.
Jawaban :
- komunikatif
- informatif,
- gampang dimengerti dan diingat masyarakat,
- menarik perhatian, dan
- mengajak penonton bagi membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.
Iklan tersebut berisi penawaran kain batik jumputan. Apakah yang dimaksud batik jumputan? Ayo simak penjelasan berikut.
Ayo Membaca
Mengenal Batik Jumputan
Diantara karya seni rupa daerah yakni batik jumputan. Batik jumputan atau seringenboom disebut pun dengan batik ikat celup yakni kain batik yang menggunakan motif hias jumputan.
Motif hias jumputan banyak dijumpai di motif hias kain pelangi. Motif hias kain pelangi yakni kain yang dihiasi dengan motif hias jumputan.
Motif hias jumputan banyak digunakan di benda gunakan seperti selendang atau sampur, kain, taplak meja, dan lain-lain.
Kain dengan motif hias jumputan tak hanya terdapat di Yogyakarta saja, tetapi pun banyak terdapat di daerah Palembang, Bali, dan Gresik.
Pernahkah kamu melihat batik jumputan selain di gambar di atas? Bagaimana cara membangun batik jumputan?.
Coba bertanyalah kepada orang yang kamu anggap tahu cara membangun batik jumputan. Kamu pun dapat mencari referensi dari buku, majalah, atau sumber lainnya.
Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Halaman 167
Tuliskan di kolom berikut cara membangun batik jumputan.
Jawaban :
- Masak air sesuai aturan di pewarna kain. Setelah panas, masukkan zat pewarna dan aduk hingga rata.
- Tutup kelereng dengan kain yang akan diberi motif, kemudian ikat dengan tali rafia. Susun kelereng sesuai dengan keinginan kamu sehingga menyusun pola bagian motif hias jumputan yang akan dikerjakan.
- Basahi kain yang telah diberi hiasan ke pada air dingin. Setelah itu masukkan kain ke pada air yang telah diberi zat pewarna.
- Aduk-aduk kain agar zat pewarna meresap lebih kurang 40 menit
- Matikan kompor, diamkan kain hingga dingin. Setelah dingin, angkat dan cuci kain hingga air pencuci bening.
- Lepas ikatan kelereng dan jemur kain di tempat yang tak terkena sinar matahari.
Ayo Berlatih
Ayo berlatih membangun batik jumputan dengan memperhatikan langkah- langkahnya.
Alat dan bahan yang digunakan bagi membangun kain batik jumputan yakni selaku berikut.
- Kain mori,
- tali rafia,
- gunting,
- kelereng/batu kecil/bola pingpong/dadu,
- pewarna kain,
- panci,
- kompor, dan
- air.
Strategi penyusunan :
- Masak air sesuai aturan di pewarna kain. Setelah panas, masukkan zat pewarna dan aduk hingga rata.
- Tutup kelereng dengan kain yang akan diberi motif, kemudian ikat dengan tali rafia. Susun kelereng sesuai dengan keinginan kamu sehingga menyusun pola bagian motif hias jumputan yang akan dikerjakan.
- Basahi kain yang telah diberi hiasan ke pada air dingin. Setelah itu masukkan kain ke pada air yang telah diberi zat pewarna.
- Aduk-aduk kain agar zat pewarna meresap lebih kurang 40 menit
- Matikan kompor, diamkan kain hingga dingin. Setelah dingin, angkat dan cuci kain hingga air pencuci bening.
- Lepas ikatan kelereng dan jemur kain di tempat yang tak terkena sinar matahari.
Cara mencelupkan ikatan, sehingga dikala dilepas ikatannya menyusun kain- kain seperti gambar di atas.
Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 170
Ayo Berkreasi
Buatlah rancangan kain batik jumputan sesuai keinginanmu. Buatlah kreasi rancangan sebagus mungkin.
Rancangan yang kamu bikin bagi berikutnya dapat dikerjakan menjadi karya batik jumputan. Perhatikan strategi seperti di atas.
Kamu dapat pun mengkreasikan sendiri. Kumpulkan hasil karyamu kepada Bapak atau Ibu Pendidik.
Jawaban :
Ketika Edo pulang sekolah, cuaca benar-benar panas. Ia ingin segera meminum segelas es teh. Setelah berganti pakaian, ia bergegas ke dapur.
Ibu masih asyik membaca majalah sambil mendengarkan lagu-lagu kenangan favoritnya. Edo segera mengambil gelas.
Dimasukkannya sesendok gula pasir, lalu sekantung teh celup, dan terakhir ditambahkan air panas. Edo mengaduknya hingga gula terlarut, dan terbentuklah teh manis yang hangat.
Agar tehnya menjadi dingin, Edo menambahkan enam butir es batu berbentuk dadu yang diambilnya dari lemari es.
Tiba-tiba Ibu mendekati Edo dan berkata, ”Jangan terlalu banyak minum es Edo, apalagi suasana panas seperti ini, nanti kamu sakit.”
Edo hanya tersenyum dan kemudian mengambil butiran es dari gelas dan membuangnya. Jadilah teh dingin yang manis tanpa es.
Seperti yang kamu ketahui bahwa segelas teh manis yang dikerjakan oleh Edo adalah sebuah campuran homogen atau disebut larutan.
Ketika ditambahkan butiran es, campuran tersebut menjadi campuran heterogen karena dapat dipisahkan dengan tangan. Butiran es dapat dipisahkan dari air teh hanya dengan diambil menggunakan tangan oleh Edo.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 171
Ayo Mencoba
Buatlah larutan bagi mencelup kain pada proses membangun batik jumputan. Bagi bahan membangun larutan, kamu dapat menggunakan seperti uraian sebelumnya.
Namun, kamu pun dapat membangun larutan sendiri merujuk pada referensi yang kalian ketahui atau hasil dari bertanya kepada orang yang lebih tahu.
Buatlah report hasil percobaan kalian. Report berisi hal-hal berikut.
1. Bahan bagi membangun larutan.
- Wenter / Wantex / Pewarna Lainnya
- 2 Liter air
- 2 sendok Garam
- Cuka secukupnya
Pewarna termasuk kedalam zat campuran.
- Menyiapkan alat serta bahan yang digunakan bagi membangun larutan
- Memasak air sesuai dengan takaran yang dibutuhkan
- Masukkan zat pewarna di air yang telah panas satu persatu
- Aduk hingga rata dengan pengaduk (sendok/kayu)
- Dan bila pencelupan dilakukan lebih dari satu warna, karenanya penyusunan larutan mesti terpisah
- Bagi satu warna gunakan satu wadah
- Wantek / pewarna pun dimasak hingga mendidih, kemudian didinginkan dan masukkan ke pada wadah / botol yang mencukupi, kemudian tutup botolnya hingga waktu digunakan
- Demikian pun bagi pewarna lainnya, lakukan vishal yang sama.
- Larutan siap digunakan
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment