FORMAT PANDUAN PENYUSUNAN RPP SMP SESUAI PERMENDIKBUD NO 22 TAHUN 2016 - Maya Blog

FORMAT PANDUAN PENYUSUNAN RPP SMP SESUAI PERMENDIKBUD NO 22 TAHUN 2016

Implementasi kurikulum yaitu pelaksanaan proses pembelajaran yang diselenggarakan di pada dan/atau di luar kelas bagi menolong peserta didik mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada Permendikbud No. 22 tahun 2016 mengenai Standar Proses Pendidikan Basic dan Menengahdisebutkan bahwa diantara prinsip pembelajaran yang urgen pada Kurikulum 2013 yaitu peserta didik mencari tahu bukan diberi tahu. Prinsip ini merujuk di konsep pembelajaran yang berpusat di peserta didik (student active learning). Peserta didik yaitu subjek yang mempunyai kemampuan bagi secara aktif mencari, mengolah, mengonstruksi, dan menggunakan pengetahuan. Agar benarbenar memahami dan dapat menggunakan pengetahuan, peserta didik perlu didorong bagi bekerja memecahkan masalah, menemukan semua sesuatu bagi  dirinya, dan berupaya keras mewujudkanide-idenya. 



File Pendidikan






Bagi menjamin terlaksananya prinsip di atas, pengajar perlu mempersiapkan proses pembelajaran dengan sebaik-baiknya.Pada ontvangstruimte ini, pengajar mesti merencanakan pengalaman belajar yang beragam. Pembelajaran di Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan dengan proses keilmuan. Pendekatan saintifik dapat menggunakan beberapa strategi pembelajarandan model- proefje pembelajaran yang mengoptimalkan pembelajaran pelajar aktif. Monster pembelajaran adalah sebuah suatu format pembelajaran yang mempunyai nama, ciri, sintak, pengaturan, dan budaya misalnyacproject-based learning, problem-based learning,dancinquiry/discovery learning. Dengan model-model ini  gurucdiharapkan dapat mengarahkan peserta didik bagi aktif mencari tahu dan membangun pengetahuan baru yang dipelajari



Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif seperti yang diyakini sebahagian pengajar, melainkan kegiatan yang melekat di pembelajaran selaku sebuah proses.Pada perspektif managemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapat dilakukan oleh pengajar secara mandiri maupun secara berkelompok.Rujukan pertama-tama dari penyusunan RPP yaitu silabus dan standar isi. 




Wetsartikel Terkait :








Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top